Senin, 15 Oktober 2012

Perang Salib, Sejarah Kelam Kekristenan?

Tentara Salib
Tentara Salib

Perang Salib, satu di antara dua hal yang paling sering dipakai untuk menyerang Gereja Katolik. Satu hal yang lain ada Inkuisisi. Sering penyerang mengutip fakta sejarah separuh-separuh, sedang mereka yang diserang tidak tahu fakta sejarah sama sekali. Mari kita kali ini melihat masalah Perang Salib secara umum.

Sebenarnya Perang Salib itu apa?

Perang Salib sering digambarkan sebagai usaha orang Kristen Eropa untuk menduduki tanah Islam, yaitu Timur Tengah. Orang Islam sendiri digambarkan sebagai pihak yang cinta damai. Ini adalah gambaran yang salah. Secara historis, sebagian daerah Timur Tengah adalah tanah Kristen. Meski propaganda Islam mengatakan bahwa agama Islam adalah agama damai, kenyataannya tidak demikian. Islam berkembang melalui peperangan. Pada saat kelahiran Islam pada abad ketujuh, Muhammad memimpin perang di Jazirah Arab. Pasukan Arab Islam menghadapi dua kerajaan besar dunia waktu itu yang saling berperang, Byzantium dan Persia. Byzantium didominasi oleh Kristen sedang Persia oleh Zoroaster. Kerajaan Persia berhasil ditaklukkan dan terserap ke dominasi Islam. Zoroaster sekarang tinggal dijalankan oleh sejumlah kecil keluarga. Sekarang tujuan invasi Islam tinggal satu yaitu Byzantium. Seluruh tentara Byzantium di Timur Tengah dikalahkan oleh tentara Arab Islam pada 636 dan Yerusalem jatuh pada tahun 638.

Invasi Islam
Invasi Islam

Pada abad kedelapan, bangsa Arab, sambil membawa Islam, telah menaklukkan seluruh Afrika Utara, yang sebelumnya didiami orang Kristen. Penduduk Afrika Utara, bangsa Berber, yang sebelumnya Kristen sekarang menjadi Islam. Bahkan tentara Berber Islam pada tahun 711 telah mendarat di daratan Spanyol atas nama Kekhalifahan Umayyad (Arab) dan menghancurkan pasukan Kristen Visigoth. Pada tahun 712 mereka telah mencapai jantung Semenanjung Iberia. Pada tahun 730, tentara Berber Islam (ditambah tentara Arab Islam yang datang belakangan) ini telah memasuki jantung Perancis. Mereka akhirnya dapat ditahan oleh Charles Martel di Pertempuran Tours (Poitiers) pada tahun 732.

Bataille de Poitires, oleh Charles de Steuben. Perhatikan Salib tegak berdiri.

Kisah penaklukan dunia oleh bangsa Islam tidak berhenti di sana. Pada abad kedelapan, bangsa Islam telah menguasai Sisilia (bagian Italia sekarang) dan beberapa pulau Mediterania. Pada abad kesebelas, dunia Islam dipimpin oleh bangsa Turki (Kekhalifahan Ottoman), yang telah menaklukkan Asia Kecil (Republik Turki sekarang), yang juga merupakan daerah Kristen. Semua daerah Kristen ini (kecuali Spanyol dan Perancis) adalah wilayah Byzantium dulunya. Kerajaan Byzantium yang dulunya luas sekarang hanya tersisa sedikit. Bahkan Kerajaan Byzantium sekarang menghadapi masalah besar yaitu tentara Islam yang berkemah di luar ibukota Konstantinopel. Penguasa Konstantinopel meminta bantuan kepada kerajaan Eropa lainnya. Paus Urban II menjawab pada Konsili Clermont 1095 dengan meminta para ksatria Eropa untuk membantu Byzantium. Inilah yang menjadi Perang Salib. Perang salib bukanlah usaha Paus yang gila kuasa untuk menyerang kaum lemah lembut cinta damai. Perang Salib adalah usaha bangsa Kristen Eropa untuk bertahan dari gempuran Islam, yang dalam 400 tahun telah berhasil menguasai 2/3 tanah Kristen dan mengeringkan 3/5 Patriarchate (Alexandria, Antiokhia, Yerusalem).

Wilayah Kekhalifahan Ottoman pada saat kejayaannya.
Wilayah Kekhalifahan Ottoman pada saat kejayaannya.

Tentara Salib sendiri sering digambarkan sebagai tentara yang haus kekayaan, ketenaran dan popularitas. Para pemimpin Tentara Salib katanya adalah anak bangsawan kedua atau ketiga, yang tidak memiliki tanah dan kuasa karena mereka bukan ahli waris. Tujuan mereka bergabung dengan Tentara Salib adalah demi mendapatkan gelar, kuasa, kekayaan dan tanah. Kenyataannya berbeda jauh. Pemimpin Tentara Salib adalah para raja suatu kerajaan atau putra mahkota. Tujuan mereka bersifat spiritual. Mereka bergabung dengan Tentara Salib sebagai tanda penitensi dan peziarahan. Gereja Katolik sendiri memberikan para Tentara Salib indulgensi peziarah. Banyak di antara mereka rela menggadaikan tanah milik mereka demi membiayai pengadaan pasukan dan artileri yang tidak sedikit. Banyak di antara mereka akhirnya pulang dalam keadaan miskin.

Tujuan Perang Salib ada dua. Pertama membantu Gereja Timur menangkal serangan Islam, sebagaimana yang mereka minta. Kedua, menguasai Yerusalem lagi yang telah ditaklukkan oleh Islam sehingga orang Kristen dapat berziarah dengan aman. Ketika berada di bawah kekuasaan tentara Arab Islam, bangsa Kristen tetap diberi kebebasan menjalankan ziarah ke Yerusalem (kecuali saat kekuasaan Kalifah Hakim si Gila, yang menghancurkan gereja dan menganiaya orang Yahudi dan Kristen). Hal ini berbeda saat dunia Islam dipimpin oleh bangsa Turki (Kekhalifahan Ottoman). Mereka menutup kota Yerusalem. Orang Kristen dilarang berziarah. Tentara Salib tidak pernah berniat menduduki Jazirah Arab, rumah kelahiran Islam. Ini menandakan bahwa Perang Salib murni bersifat bertahan.

St. Bernard de Clairvaux, Preaching for Crusade.
St. Bernard de Clairvaux, Preaching for Crusade.

Perang Salib adalah perang. Ini berarti pasti ada pembunuhan dan aneka tindakan brutal lainnya. Meski bukan tujuan utama, Tentara Salib tidak menolak jarahan tetapi penjarahan adalah suatu tindakan lazim dalam perang meski sampai kini. Perang Salib juga tidak ditujukan untuk menyerang kaum Yahudi meski pada kenyataannya beberapa daerah Yahudi diserang. Atas kejadian, ini Paus, para uskup dan pengkhotbah (mis. St. Bernard) jelas-jelas mengutuknya. Korban di pihak Yahudi dapat dianggap sebagai “collateral damage” yang pasti terjadi di setiap perang.

Episode Perang Salib
Setelah membersihkan benak dari berbagai mitos tidak benar akan Perang Salib, mari kita sekarang melihat episode Perang Salib itu sendiri.

Perang Salib Pertama
Pada 1071, tentara Byzantium berhasil dikalahkan oleh tentara Turki Islam di Manzikert, dekar Armenia. Ini bearti seluruh wilayah Byzantium di Asia Kecil terbuka tanpa pertahanan. Dengan cepat tentara Turki Islam ini berkemah di Nicea, dekat Konstantinopel, ibukota Byzantium. Kaisar Byzantium, Alexius Comnenus, memohon bantuan kepada Paus. Sialnya Paus saat itu, Gregorius VII, meski sempat berpikiran untuk memimpin langsung bala bantuan ke Byzantium, sedang ribut dengan Kaisar Romawi Suci, Henry IV, dan invasi Normandia oleh Robert Guiscard.

Kota Manzikert terletak di atas kanan yang ada tulisan 1071.
Kota Manzikert terletak di atas kanan yang ada tulisan 1071.

Permohonan putus asa Byzantium ini baru mendapatkan perhatian yang memadai oleh Paus berikutnya, Paus Urban II. Pada musim semi 1095, paus mengizinkan utusan Byzantium untuk menyampaikan permohonan mereka di Konsili Piacenza. Paus Urban II memberi hukuman bagi bangsawan yang enggan membantu. Kemudian Paus, pada 27 November 1095, memberikan khotbah pada Konsili Clermont.  Reaksi para pendengar sungguh mengagetkan.

Paus Urbanus II dalam Konsili Clermont
Paus Urbanus II dalam Konsili Clermont
Berkotbah dan terdengar teriakan "Deus Vult!", "Allah menghendaki"

Pidato
Pada tahun 1095 sebuah pertemuan akbar dilangsungkan di Clermont, Prancis. Dengan pidato yang berapi-api Paus Urbanus II membakar emosi umat Kristen :

"Hai orang-orang Franka, hai orang-orang di luar pegunungan ini, hai orang-orang yang dicintai Tuhan, yang jelas dari perilaku kalian, yang membedakan diri dari bangsa-bangsa lain di muka bumi ini, karena iman kalian, karena pengabdian kalian pada gereja suci; inilah pesan dan himbauan khusus untuk kalian: 

Kabar buruk telah tiba dari Yerussalem dan Konstantinopel, bahwa sebuah bangsa asing yang terkutuk dan menjadi musuh Tuhan, yang tidak lurus hatinya, dan yang jiwanya tidak setia pada Tuhan, telah menyerbu tanah orang-orang Kristen dan membumihanguskan mereka dengan pedang dan api secara paksa.


Tidak sedikit orang-orang Kristen yang mereka tawan untuk dijadikan budak, sementara sisanya dibunuh. Gereja-gereja, kalau tidak mereka hancurkan, mereka jadikan masjid. Altar-altar diporak-porandakan. Orang-orang Kristen mereka sunat, dan darahnya mereka tuangkan pada altar atau tempat-tempat pembaptisan. Beberapa mereka bunuh secara keji, yakni dengan membelah perut dan mengeluarkan ususnya. Mereka tendang orang-orang Kristen, dan mereka dipaksa berjalan sampai keletihan, hingga terjerembab di atas tanah. Beberapa dipergunakan sebagai sasaran panah. Ada yang mereka betot lehernya, untuk dicoba apakah bisa mereka penggal dengan sekali tebas. Lebih mengerikan lagi perlakuan mereka terhadap perempuan.


Kewajiban siapa lagi kalau bukan kalian, yang harus membalas dan merebut kembali daerah-daerah itu? Ingatlah, Tuhan telah memberi kalian banyak kelebihan dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain: semangat juang, keberanian, keperkasaan dan ketidakgentaran menghadapi siapapun yang hendak melawan kalian. Ingatlah pada keberanian nenek moyang kalian, pada kekaisaran Karel Agung dan Louis, anaknya serta raja-raja lainnya yang telah membasmi Turki dan menegakkan agama Kristen di tanah mereka. Kalian harus tergerak oleh makam kudus Tuhan Yesus Sang Juru Selamat kita, yang kini ada di tangan orang-orang najis; kalian harus bangkit berjuang, karena kalian telah tahu, banyak tempat-tempat suci yang telah dikotori, diperlakukan secara tidak senonoh oleh mereka.


Hai para ksatria pemberani, keturunan nenek moyang yang tak tertaklukkan, janganlah lebih lemah daripada mereka, tetapi ingatlah pada ketidakgentaran mereka. Jika kalian ragu-ragu karena cinta kalian kepada anak-anak, isteri, dan kerabat kalian, ingatlah pada apa yang Tuhan katakan dalam Injil: “Ia yang mengasihi ayah dan ibunya lebih daripada Aku, tidak pantas bagi-Ku”…Jangan biarkan apa yang menjadi kepunyaan kalian menghambat kalian. Kalian tak perlu khawatir dengan apa yang menjadi kepunyaan kalian. Negeri kalian telah padat penduduknya, dan dari semua sisi tertutup laut dan pegunungan. Tak banyak kekayaan di sini, dan tanahnya jarang membuahkan hasil pangan yang cukup buat kalian. Itulah sebabnya sering bertikai sendiri. Hentikan kesalingbencian dan pertengkaran kalian, hentikan peperangan antar sesama kalian. Bergegaslah menuju Makam Kudus, rebutlah kembali negeri itu dari orang-orang jahat, dan jadikan miliki kalian. Negeri itu, seperti dikatakan di dalam Alkitab, berlimpah susu dan madu, Allah memberikannya kepada anak-anak Bani Israil. Yerussalem, negeri terbaik, lebih subur daripada lainnya, seolah-olah surga kedua. Inilah tempat Juru Selamat kita dilahirkan, diperintah dengan kehidupan-Nya, dan dikuduskan dengan penderitaan-Nya. Bergegaslah, dan kalian akan memperoleh penebusan dosa, serta pahala di Kerajaan Surga."

Serendak seluruh peserta Konsili merespon positif. Mereka mengambil salib merah sebagai lambang tentara. Dalam beberapa jam, seluruh kain berwarna merah lenyap dari kota karena dipotong menjadi lambang salib dan dijahit ke pakaian para kesatria. Petani pun merespon seruan ini. Ribuan petani dan kesatria tak berpengalaman berjalan kaki dari Eropa ke Timur Tengah dan memasuki daerah musuh tanpa garis komando yang jelas, tanpa pemimpin tunggal, tanpa logistik, tanpa taktik yang rinci. Mereka hanya ingin menolong Gereja Timur dan membebaskan Yerusalem. Alhasil, dengan mudahnya mereka dikalahkan. Tentara yang dibangun atas spontanitas ini disebut Tentara Salib Petani (Peasant Crusade) atau Tentara Salib Rakyat (Peoples’ Crusade). Karena tidak memiliki pemimpin, Tentara Salib ini bergerak tidak terpimpin. Beberapa kelompok, sedihnya, menyerang kaum Yahudi.

Para baron Frankis menghimpun kekuatan dan memimpin Tentara Salib dengan lebih persiapan yang lebih baik pada tahun 1096. Saat ini tidak ada raja yang ikut. Tentara Salib kali ini dipimpin oleh Bohemond of Taranto, Raymond of Tolouse, Hugh of Vermandois, Godfrey of Bouillon, Balwin of Bologne, Robert of Flanders, dan Robert of Normandy. Paus Urban II juga mengirimkan utusannya, Uskup Le Puy, Mgr. Adhemar, yang akan berperan menjada keharmonisan para pemimpin ini.

Tentara ini mencapai Konstantinopel pada April 1907. Pada Juni 1097 mereka berhasil mengembalikan Nicea (kota dekat Konstantinopel) ke tangan orang Kristen. Pada tanggal 1 Juli 1907, Tentara Salib menyerang Dorylaeum. Pada Oktober 1907, Tentara Salib mencapai Antiokhia  dan mengepungnya. Pada tahun 1908 Antiokhia dibebaskan. Meski sempat dikempung balik, Tentara Salib berhasil menghalau tentara Turki Islam pada tanggal 28 Juni 1098. Para pemimpin  setuju untuk beristirahat hingga tanggal 1 November 1098. Pada bulan Agustus, Uskup Adhmar meninggal tanpa meninggalkan pengganti. Sekarang para pemimpin kehilangan pemersatu. Bohemond enggan berangkat dan ingin menguasai Antiokhia sendirian. Raymond of Tolouse tetap ingin menyerang Yerusalem. Para tentara mendung Raymond bahkan mengancam akan merubuhkan tembok kota bila mereka diperintah untuk tinggal di Antiokhia.

Pada tanggal 13 Januari 1099, Raymond memimpin Tentara Salib menuju Yerusalem. Pada tanggal 7 Juni, Tentara Salib berhasil melihat Yerusalem dari Mountjoy, tempat para peziarah menatap Yerusalem pertama kali dalam peziarahan mereka. Saat ini ditandai dengan air mata haru dan ucapan syukur sambil berlutut oleh para tentara kepada Tuhan karena telah menyertai peziarahan mereka.

Pengepungan Yerusalem lebih sulit daripada Antiokhia. Di tengah keputus-asaan, seseorang dari tentara mengatakan bahwa ia mendapat mimpi dari Uskup Adhemar yang meminta mereka mengitari tembok Yerusalem di siang hari terik dengan telanjang kaki, berpuasa dan memohon kepada Tuhan. Para tentara mendapatkan semangat mereka lagi dan benar-benar melakukan permintaan Uskup Adhemar. Pada tanggal 15 Juni 1099, Tentara Salib mulai menyerang kota Yerusalem lagi. Godfrey of Bouillon bahkan melakukannya sambil memanggul salib. Tentara Godfrey berhasil masuk dan membuka Gerbang St. Stefanus. Tetapi Yerusalem baru jatuh setelah tentara Raymond ikut masuk ke Yerusalem.

Penaklukan Yerusalem oleh Tentara Salib.
Penaklukan Yerusalem oleh Tentara Salib.

Pada Juli 1099, Yerusalem berhasil dibebaskan. Terjadi Penjarahan dan pembunuhan orang tidak berdosa (The Sack of Jerusalem). Baik Raymond maupun Godfrey tidak terlibat dan tidak menyetujui tindakan ini. Banyak pihak menyalahkan Tentara Salib akan Penjarahan Yerusalem ini, bahkan menambahkan pembantaian menyebabkan banjir darah hingga setinggi mata kaki. Pembantaian dan penjarahan kota taklukan adalah sesuatu yang biasa pada perang terutama perang zaman dahulu. Meski ini terlihat brutal dari kacamata modern, ini adalah sesuatu yang lazim bagi Abad Pertengahan. Mengenai darah setinggi mata kaki, hal itu jelas tidak mungkin. Dengan luas kota Yerusalem, dibutuhkan banyak sekali korban untuk bisa menggenangi seluruh kota dengan darah hingga setinggi mata kaki. Jumlah penduduk di sekitar Yerusalem saat itu pun tidak akan mencukupi.

Kerajaan Salib di Timur Tengah didirikan. Raymond dan Godfrey menolak mahkota Yerusalem dengan alasan mereka tidak mau mengenakan mahkota emas sementara Tuhan Yesus mengenakan mahkota duri. Godfrey setuju untuk menjaga Yerusalem. Dia menggunakan gelar “Pembela Makam Suci” (Defender of the Holy Sepulcher). Kebanyakan dari tentara berziarah ke Makam Suci, menuntaskan sumpah mereka dan kembali ke Eropa. Sebenarnya istilah “perang salib” adalah istilah modern. Orang yang terlibat dalam “perang salib” itu sendiri menggunakan istilah “ziarah”.

