Minggu, 22 Januari 2012

Doa Untuk Persatuan Umat Kristiani di Seluruh Dunia


Pada mulanya hanya ada satu Gereja yang didirikan oleh Tuhan Yesus sendiri di atas batu karang, berpusat dan dipimpin di Roma yaitu Gereja Katolik. Keadaan tidak berjalan harmonis seperti yang diharapkan, iblis tidak tinggal diam akan utuhnya Gereja Tuhan sehingga berusaha untuk menghancurkan Gereja Tuhan. Kita sebut Gereja Tuhan karena Gereja ini memang satu-satunya Gereja di dunia yang didirikan oleh Tuhan Yesus sendiri di atas batu karang, Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik.

Bunda Gereja Katolik mengalami beberapa kali dukacita ditinggal oleh puteri-puterinya. Sebut saja, paska Konsili Kalsedon 451 M yang menghukum ajaran sesat Monofisitisme yang akhirnya membuat sejumlah gereja-gereja partikular memisahkan diri dari Bunda Gereja Katolik dan kemudian membentuk persekutuan sendiri bernama Gereja Ortodoks Oriental dengan Uskup Oriental Alexandria sebagai pemimpin persekutuan ini. Kemudian, paska Skisma Besar 1054, gereja-gereja partikular memisahkan diri dari Bunda Gereja Katolik dan kemudian membentuk persekutuan sendiri bernama Gereja Ortodoks Timur dengan Uskup Konstantinopel sebagai pemimpin persekutuan ini. Kemudian, pada abad 16 terjadi reformasi Protestan yang menyebabkan tumbuh puluhan ribu macam sekte yang berbeda-beda.

Meskipun demikian, Bunda Gereja Katolik selalu berusaha membawa pulang puteri-puteri terpisah tersebut kembali ke pangkuannya. Usaha ini memang belum selesai tetapi telah membuahkan sejumlah hasil. Sebagian puteri-puteri Gereja pulang ke pangkuan Bunda Gereja. Kebanyakan adalah mereka yang keluar dari persekutuan-persekutuan di atas dan memilih pulang ke dalam pangkuan Gereja Katolik karena mereka semakin menyadari bahwa Gereja Katolik memang satu-satunya Gereja yang didirikan oleh Tuhan Yesus sendiri di atas batu karang dan alam maut tidak akan menguasainya.

Tanggal 18-25 Januari adalah hari dimana kita berdoa untuk persatuan umat kristiani di seluruh dunia. Berikut saya kutip doanya agar dapat didoakan oleh kita semua di sini agar mereka segera bersatu dalam persatuan penuh dengan Gereja Katolik.


Doa Untuk Persatuan Umat Kristen

Marilah berdoa :
Bapa yang maha pengasih dan penyayang, menjelang akhir hidup-Nya, Yesus telah berdoa bagi para murid-Nya, "Semoga mereka semua bersatu, seperti Engkau, ya Bapa, ada dalam Aku dan Aku dalam Dikau; supaya mereka juga bersatu dalam Kita, agar dunia ini percaya bahwa Engkau telah mengutus Aku."
Maka kami mohon, ya Bapa: Semoga semua orang kristen bersatu padu dan giat mengusahakan kesatuan. Semoga seluruh pemimpin umat-Mu semakin menyadari perlunya kesatuan. Musnahkanlah sandungan akibat perpecahan umat kristen dilenyapkan. Semoga persatuan umat kristen merupakan sumber perdamaian, dan tanda kasih Kristus bagi seluruh umat manusia.

Bapa, Tuhan Yesus Kristus telah bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu": janganlah Kau pandang dosa-dosa kami, melainkan kepercayaan umat-Mu, dan berikanlah damai serta persatuan kepada kami sesuai dengan kehendak-Mu.

Pandanglah kawanan domba Yesus. Semoga semua, yang telah dikuduskan oleh satu pembaptisan, dipererat pula oleh persatuan iman dan ikatan kasih. Buatlah kami semua menjadi satu kawanan dengan Yesus sendiri sebagai satu-satunya gembala, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala abad. (Amin.)

In Spiritu Domini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...