Sabtu, 16 Februari 2013

Mohon Doa! Krisis Iman di Eropa

Mohon Doa! Krisis Iman di Eropa


Krisis Iman Kristen di Eropa yang sejatinya adalah mayoritas negara-negara Kristen (historically) sudah semakin tampak. Identitas ke-Kristen-an mereka semakin pupus. Keterbukaan dan sikap toleransi orang-orang Eropa membuat mereka sedikit terlena, karena budaya dari luar yang masuk seiring bertambahnya imigran dari negara-negara Timur Tengah lebih dominan tampak di permukaan, sehingga budaya asli orang Eropa semakin tenggelam.

Demikian juga dengan iman kristiani mereka juga mulai tergerus pupus dan bahkan mulai sirna. Banyak orang-orang Eropa sekarang tidak mengenal identitas asli mereka, gereja kosong melompong, mereka cenderung berduyun duyun murtad ke iman yang lain, dan meninggalkan iman Kristen mereka. Gereja-gereja banyak dijual, dijadikan kafe, hotel, supermarket, diskotik dan bahkan sekarang menjadi tempat ibadah imigran (masjid).

Kejadian ini berbanding terbalik dengan yang terjadi di benua Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Dimana di wilayah itu, gereja dan iman kristiani berkembang cukup pesat. Lalu mengapa di Eropa sendiri yang mayoritas Kristen justru mengalami kemrosotan iman? 

Satu penyebabnya adalah persentasi orang Eropa yang beragama Kristen turun drastis, dari 95 persen tahun 1910 menjadi 76 persen tahun 2010. Namun, di tempat lain persentasi ini menunjukkan kenaikan yang tajam. Selama abad ini, jumlah umat Kristiani di kawasan Asia-Pasifik tumbuh dari tiga persen menjadi tujuh persen. Peningkatan jumlah umat Kristiani malah lebih dramatis lagi di Benua Afrika. Satu abad lalu, sembilan persen orang di wilayah itu adalah umat Kristiani, saat ini jumlah tersebut meningkat menjadi 63 persen.

Fenomena penurunan dan pertumbuhan tersebut terjadi di semua gereja, termasuk Katolik. Selama ini Gereja Katolik yang merupakan komunitas kristiani terbesar mengalami penurunan di Eropa, sedangkan di Afrika, Amerika dan Asia-Pasifik mengalami kenaikan drastis.

Paus Benediktus telah menetapkan sinode para uskup pada Oktober mendatang tentang Evangelisasi Baru bagi Penyebaran Iman Kristiani.”  Asumsi penetapan sinode dan “Tahun Iman” adalah bahwa misi Gereja sedang goyah, dan memang sedang goyah jika titik acuannya adalah Eropa. Akan tetapi, Gereja bertumbuh dan berkembang pesat di luar benua itu. Kemungkinan suatu saat nanti bisa saja terjadi negara di Asia-Pasifik atau Afrika akan mengirimkan misionaris-misionaris mereka untuk menginjili Tanah Eropa.

Sampai sedemikian ludeskah merosotnya budaya dan iman kristiani di Eropa? Kita harus ingat bahwa Tahta Suci Vatikan juga berada di Eropa. Apakah mungkin juga nasib Vatikan akan sama terjadi seperti itu? Kita yang masih punya iman kristiani sangat prihatin dan bimbang dengan hal ini. Kalau sampai hal ini terjadi dengan Tahta Suci Vatikan, apakah masih relevan kata kata Yesus : "Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya." (Matius 16:18)

Gagal melakukan itu, pada akhirnya Vatikan dan Katolik Eropa akan menjadi seperti kebanyakan gereja tua di Eropa, menjadi tempat tujuan bagi wisatawan Asia dan lainnya yang hidup kekristenannya tidak banyak bergantung pada Vatikan.