Tentara Salib berhasil membangun Kerajaan Salib, yang dibagi menjadi empat wilayah County of Edessa, Principality of Antiochia, County of Tripoly, dan Kingdom of Jerusalem. Untuk menjamin keamanan Yerusalem, ordo militer Kesatria St John (Knight of St. John, atau Hospitaller) didirikan. Sayangnya kejayaan ini tidak bertahan lama.

Kingdom of Crusade
Kingdom of Crusade

Perang Salib Kedua
Pada 24 Desember 1144, County of Edessa jatuh ke tangan Turki dan Kurdi, yang dipimpin oleh Zengi. Bangsa Eropa merasa perlunya Perang Salib baru. Raja Perancis, Louis VII of France dan Raja Jerman, Conrad III, memimpin Perang Salib Kedua yang gagal ini. Parahnya lagi, Tentara Salib menyerang Damaskus, kota yang awalnya merupakan sekutu Tentara Salib. Kegagalan yang kontras dengan Perang Salib Pertama ini membuat bangsa Eropa merasa diri dihukum Tuhan. Akibatnya, banyak gerakan awam bangkit memperbaiki kehidupan religius masyarakat Eropa saat itu. Kaum awam pun ikut berperan dengan puasa dan doa. Namun Tuhan berkata lain. Di pihak Islam bangkit Saladin, pemimpin hebat dari suku Kurdi, yang berhasil mempersatukan dunia Islam melawan kerajaan Kristen Eropa yang terpecah-pecah. Pada 1187, sultan yang gemar menyerukan jihad terhadap orang Kristen ini menang mutlak di Pertempuran Hattin. Sejak saat itu, satu per satu kota Kerajaan Salib jatuh ke tangan tentara Islam, termasuk Yerusalem pada tanggal 2 Oktober 1187. Kejadian inilah yang diangkat ke layar lebar dalam “Kingdom of Heaven”. Hanya tersisa beberapa pelabuhan yang dikuasai Tentara Salib. Relik Salib Suci diambil oleh tentara Islam.

Kekalahan Tentara Salib pada Pertempuran Hattin.
Kekalahan Tentara Salib pada Pertempuran Hattin.

Perang Salib Ketiga
Kekalahan tragis ini memancing Perang Salib Ketiga, yang dipimpin oleh Kaisar Jerman Frederik I Barbarossa, Raja Perancis Philip II Agustus, dan Raja Inggris Richard I Lionheart.  Kaisar Barbarossa tenggelam saat berusaha menyembragi sungai dengan kuda lengkap dengan baju zirahnya. Tentara Jerman pulang. Raja Phillip II juga pulang setelah berhasil mengalahkan kota Acre. Perang Salib Ketiga sekarang menjadi tanggung jawab penuh Raja Richard.

Ilustrasi yang menggambarkan tenggelamnya Barbarossa.
Ilustrasi yang menggambarkan tenggelamnya Barbarossa.

Raja Richard I Lionheart adalah petarung unggul, ahli taktik yang berpengalaman dan pemimpin yang hebat, bahkan dihormati oleh Sultan Saladin. Sebenarnya kedua pemimpin ini saling menghormati dan saling mengakui. Raja Richard berhasil mengusai seluruh pantai Timur Tengah, tetapi tidak berhasil menguasai Yerusalem. Richard kemudian mengadakan gencatan senjata dengan Saladin dan kembali ke Eropa. Saladin berjanji akan mengizinkan peziarah memasuki Yerusalem selama mereka tidak bersenjata.

Perang Salib Keempat (1201-1204)
Perang Salib Keempat, meski lebih dipersiapkan dan lebih heboh, tetap gagal bahkan berakibat pahit, yaitu penjarahan Konstantinopel.
Tentara Salib menjarah Konstantinopel.
Tentara Salib menjarah Konstantinopel.

Perang Salib IV dimulai pada tahun 1201, saat Count Tibald of Champagne mengusulkan hal ini kepada Paus Innocent III, yang menyetujui rencana ini. Setahun kemudian, diputuskan bahwa tujuan Perang Salib IV ini adalah Mesir. Satu-satunya cara mencapai Mesir adalah melalui laut. Venesia bersedia menyediakan 4.500 kesatria, 9.000 squire dan sergeant, 20.000 infantri, dan 20.000 kuda, dengan imbalan 85.000 silver mark dan 50% jarahan. Masalahnya Count Tibald meninggal. Tampuk kepemimpinan dilanjutkan oleh Boniface de Monferrate. Boniface dipilih karena ia merupakan paman Putri Maria of Jerusalem. Hubungan ini menjamin Tentara Salib IV akan diterima oleh penguasa Kerajaan Salib (Crusade Kingdom) di Tanah Suci.

Boniface sendiri merupakan teman Pangeran Philip of Swabia. Istri Philip adalah Putri Irene Angelica of Byzantium. Saat itu, terjadi kudeta di Kekaisaran Byzantium. Kaisar Isaac Angelus dikudeta oleh saudaranya Alexius III, dibuat menjadi buta dan ditahan dalam penjara bawah tanah (dungeon). Irene meminta Boniface untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan ayahnya, Isaac Angelus, dan saudaranya, Alexius. Ternyata Alexius berhasil melarikan diri dan sampai kepada Boniface. Alexius meminta bantuan Boniface untuk merebut kembali kekaisarannya. Boniface setuju.

Latar belakang yang cukup penting lagi adalah sikap Venesia. Mesir, bagi Venesia, adalah pasar yang bergairah. Mereka tidak ingin Mesir dihancurkan. Pada April 1202, hanya 2 bulan sebelum Tentara Salib IV dikirim, Venesia berhasil membuat kesepakatan dengan Sultan Mesir, al-Adil, bahwa Tentara Salib IV tidak akan sampai di Mesir.

Pada Juni 1202, Tentara Salib telah berkumpul, siap diberangkatkan. Venesia menuntut sisa bayaran 35.000 silver mark mereka. Doge Enrico Dandolo of Venice berunding dengan Boniface. Enrico membenci orang Yunani, bukan saja karena mereka adalah saingan dagang Venesia, melainkan karena ia memiliki dendam pribadi. Enrico selama muda pernah terlibat perkelahian di Konstantinopel yang menyebabkan dia hampir buta total. Enrico akhirnya setuju memberangkatkan Tentara Salib IV. Enrico memiliki rencananya sendiri. September 1202 merupakan saat di mana Tentara Salib IV merebut Zara dari raja Hungaria. Kota Zara dulunya adalah milik Venesia, kemudian direbut oleh Hungaria, dan sekarang Enrico menginginkannya kembali. Meski enggan, Tentara Salib IV terpaksa menuruti permintaan pengangkut mereka. Tentara Salib IV, dari Gereja Katolik akhirnya menyerang wilayah Hungaria, sesama anggota Gereja Katolik. Paus Innocent III segera meng-ekskomunikasi Tentara Salib IV tetapi setelah mengetahui bahwa mereka dipaksa oleh Venesia, ekskomunikasi dicabut.

Saat di Zara, Pangeran Alexius of Byzantium, menjanjikan bila Tentara Salib IV membantunya merebut kembali kekaisarannya, dia akan melunaskan utang Tentara Salib IV kepada Venesia, memasok Tentara Salib IV dengan 10,000 prajurit Byzantium, menyediakan 500 pasukan berzirah untuk membantu mempertahankan Mesir bila berhasil direbut, dan menjanjikan Gereja di Konstantinopel mengakui keutamaan Roma. Perjanjian yang sangat menguntungkan, terutama bagi Venesia yang kini bersedia mengangkut Tentara Salib IV dari Zara pada April 1203.

Juni 1203, kapal Venesia berhasil melewati “pertahanan rantai” Konstantinopel. Kaisar Alexius III melarikan diri. Isaac Angelus dibebaskan, dan Pangeran Alexius dimahkotai sebagai Kaisar Alexius IV pada 1 Agustus 1203. Masalah segera muncul karena Alexius III telah mengosongkan perbendaharaan Kekaisaran sebelum kabur dan Gereja di Konstantinopel menolak mengakui keutamaan Paus. Bingung, Kaisar Alexius IV merampok Gereja Orthodox, meski tetap tidak bisa memenuhi janjinya. Beberapa kelompok Tentara Salib berkeliaran selama Kaisar belum mampu mengumpulkan uang. Sebuah masjid di Konstantinopel dibakar oleh tentara Prancis. Kebakaran yang terjadi melebar dan menghanguskan seluruh seisi kota di mana masjid itu ada.

Januari 1204, kemenakan Alexius III, Alexius Marzuphlus, ingin melakukan kudeta. Dia menghasut massa Konstantinopel mengadakan kerusuhan. Massa mengangkat Nicolas Cannabus sebagai Kaisar baru. Marzuphlus memimpin sejumlah tentara menuju istana, memenjara Cannabus, membunuh Alexius IV dengan mencekiknya dengan senar busur, dan memukul Isaac Angelus hingga meninggal beberapa hari kemudian. Kehilangan penjamin mereka, Tentara Salib IV menyerang Konstantinopel pada 6 April 1204 dan berhasil berkat mesin pengepung Venesia dan kebakaran dalam Konstantinopel yang nampaknya dilakukan oleh mata-mata Venesia. Melihat kemengangan di depan mata, Tentara Salib IV memilih Kaisar baru untuk Konstantinopel yang berasal dari mereka. Venesia setuju dengan syarat bila Kaisar adalah orang Frankish, Patriark yang baru harus orang Venesia. Semua setuju. Kemudian mereka melangkah ke kesepakatan pembagian jarahan. Istana, dan 25% kota Konstantinopel dan tanah Byzantium menjadi milik Kaisar baru. Sisa 75% tanah akan dibagi rata di antara Tentara Salib IV dan Venesia. Tujuan Mesir terlupakan, sesuai dengan tujuan awal Venesia.

The Entry of Crusaders into Constantinople, oleh Delacroix
The Entry of Crusaders into Constantinople, oleh Delacroix

Enrico melangkah lebih jauh. Setelah berhasil memasuki Istana Byzantium, Enrico membalas dendam pribadinya dengan mengumumkan bahwa para prajurit diizinkan menjarah kota selama tiga hari. Setelah 3 hari, prajurit ditertibkan lagi dan diharuskan membawa jarahan ke tiga tempat di kota. Seorang prajurit Prancis yang menyembunyikan jarahan akhirnya digantung. Sekarang pembagian jarahan. Setelah Venesia menerima pembayaran yang dijanjikan Alexius IV, sisa jarahan dibagi rata antara Tentara Salib IV dengan Venesia. Venesia menerima 400.000 mark, sesuatu yang sangat luar biasa. Kemudian pembagian tanah. Boniface mendapatkan tanah yang cukup luas temasuk Kreta, yang kemudian dibeli oleh Venesia.

Pada tanggal 16 Mei 1204, Count Baldwin of Flanders dimahkotai menjadi Kaisar Latin Byzantium. Seluruh Tentara Salib IV di-ekskomunikasi oleh Paus Innocent III. Mesir telah dilupakan. Venesia mendapatkan keuntungan melebihi perkiraan mereka.

Perang Salib Kelima (1217-1221)
Paus Innocent III berniat membentuk Tentara Salib kelima tetapi meninggal sebelum menyelesaikannya (1217). Perang Salib kelima ini ditujukan ke Mesir tetapi gagal juga.

Perang Salib Keenam dan Ketujuh
Raja Perancis, St. Louis IX memimpin dua Perang salib dalam hidupnya. Yang pertama berhasil menguasai Damietta di Mesir, namun tentara Islam berhasil merebutnya kembali. Usaha kedua dihabiskan oleh St. Louis IX terutama untuk memperkuat pertahanan tanpa berhasil menguasai Yerusalem. Pada 1290, beliau berusaha menyerang Tunis namun meninggal dalam perjalanan karena sakit dan usia tua. Pada tahun 1291, tentara Islam berhasil mengusir Tentara Salib, Kerajaan salib lenyap dari peta.

St. Louis IX
St. Louis IX

Mengapa Perang Salib gagal?
Pada zaman Perang Salib, tentara Islam tumbuh menjadi kekuasaan adidaya dunia. Mereka mengusai perdagangan dan ilmu pengetahuan. Salah satu hal penting lainnya adalah tentara Islam lebih bersatu dibandingkan kerajaan Eropa.

Sementara pihak lain menuding kelemahan iman bangsa Kristen Eropa, saya ingin melihat dari sudut yang lebih duniawi. Tentara Salib berasal dari Eropa, menempuh perjalanan jauh hingga ke Timur Tengah. Saat itu, transportasi tidak sebagus sekarang. Korban jatuh dengan cepat selama perjalanan, entah karena kelelahan atau kecapaian. Medan pertempuran juga berbeda. Medan Eropa berupa hutan di mana kuda adalah suatu keuntungan sementara di Timur Tengah, medan perang berupa padang pasir panas di mana unta adalah keuntungan. Belum lagi peristiwa bodoh tenggelamnya Kaisar Barbarossa. Ini menandakan Tentara Salib tidak menguasai medan dengan baik. Sistem logistik belum berkembang. Tentara Salib bertempur dengan baju zirah yang cocok di udara sejuk Eropa tetapi baju perang tentara Islam yang simpel terbukti lebih cocok untuk udara gurun. Sering terjadi perdebatan kekuasaan antara pemimpin Tentara Salib yang baru datang dengan penguasa Kerajaan Salib yang sudah ada duluan. Ini disebabkan karena kerajaan Kristen Eropa bukan suatu kerajaan tunggal sehingga persaingan kuasa terjadi. Belum lagi, kudeta dan perang yang terjadi di daerah asal sementara sang raja berperang di Timur Tengah. Semua hal ini menyebabkan kekalahan Tentara Salib.

Perkembangan Lanjut
Pada tahun 1480, Sultan Mehmet II menguasai Otranto dan berniat menguasai Roma. Sultan ini meninggal tiba-tiba dan rencananya pun ikut meninggal bersama dengannya. Pada 1529, Sultan Sulaiman The Magnificent mengepung Wina tetapi gagal merebutnya karena tidak membawa artileri yang memadai lantaran hujan lebat.

Sultan Mehmet II
Sultan Mehmet II

Sementara itu Renaissance merebak di Eropa. Sekarang Eropa berkembang pesat, kekuatan ekonomi tentara Islam berhasil diimbangi. Ancaman invasi Islam ditundukkan di Pertempuran Lepanto tahun 1571. Sejak saat itu, tidak ada lagi usaha signifikan dari Islam untuk menduduki Eropa. Saya akan menulis artikel terpisah mengenai Pertempuran Lepanto. Di Eropa sendiri terjadi perubahan. Reformasi Protestan terjadi. Mereka menyangkal keutamaan Paus dan doktrin indulgensi. Ini menyebabkan mimpi Perang Salib terkubur dan tak pernah dipikirkan lagi.

Istilah Perang Salib sendiri sering dipakai untuk hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan Timur Tengah. Contohnya Reconquista Spanyol sering disebut Perang Salib. Inkuisisi Abad Pertengahan terhadap kaum Cathar juga disebut Perang Salib. Perlawanan terhadap ajaran Jan Hus sekitar 1415 juga sering disebut Perang Salib. Ada pula Perang Salib yang berhubungan dengan Timur Tengah tetapi tidak termasuk dalam ketujuh rangkaian di atas misalnya Perang Salib Alexandria 1365, Perang Salib Nikopolis 1396 dan Perang Salib Varna 1444.

Sekarang mengapa kaum Islam jengkel bila Perang Salib disinggung-singggung? Bukannya mereka yang menang? Sebenarnya orang Islam bergembira akan kemenangan mereka hingga abad ke-19, saat kolonialisme Eropa. Pada sejarawan saat itu mendengung-dengungkan Perang Salib sebagai kolonialisme Eropa pertama. Karena kolonialisme dibenci dan menimbulkan sakit hati, Perang Salib pun dibenci dan menimbulkan sakit hati. Yang tidak dimengerti adalah Perang Salib adalah usaha bertahan bangsa Eropa Kristen dari ancaman orang Muslim yang merebut wilayah mereka, seperti yang dijelaskan di atas. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan kolonialisme. Juga tidak perlu terburu-buru meminta maaf kepada orang Islam mengenai Perang Salib. Toh mereka juga yang cari gara-gara duluan. Orang yang meminta maaf perlu mengerti akan hal apa yang dia mintai maaf. Perang Salib bukanlah kesalahan bangsa Kristen Eropa. Tidak perlu kita sekarang meminta para leluhur Kristen Eropa dikutuk. Perang Salib adalah bagian dari persaingan antara dua agama besar yaitu Kristen dan Islam. Persiangan ini telah bermula sejak abad ketujuh hingga sekarang. Perang Salib hanyalah letupan dari sesuatu yang mendidih di bawah permukaan. Meminta maaf atas Perang Salib memang suatu langkah yang mungkin dapat dipuji tetapi tidak akan dihargai oleh orang Islam. Lebih baik bila fakta sejarah mengenai Perang Salib tidak dilihat dalam kerangka benar-salah melainkan sebagai suatu fakta sejarah yang telah terjadi.


Pertempuran Lepanto (1571)
Tahun 1453 Konstantinopel jatuh ke tangan Muslim Turki. Tahun 1521 Belgrade, Hungaria, juga ditaklukkan. Dan di tahun 1526, tentara Muslim Turki telah berada di perbatasan Vienna, Austria sehingga penguasaan Kristen atas Mediterania berada di ujung tanduk.

Pada bulan Februari 1570, utusan Turki mengultimatum Venesia untuk menyerahkan kepulauan Siprus secara damai atau perang. Venesia menolak, dan setelah berperang selama sebelas bulan, Siprus jatuh. Kemudian ditetapkan syarat-syarat penyerahan diri demi keselamatan pasukan Kristen yang kalah. Tetapi, begitu komandan Muslim mengambil alih kuasa kota, ia memerintahkan agar komandan Kristen, Marcantonio Bragadin, dikuliti hidup-hidup. Tubuhnya dibelah empat, dan sayatan kulitnya diisi jerami dan seragamnya dikenakan padanya, lalu diseret sepanjang kota. Sekarang kaum Kristen tahu benar musuh macam apa yang tengah mereka hadapi.

