Rabu, 30 Mei 2012

Yang Anda Harus Ketahui Tentang Gereja Katolik Timur



Berikut adalah hal yang harus kita pahami tentang Gereja Katolik Timur :

1) Gereja Katolik adalah Ibu dari Segala Gereja.
Karena itu, di dalam Gereja Katolik terdapat segala Tradisi, Pengungkapan Iman, Ajaran, yang terlengkap dan Apostolik, artinya berasal dari Para Rasul sendiri.
 
2) Gereja Katolik terdiri dari 23 Gereja Partikular, yaitu 1 Gereja Ritus Barat dan 22 Gereja Ritus Timur.
 Dan Para Bapa Konsili Vatikan II menyerukan kembali bahwa ke 23 Gereja tersebut memiliki derajat, kehormatan, kewajiban dan hak yang sama; berikut dengan kekayaan rohani yang dimilikinya.

3) Gereja Katolik Timur memiliki Kitab Hukum Kanonik sendiri, yang berbeda dengan KHK Gereja Katolik Roma, dikarenakan keunikannya.

4) Apakah Gereja Katolik Timur tunduk pada otoritas Paus Roma?
Ya! Tapi agak berbeda dengan Gereja Katolik Roma. Gereja Katolik Roma tunduk kepada Paus Roma karena memang beliaulah pemimpin langsung Gereja Katolik Roma. Paus Roma adalah Patriark Gereja Barat a.k.a. Gereja Katolik Roma. Dan sesuai Tradisi Suci, Paus Roma adalah Primus Inter Pares (Yang Pertama di antara yang Setara) dalam tata Gereja Universal, sebagaimana Rasul Petrus menempati tempat pertama dalam tata Para Rasul yang setara. Gereja Katolik Timur memiliki Pemimpin/Patriarknya sendiri, dan kepada mereka Gereja Katolik Timur tunduk secara langsung. Karena Gereja Katolik adalah keluarga Surgawi di atas bumi, bisa dianalogikan sebagai berikut : Paus Roma adalah anak ke1, Patriark Katolik Timur adalah anak ke 2 dst. Putra putri Gereja Katolik Timur tentu menghormati dan tunduk kepada Paus Roma sebagai yang dituakan, tapi berbeda dengan hormat dan tunduk putra putri Gereja Katolik Roma kepada Paus Roma. Demikian pula hubungan Patriark Gereja Katolik Timur terhadap Paus Roma. Paus Roma adalah Saudara Tertua yang pantas dihormati dan didengar suaranya. Maka sebaliknya Paus Roma terhadap Patriark Gereja Katolik Timur adalah sebagai Saudara Tertua yang meneguhkan saudara-saudaranya, sesuai sabda Tuhan kepada Petrus, "dan kamu, teguhkanlah saudara-saudaramu yang lain". Karena itu, sepanjang sejarah Gereja, sistem yang digunakan dalam Gereja Universal adalah sistem sinodal/konsili. 

5) Bagaimana pola pikir dan cara pandang Gereja Katolik Timur?
Gereja Katolik Timur adalah "Gereja Timur yang bersatu dengan Gereja Barat aka Gereja Katolik Roma dalam Gereja Katolik". Maka : I) GKT tetap memiliki dan mempertahankan, atau apapun yang terjadi akan kembali lagi, pada Tradisi, Pengungkapan Iman, Pendekatan Iman kekristenan Timur; sekaligus II) menerima seluruh ajaran dan pengungkapan iman GKR, tapi tidak mengadopsinya. Karena memiliki cara pengungkapan sendiri. Analoginya seperti ini: Semua orang tahu bahwa Karbohidrat adalah sumber tenaga yang esensial bagi tubuh. Orang Barat mengungkapkannya dengan Roti. Orang timur pun setuju dengan hal tersebut, tapi bukan berarti harus memakai Roti juga untuk memenuhi Karbohidrat, melainkan dengan Nasi atau Jagung sesuai dengan tradisi timur. Artinya 1 kebenaran yang diungkapkan dengan cara-cara yang berbeda yang tidak saling bertentangan.

By: David Constantiyn Senduk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...