Mari Kita renungkan dan doakan Vatikan agar tetap menjadi Tahta Suci, pusat pemerintahan dan kontrol kedamaian dunia. Mari kita berdoa untuk Eropa yang sedang mengalami krisis iman agar segera dipulihkan dan kembali mengirimkan misionaris-misionaris untuk negara lain. 

"Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir." (Matius 20:16)

45 komentar:

  1. Allahu akbar,Allah Maha besar.segala sesuatu terjadi atas kehendak dan Izin Allah.diakhir Zaman Nabi Isa akan datang untuk menghancurkan semua agama kecuali Islam.agama kristen adalah agama hanya untuk bani Israel dan Islam adalah rahmat seluruh alam.Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan merasa agama islam baik dan di angkat tuhan,, tergantung hati kamu menerima allah kamu,dan kepercayaan kamu,, belum tentu tuhan akan diangkat kamu ke sorga?

      Hapus
    2. agama islam cuma karangan seorang nabi palsu..mana ada org yg mengawini bocah perempuan umur 6 tahun diangkat jd nabi,,,emangnya allah itu gila po...?

      Hapus
  2. Kata Kristen sendiri memiliki arti "pengikut Kristus atau "pengikut Yesus".
    (Kisah Para Rasul 11: 26) yang bunyinya: "Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen" Silakan dibaca diAlkitab untuk Mr.Anonim

    Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul 11: 26) Dengan kata lain Julukan untuk Pengikut Kristus itu KRISTEN

    Jadi siapa pun mengimani bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat, dan memegang teguh bahwa Kematian Serta Kebangkitan Yesus kristus adalah satu satunya cara untuk menebus hukuman mati dosa (konsekuensi dosa= tidak ada manusia bisa mencapai Tuhan) dan untuk mengembalikan manusia kepada rancangan-Nya semula. “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Roma 3:23) mengimani Yesus = kristen

    agama kristen adalah agama hanya untuk bani Israel dan Islam adalah rahmat seluruh alam.Amin
    ==================================================================

    saya tidak tahu mengapa Mr.anonim (yg tak mau sebutkan nama) mengatakan agama kristen adalah agama untuk bani israel???????.....

    Yahudi atau bani israel punya sejarahnya sendiri.. kekristenan(katolik+protestan) punya sejarah sendiri.
    Yahudi adalah agama tribal/kesukuan yang hanya bisa dianut oleh bangsa Yahudi. Agama ini tidak bisa disebarkan ke luar dari suku Yahudi. Oleh karena itu jumlahnya tidak berkembang. Hanya sekitar 14 juta pemeluknya di seluruh dunia. Sementara agama Kristen dan Islam karena disebarkan ke seluruh manusia dipeluk oleh milyaran pengikutnya.





    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sangat di sayangkan Markus 16:9-20 itu tidak ada dalam kitab-kitab kuno yg menjadi sumber penulisan alkitab sekarang.

      Ini ayat2 nya yg di anggap palsu
      Markus 9:
      9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
      10 Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.
      11 Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.
      12 Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.
      13 Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya.
      14 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
      15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
      16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
      17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
      18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”
      19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
      20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

      Ayat ayat di atas adalah landasan pembaptisan dan penginjilan kristen …… DAN SILAKAN BELALAKKAN MATA ANDA untuk MENCARI ayat ayat tersebut pada KANON ALKITAB CODEX SINAITICUS

      Ini kitab kuno nya
      http://codexsinaiticus.org/en/manuscript.aspx?book=34&chapter=16&lid=en&side=r&verse=8&zoomSlider=0

      baca di sini sumbernya
      https://xucinxgaronx.wordpress.com/2011/08/16/bukti-ayat-ayat-palsu-di-alkitab/



      Hapus
    3. injil markus ditulis langsung oleh murid Yesus yg bernama markus,,nggak bersumber dr kitab2 kuno lain,,,mungkin ada bisa menjelaskan kenapa muhammad menikahi anak kecil berusia 6 tahun,,

      Hapus
  3. Jangan berasumsi bahwa agama anda benar. lihat sekeliling anda , orang sekaum anda belum tentu mencerminkan agama anda benar. dan anda harusnya membuka mata sebelum mengomentari sesuatu , karna ada hal - halyang tidak anda mengerti . Apakah menghina agama kristen termasuk hal terpuji di dalam agama anda ? kalau iya, anda harusnya pertanyakan kembali apakah ajaran agama anda itu benar .