Menghadapi ancaman demikian, Paus Pius V memerintahkan setiap Gereja di Italia untuk mengadakan devosi selama 40 jam. Paus Pius V meminta seluruh umat Kristen untuk mendaraskan doa Rosario dan memohon bantuan doa Bunda Maria di bawah gelar “Bunda Kemenangan”.

Raja Selim II menertawakan cara paus menghadapi ancaman pertempuran seperti itu. Tapi setelah banyak tertawa, 3 hari kemudian Raja Selim II wafat secara mendadak. Kematian Selim II rupanya tidak menghentikan rencana invasi bangsa Turki ke Italia. Para panglima Turki: Müezzinzade Ali Pasha, Suluc Mehmed Pasha dan Uluç Ali Reis tetap memimpin armada perang dan bergerak menuju Italia.

Dengan segera Paus Pius V mengorganisir suatu armada di bawah komando Don Juan dari Austria, sanak Raja Philip II dari Spanyol. Bala tentara dari Spanyol, Venesia, Roma, Savoy, Genoa, Lucca, Tuscany, Manova, Parma, Urbino, dan Ferrara, juga Malta membentuk suatu aliansi melawan Turki. Aliansi tersebut bernama Liga Suci (Holy League).

Oktober 1571, sebuah armada Turki yang luar biasa besar berlayar menuju Eropa. Sasarannya menaklukkan Kota Abadi Roma. Pertempuran Lepanto adalah perang yang paling menentukan dalam sejarah perang Islam-Kristen. Pada saat itu, Turki sedang berada di masa jayanya. Jika mereka berhasil mengalahkan Liga Suci, Laut Tengah akan menjadi wilayah mutlak Turki dan kekristenan akan musnah dari seluruh Eropa.

Armada Muslim jauh melampaui armada Kristiani, baik dalam jumlah kapal perang maupun pasukan. Kapal pemimpin Kristen mengibarkan bendera biru dengan lukisan Kristus Tersalib dan gambar Bunda Maria dari Guadalupe, sementara Muslim atas nama "Panji Khalifah" mengibarkan bendera sutra 16 kaki panjangnya dengan lafal "Allah" yang dijahit dengan huruf emas sebanyak 28.900 kali dan mencantumkan ayat-ayat dari Al Quran yang menyerukan jihad dan membasmi “orang-orang kafir”.

Pertempuran Lepanto, 7 Oktober 1571
Pertempuran Lepanto, 7 Oktober 1571

Pertempuran Lepanto adalah pertempuran laut antara Ottoman Turki melawan Liga Suci pada tanggal 7 Oktober 1571. Pertempuran ini terjadi di Gulf of Patras, Yunani, dekat markas Angkatan Laut Turki di Lepanto.

Pada pertempuran ini, pasukan Turki sebenarnya punya keunggulan secara numerik. Turki punya 251 kapal dan 31.490 tentara, sementara Liga Suci hanya 208 kapal dan 22.840 tentara.

Pasukan Turki sendiri memiliki 50.000 pelaut dan pendayung. Pendayung mereka merupakan para budak atau bahkan orang Kristen yang tertangkap. Armada Liga Suci sendiri berkekuatan 40.000 pelaut dan pendayung, yang mana untuk pendayung, sebagian besar terdiri atas orang-orang merdeka.

Namun, teknologi menjadi batas unggul di sini. Di Lepanto, pasukan Liga Suci sudah datang bertempur dengan musket dan arquebus mereka. Sedangkan Turki mengandalkan kekuatan bowmen mereka yang terkenal menakutkan bagi banyak pasukan.

Selain itu, meski kalah dalam jumlah kapal, Pasukan Liga Suci membawa meriam lebih banyak. Terdapat 1.334 meriam di kapal-kapal Liga Suci. Sedangkan di tangan Turki, hanya ada 741 meriam di atas kapal-kapalnya.


Formasi Pertempuran Lepanto.
Formasi Pertempuran Lepanto. Armada Liga Suci berada di sisi kiri, sementara armada Ottoman berada di sisi kanan.

Menjelang pecahnya pertempuran, kapal dari kedua belah kubu membentuk formasi sejajar yang terbagi ke dalam 3 divisi. Divisi kiri armada Liga Suci yang letaknya paling utara dipimpin oleh Agostino Barbarigo yang berasal dari Venesia. Divisi tengah dipimpin oleh Don Juan (Austria). Sementara divisi kanan dipimpin oleh Giovanni Doria (Genoa). Di pihak lawan, armada Ottoman juga terbagi ke dalam 3 divisi serupa. Masing-masing divisi dipimpin oleh Suluk / Sirocco (kanan), Ali Pasha (tengah), & Uluj Ali (kiri). Posisi armada Uluj Ali sedikit lebih selatan dibandingkan armada Doria, sehingga Doria kemudian memerintahkan armadanya untuk mengubah posisinya lebih ke selatan agar armada Ottoman tidak bisa mengepung armada Liga Suci.

Berubahnya posisi armada Doria menciptakan ruang kosong di sebelah selatan armada Juan. Situasi tersebut lalu dimanfaatkan armada Uluj Ali untuk menerobos maju dan menggempur armada Juan dari arah selatan. Melihat hal tersebut, Doria lantas meminta armadanya kembali ke posisi awal, sehingga pecahlah pertempuran antara armada Uluj Ali melawan armada Doria. Sementara itu di sebelah utara, armada Barbarigo terlibat pertempuran dengan armada Suluk yang mencoba menjepit armada Liga Suci dari arah utara. Armada Barbarigo memang berhasil membendung pergerakan pasukan Ottoman dan bahkan menewaskan Suluk. Namun keberhasilan mereka harus dibayar mahal dengan gugurnya Barbarigo.

Di sebelah selatan, armada Juan terlibat pertempuran hebat dengan armada pimpinan Ali Pasha. Supaya bisa membunuh Ali Pasha, kapal-kapal Liga Suci merapat di dekat kapal Ali Pasha, lalu para awaknya melompat ke kapal Ali Pasha. Setelah 2 kali usaha mereka berakhir dengan kegagalan, pasukan Liga Suci akhirnya berhasil membunuh Ali Pasha dan kemudian memajang kepalanya di atas tiang kapal. Begitu melihat kepala pimpinannya, moral pasukan Ottoman langsung ambruk. Apalagi persediaan amunisi mereka juga semakin menipis.

Kemenangan Liga Suci atas Kesultanan Turki
Sebuah kapal besar Angkatan Laut Turki yang akan tenggelam dalam keadaan terbakar.

Merasa tidak sanggup lagi melanjutkan pertempuran, Uluj Ali & armada Ottoman yang masih tersisa terpaksa mundur dari medan tempur. Pertempuran Lepanto yang sudah berlangsung selama 4 jam pun berakhir dengan hasil kemenangan Liga Suci atas Kesultanan Turki.

10.000 orang Kristen yang ditawan tentara Muslim Turki berhasil dibebaskan. 20.000 pasukan Turki tewas, 137 kapal Turki berhasil direbut Liga Suci dan 50 kapal sisanya tenggelam. Sementara di pihak Liga Suci, 7.500 pasukan meninggal dan kehilangan 17 kapal.


Kesimpulan
Perang Salib adalah usaha bangsa Kristen Eropa untuk membebaskan Timur Tengah dari cengkraman Islam. Para Tentara Salib adalah orang-orang saleh yang rela menanggung derita perang demi tujuan mulia. Meski kenyataannya Perang Salib tidak sukses besar, ini tidak berarti Tuhan meninggalkan Gereja Katolik. Tuhan dapat membawa kebaikan dari sesuatu yang nampaknya tidak baik. Perang Salib bukanlah kesalahan sejarah. Perang Salib adalah peristiwa Abad Pertengahan sehingga analisis mengenainya harus menggunakan kacamata Abad Pertengahan, bukan kacamata zaman modern. Perang Salib memang harus terjadi. Deus Vult.

299 komentar:

  1. Sebagai agama saya, memang tindakan membunuh itu tidak dibenarkan

    mereka hanya fanatik buta, sama seperti sekelompok orang2 di indonesia

    BalasHapus
  2. Fitnah Banget..............

    Ga DIbahas Kisah Pembataian DI Kastil Arce, Pe NYULAan Oleh Dracuela, Pembantaian Biara Sulaeman, Dan Lain-Lain?????

    Timur Tengah Bukan Punya Kristen Bos, Tapi Punya Arab, Ngapain Orang Eropa Juah2 Mau Dateng Trus Ngebunuhin......

    Bantuin Bizantium Ada Nya Di Konstantinopel Bukan Di Yerusalem.......

    Wah Wah Wah Wah Bikin Fersi Sendiri Nih?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yerusalem pun bukan punya orang Arab, tapi punya orang Yahudi dan Kristen.

      Hapus
    2. Nung Fendy, ga tau yah negri semacam mesir, libya, dan negri arab dulu negr2 kristen..yerusalem ada jauh sebelum nabi junjungan anda lahir.

      Hapus
    3. FENDY HOMO PENJILAT PANTAT

      Hapus
    4. yerussalem itu di berikan ALLAH kepada Nabi Ibrahim untuk keturunannya yang taat kepada ALLAH, awalnya diberikan kepada Kaum Nabi Musa ( Yahudi ), lalu kepada Nabi Isa / Yesus ( Kristen ) lalu kepada nabi Muhammad ( Islam )...... dan kelak menjelang hari kiamat, nabi isa akan kembali dan memimpin dunia melalui yerusalem dengan agama Nabi Ibrahim yaitu agama yg satu, agama yg percaya hanya ada satu TUHAN yaitu ALLAH...

      Hapus
    5. saya seorang Katolik saya sudah membaca semua Post yg ada diatas awal nya saya marah dengan islam menurut cerita diatas tapi saya coba sabar dulu dan terus membaca tapi akhirnya saya mendapat kesimmpulan kalau Lucifer benar pada saat Tuhan hendak menciptakan Manusia di hari ke-7 Lucifer mengetahui sifat dan ego yang akan di miliki manusia yaitu suka berperang membunuh dan hall negatif lain nya ternyata itu benar tapi Tuhan berkata kepada nya Aku mengetahui apa saja yang ada di seluruh bumi dan yang ada di hati mu.

      Jadi inti nya Tuhan sudah menrenncanakan semua ini dengan Kuasa nya jadi kita Mansia tidak perlu menambah Dosa kita jalani saja Hidup ini dengan keyakinan masing" saya juga tidak tau apakah Islam itu memang benar dari dulu ada atau hanya agama yg bisa disebut sebagai Anti Kristus tapi biar lah itu rahasia Tuhan.

      NB:Baca lah sejarah Lucifer di buang dari surga pada saat Tuhan membuangg nya ke bumi Tuhan berkata "Engkau akan Ku masukkan kedalam liang kubur yg paling mengerikan yaitu Bui jadi Tuhan memang sudah merencanakan semua nya termasuk Bumi yang dinyatakan Nya sebagai liang kubur yang paling mengerikan

      Hapus
    6. setelah baca diatas, sebenarnya daerah2 yang disebutkan bukan milik kristen, yahudi, islam dll. melaikan itu semua milik tuhan yang esa, jadi semua berhak memilikinya serta wajib menjaganya sehingga tiap agama dapat saling berdampingan dengan damai, untuk urusan salah, kejam, itu bukan masalah agama tapi pribadinya masing2. ada banyak orang kristen yang baik dan tidak sedikit pula yang jahat, sama itu berlaku untuk semua agama, namun untuk membunuh orang yang lemah,memperkosa wanita, anak2 dan menganiaya adalah wajar karena pada masanya, itulah hal yang salah jika ada yang mengatakan itu wajar berarti ia mengingkari agamanya sendiri bahwa agama yang ia peluk mengajarkan kebajikan

      Hapus
    7. christhanto katolik saya suka pendapatmu....sungguh sangat dewasa dan cerdas

      Hapus
    8. AGAMAMU AGAMAMU, AGAMAKU AGAMAKU,JIKA FORUM INI HANYA UNTUK PENGETAHUAN KRISTENMU, SILAHKAN DI BLOKIR HANYA UNTUK KAUMMU, JADI JANGAN MEMICU AMARAH DENGAN ALASAN SHARING, TUTUP FORUM!!!

      Hapus
    9. Bersyukur lah kalian yang Minoritas bisa berbicara bebas di negara yang mayoritas muslim, terlepas dari itu semua, saya yakin tidak ada agama yang mengajarkan keburukan, kita mempelajari sejarah bukan untuk saling menghina dan mengucilkan, tapi untuk mendamaikan hati , peace kawan

      Hapus
  3. Timur Tengah banyak kerajaan Kristen yang di jajah muslim, sehingga sekarang jadi negara2 muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sebnarnya kisah spartan.....wkwkwkwk....sejarah karangan!!!! dari anak umur 5 tahun itu

      Hapus
  4. Kenapa Timur Tengah? Kenapa meng-klaim tanpa bukti?
    Bukankah sekitar Israel sekarang awalnya wilayah yahudi?
    Bukankah Bizantium yang merebutnya dari yahudi?
    Bukankah Yesus lahir untuk menjadi raja dan penyelamat yahudi?
    Apakah itu "pembuangan babel"?
    Berasal darimana rumpun ras semitik? Apakah sama rumpun semitik dengan eropa?
    Kerajaan kristen mana yang pernah ada di Timur Tengah? Bukankah hanya kerajaan eropa yang "mengkristenkan" dirinya sendiri?
    Apakah Paus Urban II melihat dengan mata kepalanya sendiri apa yang diorasikannya itu?


    Mari kita kembali ke Indonesia dulu saja,
    Apakah tujuan orang kristen eropa menjajah Indonesia?
    Gold, Glory, Gospel,,, apakah arti semua itu?
    Apakah ketamakan dan kebenaran bisa bersatu?


    Marilah memberikan penjelasan yang sesuai realita, bukan berdasar egoisme dan asumsi pribadi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sepertinya Anda terlanjur sakit hati, terlihat dari pertanyaan anda 'mengapa Timur Tengah'. lagi-lagi Timur Tengah. Klaim tanpa bukti? Sayang blog ini menerbitkan ulang artikel tidak lengkap. Referensinya tidak diterbitkan ulang juga. tolong dong adminnya...tuh ada yang protes referensi tidak ada
      2. Israel awalnya wilayah kerajaan Israel yang kemudian dikuasai oleh begitu banyak kerajaan. Suatu saat wilayah Israel itu dikuasai kekaisaran Romawi Pagan. pada tahun 70 M, jendral Titus menghancurkan Bait Allah, puast kehidupan sosial Yahudi dan menyebarkan orang Israel ke seluruh jajahan Romawi. inilah diaspora. Kemudian Kekaisaran Romawi Pagan menjadi Kekaisaran Romawi Kristen sebelum pecah menjadi Romawi Barat dan Timur (Bizantium). Jadi secara teknis, Bizantium hanya menerima warisan.

      3. Tuhan Yesus lahir sebagai manusia untuk menyelamatkan semua manusia, termasuk Anda, saya dan admin blog ini. Btw anda mulai mencampurkan pembahasan agama ke topik sejarah

      4. Sepertinya tidak pada tempatnya kita membahas pembuangan Babel

      5. Semitik dan eropa masih termasuk ras Kaukasian makanya orang Yahudi (turki juga) putih-putih, berambut lebat di seluruh tubuh, tinggi, kekar, seperti orang Eropa lainnya

      6. Anda tidak mengerti rupanya. Yang dimaksud Timur Tengah sebagai tanah Kristen adalah begini. Ada jeda waktu sekitar 4-5 abad antara munculnya agama Kristen dan Islam. Sementara Islam, bila diandaikan manusia, masih kanak-kanak, Kristen telah mapan. Di Timur Tengah dan Afrika Utara, banyak terdapat pusat-pusat kebudayaan Kristen, misalnya Antiokhia, Alexandria, Jerusalem, dll. Inilah yang dimaksud tanah Kristen. Agama Kristen tidak pernah mencampur adukkan ajaran agama dengan sistem pemerintahan. Islam menggabungkan keduanya sehingga saya tidak heran anda, pada saat membaca 'tanah Kristen', langsung bertanya 'mana ada kerajaan Kristen di Timur Tengah'. Maafkan saya, tetapi definisi tanah Kristen beda.

      7. Memang Imperialisme Kuno memiliki motto Gold, Glory and Gos[el. tetpai ingat tidak semua pewarta Gospel setuju dengan penjajahan. Ada pastor Katolik yang bertugas di Indonesia ditembak oleh VOC.

      Ada sebuah fenomena sejarah yang Anda harus perhatikan. Jesitu reduction. http://en.wikipedia.org/wiki/Jesuit_Reductions

      Di tempat2 jajahan Spanyol seperti Argentina, Brazil dan Paraguay, Serikat Jesuit (salah satu ordo besar Gereja Katolik) membentuk suatu komunitas yang terdiri atas orang lokal setempat (baca: Pribumi Indian)yang bekerja secara teratur, harmonis dan efisien. Para Jesuit bahkan membekali para pribumi ini dengan senjata untuk membela diri dari penjajah Spanyol atau pedagang budak yang kadang datang menyerang desa mereka. Akhirnya, pemerintah Spanyol gerah dan mengusir paksa para Jesuit dari negara jajahan mereka. Ditinggakan oleh patron mereka, dengan cepat desa2 ini terbelengkalai. INi bukti bahwa para biarawan Gereja tidak sepakat dengan raja-raja penjajah, meski Gospel dan Gold sering disandingkan bersama dalam motto Imperialisme Kuno

      8. Saya mangajak saudari untuk melihat sejarah tanpa terbawa dalam sentimen agama. Terima kasih



      Hapus
    2. tapi tetap saja gold,glory, dan gospel di restui oleh paus saat itu kpd portugis dan spanyol untuk menguasai dunia

      Hapus
    3. saudara Afroni Fahrul,

      perlu kita sadari perbedaan sistem Kekristenan dan Islam. Islam memiliki pemimpin tertinggi yang tampak di bumi yaitu Khalifah, Gereja Katolik memiliki pemimpin tertinggi yang tampak di bumi, Paus. Sekilas sama, tetapi ada perbedaan besar. Paus, sebagai pemimpin religius, tidak memegang kekuasaan sekuler (kehidupan bernegara sehari-hari, kec untuk Vatican), tidak memiliki kekuasaan militer (kec untuk negara Vatikan di mana Paus adalah kepala negara), hal ini berbeda dengan Khalifah yang memiliki kekuasaan religius, negara, dan militer. Paus hanya pemimpin religius. Paus tidak bisa mengurus urusan dalam negeri suatu negara (atau suatu kerajaan)

      mengapa Paus disalahkan mengenai kolonialisme imperialisme? Memang benar bahwa para penjajah zaman dahulu sedikit banyak adalah warga Gereja Katolik (dan Paus telah meminta maaf atas kesalahan anggota/putra putri Gereja), tetapi yang menyuruh mereka menjelajah dan lalu menjajah bukanlah Paus. Itu keinginan mereka sendiri. Memang ada Gospel dalam semboyan imperialisme kuno dan yang paling penting, bukan karena ada kata 'Gospel', otomatis Gereja ikut memprakarsai kolonialisme kuno.

