Minggu, 06 Januari 2013

Gedung Gereja Katolik Convert/Pindah Menjadi Masjid

Gereja Katolik St John Maron, sebuah gedung gereja yang berada di daerah Orange County, California, akhirnya berubah menjadi masjid. Sebuah masjid Islam berencana untuk memperluas tempat ibadah mereka kini beroperasi di sebuah bekas gereja kecil yang sebelumnya diduduki oleh gereja Katolik Maronit.

Masyarakat Islam Jafaria membeli gereja tersebut yang terletak di Jalan 1.546 E. La Palma Ave. (Dekat St Universitas Bouleverd) dan telah menggunakannya sebagai masjid sejak bulan Juni. Masyarakat Islam memiliki rencana untuk memperluas bangunan dan melakukan renovasi supaya bangunan ini sesuai dengan tradisi Islam. Jarak bangunan ini kurang dari satu mil dari sebuah masjid - Institut Islam Orange County, di State College Boulevard. 

Gereja Katolik St John Maron yang mengikuti tradisi Katolik Maronit didirikan oleh seorang biarawan Syria pada abad ke empat dan dalam persekutuan dengan Gereja Katolik Roma, telah memiliki gedung sejak Agustus 1995. 

Kehadiran jemaat di gereja tersebut bertumbuh cukup pesat, Gereja Katolik St John Maron memiliki rencana pada tahun 2005 untuk memperluas bangunan. Ini dimulai pembangunan pada bulan Oktober 2008, tetapi beberapa hari sebelum Natal tahun itu, kebakaran menghancurkan bagian dari bangunan. 

Alih-alih melanjutkan dengan renovasi dan perluasan, pemimpin gereja malah pindah gereja ke Orange pada Oktober 2010, meninggalkan masa depan gedung dengan tidak jelas. Baru-baru ini, jemaat gereja dan warga sekitar melihat bahwa gereja tersebut telah dijual ke sebuah masjid. 


Penjualan tersebut menimbulkan tanda tanya besar bahkan dari umat paroki gereja tentang masa depan tempat tersebut.

"Ini tampaknya aneh bagi saya bahwa bangunan yang ditahbiskan sebagai gereja akan dijual ke agama Islam," kata Hilda Ramirez, seorang Katolik dari Anaheim yang bukan jemaat gereja St John Maron. Katanya lagi, "Tapi setidaknya itu masih melayani tujuan keagamaan bagi orang yang mencoba untuk berbuat baik." 

Pejabat di St John Maron tidak membalas telepon dan tidak memberi komentar apapun. 

Website Islamic Center menunjukkan bahwa pembelian dari gedung gereja yang terletak di sebelah Sycamore Junior High  tersebut diperkirakan mencapai US $ 2,2 juta. 

Seorang juru bicara kota mengatakan bahwa izin bangunan telah diminta dan diberikan untuk proyek 1.465 kaki persegi re-konstruksi. Pengelola Masjid menyatakan bahwa ia memiliki rencana untuk menambahkan sebuah perpustakaan dan pusat sumber daya.

Sumber: http://www.ocregister.com/articles/church-372353-building-islamic.html

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...