    BalasHapus
  4. "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yg datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku" Yoh.14:6

    BalasHapus
  5. Kita percaya, silakan. Tidak percaya, juga silakan. Tapi harus dipertanggungjawabkan, bukan sekedar dengan kata2. Karena itu urusan kita dengan Tuhan, bukan dengan manusia.

    BalasHapus
  6. Saudara ku yang non Muslim, anda bisa membandingkan Youtube, berapa banyak video tentang Non Muslim yang Menjadi Muslim di bandingkan Orang Muslim menjadi Non Muslim, berapa banyak gereja di eropa yang beralih fungsi karena kehilangan Jemaat bahkan ada beberapa yg beralih fungsi menjadi Mesjid , fenomena alam manusia yang makin cerdas dalam memahami agama menyebabkan Konsep Trinitas dan Penebusan Dosa lewat perantara menjadi pertanyaan. Saudara ku kita bisa saja yakin bahwa keyakinan kita yg paling benar tapi janganlah kita berhenti mencari kebenaran, kebenaran yang hakiki pasti akan terlihat , semoga ini bisa menjadi renungan kita bersama, Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang berkembang di Eropa saat ini adalah Pentakosta, Katolik memang merosot tp Penta Kosta meningkat, sdgkn islam di eropa adalah imgran dr timteng, jd jgn berbangga dulu yaa...

      soal buar perbandingan di youtu tdk bisa qt ambil pedoman dr situ... khey.

      Hapus
    2. iya agama islam kan emang paling demen jualan,lagian orang Eropa yang mualaf pun bisa dihitung jari,mereka kebanyakan jadi ateis bukan jadi islam,orang islam di eropa itu cuma imigran

      Hapus
  7. Saya sependapat dengan Allan Morven, kita jangan hanya bertahan dengan keyakinan yang diwariskan oleh orang tua kita, karena orang tua kita belum tentu benar, lebih baik kita uji dulu ajaran yang kita yakini tersebut dan uji juga ajaran selain yang kita yakini sebagai pembanding, pengujiannya haruslah adil yaitu dengan mempelajarinya secara mendalam serta bertanya kepada yang mumpuni ilmunya, contoh jika kita mempelajari Kitab Al-qur'an maka jangan hanya membaca artinya saja tetapi sekalian dengan tafsirnya.

    Sebelum menguji tentunya kita harus punya standar dalam menilai, contohnya menilai kitab sucinya, ajarannya, sejarahnya.

    1. Kitab Suci haruslah tidak berubah semenjak Kitab Suci itu diturunkan,
    dan tidak bertentangan antara perintah dan larangan, serta dapat di
    terima akal ajarannya.
    2. Ajarannya bersesuaian dengan awal turunnya ajaran tersebut artinya
    adalah ajaran yang sekarang haruslah sama dengan masa permulaan ajaran
    tersebut. (ajaran Pastur/Pendeta harusnya sama dengan yang diajarkan
    oleh Yesus karena yesus adalah pengajar sedangkan Pastur/Pendeta adalah
    penerus).
    3. dll...

    Coba anda renungkan...