      Paus tidak sehebat Khalifah...Yang bisa dilakukan Paus adalah:
      1. Mengkritik para penguasa dan menghimbau mereka untuk memperlakukan penduduk jajahan mereka dengan lebih manusiawi. Mungkin Gereja diawal2 eksplorasi kolonialisme ikut bergairah karena terbuka kesempatan mengabarkan Injil (yah ini bisa dimaklumi karena sama seperti Islam, Kristen juga agama dakwah), tetapi setelah melihat bahwa kolonialisme ini berkembang menjadi Imperialisme dan pelanggaran HAM, banyak kok biarawan bersuara menentang para raja, misalnya para Dominican di Hispanola, Jesuit di Amerika Latin, Fransiskan di Mexico. Bahkan dalam bulla Sublimis Deus, Paus menyatakan bahwa orang Indian adalah manusia yang layak diperlakukan sebagaimana mestinya manusia lain, dan melarang perbudakan orang Indian dan semua orang lain. Bahkan bila ternyata orang itu menolak Iman Kristen, orang itu tetap tidak boleh diperbudak (beda sekalikan dengan Islam? Bila Tentara Islam mengusai suatu kota, kepada penduduk kota tersebut ditawari pilihan: masuk Islam, bayar pajak, kalu tidak salah namanya jizya, atau mati). Berikut saya sajikan kutipan Bulla Sublimis Dei dalam bahasa Inggris:

      We, who, though unworthy, exercise on earth the power of our Lord and seek with all our might to bring those sheep of His flock who are outside into the fold committed to our charge, consider, however, that the Indians are truly men and that they are not only capable of understanding the Catholic Faith but, according to our information, they desire exceedingly to receive it. Desiring to provide ample remedy for these evils, We define and declare by these Our letters, or by any translation thereof signed by any notary public and sealed with the seal of any ecclesiastical dignitary, to which the same credit shall be given as to the originals, that, notwithstanding whatever may have been or may be said to the contrary, the said Indians and all other people who may later be discovered by Christians, are by no means to be deprived of their liberty or the possession of their property, even though they be outside the faith of Jesus Christ; and that they may and should, freely and legitimately, enjoy their liberty and the possession of their property; nor should they be in any way enslaved; should the contrary happen, it shall be null and have no effect. (Paus Paulus III, Sublimus Dei, 1537)




      Hapus
    4. 2. Hal kedua yang dapat diatur Paus adalah menjamin bahwa kerajaan Eropa tidak saling bertengkar dan menghancurkan diri sendiri. Paus tampil sebagai penengah, melalui Bulla Dum Diversas, Romanus Pontifex, Aeterni regis, dan Et caetera. Bulla-bulla ini tidak boleh dipandang bahwa Paus merasa diri pemilik seluruh bumi dan dengan semena-mena membagi-bagi dunia seperti kavling dan memberikan izin kepada Kerajaan X untuk menguasai daerah X dan kerajaan Y untuk mengusai daerah Y. tidak. Paus dipandang oleh para raja ratu saat itu sebagai sosok netral sehingga dapat menengahi pertengkaran yang ada.

      Akhir kata, tidak tepat jika mempersalahkan Gereja dan Paus atas kolonialisme imperialisme. Orang yang melakukan hal tersebut tidak mengerti Kekristenan. Dan satu hal lagi, saya tidak berusaha membenarkan kolonialisme imperialisme. Benar bahwa hal itu salah, dan benar bahwa penjajah sedkit banyak adalah anggota Gereja. (Indonesia dikuasai oleh Belanda, dan Belanda bukan negara Katolik, so no comment). Tetapi yang harus diakui dan diancungi jempol juga adalah hanya Gereja Katolik, yang diwakili oleh Paus, yang pernah meminta maaf atas kesalahan tindakan para anggota (anak-anaknya). Tidak pernah ada ulama Islam yang berdiri dengan gagah dan gentleman, menyatakan meminta maaf atas perlakuan Turki Ottoman yang menyerang kampung/kota Kristen di semenanjung Balkan, menculik anak-anak Kristen, menjadikan anak-anak ini ISlam, melatih mereka menjadi Tentara Elit Turki Janisari, dan menyuruh mereka menyerang desa/kota Kristen berikutnya.

      So? Mari kita melihat lebih jernih dan no hurt feeling ya....

      Hapus
    5. Cakap tu guna logikal sikit..islam agama akhir zaman semua bleh tirna buktinya apa..kenapa agama kristian tidak berkembang di eantau nusantara semasa penjajahan.kenapa orang melayu,indonesia,brunai tidak dapat dikristiankan secara totall..cuba jawab..dah terang agama islam tu benar bkan macam agama lu..kristian makan babi..sedangkan yesus pun tidak makan babi..semeau agama samawi turun dri langit dilarang allah swt memakan babi kan..guna akal tu..kristian sudah terpesong dari ajaran yesus yang sebenar..aku muslim,kami pangil yesus sbgai nabi isa,darjatnya sama seperti nabi muhamad..iaitu sebagai utusan allah swt sahaja bkan sbagai anak tuhan apa semua.,aku mau tnya lu kalau tuhan tu berkuasa tuhan boleh mati ka..sedangkan dia pencipta segalanya..mintak pendebatan ngn sq secara logikal..sila balas..jangan gadoh2..

      Hapus
  5. Benar kan, umat Islam akan cenderung marah bila membahas sejarah Perang Salib padahal secara teori (dan memang benar secara sejarah) mereka menang. benar kan, Perang Salib akhir-akhirnya dikait-kaitkan dengan imperialisme kuno? Sekali lagi mari kita meneliti sejarah tanpa prasangka, sesuatu yang telah terjadi itu telah terjadi. mari teliti sebelum mengatakan fitnah







    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya agama kristen agama lemah dan salah.. makanya di benarkan oleh islam..
      ingat yesus kalian aja di salib terus di jadikan tuhan... yang Jelas itu adalah Nabi Isa nabi dalam islam tp kristen menyalip dan mengangkatnya menjadi Tuhan...cerita tai...wkwkwkwk

      Hapus
    2. Agama lemah menurut anda. Padahal umatnya paling banyak didunia hampir 2 milyar sedang agamamu cuma kelas dua. 1.5 milyar. Jadi jgn ngirilah kalo kalah. Hasil perang salib yah itu seluruh dunia dijajah oleh Eropa skalian menyebarkan Kristen diseluruh dunia.. Tuhan yg mengatur dunia bukan kamu.. jd banyak doa aja

      Hapus
    3. kalau diindonesia sendiri gimana,,,,,apakah tanah kristen,
      kristen dtg keindonesia dengan penjajahan......anda tidak bisa mengingkarinya(keturunan penjajah) buat blog banyak berat sebelah
      skg pun anda tau di israel skg agama anda tidak diterima oleh umatnya(sesat kata rabinya)

      Hapus
    4. Sudah sudah jangan diteruskan toh apa pun agama kamu aku dan kalian tidak membenar kan kekerasan, agama tu yg terpenting di jalankan dan di amal kan, di jalankan di diri sendiri dulu trus di amalkan di kehidupan ber masyarakat, agar kita saling toleransi dan harga meng hargai, jangan salingerasa plng benar di atas yg lain, ingat semua yg terjadi adalah su ratan sudah di kehendaki tinggal kita manusia bagaimana menyikapi perbeda an itu sendiri, di sini lah letak keindahan dalm perbeda an, maka nya manusia di tuntut untuk ber fikir , jangan trlalu mudah melebel golongan lain dengan ma,af (kafir) tapi kafir nya diri sendiri tak di sadari kalo fikiran sama hati sendiri masih kotor (termasuk saya pribadi) jadi mari jaga kerukunan antar agama mari saling hormat menghor mati. Indah kan

      Hapus
    5. Kepada joi idang klau ramai pon kalah x boleh menang buat apa..contohnya perang salib..kalau agama dah salah tuhan xkan memberkati,kan kan,kan..pengikot ramai kristian tapi kebanyakan mcam x dak agama..kikiki..sek bebas..video banyak pesta sek semua pngikot kristian..bkan yesus melarang sex,judi,arak dan makan babi pa semua ka,kesimpulan agama yg sebenar diajar yesus sudah diputarbelitkan dan dipesongkan berkurun lama dahula..

      Hapus
    6. Bersyukur lah kalian yang minoritas bisa bebas berpendapat dan berbicara seenaknya tentang KeAgamaan di negara yang mayoritas muslim, tidak perlu saling menyalahkan, mari ambil kopi duduk dan berbicara , apa masalahmu ? masalah kami adalah, kami menganggap kalau yesus adalah Nabi , bukan tuhan .. Sekarang kamu sebagai kristen yang taat, tolong berikan saya bukti, atau firman dri alkitab mu yang menyebutkan bahwa yesus menyatakan dia adalah tuhan, atau yesus berkata , sembah lah aku, yesus slalu mengatakan ada dzat yg lbih berkuasa dri dia, karna dia sadar dia hanyalah hamba allah bukan TUHAN

      Hapus
  6. ngak usah berbelit 2 belit...lihat fakta terdekat... kristen masuk ke indonesia bukan dengan cinta kasih, tapi sebagai penjajah yang membawa semangat " binatang " GOLD, GOSPEL DAN GLORY...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah susah
      saudara tidak dapat membedakan bahwa orang eropa yag datang ke Indonesia itu ada 2 kelompok: pertama adalah para pedagang yang kemudian tergiur dengan kekayaan alam indonesia berusaha menguasai awalnya dgn membeli hak monopoli kemudian menjajah. kelompok kedua adalah para biarawan yang sama sekali tidak terlibat dengan penjajahan, bahkan mengkritik penjajahan.

      Memang harus diakui bahwa salah satu teori menyatakan bahwa Islam menyebar ke Indonesia melalui pedangang Gujarat (ada yang bilang Persia). hal tersebut tidak terjadi dengan Kristen. Pedagang Gujarat mungkin mengerti seluk beluk Islam sehingga bisa mendakwah. Sebaliknya para pedagang Eropa tidak menginjil. Urusan penginjilan diserahkan kepada biarawan. Sehingga pedangang eropa (yang kemudian menjadi penjajah) tidak ada sangkut pautnya dengan para biarawan. Pedagang eropa tidak menginjil dan biarawan tidak berdagang. nah sekarang pertanyaannya: Indonesia dijajah ama pedagang (yang mendirikan kongsi dagang VOC) atau biarawan? Klo dijajah biarawan, barulah boleh disebut agama Kristen masuk ke Indonesia karena penjajahan.

      VOC didirikan bukan dengan tujuan GOSPEL. Tujuan VOC didirikan murni sebagai pegeruk keuntungan bagi para pendirinya (para pedagang belanda). tujuan VOC adalah membeli rempah-rempah dari pedagang (dan raja) Indonesia kemudian menjualnya ke Eropa dengan harga tinggi. Untuk mencegah para raja indonesia menjual rempah rempah ke pedagang lain (mis pedagang Spanyol, Cina atau Arab), VOC berusaha mendapatkan hak beli monopoli, yang berarti para raja hanya boleh menjual ke VOC. lama kelamaan, cara ini dinilai tidak efektif. lebih efektif jika mengalahkan para raja itu dan menjajah mereka. dengan demikian para raja tidak boleh menolak lagi menjual rempah-rempah ke VOC (krn mereka telah dijajah). di sini jelas bahwa tujuan VOC adalah GOLD, bukan GOSPEL

      Mari kita lihat lebih dalam lagi. Ada sekumpulan hak istimewa VOC yang disebut hak oktrooi. Coba lihat apa saja hak-hak oktrooi VOC di dalam buku sejarah. totalnya ada 6 hak octrooi. dan tidak satu pun berurusan dengan GOSPEL. kok bisa-bisanya GOSPEL disangkut2kan dengan penjajahan?

      jika GOSPEL menjadi salah satu tujuan VOC, maka seharusnya VOC akan memaksa para raja menganut Kristen, sesuatu yang tidak pernah terjadi atau kita dengar. VOC kenyataannya tidak pernah mengharuskan raja jajahannya memeluk Kristen. kok bisa GOSPEL dikait-kaitkan dengan penjajahan? kalau benar salah satu tujuan VOC menjajah indonesia untuk menyebarkan GOSPEL, harusnya VOC memiliki hak oktrooi memaksa para raja taklukannya menganut Kristen. hal tersebut tidak terjadi kan?

      sekarang kita coba kritisi lagi tentang GLORY. GLORY bertujuan demi kemuliaan raja (dalam hal ini raja Eropa). tetapi ingat awalnya indonesia dijajah oleh VOC. VOC adalah badan usaha yang didirikan berdasarkan kongsi beberapa pedangang belanda. Indonesia barulah menjadi jajahan kerajaan belanda setelah VOC bangkrut. jadi sebenarnya tidak ada hubungan GLORY dengan penjajahan Indoensia. Penjajahan Indonesia murni karena GOLD.

      Sumber: Buku sejara SMA.

      akhir kata, kritisilah semua hal yang kita dengar. jangan menerima sesuatu sebagai kebenaran hanya karena hal tersebut diulang-ulang sehingga seperti kebenaran dan karena hal tersebut menjadi kepercayaan masyarakat banyak

      terima kasih

      Hapus
    2. Ya iyalah beda2 niatnya,, ada yg dakwah nyebarin kekristenan, ada yg dagang, ad yg bla bla bla... ibarat sepeda ontel - pny roda, pny genjotan, ada lampu, pny dinamo, dll -,,, macem2 onderdilnya tp sama aja namanya sepeda onthelll.... mas anonim keyakinannya apa?! gue acungi jempol kl yg comment tuch atheis biar adil,,, LOL!

      Hapus
    3. NAMAMU AJA FACIKIN = FUCKING KONG

      Hapus
    4. ssttt...itu dosa de...cari kata yg lain ah...

      Hapus
  7. coba jelaskan sbenarnya yesus itu lahirnya kapan secara tepat sesuai sejarah! Perang salib di jerusalem jelas merupakan agresi eropa yg direstui paus, sama spt agresi militer belanda setelah proklamasi kemerdekaan indonesia. Mengakui jerusalem sbg tanah kristen sama dgn mengakui indonesia sbg tanah belanda..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelaskan dulu kenapa makan daging babi dilarang????

      Hapus
    2. http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/592160-alasan-ilmiah-mengapa-islam-mengharamkan-babi.html

      Ajaran Islam mengharamkan umatnya mengkonsumsi daging babi dan atau memanfaatkan seluruh anggota tubuh babi. Berikut sepuluh alasan mengapa babi diharamkan.

      1. Babi adalah container (tempat penampung) penyakit.
      Beberapa bibit penyakit yang dibawa babi seperti Cacing pita (Taenia solium), Cacing spiral (Trichinella spiralis), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), Cacing paru (Paragonimus pulmonaris), Cacing usus (Fasciolopsis buski), Cacing Schistosoma (japonicum), Bakteri Tuberculosis (TBC), Bakteri kolera (Salmonella choleraesuis), Bakteri Brucellosis suis, Virus cacar (Small pox), Virus kudis (Scabies), Parasit protozoa Balantidium coli, Parasit protozoa Toxoplasma gondii

      2. Daging babi empuk.
      Meskipun empuk dan terkesan lezat, namun karena banyak mengandung lemak, daging babi sulit dicerna. Akibatnya, nutrien (zat gizi) tidak dapat dimanfaatkan tubuh.

      3. Menurut Prof. A.V. Nalbandov (Penulis buku : Adap-tif Physiology on Mammals and Birds) menyebutkan bahwa kantung urine (vesica urinaria) babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dalam daging. Akibatnya, daging babi tercemar kotoran yang mestinya dibuang bersama urine.

      4. Lemak punggung (back fat) tebal dan mudah rusak oleh proses ransiditas oksidatif (tengik), tidak layak dikonsumsi manusia.

      5. Babi merupakan carrier virus/penyakit Flu Burung (Avian influenza) dan Flu Babi (Swine Influenza).
      Di dalam tubuh babi, virus AI (H1N1 dan H2N1) yang semula tidak ganas bermutasi menjadi H1N1/H5N1 yang ganas/mematikan dan menular ke manusia.
      6. Menurut Prof Abdul Basith Muh. Sayid berbagai penyakit yang ditularkan babi seperti, pengerasan urat nadi, naiknya tekanan darah, nyeri dada yang mencekam (Angina pectoris), radang (nyeri) pada sendi-sendi tubuh.

      7. Dr. Murad Hoffman (Doktor ahli & penulis dari Jerman) menulis bahwa Memakan babi yang terjangkiti cacing babi tidak hanya berbahaya, tapi juga menyebabkan peningkatan kolesterol tubuh dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh.
      Ditambah cacing babi Mengakibatkan penyakit kanker usus, iritasi kulit, eksim, dan rheumatic serta virus-virus influenza yang berbahaya hidup dan berkembang di musim panas karena medium (dibawa oleh) babi.

      8. Penelitian ilmiah di Cina dan Swedia menyebutkan bahwa daging babi merupakan penyebab utama kanker anus dan usus besar.

      9. Dr Muhammad Abdul Khair (penulis buku : Ijtihaadaat fi at Tafsir Al Qur’an al Kariim) menuliskan bahwa daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan Trachenea lolipia. Cacing tersebut berpindah kepada manusia yang mengkonsumsi daging babi.

