Senin, 02 September 2013

Dobrak Tradisi, Paus Fransiskus Membungkuk ke Ratu Rania, Berfoto Bergaya Selfie

Paus Fransiskus Membungkuk di Depan Ratu Rania

VATIKAN - Paus Fransiskus populer dengan gaya informal, kesederhanaan, dan rasa humor. Paus berusia 76 tahun itu sudah berulang-ulang dikabarkan "mendobrak" tradisi Vatikan sejak terpilih Maret lalu menggantikan Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Namun, yang dilakukan paus asal Argentina tersebut dalam dua hari terakhir ini betul-betul membuat gempar. Paus Fransiskus sekali lagi menunjukkan kerelaannya "mendobrak" tradisi dengan membungkuk di hadapan Ratu Rania asal Jordania yang beragama muslim. Padahal sesuai protokoler, para tamulah yang membungkukkan diri mereka di hadapan Paus di Vatikan.

Namun, saat Ratu Rania tiba di Vatikan bersama suaminya, Raja Abdullah II pada Kamis yang lalu (29/8), Paus Fransiskus membalik formalitas itu dengan tunduk kepada seorang muslimah yang menjabat tangannya. Dalam foto yang dimuat Daily Mail, Sabtu 31 Agustus 2013, Paus terlihat menunduk di hadapan Ratu Rania yang mengenakan baju hitam dan berkerudung putih tipis itu.

Namun, Paus tidak membungkukkan badannya untuk Raja Abdullah II. Pada kesempatan ini, bangsawan Jordania melakukan audiensi privat dengan Paus di perpustakaannya.

Vatikan sejauh ini belum memberikan pernyataan resmi atas sikap tidak lazim paus. "Fransiskus bertindak demikian karena telah melakukannya sebelum menjadi paus dan tidak suka dengan protokoler," kata pejabat senior Vatikan.

Menurut pejabat senior Vatikan itu, siapapun yang datang ke Paus harus mencium sandalnya dan hingga saat ini, tradisi itu tetap berlaku untuk para pengunjung, termasuk wanita, harus membungkuk kepada Paus.

Tidak hanya itu, Paus Fransiskus baru-baru ini juga menggemparkan dunia ketika tampil dalam foto bersama para remaja yang tengah mengunjungi Vatikan Rabu lalu (28/18). Untuk kali pertama dalam sejarah, pemimpin Gereja Katolik sedunia itu bersedia berfoto "selfie" dengan jemaatnya.



Siapa yang sukses berfoto selfie dengan paus? Mereka yang paling beruntung itu adalah remaja dari Piacenza dan Bobbio, Italia. Ketika berziarah ke Vatikan Jumat lalu, mereka tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan paus.

Tak hanya bertemu, para remaja itu juga mendapat hadiah istimewa, yaitu paus bersedia berfoto bersama dengan gaya selfie, sesuai dengan permintaan mereka. Foto itu lantas dipublikasikan dalam akun Facebook para remaja tersebut. Alhasil, peristiwa itu dengan cepat menyebar di berbagai situs jejaring sosial Twitter. Salah seorang pengguna mengatakan, "Sekarang saya telah melihat segala sesuatunya." Pengguna lainnya berkicau, "Ini akhir dunia seperti yang kita tahu."

Paus Fransiskus memang dikenal sebagai sosok yang dekat dengan media sosial. Pemimpin 1,2 miliar umat Katolik sejagad ini memiliki lebih dari 3 juta pengikut di jejaring sosial Twitter. Paus dikabarkan juga gemar menelepon langsung orang-orang kebanyakan yang menulis surat kepada dirinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...