    - Mengapa orang kristen yang berilmu tinggi seperti Cendikiawan Kristen,
    Pendeta, Pastur bahkan Paus memilih memeluk agama Islam.
    - Mengapa yang murtad dari Islam ke Kristen adalah orang yang
    pengetahuannya tentang Islam sangat dangkal sekali, kebanyakan para
    pemabuk, orang miskin, dan orang pinggiran lainnya.
    - Adapun murtad dari Islam ke Kristen yang konon di katakan mantan
    kiyai/ustadz bahkan membaca Al-qur'an pun tidak bisa, Surah Al-fatihah
    pun tidak hafal sedangkan anak muslim TK saja banyak yang hafal.
    - Mengapa misionaris kristen menghalalkan segala macam cara, sedangkan
    Agama mengajarkan kita untuk berbuat benar.
    - Coba anda baca Kitab Suci anda dari awal sampai akhir lalu terjemahkan
    dengan akal sehat, apakah tidak ada pertentangan dengan akal.
    - Coba anda uji iman anda, apakah anda termasuk umat Yesus atau bukan...
    Dalam Injil Markus Pasal 16 ayat 16-18 yang berbunyi : "Siapa yang
    percaya dan di baptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya
    akan di hukum. Tanda-tanda ini akan menyertai oran-orang yang percaya :
    mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara
    dalam bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan
    sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka ;
    mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan
    sembuh."

    Beranikah anda memegang ular yang berbisa, atau beranikan anda meminum
    racun, atau bisakah anda berbicara dengan bahasa asing (baru bagi anda)
    tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku uda buat perbandingan dgn alkuran, yg aq dpt adalah oloh.swt yg ada di alkuran adalah fiktif (tdk ada).

      Jika ada yg keberatan dgn apa yg aq blg ini, mari qt uji gunakan alkuran.

      monggo....

      Hapus
    2. kata siapa clim? lu baca dari sumber propaganda islam sih,makanya baca itu dari sumber netral

      Hapus
  8. Ups ga ada yg komen lagi, stag nih.

    BalasHapus
  9. hanya TUHAN yg tahu kebenaran sesuatu, kita hanya tahu kebaikan. yg baik belum tentu benar!

    BalasHapus
  10. Iman itu urusan kita dgn Tuhan. Yg pasti semua agama sama2 mengajarkan yg benar. Kita sbg pelaku dan pengikutNya hrus mengimaninya dgn sungguh2 (apa yg kita imani tsb). Tapi jgn sombong dgn mengatakan agama ini itu paling mulia/paling indah/paling suci dll. Kita semua mpy hak mengimani iman apapun itu (pancasila negara kita)

    BalasHapus
  11. Tuhan mewartakan firman2Nya melalui Yesus, perwujudanNya di dunia, tidak melalui perantaraan manusia biasa/orang...

    BalasHapus
  12. Kalau firman-firman Tuhan diwartakan ke manusia biasa/orang, kemungkinan besar firman-firman tsb akan diubah2 sesuai kepentingannya. makanya knp Tuhan sendiri yang turun ke dunia melalui wujudnya sebagai manusia biasa yaitu Yesus Kristus.."Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yg datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku" Yoh.14:6

    BalasHapus
  13. it's almost unbelievable but it's a fact and nice story :)

    BalasHapus
  14. Agar kami saling melengkapi TubuhMu, seperti Kau dan Yesus adalah satu.
    Jadikan kami satu, seperti kerinduanMu,
    agar dunia tahu, bukti nyata dari kasihMu.
    Sebelum kami pergi memberitakan kasihMu,
    mulailah dari kami lebih dulu,
    jadikan kami satu.

    BalasHapus
  15. Kami rendahkan diri, dihadapanMU,
    membawa hancur hati saat berseru,
    agar kami saling melengkapi tubuhMU,
    seperti KAU dan YESUS adalah satu

    Jadikan kami satu, seperti kerinduanMU,
    agar dunia tahu, bukti nyata dari kasihMU,
    sebelum kami pergi memberitakan kasihMU,
    mulailah dari kami lebih dulu,
    jadikan kami satu

    BalasHapus
  16. T'lah kulihat kebaikan-Mu
    Yang tak pernah habis di hidupku
    Ku berjuang sampai akhirnya
    Kau dapati aku tetap setia
    #setiauntuktetapmenjadipengikutMu,Bapa

    BalasHapus
  17. 1 Yoh 3:1
    Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.

    BalasHapus
  18. Yoh 6:47
    "Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal."