      10. DNA babi mirip dengan manusia, sehingga sifat buruk babi dapat menular ke manusia. Beberapa sifat buruk babi seperti, Binatang paling rakus, kotor, dan jorok di kelasnya, Kemudian kerakusannya tidak tertandingi hewan lain, serta suka memakan bangkai dan kotorannya sendiri dan Kotoran manusia pun dimakannya. Sangat suka berada di tempat yang basah dan kotor. Untuk memuaskan sifat rakusnya, bila tidak ada lagi yang dimakan, ia muntahkan isi perutnya, lalu dimakan kembali. Lebih lanjut Kadang ia mengencingi pakannya terlebih dahulu sebelum dimakan.

      Hapus
    3. Perjanjian Lama
      Kejadian pasal 1

      (27) Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

      (28) Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

      (29) Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

      (30) Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.

      saya memang tidak suka daging babi, tapi seumur hidup saya tidak ada namanya cacing didalam daging babi sehat! babi dikandang diberi vaksin dan vitamin, mana bisa babi cacingan, klo ada kesaksian orang cacingan setelah makan daging babi, orang itu cuman menutupi fakta klo dia nya yang cacingan. cacing itu ada dimana-mana bukan di daging babi doang. lagian mana mungkin DNA babi mirip manusia itu sama aja ngakuin klo manusia mirip babi ! makanya kuliah dulu baru bantah komen saya !!!

      Hapus
    4. Daging babi ternyata juga dilarang dalam Injil. Umat Kristiani lebih percaya dengan Kitab Suci agamanya. Injil melarang mengkonsumsi babi, dalam kitab Imamat “Dan babi, meskipun ia memiliki kuku terbelah, namun dia tidak memamahbiak; babi adalah najis untuk Anda”.
      “daging nya jangan kamu makan, dan bangkai mereka jangan engkau sentuh, mereka adalah najis untuk Anda.” [Imamat 11:7-8]
      Babi juga dilarang dalam Injil dalam kitab Ulangan
      “Dan babi, karena kukunya terbelah, namun bukan pemamah biak, ia adalah najis untuk Anda. Kamu jangan makan daging mereka, dan jangan menyentuh bangkai mereka.” [Ulangan 14:8]
      larangan yang sama juga diulang dalam Injil dalam kitab Yesaya bab 65 ayat 2-5.

      Hapus
    5. trus keneapa kalian masih makan bungulll

      Hapus
  8. sekarang tau kan mana yang bener mana yg gak,,??? klo mau memahami sejarah perang salib tidak semudah itu bung..!! ketauan bgt msh pd dangkal2 pengetahuannya,,tau nya: katanya,,ktanya,,

    BalasHapus
  9. bang adung : semua sdh ada di atas , silahkan anda baca sendiri dan pahami,,jgn maunya di cekokin aja terussss,,,

    BalasHapus
  10. yang bikin artikel yang komen(kecuali gue) pada idiot ya??
    sejarah tidak bisa kita ketahui bagaimanapun caranya jika kita tidak percaya, siapapun tidak bisa memaksa....

    BalasHapus
  11. Kalau Anda mau bukti sejarah...
    Coba Anda lihat Lukisan Leonardo Da Vinci...
    Cb Anda liat Konferensi Nicea untuk membukukan Injil...
    Yesus bukanlah Tuhan, memang Kristen lahir jauh sebelum Islam...
    Tapi cb telusuri perbedaan Kaum Nabi Isa, apakah sama dengan Kaum Yesus...?
    Yesus adalah nama bangsawan Romawi Pagan, bukan Nabi, ataupun malah Tuhan...
    Jadi jangan terlalu jauh mempermslahkan Islam atau Kristen...
    Tapi ketahui dulu sejarah Kristen itu sendiri...
    Dan baru kita bisa bicara keyakinan akan sejarah...

    BalasHapus
  12. Sekarang kita berfikir sederhana saja...
    Apabila ada film yang menyimpang dari ajaran Islam, oleh Islam film tersebut pasti sudah "di black list"...
    Tapi apa yang terjadi ketika film "The Da Vinci Code" yang jelas-jelas mencoreng Kristen...
    Film itu bahkan diputar berulang-ulang di Stasiun TV orang Kristen di Amrik dan Eropa sono...
    Bukankah kaum Kristen sendiri mencoba mengaburkan ajaran nya sendiri...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sekali tidak berbobot!!!!!

      Hapus
    2. Lha memang Agama Kristen tidak berbobot, kenapa harus dibuat berbobot...
      Babi ja dimakan, padahal jelas-jelas membahayakan, minuman keras diminum di gereja2, bagaimana agama yang dari hal sepele saja tidak menjamin keselamatan umatnya bisa disebut benar dalam hal yang lebih general...?

      Hapus
    3. wwkwkwk....
      bro Andre, coba anda tolak mentah2 Rumah sakit yg menggunakan morfin untuk membius saat operasi...
      Bodoh sangat.
      Kami memang makan babi namun sifat kami tidak seperti babi.
      Semua ada porsinya.
      Terkecuali agama anda.
      Nampak paha perempuan sedikit pikiran udah mesum.
      ada kafir halal untuk di pancung.
      agama barbar.

      Hapus
    4. The Da Vinci Code bukanlah film buatan Kristen sendiri, film ini di buat para ateis yng ingin membuktikan klo Yesus itu punya keturunan.
      di amrik sendiri banyak org yg hanya kristen KTP, tahu nya hari raya Kristen cuman Natalan, klo di tanya kapan Yesus bangkit bisa nya garuk kepala sampe botak, banyak kaum ateis yang KTP di isi Kristen Katolik tanpa penah dibaptis sebagai Kristen

      Hapus
    5. Buat saudara yang muslim, tidak perlu di baca artikel ini dan tidak perlu repot-repot membantah yang ada di artikel ini. Karena memang konsep kita tidak sejalan. Cari saja artikel lain yang sesuai dengan agama anda. salam damai.

      Hapus
    6. Ah monyet loh....

      Hapus
    7. setelah capek baca ne diskusi ,,, ini yang saya paling setuju kenapa seh suka koment artikel yang menbebani batinya( contra)
      jujur saja saya tidak suka baca artikel islam ... mending perdalam agama sendiri

      kalau tidak suka ya di tutup
      toh agama kristen lebihtua dari anda
      jdi perdalam agama masing masing aja gak usah protes agama lain
      kalw maw nambah wawasan harus netral

      Hapus
  13. Islam di sebarkan dgn Pedang & Penaklukan. Islam ingin mengausai perabadan Eropa Roma (Vatican) & dunia dengan hukum Syariah & Khilafah. Islam bukan agama Damai tetapi Perang.Di Negara Islam hukum tertinggi Al-Quran & Hadist. Khilafah Ottoman, Seljuk Turki, Bangsa Moor & Berber adalah bangsa Penjajah & Perampok.Kota Konstaninopel dari kerajaan Romawi Timur (Binzantium) di rebut oleh Ottoman Khilafah Seljuk Turki lalu mengganti kota tersebut menjadi Istanbul. Gereja Hagia Sophia pada era Ottoman di jadikan mesjid dasar Muslim Turki Perampok & Penjarah.Muslim Turki merebut Siprus Yunani, kebudayaan Yunani & tempat ibadah gereja Ortodok di hancurkan.Ottoman Khilafah Turki telah melakukan pembantaian massal (Genosida) thd bangsa Armenia.1,5 juta orang Armenia tewas di bunuh. Janisari adalah anak2 Laki- Laki Kristen di atas umur 12 di rekrut dari wilayah Balkan Eropa negeri yg sudah di taklukan Khilafah Utsmmaniyah lalu di didik secara militer di jadikan tentara untuk membunuh bangsanya sendiri. Inilah kekejaman bangsa Ottoman Khilafah Turki.

    BalasHapus
  14. Islam bagaikan virus Aids/,/ Kanker yg ganas harus di cabut sampai ke akar2nya supaya tdk menulari orang lain. Islam bukan agama tetapi ideologi yg ingin menguasai dunia.Di mana ada Muslim di situ ada Teror Bom. Di mana ada Islam di situ ada Bom Bunuh Diri atas nama Jihad agama. Membunuh orang2 Kafir & Yahudi mendapat Pahala, masuk Surga & Bonus 7 Bidadari. Inilah jalan pintas ajaran sesat. Islam agama yg mengajarkan benih Kebencian & Kekerasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda mengerti Islam tidak lebih dari seujung kuku, saya merasa wajar jika anda berpendapat seperti itu...
      Anda berfikir picik, sehingga tidak membedakan antara Islam secara oknum dan Islam secara ajaran murninya...
      Karena sebagaimana Kristen, juga berbeda antara oknumnya dan ajaran nya...
      Ingat pembinasaan Inggris terhadap suku aborigin?
      Ingat pembentukan negara USA yang merampas tanah itu dari suku Indian?
      Ingat espansi besar-besaran Perancis ke Afrika?
      Semua itu oknum Kristen, bukan ajaran kristen...

      Hapus
    2. Perang dunia ke 1 dan ke 2 yang terlibat semua orang non muslim, apakah itu bukan kekerasan. dan perang dunia yang ke 3 (perang nuklir), yang akan terjadi sebentar lagi yg terlibat adalah antara Gereja Timur ( dipimpin oleh Rusia) melawan Israel bergabung dengan gereja barat..

      Hapus
    3. sebenarya sama dengan anda mengerti kristen hanya seujung kuku jg
      coba bedakan juga kristen sebagai oknum dan kristen secara gerejawinya/ajaranya
      jgn mulut besar ah

      apa yg membuat anda tertarik membaca artikel kristen
      saya sangat tidak suka dengan oknum2 penyebap membakar gereja tidak menberi ijin untuk memdirikan gereja padahal mesjid sangat rapat di kota suara azanya tidak serempak membuat ribut

      Hapus
    4. Banyak dari suara yang anda sebut membuat ribut itu menggugah manusia untuk tertarik menuju islam, pahami islam secara utuh bung, saperti saya mencoba memahami kristen secara utuh tanpa meninggalkan identitas saya sebagai seorang muslim, dan yang saya dapatkan adalah, yesus tidak pernah mengatakan dia adalah tuhan, atau sembahlah aku, dia hanyalah pesuru allah , bukan Tuhan yang harus di sembah, tuhan kok di angkat oleh raja.. apa lu gak tega, ber abad abad Tuhan mu tidak memakai Baju? pasti kedinginan dia

      Hapus
    5. wkwkwkwk... setuju bung Asrul

      Hapus
  15. http://chodet22.wordpress.com/2010/02/11/sebuah-revisi-kesalahan-ajaran-kristen/
    http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20121129022753AAwSvFm

    Coba anda buka link tersebut...

    BalasHapus
  16. http://www.globalmuslim.web.id/2011/01/cerminan-kebohongan-dan-kesesatan.html

    BalasHapus
  17. http://www.kumpulansejarah.com/2013/03/sejarah-proses-penciptaan-manusia-dalam.html

    BalasHapus
  18. @Bang Adung pernah kah abang baca Alkitab di Alkitab dikatakan bahwa pada saat Allah Bapa Yang Ada Disurga telah memberitaukan bahwa ia akan mengirim Malaikat penyelamat yang terakhir yaitu Nabi Isa Al Masi (Lebih dikenal Tuhan Yesus) pada saat mendengar kkabar ini seluruh umat Manusia senang dan gembiranya bukan main tetapi kegembiraan dan kesenangan mereka mulai hilang karna Janji yang di berikan Allah Bapa datang nya terlalu lama (menurut manusia = tidak ada dan hanya sebuah guyomam)hingga akhirnya mereka mulai melupakan janji yg diberikan Allah Bapa dan tiba pada Hari Kelarihan-Nya Tuhan Yesus di tengah malam kota Yerusalem sepi hening tanpa ada yang menyambut kelahiran-Nya yg lebih parah nya Bidan ataupun Rumah Sakit tidak ada yg buka kota itu Hitam gelap dan sepi tanpa menyadari sang Juru Slamat telah datang untuk menghapus dosa manusia hingga akhir nya Tuhan Yesus pun harus lahir di kandang Domba.
    Dari situ dapat disimpul kan bahwa yang mengetahui tanggal kelahiran Yesus tidak ada mengetahui yang mengetahui hanya lah Bunda Maria (Ibu Yesus sendiri,Ayah Yesus dan ternak serta pemilik Ternak).
    Tapi kalau mengikuti kesimpulan umum yang di gunakan di dunia sekarang ini adalah bahwa Ketika Yesus Lahir bahwa sejak itu lah Umur dunia mulai di hitung dengan Setelah Masehi berarti bisa di katakan menurut Fakta bahwa umur Yesus bisa di bilang 2013 sesuai dengan tahun sekarang tapi kalau mengenai Tanggal Bulan saya tidak mengetahui nya secara tepat dan rinci

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh jadi tuhan lo ingkar janji?

      Hapus
  19. Islam agama yg mengajarkan benih kebencian & kekerasan thd orang2 Kafir & Yahudi.
    Membunuh orang2 Kafir & Yahudi boleh atas nama Jihad.
    Darah Non Muslim halal syah dgn mengucapkan Allahu Akbar = Alloh Maha kecil.
    Allah swt bukan khalik pencipta semesta alam tetapi Dewa Bulan Sabit bangsa Arab barbar.
    Kabah di Mekkah tempat berhala (syrik) krn di jadikan kiblat Sholat.
    Hajar Aswad di jadikan benda keramat oleh Muslim.... ya Alloh aku datang memenuhi panggilanMu
    ......batu di bilang Alloh dasar Muslim sesat. Lafaz Allah swt nama Dewa Bulan Sabit Hilal.
    Naik Haji adalah ritual agama Pagan (berhala) mengelilingi kabah sebanyak 7 kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedangkan agama yahudi mengatakan kaabah dibina nabi ibrahim,sedangkan kamu otak cetek kata mcam tu,yang meletak berhala itu orang arab pagan di situ,,ya allah mengapa kristen sembah salib,sedangkan nabi isa tidak menyuruh sembah salib. Kan,kan,kan

      Hapus
    2. saya mau nanya, seandainya yesus mati di kursi listrik apakah kalian akan menggunakan Mata rantai berbentuk kursi, atau kursi akan menjadi lambang dri gereja dan kristen? tolong di jawab

      Hapus
    3. lagian sorry aje ye yesus tuhan lo itu bukan nabi isa loh.. itu yudas iskhariot
      jadi tuhan lo bukan nabi gueh

      Hapus
  20. Islam agama penuh kebohongan.
    Muslim boleh bertaqiya mencuri,merampok & membunuh orang2 Kafir & Yahudi asal berguna bagi Islam. Islam satu2nya agama yg memberikan hukuman mati / penggal/ penjara/ cambuk bagi muslim yg murtad.Murtad bukan suatu kejahatan yg harus di bunuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taqiya bukan ajaran Islam... Taqiya ajaran Syi'ah, dan Syiah bukan Islam, catet......
      Seandainya mencuri, merampok, membunuh dibolehkan oleh Islam, niscaya kalian orang2 Kafir, yang lebih dulu dijarah dan dihabisi........

      Hapus
    2. yaudah bandingin sini alkitab lo sama al-quran.. ups serinya beda2 ya tiap daerah?

      Hapus
  21. katholik-kristen itu penjahat dunia.. kalian mengaku pintar, tpi mau d bodohi dgn penjelasan g jelas gereja yg g masuk logika.. sni suruh nemuin gw pastur/pendeta lu yg paling hebat.. suruh ngmng sma gw ttg bukti2 ketuhanan si Yesus yg mati d jemur.. contact gw 085725767580 klo lu bsa datengin pastur lu.. gw cma nak ABG kemarin sore, gw tantang pastur2 lu tu..

    BalasHapus


  22. Islam adalah agama damai, tapi kalian yang tidak faham ajar Islam akan memfitnah.

    buktinya ketika panglima-panglima dahulu ingin membuka kota-kota non-muslim Islam menawarkan tiga pilihan; masuk Islam atau membayar jizyah atau perang. Kemudian ketika perang Islam melarang membunuh wanita, anak-anak dan orang tua renta. setelah selesai perang Islam tidak membunuh tawanan tanpa sebab apalagi menyiksanya. ketika membuka kota Islam tidak membantai penduduk kota dan tidak menjarah harta mereka, akan tetapi mengambil harta kas pemerintah sebagai ghonimah.

    sejarah:
    "ketika sholahudin dan pasukan kaum muslimin memasuki kota Al-quds (yarusalem) kemudian mendapati kayu salib yang mereka sangka adalah salib suci nabi Isa, maka mereka (muslimin) menjatuhkanya ke bumi serentak mereka bertakbir dan pula kaum nashoro menangis bersedih." (Albidayah wan nihayah )

    pertanyaan: Mengapa kaum nasrani ketika itu tidak ada pertolongan dari Tuhan mereka ketika salib itu jatuh dan dihancurkan? Apakah Tuhan tidak melindungi? Ataukah Tuhan kalian tidak nyata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam itu orang yg sangat pintar utk 'MEMUTAR BALIKKAN FAKTA'

      Hapus
    2. Semua orang pintar memutarbalikkan fakta, mau itu islam, nasrani, yahudi, budha, atheis, ataupun agnostik. Apalagi kalo uda debat panjang soal agama.

      Hapus
    3. solahudin : anda mesti belajar lagi agama islam.
      Kafir halal untuk dipancung.
      wanita pakaian seksi yang di perkosa, yang salah malah si wanita bukan si pelaku.
      tanya hati nurani anda yang paling dalam.
      Apakah pantas kafir halal di bunuh.
      Apakah salah terlahir (yg menurut islam) sbg kafir ?
      Apakah salah si wanita ingin tampil cantik ??? kontolnya itu yg perlu di jaga

      Hapus
    4. Kafir mana dulu, kalo semua Kafir halal untuk dipancung, niscaya semua orang Nasrani di bumi Indonesia akan habis dibantai....... Tampil cantik bukan dengan cara berbugil ria, dan berbusana minim atau bahkan berpakaian tipis.... Tampil cantik dengan berpakaian yg sopan, dan rapi sehingga memancarkan aura kecantikan.....

      Ada gula, ada semut, ada sebab ada akibat... Nggak mungkin Kontol berdiri kalo nggak ada yang mancing2 supaya kontol itu berdiri..............

