Selasa, 06 November 2012

Di Bawah Kepemimpinan Morsi, Pemerintah Mesir Akhirnya Masukkan Alkitab dalam Kurikulum Pendidikan

Di Bawah Kepemimpinan Morsi, Pemerintah Mesir Akhirnya Masukkan Alkitab dalam Kurikulum Pendidikan

KAIRO (MESIR) - Masuknya Alkitab bersanding dengan Al Qur’an dalam kurikulum pendidikan mesir adalah bentuk dari reformasi pendidikan di negara berpenduduk mayoritas muslim itu.

Bulan lalu, Departemen Pendidikan Mesir, seperti dirilis Al Arabiya, membuat pengumuman bahwa sekolah menengah di negara itu  akan menerapkan kurikulum pendidikan baru.

Dalam sistem  baru itu  akan tercakup didalamnya tentang pelajaran kewarganegaraan berlatar ajaran agama  Abrahamik, tentunya dengan menganalisa data dari sumber  ayat-ayat dari kitab suci, salah satunya adalah Alkitab.

Kurikulum itu sedianya akan mulai diterapkan kepada para siswa  pada tahun kedua mereka duduk di sekolah menengah.  Seperti dilansir AlArabiya dari Mesir al-sayid, pelajaran akan dimulai dengan bahasan seputar prinsip-prinsip hak asasi manusia seperti yang terlihat dalam agama Kristen.

Sorotan utamanya pada ayat-ayat yang menentang perlakuan tidak pada tempatnya terhadap orang miskin.   Tidak hanya itu, ayat-ayat teks Alkitab tentang kebebasan kehendak dan penentuan nasib sendiri akan diketengahkan pada kurikulum baru tersebut.

Yang lebih mengejutkan adalah pelajaran tentang toleransi beragama. Pada kurikulum baru ini juga concern terhadap ajaran-ajaran Islam tentang hak-hak non-Muslim. Pada kurikulum tahun ketiga, akan secara khusus mengetengahkan tentang isu-isu perlindungan kehormatan, kebebasan untuk memilih agama seseorang di antara ajaran Islam lainnya.

Sambutan positif datang dari banyak kalangan, utamanya dari kalangan minoritas Koptik.  Langkah ini menurut Dr Kamal Mogheeth, dari Pusat Nasional untuk Penelitian Pendidikan, kepada situs berita online Al-sayid  adalah langkah yang patut diacungi jempol.  Kamal percaya langkah untuk menggunakan teks-teks suci di sekolah menengah akan membawa hasil yang positif, khususnya terkait promosi untuk menciptakan interaksi antara agama-agama yang berbeda.

"Ini adalah langkah menuju menghilangkan ketegangan dan intoleransi antara Muslim dan Koptik yang dari waktu ke waktu muncul dalam insiden di Mesir," kata Kamal.

Namun demikian Kamal mewanti-wanti betul dalam pengutipan teks-teks suci agar ditangani dengan sangat hati-hati, sehingga tidak menimbulkan kebingungan yang dapat menyebabkan perselisihan kontroversial.

Sumber: http://kabargereja.tk/2012/11/pemerintah-mesir-akhirnya-masukkan.html?m=1

Baca juga:

3 komentar:

  1. Silahkan pelajari Alkitab alias Bible, maka engkau akan menemui kesalahan dan kebingungan!! Jika engkau semakin membacanya, maka engkau semakin tidak mengerti solusi kehidupan yang diberikan oleh Bible. Aku telah membaca semua dari awal sampai akhir dan menemukan banyak sekali pertentangan!! Aku laki-laki sudah sunat.., apakah ada keselamatan untuk diriku?

    "Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku."
    (Kejadian Pasal 17 ayat 14)

    "Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya."
    (Lukas 2 ayat 21)

    "Tetapi apabila seorang asing telah menetap padamu dan mau merayakan Paskah bagi TUHAN, maka setiap laki-laki yang bersama-sama dengan dia, wajiblah disunat; barulah ia boleh mendekat untuk merayakannya; ia akan dianggap sebagai orang asli. Tetapi tidak seorangpun yang tidak bersunat boleh memakannya."
    (Keluaran Pasal 12 ayat 48)

    Bandingkan dengan!!

    "Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu."
    (Galatia Pasal 5 ayat 2)

    Apakah ada solusi agar aku selamat? Apakah aku harus memotong kemaluanku agar Kristus berguna bagiku??

    BalasHapus
  2. U sujud tshajud dulu---alif laam- miim,raa,shaad--jangan -menyrah cari kebenaran Sang Sirotol mustaqim-Al Masih -Allah yg Penuh Kasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...