    BalasHapus
  19. Tuhan itu tidak ada, itu karena manusia jaman dahulu tidak bisa menjelaskan fenomena alam ini, maka manusia menciptakan sesosok tuhan

    BalasHapus
  20. islam sj kau banggakan?!
    lihat dulu dirimu. belajar agamamu sj tdkk pernah masuk!
    isi alquranmu sj paling copy paste di google doang! loe itu di bhongin org ARAB!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang..
      Orang islam itu tdk bohong.
      buktinya dlm qur'an bhs indonesia. Dicantumkan ayat asli bhs arab dan terjemahan bhs indonrsia.

      tp di kristen alkitab tdk mencantumkan ayat2 asli kitab2 kuno.

      ini artinya islam tdk bohong.
      kristen menutupi kebohongan, krn alkitab hanya terjemahan saja

      Hapus
  21. semuanya pada ngoceh dengan kata2 kosong yang tidak bisa di mengerti dengan akal sehat. Orang indonesia sering lupa diri, mereka tidak pernah tahu sejarah kepercayaannya. malahan mengikuti kepercayaan oran lain atau bangsa2 saudagar yang ada sekarang. Islam berasal dari timur tenggah dan begitu jua Kristen terkecuali agama hindu dan budha.

    pikir itu ...!!!

    BalasHapus
  22. Semua agama di bumi tidak dapat menyelamatkan manusia ,termasuk agama islam jadi jangan anda sombong dengan mengatakan bahwa agama anda yang paling benar,koreksi dulu sikap hidup dan perilaku anda sehari hari,apakah sudah sesuai dengan ajaran Tuhan apa belum, kalau anda belum benar,sebaiknya perbaiki dulu diri anda sebelum anda melihat kesalahan orang lain.perlu anda tahu satu kebenaran ini yaitu bahwa: HANYA TUHAN YESUS KRISTUS SATU SATUNYA JALAN KESELAMATAN DAN HIDUP anda boleh baca buktinya dalam injil YOHANES 14 ayat 6. DI LUAR TUHAN YESUS, TIDAK ADA YANG DAPAT SELAMAT MASUK KE SORGA. Ini kebenaran sejati . Anda mau percaya anda selamat, anda tidak mau percaya maka anda tanggung sendiri akibatnya. Bagian kami hanya menyampaikan ini kepada anda

    BalasHapus
  23. Anda mau agama kristen , agama islam ,agama protestan agama hindu atau budha bahkan yang tidak punya agama sekalipun.tapi kalau anda MAU PERCAYA DAN MENERIMA TUHAN YESUS KRISTUS SEBAGAI JURU SELAMAT PRIBADI ANDA ,SERTA BERTOBAT DARI DOSA DOSA ANDA,MAKA ANDA PASTI SELAMAT DAN MASUK KE SORGA

    BalasHapus
  24. Intinya KESELAMATAN ITU HANYA ADA DI DALAM TUHAN YESUS KRISTUS. Agama hanya sebagai perantara saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Yesus itu semasa hidup tidak bisa menyelamatkan diri teror dari musuh2nya.
      bahkan banyak murid yesus yg di bunuh, salah satu tokoh pembunuhnya adalah PAULUS.

      Artinya semasa hidup yesus tdk bisa melindungi murid2nya.
      dimana kehebatam yesus yg ktnya bermukzijat hebat, tp muridnya hidup dlm teror, aniaya dan dibunuh ?
      Dimana ajaran kasih yesus, jk murid2 tdk tenang menjalankan ajaran yesus ?

      Nabi Muhammad menyebarkan ajaran islam, nabi dan pengikutnya di aniaya, bahkan ada yg di bunuh.
      Nasib Nabi muhammad sama dg yesus. Yaitu "umatnya di teror di aniaya, dibunuh dan mereka tdk boleh mengikuti ajaran ilahi".
      tp nabi Muhammad bisa melawan dan mengalahkan lawan2 yg ingin membunuh muslim beserta ajarannya.
      Artinya Nabi Muhammad itu mampu membebaskan umatnya, sehingga mereka bebes menjalankan ajaran ilahi tanpa teror dari musuh.
      inilah ajaran kasih dan keselamatan yg sempurna.