      Hapus
    5. makanya jangan memakai pakaian seksi, tutp aurat biar tidak di perkosa, kamu sudah tahu jawabannya kan

      Hapus
  23. Apa yg membuat kami.(muslimin) tdk senang dgn perang salib adalah bahwa muslimin sdh.sangat berjasa atas kemajuan eropa, tapimuslimin tetap dianggap barbar. Pasukan muslimin tdk menjarah kecuali dr para penguasa dan ersediaan serta perlengkapan tentara perang salib. Dan tentara muslim tdk membunuh anak-anak dan para wanita seperti yg dituduhkan paus dlm pidatonya. Memang para pemimpin perang salib yg yertawan dibunuh, tapi tentara rendahan dibebaskan.
    Dlm islam sejak jaman Nabi Muhammad tdk dibenarkan mbunuh dgn menyiksa, wanita dilarang dibunuh apalagi diperkosa, rakyat tdk boleh dijarah dan dibunuh. Lalu siapakah yg barbar?
    Benar kami bangga dgn penyenaran islam samapai keeropa. Tapi kami sangat tersinggung jika penyebaran islam dilakukan dengan pembantaian. Muslimin berperang hanya jika terpaksa dan jln yg lain sdh tidak mungkin lagi dilakukan.
    Kami sangat tersinggung pidato paus yg mendiskriditkan muslimin sebagai barbarian. Ini poin pidato itu yg sangat tdk berfakta itu.

    Tidak sedikit orang-orang Kristen yang mereka tawan untuk dijadikan budak, sementara sisanya dibunuh. Gereja-gereja, kalau tidak mereka hancurkan, mereka jadikan masjid. Altar-altar diporak-porandakan. Orang-orang Kristen mereka sunat, dan darahnya mereka tuangkan pada altar atau tempat-tempat pembaptisan. Beberapa mereka bunuh secara keji, yakni dengan membelah perut dan mengeluarkan ususnya. Mereka tendang orang-orang Kristen, dan mereka dipaksa berjalan sampai keletihan, hingga terjerembab di atas tanah. Beberapa dipergunakan sebagai sasaran panah. Ada yang mereka betot lehernya, untuk dicoba apakah bisa mereka penggal dengan sekali tebas. Lebih mengerikan lagi perlakuan mereka terhadap perempuan.

    Islam bukan agama perusak apalagi agama pembantai. Terbukti cordova lbh maju pd masa itu dr belahan manapun dibumi eropa.

    BalasHapus
  24. Kalau perang salib tidak ada, maka Eropa bukan seperti sekarang, Eropa menjadi muslim semua. Kalau Eropa jadi muslim maka dunia tidak akan seperti sekarang. Tidak ada kebebasan berkespresi,tidak adademokrasi, semua orang akan menjadi munafik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika perang salib tidak ada, Dunia tidak penuh dengan warna.... hahahahahahahaha, monoton cuy... gitu-gitu aja... tapi efeknya... susah kita hidup berdampingan.

      Hapus
  25. Perang salib adalah upaya bangsa eropa membendung ekspansi kerajaan islam. Waktu itu eropa tinggal sejengkal saja sudah akan dikuasai, eropa sudah terkepung. Pada akhirnya tentara islam sibuk melawan tentara salib di timur tengah, sehingga melupakan ekspansi ke eropa yang tinggal selangkah lagi dikuasai. Pada waktu itu tentara islam dengan bangganya dapat memperoleh kemenangan dan menguasai Yerusalem selama 650 tahun, itulah hadiah yang mereka peroleh sebagai silih supaya melupakan ekspansi ke eropa, sehingga spanyol yang sudah muslim terlepas kembali. Ini fakta sejarah loh.

    BalasHapus
  26. PERANG SALIB MODERN.
    Rakyat inggris tidak dapat melupakan ketokohan rajanya King Richard the Lion Heart dalam perang salib. Maka inggris modern, berpikiran ekonomi modern: setelah beberapa lama menguasai tanah palestina, maka segera setelah perang dunia kedua berakhir membentuk pemerintahan israel. Itulah perang salib modern. Kalau dahulu tentara eropa bermain di tanah timur tengah, bermain perang dengan tentara islam, maka sekarang biar bangsa israel yang menyibukkan orang arab. Sekarang orang arab sibuk dengan mainan barunya: israel.

    BalasHapus
  27. Peninggalan perang salib.
    Teman-teman yang ingin menambah wawasan, kalau ingin mendalami info seputar peninggalan perang salib, ini ada pekerjaan rumah dari saya. Mungkin 2 hal yang akan saya sebutkan dibawah ini, sebelumnya tidak akan terpikirkan bahwa hal itu ada hubungannya dengan perang salib. Silahkan cari infonya.

    1. Kue Croissant. Ya ini kue kering yang dimakan itu.

    2. Oktober sebagai bulan Maria bagi orang katolik.

    Betul, kedua hal diatas itu ada karena perang salib, dibaliknya ada cerita tersendiri. Silahkan dicari infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. inilah peninggalan perang yang sebenarnya...

      1. nyawa-nyawa yang tak berdosa melayang.
      2. rusaknya alam sekitar
      3. istri menjadi janda
      4. anak-anak jadi yatim
      5. harta terampas oleh orang lain
      6. trauma
      7. meninggalkan kebencian
      8. tidak adanya kerukunan
      9. sikap saling curiga
      10 cape akh, kebanyakan... hahahahahaahaha. terlalu banyak peninggalan perang itu, zaman purba aja kalah. haduh..

      :p

      Hapus
  28. Penyebaran Islam dgn Pedang & Peperangan.
    Non Muslim di jadikan Dhimmi budak warga kelas dua di negara Islam.
    Non Muslim di kenakan pajak Jizyah yg sangat tinggi. Pajak Jizyah jaminan keamanan bagi Non Muslim di negara Islam.Muslim Turki Ottoman Seljuk melakukan Genosida (pembunuh masal) di mana 1,5 juta warga Armenia tewas di bunuh.Ottoman Khilafah Turki merebut kota Konstatinopel dari Binzatium Romawi Timur lalu mengganti kota tsb menjadi Istanbul.Perang salib adalah utk membela diri thd gempuran dari Muslim Ottoman Turki. Islam merebut kerajaan Kristen Timur Tengah Antiochia, Alexandiria, Yerusalem & konstaninopel.Janisari anak2 Kristen Balkan di didik militer menjadi tentara oleh Bani Ummayah utk membunuh bangsanya sendiri.

    BalasHapus
  29. http://injilkristen.tripod.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kristen kl berani silakan buka,jgn lupa bw kita..!!

      Hapus
  30. MUSLIM SELALU MENGELAK DGN ALASAN DI ZOLIMIN SAMA ORANG2 KAFIR EROPA & ZIONIST ISRAEL.MUSLIM SELALU PROMOSI ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN, ISLAM AGAMA PEMBAWA DAMAI, RAHMAT SEMESTA ALAM TERNYATA BULL SHIT MUSLIM PALING PINTAR BERBOHONG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kisah udah di jamin valid gk mas broww... otak kambing luu...wkwkwkwkw domba yang tersesat

      Hapus
    2. Islam adalah Penjahat Dunia (WE ARE RMS MALUKKU) SIAP BASMI ISLAM DI BLANDA

      Hapus
    3. RMS MALUKU ITU Sejenis TAI kambing ato TAI Anjing sih??

      Hapus
    4. saya mau tanya yesus itu di sunat apa di babtis, trs kitab orang nasarani itu apa sih koq bahasanya mengikuti negara masing2, trs injil iti kita agama apa g jls bget.

      Hapus
  31. “If you want to learn about Islam, go study Islam, don’t study the Muslims !"
    (Jika kalian ingin belajar tentang Islam, belajarlah tentang agama Islam, bukan belajar tentang penganut Islam)
    “Islam is perfect, Muslims are not. Don’t get confused!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam is perfect
      Tiadavtuhan selain Allah SWT

      Hapus
    2. Buat saudara yang muslim, tidak perlu di baca artikel ini dan tidak perlu repot-repot membantah yang ada di artikel ini. Karena memang konsep kita tidak sejalan. Cari saja artikel lain yang sesuai dengan agama anda. salam damai.

      Hapus
    3. muslim atau islam yg komen
      If you want to learn about Islam, go study Islam, don’t study the Muslims !"
      goblok...

      Hapus
    4. saya mau tanya yesus itu di sunat apa di babtis, trs kitab orang nasarani itu apa sih koq bahasanya mengikuti negara masing2, trs injil iti kita agama apa g jls bget.

      Hapus
  32. Malam ini saya sedang nonton Kingdom of heaven,
    penasaran dengan sejarah perang salib coba search akhirnya menemukan beberapa blog yang bahas termasuk blog ini, dari sudut pandang Muslim mereka benar dari sudut pandang Kristen mereka benar juga. Yang membuat saya tertarik bukan fihak mana yang salah dan benar karena cerita bisa dikarang sendiri, tapi kisah lahirnya tokoh Dracula yang menjadi inspirasi banyak film yang keren abis...sungguh saya baru tahu.

    BalasHapus
  33. Hanya sedikit kritik saya untuk tokoh Dracula ini, sebagai kristen yang taat harusnya dia tidak takut oleh bawang dan salib, maybe akan lebih dramatis klo dia takut oleh Kurma ... ( hanya saran )

    BalasHapus
  34. ndak usah basa basi .. Moga Tuhan yg menciptakan kita semua segera mengKIAMATKAN dunia ini ... muak ngelihat perang, saling ejek antara sesama manusia ...

    BalasHapus
  35. hahahahahah lucu...
    sbg muslim, saya slalu brfikir klo sejarah tentang perang salib bkn perang antar agama, suku taupun paham tertentu, tetapi dikarenakn perluasan wilayah yang dilakukan oleh kerajaan islam turki yg kmudian disangkut-pahutkan oleh oknum2 tertentu dengan Agama. Terlalu riskan jika mngmbil ksmpulan2 dmna kita hanya mengambil referensi dari beberapa buku atau blog apalagi asumsi sndiri, ingat kita tdk tahu knyataan perang salib! yang kita tahu hanya cerita serta kisah yang di tulis dari perkamen atau buku2. Seharusnya kita hanya mengenal sejarah perang salib sbg bahan2 pmikiran dan renungan untuk dapat saling memahami saling mentoleransi dan saling mngerti satu sama lain..
    Salam damai

    BalasHapus
  36. Untukmu agamamu dan untukku agamaku

    BalasHapus
  37. Jadikan sejarah dan pandangan masa lalu sebagai salah satu dasar pemikiran langkah hidup ke depan, bukan sebagai bahan debat agama karena debat itu tidak akan pernah selesai, apalagi menjadikan sejarah dan pandangan masa lalu itu sebagai satu-satunya dasar hidup saat ini karena semua agama selalu mengajarkan kita untuk berbuat baik. Cukup berbagi kasihlah kepada sesama kita, itulah yang diinginkan semua agama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

      Hapus
  38. pada ributkan agama, urus jalanmu masing2 bro!

    BalasHapus
  39. " Pada hari itu, dengan pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, yakni raja Asyur, Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan pisau itu akan melenyapkan janggut juga." (Yesaya 7:20)

    inilah Tujan Injil yang kepadanya Sri Paus bangga dan mendesak seluruh dunia untuk meyakininya karena ia laki-laki tampan yang mencukur rambut kepalanya, rambut kakinya, dan janggutnua dengan sebuah SILET SEWAAN dari raja Asyur. BETAPA MISKINNYA TUHAN INJIL ini yang mencukur dengan SILET SEWAAN. !

    Tuhan mampu melakukan apa saja yang diinginkannya, mengapa ingin menebas dosa ciptaannya di kayu salib? Apakah segampang itu? kalau begitu mengapa kalian tidak melakukan dosa saja? bukankah dosa kalian udah dijamin dibersihkan?

    sungguh hina nya Tuhan kalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami bukan kamu yang karena mendapat pahala menikahi non kritan jadi semangat cari nonkriten dan bangga

      Hapus
  40. Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada Tuhan, kepada Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaraku dari bait-Nya. Lalu bergoyang dan bergoncanglah bumi, dasar-dasar langit gemetar dan bergoyang, oleh karena bernyala-nyala murka-Nya. Asap membumbung dari hidung-Nya, api menjilat keluar dari mulut-Nya, bara menyala keluar dari pada-nya. Ia menekukkan langit, lalu turunm kekelaman ada dibawah kakinya. Ia mengendarai kerub, lalu terbang, dan tampak di atas sayap angin (2 Samuel 22:7-12)


    Pertanyaan saya,,
    INI TUHAN ATAU NAGA SIIIHH?? APA INI TUHAN INJIL KARANGAN PAUS? (TUHAN DARI INJIL YANG ASLI TIDAK SENAJIS INI, KARENA INJIL YANG ASLI TELAH DIBAKAR OLEH KAUM PAUS ATAS PERINTAH PAUS SENDIRI) MUNGKIN MIRIP BADUT SIRKUS YAH??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saudara yang muslim, tidak perlu di baca artikel ini dan tidak perlu repot-repot membantah yang ada di artikel ini. Karena memang konsep kita tidak sejalan. Cari saja artikel lain yang sesuai dengan agama anda. salam damai.

      Hapus
    2. Wakkakakak.....Naga X

      Hapus
    3. wkwkwk..naga tuh..:D

      Hapus
  41. KRISTEN LAH YANG MENGAJARKAN PERBUDAKAN DAN DISKRIMINASI SOSIAL..

    MAU BUKTI? CARI DI INJIL VERSI KALIAN..

    INJIL DITURUNKAN HANYA UNTUK DIPELAJARI OLEH KAUM YAHUDI. MENGAPA SELURUH DUNIA MENGANUT SEBAGAI KITABNYA? TIDAK PERCAYA KALAU INJIL DITURUNKAN HANYA UNTUK KAUM YAHUDI? BACA KITAB INJIL KARANGAN PAULUS BIADAB KALIAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saudara yang muslim, tidak perlu di baca artikel ini dan tidak perlu repot-repot membantah yang ada di artikel ini. Karena memang konsep kita tidak sejalan. Cari saja artikel lain yang sesuai dengan agama anda. salam damai.

      Hapus
  42. KRISTEN YANG SEKARANG BUKANLAH AJARAN KRISTUS YANG DIAJARKAN OLEH YESUS, TETAPI AGAMA YANG TELAH DICAMPUR ADUKKAN DENGAN AJARAN PAGANISME..

    TIDAK PERCAYA? SILAHKAN LIHAT SEJARAH TANGGAL 25 DESEMBER SEBAGAI TANGGAL NATAL KALIAN, MENGAPA POHON NATAL ADA.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nya hanya menjelek kan, apa hubungan kamu dg phon natal, dg perkataan kamu aja udah mencermin kan kamu bkn orang baik

      Hapus
    2. kristen agama ku adalah agama yg baik, islam juga baik, kenapa kalian hidup di dunia ini saling menjelek kan? apakah di dalam ajaran agama islam ada mengajar kan kalian saling mencelah ? tidak kan? semua pasti mengajar kan yg baik. inti nya hidup di dunia ini utk masuk surga bertungkah laku lah yg baik, jgn menyakitim jgn egois, jgn mau menang sendiri,,jangan merasa kalian lah yg baik. JANGAN MAU MEMAKSA KAN ORANG LAIN HARUS SERUPA WAJAH NYA DENGAN KALIAN, setiap orang berhak menganut agama yg sesuai dg kehendak nya. maka hidup lah berdampingan saling menghargai, mencintai sesama

      Hapus
    3. baco bece nama samaran, saya yakin kamu bukan orang yg sukses, kalo kamu sebagai pimpinan negara pasti kamu akan bikin kacau negara karena kamu orang fanatik yg munafik. ngaca dulu wajah mu di cermin yg besar

      Hapus
    4. KARNA KAMI PUNYA TRADISI YG UNIK DAN INDAH TIDAK SAMA SEPERTI MUSLIM


      KALO BGITU ISLAM YG SKARANG JUGA BUKAN PIMPINAN MUHAMMAD DONG?

      SO KAMBING/OONTA ARAB MUNGKIN?

      Hapus
    5. aneh, manusia koq, senang ya, hidup dizaman penuh dengan kebencian terhadap sesama.... untung bukan manusia.... (bercanda cuy) hahahahahahahahahaha............ tapi bener sih, aku tidak bisa tenang hidup berdampingan dengan kebencian. jadinya aku benci sama orang-orang penebar kebencian. tuhkan aku ketularan penyakit kebencian. huhhhhhhhhhh.

      Hapus
    6. kamu baca astikel cari pembenaran
      iri sama kristen ya,,,,
      kasian ,,,,

      no sana cuci mata dulu
      da bosamnya??
      mw masuk kristen
      saya no koment

      Hapus
  43. Ajaran Islam mengharamkan umatnya mengkonsumsi daging babi dan atau memanfaatkan seluruh anggota tubuh babi. Berikut sepuluh alasan mengapa babi diharamkan.

    1. Babi adalah container (tempat penampung) penyakit.
    Beberapa bibit penyakit yang dibawa babi seperti Cacing pita (Taenia solium), Cacing spiral (Trichinella spiralis), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), Cacing paru (Paragonimus pulmonaris), Cacing usus (Fasciolopsis buski), Cacing Schistosoma (japonicum), Bakteri Tuberculosis (TBC), Bakteri kolera (Salmonella choleraesuis), Bakteri Brucellosis suis, Virus cacar (Small pox), Virus kudis (Scabies), Parasit protozoa Balantidium coli, Parasit protozoa Toxoplasma gondii

    2. Daging babi empuk.
    Meskipun empuk dan terkesan lezat, namun karena banyak mengandung lemak, daging babi sulit dicerna. Akibatnya, nutrien (zat gizi) tidak dapat dimanfaatkan tubuh.

    3. Menurut Prof. A.V. Nalbandov (Penulis buku : Adap-tif Physiology on Mammals and Birds) menyebutkan bahwa kantung urine (vesica urinaria) babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dalam daging. Akibatnya, daging babi tercemar kotoran yang mestinya dibuang bersama urine.

    4. Lemak punggung (back fat) tebal dan mudah rusak oleh proses ransiditas oksidatif (tengik), tidak layak dikonsumsi manusia.

    5. Babi merupakan carrier virus/penyakit Flu Burung (Avian influenza) dan Flu Babi (Swine Influenza).
    Di dalam tubuh babi, virus AI (H1N1 dan H2N1) yang semula tidak ganas bermutasi menjadi H1N1/H5N1 yang ganas/mematikan dan menular ke manusia.
    6. Menurut Prof Abdul Basith Muh. Sayid berbagai penyakit yang ditularkan babi seperti, pengerasan urat nadi, naiknya tekanan darah, nyeri dada yang mencekam (Angina pectoris), radang (nyeri) pada sendi-sendi tubuh.

