Jumat, 20 Januari 2012

Misa Imlek = Penyimpangan Liturgi


Misa syukur atas tahun baru Imlek.

Apakah liturgi akan dikalahkan demi kemeriahan hari raya Imlek? Mari kita amati di paroki masing-masing.

"Masih adakah yang taat?"

Kejadian-kejadian seperti Misa Imlek yang tidak sesuai dengan liturgi atau mengarah ke abuse (penyimpangan).

REDEMPTIONIS SACRAMENTUM

78 Tidak diijinkan mengaitkan perayaan Misa dengan peristiwa-peristiwa profan atau duniawi atau mengaitkannya dengn situasi-situasi yang tidak dengan sepenuhnya sesuai dengan ajaran Gereja Katolik. Juga perlu dihindarkan suatu Perayaan Ekaristi yang hanya dilangsungkan sebagai pertunjukkan atau menurut gaya upacara-upacara lain, termasuk upacara-upacara profan: agar Ekaristi tidak akan kehilangan artinya yang otentik.


79 Akhirnya, termasuk juga suatu penyelewengan jika ke dalam acara Misa Kudus dimasukkan unsur-unsur yang berlawanan dengan peraturan yang termuat dalam buku-buku liturgi dan DIAMBIL DARI TATA CARA AGAMA-AGAMA LAIN.


183 Semua orang dengan caranya yang khusus sekali hendaknya berusaha dengan segala kemampuannya untuk menjamin bahwa Sakramen Ekaristi yang Mahakudus itu TERLINDUNG DARI SEGALA PENCEMARAN DAN DARI SETIAP NISTA, dan bahwa semua penyelewengan diperbaiki dengan sungguh-sungguh. Inilah suatu KEWAJIBAN BERAT YANG MENGIKAT SETIAP ORANG, DAN SEMUA ORANG WAJIB MELAKSANAKANNYA TANPA PANDANG MUKA.

In Spiritu Domini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...