      Hapus
    3. Kristus datang ke bumi tidak untuk menumpahkan darah manusia ciptaannya,karena Dia tidak dikuasai oleh hawa nafsu duniawi yg berasal dari iblis.tetapi Muhammad datang dgn klaim sepihak sbg Rasul dan membawa teror bagi dunia. menyebarkan agama dengan menumpahkan darah, membinasakan, merampas, membungkus kekejian dgn ayat-ayat dan Wahyu yg entah asalnya dari mana. Islam sampai kini masih dan akan tetap menjadi teror. Ajaran illahi apa yg dibawa oleh seseorang yg menikahi anak dibawah umur dan beristri banyak??

      Hapus
  25. Hal hal yang diperlukan untuk keselamatan : 1. Menyadari bahwa ia terhilang dan perlu diselamatkan ( sadar akan dosanya ) Roma 3 ayat 23. 2. Menerima dan mengakui kematian yesus kristus sebagai jalan keselamatanya . 2 Korintus 5 ayat 21, Matius 20 ayat 28. 3. Bertobat dan berbalik kepada Tuhan . Yakobus 2 ayat 19, Kisah para rasul 26 ayat 20.

    BalasHapus
  26. Orang mempercayai agama termasuk golongan orang-orang GOBLOK, mau aja dikibulin!!!! kalian pergi ke mekah siapa yang kaya??? orang arab yg punya batu n amerika yg bikin pesawat to? sama jg dg kristen, kalian pergi ke gereja bawa persembahan juga to? untuk siapa???? gak usah bela2 Tuhan deh.... sadar gak kamu, siapa yang mampu menegakkan tulang punggungmu? hal sepele aja gak pernah kamu sukuri n sadari sudah sok sokan bawa2 nama Tuhan segala....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang siapa itu? anda bisa? wah hebat berati?
      namun, sadarkah siapa yang membuat nyawa kita? jika anda mengungkapkan nyawa ada karena perkawinan, lantas darimana seperma dengan sel telur diciptakan? atau gampangnya, bagaimana kita bisa ada jika tidak ada pendahulunya? dan dari mana PENDULU yang MENGAWALI kita? apa anda bisa jelaskan?
      contoh lagi, siapa yang bisa mengendalikan tata surya, ini? hukum alam? lantas darimana hukum itu berasal?
      melebihi itu semua rasa ingin tahu saya, bolehkah saya bertanya kepada andamengapa anda tidak percaya tuhan? :)

      salam :)

      Hapus
  27. Debat yang panjang, bilang inilah itulah, pikirkan saja di awal, apakah kalian percaya tulisan Alkitab yang mengatakan Ishak putra Tunggal?? Kalau ya, maka Akhiri saja, karena kalian sudah berlaku dzalim dalam hal kesombongan

    Anak Tunggal diartikan Sebagai ishak krn apa?? Hanya karena nggak mau mengakui Ismail anak ibrahim, padahal ismail ada kok dalam alkitab, itu saja sdh clear.

    Itulah perubahan yang dilakukan bangsa yahudi untuk tidak mau manusia berada dalam keimanan yang nyata, mereka tetap tidak akan menerima ada nabi dari kalangan bani arab, karena bagi mereka yg dilebihkan di dunia adalah keturunan mereka, dan doktrin itu berjalan terus kepada pengijut gereja.

    Jika mau mengImani siapa anak Tunggal, jelas nubuat yesus di dalam alkitab seperti keturunan khedar, dan lainnya sdh akan menyamakan persepsi siapa nabi untuk umat manusia setelah yesus.