    7. Dr. Murad Hoffman (Doktor ahli & penulis dari Jerman) menulis bahwa Memakan babi yang terjangkiti cacing babi tidak hanya berbahaya, tapi juga menyebabkan peningkatan kolesterol tubuh dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh.
    Ditambah cacing babi Mengakibatkan penyakit kanker usus, iritasi kulit, eksim, dan rheumatic serta virus-virus influenza yang berbahaya hidup dan berkembang di musim panas karena medium (dibawa oleh) babi.

    8. Penelitian ilmiah di Cina dan Swedia menyebutkan bahwa daging babi merupakan penyebab utama kanker anus dan usus besar.

    9. Dr Muhammad Abdul Khair (penulis buku : Ijtihaadaat fi at Tafsir Al Qur’an al Kariim) menuliskan bahwa daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan Trachenea lolipia. Cacing tersebut berpindah kepada manusia yang mengkonsumsi daging babi.

    10. DNA babi mirip dengan manusia, sehingga sifat buruk babi dapat menular ke manusia. Beberapa sifat buruk babi seperti, Binatang paling rakus, kotor, dan jorok di kelasnya, Kemudian kerakusannya tidak tertandingi hewan lain, serta suka memakan bangkai dan kotorannya sendiri dan Kotoran manusia pun dimakannya. Sangat suka berada di tempat yang basah dan kotor. Untuk memuaskan sifat rakusnya, bila tidak ada lagi yang dimakan, ia muntahkan isi perutnya, lalu dimakan kembali. Lebih lanjut Kadang ia mengencingi pakannya terlebih dahulu sebelum dimakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah sesudaha IPTEK berkembang baru kalian mengatakan itu,,alasan utamanya kalian tidak tau knapa mengharamkan babi,

      Jangan sok bangat kalian vaksin untuk naik haji yang disuntikkan untuk jemaah terbuat dari vaksin babi kok,,

      Hapus
  44. terimakasih sudah menjelaskan agama mana yg layak bagi sy,, semoga Allah SWT membalas kebaikan anda, amien

    BalasHapus
  45. keluar dari sejarah, Sesungguhnya Agama kalian " kristen " dibawa orang orang orang keji jahat dan bejat yaitu orang Belanda, sudah banyak upaya kristen untuk mengkristenisasi orang orang Muslim, bahkan di komplek saya ibu ibu pengajian pun ngapain dibawa bawa ke gereja, mau diajak nyanyi nyanyi gitu ? atau mau dibaptis haha siasat jahat !!! jahatnya lagi Reginald of chattilon dari pasukan Kristen :p membantai orang orang muslim di laut merah, rombongan haji yang menuju ke mekkah dll, lalu peristiwa april moop :) hanya orang bodoh saja yang tidak mengerti peristiwa ini, pembantaian orang kristen terhadap kaum minoritas islam di Spanyol , lalu saya masih bingung siapakah tuhan kalian Yesus atau roh kudus ( nama kota tuh ), lalu jika Yesus penyelamat umat, kenapa dia dibantai oleh orang Romawi ?

    BalasHapus
  46. yang ngeboom Hirosima dan NAgasaki hingga 750000 orang meninggal sia sia itu siapa? yang membantai 6 juta etnis ISLAM Bosnia siapa? hingga wanita dan anak anak diperkosa dan dibunuh dengan sadis dan dikubur hidup hidup,yang membantai 11 juta etnis yahudi siapa? yang mencetuskan perang dunia 1 dan II siapa? hingga ratusan juta orang mati sia sia? orang Islam kah ? Siapa yang membunuh 1.500.000 muslim menyerah di spanyol pada inkuisisi oleh Ratu Issabella III? lalu kekejaman suku dayak, Siapa yang menjatuhkan bom kimia dan biologis di Vietnam? Siapa yang membunuh ratusan orang kulit hitam di Amerika dan tidak menganggap mereka sebagai manusia sampai tahun 1960 ? Siapa yang membuat lebih dari 9,5 juta pengungsi manusia makhluk di Afrika? Siapa yang membunuh dan menyita tanah dari petani Putih di Zimbabwe? Siapa yang membunuh lebih dari 2 juta Vietnam selama Perang Vietnam? Siapa yang membunuh lebih dari 2 juta orang Kristen Afrika di Rwanda, Sierra, Leone, Burundi dan Kongo dalam! dua dekade terakhir? dan yang paling utama siapa pembunuh ratusan juta orang Indonesia selama 350 tahun ? Orang islamkah yang membunuh ? atau orang Hindu atau Budha ? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu Peristiwa berbeda
      karna nyatanya Islam AGAMA baik menurut sya (kristen)
      TAPI PENGANUTNYA MEMILIKI OTAK kAMBING ATAU ONTA

      MIKIRNYA KAYA JAMAN PURBA..... TURUT PRIHATIN

      Hapus
    2. jangan berpikir seperti iblis, kita manusia... iblis suka jika kita berperang, punya musuh dan semacamnya. kita sudah tau buruknya akibat perang. maka jangan diungkit-ungkit lagi. siapa yang salah dari perang itu, sudahlah tak usah didebatkan. lagian yang namanya perang itu gak ada baiknya, hanya memberikan kerusakan di muka bumi ini. menebar kebencian antar sesama manusia, entah itu perang suci atau bukan. tetap, hasilnya sama. lagian Tuhan mana sih yang menginginkan Hamba-HambaNya berperang.? dan manusia mana juga yang menginginkan peperangan. hanya iblis beserta Staf dan Jajarannya yang menginginkan itu.
      satu lagi, perang yang paling menyedihkan itu perang mulut. karena mulut dapat melukai hati yang lembut. pikirkanlah...!!!
      jangan menyulut api peperangan lagi.

      salam damai, dari umat cinta damai.

      Hapus
  47. buat yang muslim..banyak banyak berdoa ya..oo iya kamu bisa baca al quran kan...bisa artikan dalam bahasa indonesia ga?kalau bisa baca tuh alquran sampai selesai ya...jawabanya ada disitu tu.....semua pertanyaan tentang agama

    BalasHapus
  48. Buat sodara kami kaum muslimin coba baca di surat Al Mariyam sama Al Baqoroh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saudara yang muslim, tidak perlu di baca artikel ini dan tidak perlu repot-repot membantah yang ada di artikel ini. Karena memang konsep kita tidak sejalan. Cari saja artikel lain yang sesuai dengan agama anda. dan tidak perlu mengganggu. salam damai.

      Hapus
  49. penulis sejarah ini adalah orang kristian, maka tidak boleh/bisa dipercayai.. bohong semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua ucapan manusia itu tidak bisa dipercaya, termasuk ucapan saya. karena hanya Firman Tuhan Manusia yang bisa dipercaya.

      Hapus
  50. Buat saudara yang muslim, tidak perlu di baca artikel ini dan tidak perlu repot-repot membantah yang ada di artikel ini. Karena memang konsep kita tidak sejalan. Cari saja artikel lain yang sesuai dengan agama anda. salam damai.

    BalasHapus
  51. ini tuh bukan benar atau salah, masalah pribadi atau bukan, atau agama ini atau agama itu. inilah sejarah, kita tidak pernah tau apa yang terjadi dimasa lalu, karena kita tidak menyaksikan. tapi yang jelas, apapun yang terjadi dimasa lalu sedang kita rasakan dimasa sekarang. jadi hati-hatilah, apa yang kita lakukan dimasa sekarang akan berdampak dimasa yang akan datang. saya hanya sekedar mengingatkan, sekalipun kalian ribut, itu tak akan pernah mengubah sejarah, justru kita harus khawatir apakah mungkin anak cucu kita dimasa yg akan datang masih sanggup menyarungkan pedang atau mengosongkan isi peluru jika kita yang hidup dimasa ini masih saja bertengkar mengenai hal ini atau hal itu. pasti suatu saat akan menebar api peperangan. bukankah tugas kita sama.? semua agama memberitau kita, manusia diturunkan dari langit, surga, nirwana atau yang lainnya. itu untuk mengelola, dan menjaganya. jika kita semua masih bertengkar, apakah mungkin kita bisa menjalankan tugas itu.? pikirkanlah.!
    dengar ya, jika ada orang yang menjelekan kita/yang lainnya. lebih baik kita maafkan, bukankah Tuhan manusia itu semuanya Maha Pengampun/Pemaaf. Islam dengan Allahnya, Dia Maha Ghofur. Nasrani dengan Yesus, Dia Penuh Kasih. Budha, Hindu juga yang lainnya juga pasti sama. kenapa kita tidak mencontoh Tuhan kita masing-masing. lagian jika ada yang menyalahkan apapun itu, dan kita timpali dengan ucapan yang menurut kita benar. percuma, kita hanya menyulut api peperangan. karena benar menurut kita belum tentu benar menurut orang lain, sekalipun sudah ada agama yang mengatur, yang namanya manusia pasti selalu mencari kebenaran. itulah kenapa tiap-tiap agama terdiri dari beberapa sekte atau aliran dan menjadi alasan kenapa di dunia ini agama lebih dari satu. tapi semuanya sama koq, sama-sama manusia. kalau saling menyalahkan tidak akan pernah ada habisnya... mari kita jangan buat Tuhan kita semua kecewa dengan perilaku kita, kita d bumi bukan untuk berperang, bukan untuk mencari musuh atau semacamnya tapi untuk menjaga, merawat dan mengelolanya. sekedar saran buat dakwah. benarkanlah agama kita cukup didalam diri kalian, nanti juga orang-orang disekeliling kita akan melihat kita. itu dakwah yang paling baik. karena tanpa ucapan tapi dengan tindakan kecil. ucapan akan menyusul ketika orang-orang disekeliling kita sudah tersentuh hatinya.

    salam damai, dari umat cinta damai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampean kok pintermen to pakde? sekolahe nendi, gurune sopo? mesti panganane halal, sregep belajar

      Hapus
  52. Agomo ki opo--
    TUHAN ki sopo--
    Jadi siapa lebih mulia dari pada apa-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak penting kamu tau agama aku apa dan Tuhanku siapa. :) yang tau agamaku cukuplah Tuhanku saja. asalkan itu tidak menyebabkan terjadi selisih pendapat yang memicu peperangan. jika kamu bertanya siapa yang lebih mulia, jawabannya mudah yaitu MANUSIA. dan manusia yang bisa dianggap MULIA adalah manusia yang bisa menghargai sesuatu yang hidup entah itu hewan, tumbuhan atau mungkin manusia itu sendiri. tidakah kamu atau semua yang ada di blog ini memimpikan dunia yang penuh perdamaian tanpa peperangan, dunia yang manusianya hidup bahu-membahu untuk mencapai kesejahtraan, tidakkah terpikirkan oleh kamu atau semua yang di blog ini untuk hidup saling berdampingan tanpa memperdulikan apa agama kita, ras kita, suku bangsa kita atau apapun itu, namun kita tetap bisa menjalankan kebiasaan kita dengan baik. betapa indah dunia seperti itu, dunia dengan manusia yang sadar akan pentingnya saling menghargai.... pikirkanlah.!!!

      Hapus
  53. jazirah arab negeri kristen? dasarnya apa? kronologi sejarahnya bagaimana? sory ini hanya kritik saja, secara de jure bahkan yesuspun tak pernah memerintahkan untuk menyebarkan ajaran dia keluar bani israil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, bahkan Jesus pun tidak pernah memerintahkan untuk menyebarluaskan ajarannya :

      "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
      (Matius 15:24)
      "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israil".
      (Matius 10:5-6)
      "Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk DUNIA Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan Kepadaku, sebab mereka adalah milik-Mu"
      (Yohanes 17:9)

      Hapus
    2. mengenai matius, di situ di jelaskan kandang nabi sulaman berisi berapa.....
      yesus di sunat apa di babtis,,,,,,,,,. trs kristen itu agama dari mana. trs. kristen itu kitab nya apa. yg lucunya yahudi aja g pernah ngakui kristen itu agama......... trs kriten itu agama dari mana.

      Hapus
  54. Maaf sebelumnya saya ingin bertanya kata om saya salib itu adalah buatan orang kafir yang di jadikan lambang oleh orang nasrani/kristen Disini saya hanya ingin sekedar bertanya dan tidak bermaksud untuk menyinggung,memfinah atau semacamnya..
    Trimakasih...

    BalasHapus
  55. Saya sangat menghargai semua pendapat yang ada disini. Tapi sebaiknya sesama manusia kita bisa saling menghargai, dan tidak saling menghina. Paling tidak kita mengerti, seseorang akan membela apa yang dia yakini dan dia akan merasa tidak nyaman jika ada yang menentang dan menjelek-jelekan keyakinannya/agamanya. Dan karena perdebatan agama ini bhinneka tunggal ika bisa pudar dari kita......

    BalasHapus
  56. Senang membaca blog ini. Paling tidak diakui (secara malu2) bagi kristen pemenang perangnya adalah islam. Kingdom of heaven itu udah contoh yang mendekati kebenarannya. Nabi Isa AS ga pernah bilang, agamaku adalah kristen dan Bethlehem adalah kota kristen? Ayo, ada kristen disini yang bisa buktikan Nabi Isa anda bilang bgitu? Hehehehe. (tunggu komen aja...biasanya kristen klo dah kalah debat...pasti ujung2nya menghujat, ngejek dsb) dah mentalnya drdulu bgitu...penuh fitnah

    BalasHapus
  57. Untuk semua saudaraku yg punya iman kepada sang hyang widhi/esa lebih baik sama2 kita introspeksi diri apa untungnya saling mencela,merasa yg paling baik dan benar INGAT semua itu tdk diajarkan oleh agama,nabi maupun Tuhan. Marilah kita jalani sisa hidup kita dgn yg terbaik dan mulia di mata Tuhan..mulai dr kita maka dunia akan damai dan tenteram

    BalasHapus
  58. Jauh sebelum Eropa terbuka matanya mencari dunia baru, warga pribumi Nusantara hidup dalam kedamaian. Situasi ini berubah drastis saat orang-orang Eropa mulai berdatangan dengan dalih berdagang, namun membawa pasukan tempur lengkap dengan senjatanya.
    Hal yang ironis, tokoh yang menggerakkan roda sejarah dunia masuk ke dalam kubangan darah adalah dua orang Paus yang berbeda. Pertama, Paus Urbanus II, yang mengobarkan perang salib untuk merebut Yerusalem dalam Konsili Clermont tahun 1096. Dan yang kedua, Paus Alexander VI.
    Perang Salib tanpa disadari telah membuka mata orang Eropa tentang peradaban yang jauh lebih unggul ketimbang mereka. Eropa mengalami pencerahan akibat bersinggungan dengan orang-orang Islam dalam Perang Salib ini. Merupakan fakta jika jauh sebelum Eropa berani melayari samudera, bangsa Arab telah dikenal dunia sebagai bangsa pedagang pemberani yang terbiasa melayari samudera luas hingga ke Nusantara. Bahkan kapur barus yang merupakan salah satu zat utama dalam ritual pembalseman para Fir’aun di Mesir pada abad sebelum Masehi, didatangkan dari satu kampung kecil bernama Barus yang berada di pesisir barat Sumatera tengah.
    Dari pertemuan peradaban inilah bangsa Eropa mengetahui jika ada satu wilayah di selatan bola dunia yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya, yang tidak terdapat di belahan dunia manapun. Negeri itu penuh dengan karet, lada, dan rempah-rempah lainnya, selain itu Eropa juga mencium adanya emas dan batu permata yang tersimpan di perutnya. Tanah tersebut iklimnya sangat bersahabat, dan alamnya sangat indah. Wilayah inilah yang sekarang kita kenal dengan nama Nusantara. Mendengar semua kekayaan ini Eropa sangat bernafsu untuk mencari semua hal yang selama ini belum pernah didapatkannya.
    Paus Alexander VI pada tahun 1494 memberikan mandat resmi gereja kepada Kerajaan Katolik Portugis dan Spanyol melalui Perjanjian Tordesillas. Dengan adanya perjanjian ini, Paus Alexander dengan seenaknya membelah dunia di luar daratan Eropa menjadi dua kapling untuk dianeksasi. Garis demarkasi dalam perjanjian Tordesilas itu mengikuti lingkaran garis lintang dari Tanjung Pulau Verde, melampaui kedua kutub bumi. Ini memberikan Dunia Baru—kini disebut Benua Amerika—kepada Spanyol. Afrika serta India diserahkan kepada Portugis. Paus menggeser garis demarkasinya ke arah timur sejauh 1.170 kilometer dari Tanjung Pulau Verde. Brazil pun jatuh ke tangan Portugis. Jalur perampokan bangsa Eropa ke arah timur jauh menuju kepulauan Nusantara pun terbagi dua. Spanyol berlayar ke Barat dan Portugis ke Timur, keduanya akhirnya bertemu di Maluku, di Laut Banda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda benar..sesungguhnya Pemimpin kristen ada dibalik penjajahan dan pembantaian di seluruh dunia..
      Agama cinta kasih yang membelah dunia untuk dijajah..menarik..

      Hapus
  59. tidak dipungkiri lagi agama anda penjajah,termasuk indonesia dibawah oleh penjajah,sampai detik ini tidak ada org islam memaksa agama lain masuk agama islam,tidak ada dgn cara apapun termasuk ,memberi bantuan atas nama yayasan,menyekolahkan org2 yg belum sejaln dgn dotrin gereja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengapa anda membiarkan mereka menggunakan kalimah Allah kita? di malaysia kami telah mengharamkan mereka dari menggunakan kalimah Allah dan telah menghukum mereka pihak kristian jahat. kalimah Allah adalah senjata mereka untuk menyebarkan kristian kepada umat Islam. Tuhan mereka ada tiga dan mempunyai anak tapi Allah kita hanya satu tiada satu pun yang setanding dengannya. mengapa mereka tidak menterjemahkan God kepada Tuhan sedangkan Allah adalah perkataan asal didalam Al quran berbahasa arab mengapa mereka tidak mengekalkan perkataan asal dari bible. mereka tetap berkeras untuk menggunakan kalimah Allah. ini sangat jelas yang mereka mempunyai perancangan untuk memurtadkan umat Islam.