    BalasHapus
  28. Sudah gak usah debat siapa yg paling benar ! Yg paling bener adalah manusia yg berhati baik, yaitu sebagai pemakmur bumi bukan perusak bumi. Siapapun itu...halo semuanya yg mengaku islam,kristen,hindu,budha,konghucu,dll apakah kalian sudah berperan sebagai pemakmur bumi...? Wah kok pemakmur bumi ketinggian ah...apakah kalian sudah berbakti kepada kedua orang tua kalian yg sudah jelas jelas..pencipta kalian..lupa berbakti ya....? Udah ayo berbakti dulu kepada kedua orang tua kita,kemudian berbuat baik terhadap manusia, alam, dan mari kita berdoa ..semoga kita selalu di beri " hati yg baik "...perkara masuk surga neraka adalah urusan tuhan. Yg penting tugas kita sebagai manusia adalah untuk memakmurkan bumi. Kita di indonesia, mari kita jaga NKRI dg pancasila dan bhineka tunggal ika..salam kedamaian untuk kalian semua.

    BalasHapus
  29. Kegagalan regenerasi iman adalah tanggungjawab para orangtua baik itu rohaniawan, cendekiawan, dan para penguasa atau bangsawan Kristen itu sendiri. Di eropa Kekristenan dikeluarkan hampir dari semua system, baik itu system kenegaraan sampai kepada kehidupan sosial, dikecilkan dan hanya hidup ditataran private dan tersembunyi. Hal yang demikian itu adalah salah satu penyebab redupnya kekristenan disana. Kekristenan itu seperti bibit tanaman kehidupan bagi umat manusia, dan bangsa Eropa yaitu nenekmoyang mereka dapat mengusir invasi kekhalifahan dan memasuki abad kecanggihan dan kemajuan seperti sekarang ini, itu adalah berkat kejeniusan dan kehebatan peradaban kekristenan. Bangsa Eropa memasuki fase kekayaan dan kelimpahan karena buah-buah dari peradaban Kekristenan tersebut tetapi hal kelimpahan dan kesejahteraan itu tidak diiringi dengan perkembangan kekristenan itu sendiri, generasi berikutnya sibuk dan disibukkan dengan hal kelimpahan tadi, mereka hanya sibuk mengurusi hal-hal yang bersifat dunia. Hal itu terjadi sebab memang ada peluang yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, Yaitu proporsi aktivitas iman yang sedikit, baik itu secara komunal diruang publik maupun pribadi. Yang saya maksudkan adalah proporsi aktifitas spiritual seperti sembayang dan berdoa, tidak ada ketetapan baku keagamaan yang mewajibkan umat kristen untuk melakukan sembayang harian pribadi atau keluarga. Hal kelemahan seperti ini membuat generasi berikutnya menjadi generasi yang lemah iman dan tidak memiliki jati diri keimanan, hal itu akan terakumulasi dengan lebih buruk kepada generasi berikutnya. Jadi saudara-saudara yang menjadi kunci disini adalah supaya kegagalan saudara saudara kita itu tidak terjadi kepada kita, Oleh karena itu mari kita memeriksa fondasi dari bangunan keagamaan kita, yaitu system atau aturan dari peribadatan kita. Mari kita menggali lagi aturan dan ketetapan peribadatan harian sesuai dengan tradisi alkitabiah, supaya aktivitas spiritual seperti sembayang dan doa memiliki tempat, waktu, dan proporsi yang cukup didalam kehidupan ummat Kristiani. Seingat saya sepertinya adalah seorang rasul, beliau melakukan ibadah petang yaitu pada jam 3. Ini adalah teladan yang baik dan seharusnya kita ikuti, ini sangat alkitabiah dan baik.

    BalasHapus
  30. Puji tuhan. Saudaraku, kita harus memiliki paradigma bahwa Semua agama benar dalam konteks & koridornya masing-masing (in its own way). Dengan demikian, Fenomena perpindahan agama tidak akan jadi persoalan karena setiap agama mengajarkan cinta & perdamaian. Dahulukan akhlaq di atas fiqh (utaman attitude & behaviour diatas hukum setiap kitab)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...