      Hapus
    2. saya harap umat Islam di indonesia lebih berhati hati, pihak kristian jahat ini sangat licik. mubaligh mereka telah gagal mengebarkan kristian kepada umat islam di malaysia. kami mengetahui strategi mereka terlebih dahulu. pihak berkuasa indonesia mesti mengambil tidakkan tegas jangan biarkan mereka menyalahgunakan kalimah suci Allah kita.

      Hapus
  60. Death to Followers of Other Religions
    Whoever sacrifices to any god, except the Lord alone, shall be doomed. (Exodus 22:19 NAB)

    BalasHapus
  61. Kill Nonbelievers
    They entered into a covenant to seek the Lord, the God of their fathers, with all their heart and soul; and everyone who would not seek the Lord, the God of Israel, was to be put to death, whether small or great, whether man or woman. (2 Chronicles 15:12-13 NAB)

    BalasHapus
  62. Kill the Entire Town if One Person Worships Another God
    Suppose you hear in one of the towns the LORD your God is giving you that some worthless rabble among you have led their fellow citizens astray by encouraging them to worship foreign gods. In such cases, you must examine the facts carefully. If you find it is true and can prove that such a detestable act has occurred among you, you must attack that town and completely destroy all its inhabitants, as well as all the livestock. Then you must pile all the plunder in the middle of the street and burn it. Put the entire town to the torch as a burnt offering to the LORD your God. That town must remain a ruin forever; it may never be rebuilt. Keep none of the plunder that has been set apart for destruction. Then the LORD will turn from his fierce anger and be merciful to you. He will have compassion on you and make you a great nation, just as he solemnly promised your ancestors. "The LORD your God will be merciful only if you obey him and keep all the commands I am giving you today, doing what is pleasing to him." (Deuteronomy 13:13-19 NLT)

    BalasHapus
  63. Kill Women Who Are Not Virgins On Their Wedding Night
    But if this charge is true (that she wasn't a virgin on her wedding night), and evidence of the girls virginity is not found, they shall bring the girl to the entrance of her fathers house and there her townsman shall stone her to death, because she committed a crime against Israel by her unchasteness in her father's house. Thus shall you purge the evil from your midst. (Deuteronomy 22:20-21 NAB)

    BalasHapus
  64. Kill Followers of Other Religions.
    If your own full brother, or your son or daughter, or your beloved wife, or you intimate friend, entices you secretly to serve other gods, whom you and your fathers have not known, gods of any other nations, near at hand or far away, from one end of the earth to the other: do not yield to him or listen to him, nor look with pity upon him, but kill him. Your hand shall be the first raised to slay him; the rest of the people shall join in with you. You shall stone him to death, because he sought to lead you astray from the Lord, your God, who brought you out of the land of Egypt, that place of slavery. And all Israel, hearing of this, shall fear and never do such evil as this in your midst. (Deuteronomy 13:7-12 NAB)

    BalasHapus
  65. Ayat ayat bible adalah bukti christian adalah agama pembunuh dan pembenci

    BalasHapus
  66. @ISISKILL ZOMBIES emgnya kata Allah itu cuma milik agama islam? baca sejarah dulu donk bru komentar :v

    BalasHapus
  67. Dari perdebatan ini ada satu yang terlupa, bahwa kita sebenarnya dari akar yang sama, yaitu Ibrahim bagi Muslim atau Abraham bagi Yahudi dan Nasrani. Sejatinya agama Ibrahim mengajarkan Ketauhidan, yaitu penyembahan yang absolut terhadap Allah. Adapun agama Yahudi, Nasrani, dan Islam hanyalah cara atau alat untuk mencari keridhoan Allah. Bagi umat Yahudi sah-sah saja menganggap ajaran atau cara Yahudilah yang paling benar, begitu pula bagi Muslim dan Nasrani. Saya juga meyakini bahwa ajaran agama tidak untuk merusak, apalagi membunuh, agama ada justru untuk memberikan kedamaian baik di hati maupun alam semesta.
    Kalau kita mau merekontruksi sejarah, maka semua penyebaran agama baik Yahudi, Nasrani, dan Islam melalui invansi atau peperang karena memang agamalah sarana yang paling efektif untuk membangkitkan semangat berjuang dan hal tersebut merupakan fitrah manusia.Namun saya yakin semua kejadian masa lalu adalah bagian dari rencana besar sang Maha Pencipta agar manusia belajar serta mengambil hikmahnya. Tugas manusia yang hidup saat ini (perdamaian) adalah mengambil pelajaran dari peperangan masa lalu sekaligus untuk mematahkan argumen iblis atau lucifer bahwa manusia diciptakan untuk berbuat kerusakan dan menumpahkan darah didunia. Kita sebagai penganut Millah Ibrahim (Yahudi, Nasrani, dan Islam) harus bekerja sama dalam melawan atau mementahkan argumen Iblis atau lucifer bahwa manusia adalah mahluk yang berbuat kerusakan dan menumpahkan darah di dunia. Dan kita harus selalu ingat awal penciptkaan kita didunia ini adalah untuk menyembah Allah, bukan mengikuti kemauan iblis (saling bunuh, saling benci, saling fitnah, adu domba, merusak alam dsb). Dan kebenaran hanya milik Allah.

    BalasHapus
  68. semua agama itu baik,, selalu punya umat yang patuh, taat dan beriman pada agamanya,, cepat marah bila agamanya dijelek- jelekkan.... menurutku tuhan memberi kita agama yang berbeda supaya kita tahu perbedaan,, penderitaan,, perselisihan,, kegembiraan ,, supaya kita mengenal rasa,, supaya kita tahu apa itu surga,, apa itu neraka dan apa itu dunia

    BalasHapus
  69. Taubat sia kabeh!!!!!!!agama sia di pertanyakan ari garelut wae mah..!!!
    Agama teh jang nyatukeun manusa..
    Lain jang nyieun pimasalaheun.
    #Toleransi sia kamarana atuh!!??

    BalasHapus
  70. "Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk." (QS. Al-Bayyinah 98:6)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga anda masuksurga
      jika mampu menyadarkan teman teman seiman anda yg kurang kerjaan mengomentari artikel orang lain
      saya sarankan buat artikel sendiri husus persi anda dan komen sendiri
      dan buktukan agama anda adalah paling suci
      jika anda melihat dan membiarkan teman seiman anda lebih buruk dari kristen itu kesalahan anda setelah memberikan peryataan diatas

      Hapus
  71. Ngapain sih pusing pusing mikirin sejarah, mending mikirin PTN boy, masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip boy ~ semangat yaa
      Sukses PTN nya yaa ~
      GBU

      Hapus
  72. sejarah adalah milik penguasa
    siapapun yang berkuasa maka sejarah akan menjadi miliknya
    maka dari itu, sejarah tidak akan pernah ada yang mutlak kebenarannya
    dan tidak akan juga mutlak fakta yang ditampilkannya
    Islam dengan pandangan dan faktanya, kristen dengan penafsirannya dan faktanya
    begitu juga yahudi
    begitu juga dengan agama agama lainnya
    saat dunia dikuasai islam, maka sejarah akan berpihak pada islam
    saat ini dunia dikuasai kristen maka sejarah akan mengarah ke sana
    semua itu adalah politik, permasalahannya hanya berkisar antara menang atau kalah
    bukan benar atau salah
    agama agama di pahami dengan pikiran dan iman
    begitu juga dengan sejarah yang memiliki penganut setianya
    homo homini lupus

    BalasHapus
  73. apakah ini semua benar,,,,,

    bahkan salahudin al ayyubi mengizinkan orang nasrani keluar masuk palestin untuk beribadah,,,...


    dah bahkan anak dari lion heart dinikahkan dengan saudara salahuddin al ayyubi etelah islam memenangkan perang.....

    BalasHapus
  74. yg mau sy tanyakan, knp tuhan harus repot2 lahir jadi manusia yesus untuk menebus dosa umat manusia?, sama di bible perjanjian lama & baru nggk ada kata2 yesus yg nyuruh kita nyembah dia? , sama yg terakhir, waktu disalib dan disiksa jika benar yesus adalah tuhan, knp dia pasrah aja? Bukannya tuhan adalah yg maha kuat & maha perkasa, mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  75. saya juga mau tanya sama semua islam ... apa isi Koran anda... isinya hanya bicarain ISA dan Nasrani saja... itu ajaran baik... apa ajaran dengki..... agama kalian memang terlahir dari situasi yg benar-benar BARBAR.. makanya sekarang pencipta teror dan konflik sebagian besar berasal dari agama anda, apa siah atau bukan.. tetep saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau tau isi kitab suci al-qur'an, silahkan baca dulu gan terjemahannya, isinya nggk hanya ngomongin isa dan nasrani aja kok, tp jg masalah iptek, mslah warisan, mslah ketuhanan yg satu, dll dll. Kalo untuk terorisme itu cuman oknum gan, kalo dr al- qur'an nggk ada yg ngajarin ngebunuh org yg nggk berdosa meskipun beda agamanya, ngebunuh boleh waktu perang doang

      Hapus
    2. yesus di sunat apa di babtis,,,,,,,,,. trs kristen itu agama dari mana. trs. kriten itu kitab nya apa. yg lucunya yahudi aja g pernah ngakui kristen itu agama......... trs kriten itu agama dari mana.

      Hapus
  76. Knp Tuhan sama seperti manusia , kalo sama berrti dia bukan tuhan. Cuma ngaku ngaku aj. Sok yeee. Dalam islam Tuhan itu tidak sama dengan mahluk Nya. Masa Tuhan bisa bercinta. Apa itu!

    BalasHapus
  77. Maaf yg buat blog dan yang komen komen diatas, Bukannya Perang salib itu dimulai pada saat abad ke 11 ya? sedangkan umat muslim menduduki daerah timur itu semenjak abad ke 6(Umar bin Khatab) Coba anda buka lagi sejarahnya deh:) Sir Richard the Lion Heart(Sang Raja Inggris, Pemimpin tentara Salib) yg diobati oleh Sallahudin(Saladin pemimpin umat muslim pada masanya) tidak di ceritakan? Pembantaian khalifah juga tidak di ceritakan? Invasi kelompok Nazi? Caliph? Mana tuh? Kok gak ada yg diceritain?

    BalasHapus
  78. Sejarah seperti inni mestinya disampaikan oleh para Pastor, Guru Agama Katolik, agar terjadi keseimbangan sejarah.
    Barulah terkahir ini bisa mendapatkan tulisan sejarah yang proporsional.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  79. di akhir zaman akan muncul khalifah yang akan memimpin dunia dan akan memerangi pengikut-pengikut dajjal ia akan lahir sama dengan nabi muhammad S.A.W dan nama ayahnya sama seperti nama ayah nabi muhammad S.A.W.pada akhir zaman islam akan kembali bangkit dan pasukan itu sudah nampak tanda-tanda kemunculan pasukan al-mahdi yaitu pasukan yang di sebut "pembawa bendera hitam dari arah timur/panji hitam"fisabilillah(berperang di jalan allah swt

    BalasHapus
  80. yesus di sunat apa di babtis,,,,,,,,,. trs kristen itu agama dari mana. trs. kriten itu kitab nya apa. yg lucunya yahudi aja g pernah ngakui kristen itu agama......... trs kriten itu agama dari mana.

    BalasHapus
  81. Kita hidup di bumi yang sama dan saat ini satu-satunya tempat yang masih bisa kita tempati. Dan inilah tempat yang Allah karuniakan kepada kita, apakah kita tidak mau mensyukurinya? Dengan cara bagaimana untuk mensyukurinya? Antara lain dengan saling kenal mengenal di antara sesama manusia dan saling bertolong-tolongan dalam kebaikan. Karena kerusakan di bumi ini bukan karena Allah tetapi karena ulah manusia itu sendiri.

    BalasHapus
  82. Perang Salib sudah menjadi sejarah. Dari sisi manapun dipandang pasti ada sisi baik dan sisi buruk. Tidak perlu lagi membahasnya dari sudut pandang agama Islam maupun agama Kristen, karena perang untuk menyebarkan agama apalagi sampai membunuh orang dan merusak tetumbuhan tidak dicontohkan oleh Nabi Muhammad ketika mendakwahkan ajaran Islam. Setelah mengetahui sejarah perang salib, bagaimana kita menyikapinya? Mau melanjutkan perang yang bisa membinasakan kita semua atau saling tolong menolong dalam kebaikan diantara kita agar kita dapat beribadah kepada Allah Yang Esa sesuai dengan keyakinan masing-masing.

    BalasHapus
  83. yang penting kan tujuan nya sekarang sudah "mau" tercapai ketiga agama tersebut bisa hidup dengan damai

    BalasHapus
  84. Isa al maseh sma seperti nabi muhamad saw..diutus sbgai para nabi di sisi pencipta..kelahiran isa al maseh berbeda dri muhamad saw kerna tidak berbapa..adakah tu punca pnganut kristen mngangapnya anak tuhan..tidak logik ya..kejadian nabi isa sma seperti nabi adam..cma berbeda isa mmpunyai ibu..Allah swt itu brkuasa bila ditiupkan roh ke rahimnya si ibu isa,,maka brsabda Kun Faa ya Kun,maka jdi la ia persis sperti penciptaan nabi adam as..Guna akal ya org kristen,siapa mnjadikan isa almaseh,,isa almaseh slpas klahiranya disuapkan nasi,disusukan,buang air besar dan kecil..mna mungkin bisa jdi anak tuhan,mna lagi berkuasa sjujurnya kamu nasrani,adakah Allah yg berkuasa segalanya atau isa yang diutus kn sbgai para nabi itu..guna otak tu ya scara logikal,kristen sekarang seperti lembunya dicucuk hidungnya olah yahudi..cntohnya bisa dilihat dri amerika..haha..sebuah negara kristen tu..btoi x,btoi x,btoi x..

    BalasHapus
  85. perang salib memang perang terpanjang

    BalasHapus
  86. perang salib memakan banyak korban, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus
  87. Ah...kalian ini...debat2 ga mutu...telat dewasa niii...mbak susanna renna jgn terprovokasi yaaa

    BalasHapus
  88. Dari semua komen di sini yg menurut sy komennya paling bijaksana ibu hayati yg prnh bekerja sebagai PRT waktu jadi TKW di Hongkong yg ditulis pd tgl 29 Jan 2015

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkkk ibu hayati cinta damai

      Hapus
  89. BODOH SEMUA KRISTEN ....
    Mana ada Tuhan kdg bisa jd ANAK TUHAN, kdg bisa jd NABI ...
    TRINITAS ITU PEMBODOHAN,

    Ingat yesus pun meyakini akan dtg seorang nabi PENYEMPURNA setelah dirinya mati, yaitu MUHAMMAD SAW
    baca alkitab itu yg benar, ada itu ...

    BalasHapus
  90. NABI ISA (YESUS) ITU BENAR TIDAK SALAH, SAMA SEPERTI KAMI PERCAYA NABI LAIN, ,, YANG SALAH ITU ORG EROPA, TERMASUK PAUS DAN ANTEK2NYA, ,, MERUBAH KITAB INJIL, KITAB KOK DI AMANDEMEN ...

    BalasHapus
  91. tuhan tidak beranak dan tidak diperanakan..
    tiada tuhan selain Allah.
    jangan diperpanjang lagi..mari kita hidup rukun damai antar agama

    BalasHapus
  92. Nenek lo penyempurna, nabi lo gila sex iming2 imbalan 72bidadari. ALLAH yg mnrt nabi mesum lo? Makin ga waras aja lo kaum terbelakang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabi kami mempunyai ramai isteri bkan mereka menjadi sewenang wenangnya..semua dinikahi cara halal..itu pon bkan semua msih hidup..islam bleh brkhawin 4..kira lgi bgus dari berzina sesuka hati sprti pnganut kristian..sek bebas katakan..ok sja kan..tuhan kamu udah menebos dosa umat kristiannya di tiang salib..pergi la buat dosa sepuasnya.kmu sudah tidak ada dosa.hina sunguh tuhan org kristian..bila tanya berkuasa,juruselamat..tpi susahkan diri tebos dosa ciptaannya..haha..tuhan itu maha kuasa lor.guna otak tu..itu gambaran tuhan lu..kami menghormati dan mempercayai isa al masih scara islam tidak sehina itu..walhal isa diangkat dilangit..sedangkan yahudi dan rom yg menyalibnya pon berada dalam keraguan..itu sudah jelas dalam al quran.fakta.islam sebenar benarnya..

      Hapus
  93. ALLAH SWT TUHANKU, MUHAMMAD SAW NABIKU, ISLAM JELAS AGAMA HIDUP DAN MATIKU, TIADA TUHAN SELAIN ALLAH SWT

    BalasHapus
  94. Coba kita buktikan agama mana yang damai. Kita buktikan FAKTA dengan BERFIKIR menggunakan AKAL dan HATI.
    Orang-orang yang menjajah bangsa Indonesia agamanya apa?
    Orang-orang yang menyiksa bangsa Indonesia dengan Kerja Rodi agamanya apa?
    Agama yang mengaku CINTA KASIH dan DAMAI tapi menjajah bangsa Indonesia itu Islam atau Kristen?

    BalasHapus
  95. dari dulu sampai sekarang saya pantau semua komentar disini. ternyata kalian semua itu BODOH. kalo lu mau lihat suatu agama jangan lihat dari perilaku PENGANUTNYA tapi LIHAT DARI AJARANNYA. terus jangan jadikan ajaran dari suatu agama sebagai dalih buat lu buat ngancurin agama itu. DENGER nih, LU ORANG KRISTEN TAU APA SIH TENTANG ISLAM DAN LU ORANG ISLAM TAU APA TENTANG KRISTEN. BEGO. lu jadikan ajaran suatu agama sebagai dalih ngancurin agama itu padahal lu sendiri ga ngerti maksud dari ajaran yang lu jadikan dalih. lagian ngapain sih ngurusin agama lain, urus aja agama lu sendiri. LU UDAH BENER BELUM NGAMALIN AJARAN AGAMA LU.???

    BalasHapus
  96. Tanya boleh?Yesus ditetapkan sebagai Tuhan itu oleh siapa? Karena di Injil versi apapun tidak ada ayat yang menerangkan tentang Ketuhanan Yesus/Isa a.s. atau penetapan Yesus sebagai Tuhan..

    BalasHapus
  97. Bahkan anak kecil muslim yg belum tau apa2 juga membenci kekristenan. Mengapa??
    Karena memang dari kecil dididik dgn menanamkan permusuhan kepada agama lain,,

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...