Selasa, 25 Maret 2014

Perbedaan Teologi Katolik dan Teologi Protestan

Tanpa mengurangi rasa hormat, beberapa perbedaan yang memang nyata antara teologi Katolik dan *teologi Protestan secara umum, kalau mau disarikan adalah:
*Protestan di sini tak semuanya tapi sebagian besar, karena denominasi protestan itu puluhan ribu.

(1) Konsep pilar kebenaran
(2) Konsep otoritas
(3) Konsep ekklesiologi
(4) Konsep sakramen
(5) Konsep keselamatan
(6) Maria dan Para Kudus


1. Tiga pilar (Kitab Suci, Tradisi Suci, Magisterium Gereja) vs Sola Scriptura.

a. Protestan: mempercayai hanya Kitab Suci sebagai satu-satunya sumber kebenaran (sola scriptura).

b. Katolik: mempercayai tiga pilar kebenaran: Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja.

Gereja Katolik menolak bahwa satu-satunya pilar kebenaran hanyalah Kitab Suci (Sola Scriptura). Penolakan ini disebabkan karena:
(a) Kitab Suci sendiri tidak pernah mengatakan demikian bahkan menekankan pentingnya Magisterium Gereja dan sumber tertulis maupun lisan,
(b) Gereja lahir terlebih dahulu sebelum Kitab Suci,
(c) Gereja dengan inspirasi Roh Kudus yang menentukan buku-buku mana yang masuk dalam Kitab Suci,
(d) Sola Scriptura tanpa ada otoritas yang menentukan interpretasi yang benar membawa perpecahan.

Mempercayai tiga pilar ini (Kitab Suci, Tradisi Suci, Magisterium Gereja) sebetulnya lebih alkitabiah dibandingkan hanya mempercayai Sola Scriptura.



2. Konsep tentang otoritas

a. Protestan: semua umat beriman mempunyai otoritas dan bertanggungjawab secara langsung kepada Kristus dan tidak perlu mentaati pengajaran dari siapapun.

b. Katolik: Karena Kristus sendiri yang memberikan otoritas kepada para Paus dan para uskup, maka umat Katolik dengan kerendahan hati mengikuti apa yang diperintahkan Kristus dan memberikan diri untuk mentaati pengajaran yang diberikan oleh Magisterium Gereja yang bersumber pada Kitab Suci dan Tradisi Suci.



3. Konsep ekklesiologi

a. Protestan: gereja dipandang hanya sebagai persatuan umat beriman yang percaya kepada Kristus, walaupun antar gereja mempunyai pengajaran yang berbeda-beda.

b. Katolik: Bagi Gereja Katolik, Kristus mendirikan satu Gereja, yaitu Gereja Katolik (lih. Mat 16:16-19). Gereja Katolik inilah yang menjadi Tubuh Mistik Kristus (Ef 1:23; Ef 5), yang mempunyai empat tanda yaitu satu, kudus, katolik dan apostolik.



4. Konsep Sakramen

a. Protestan: hanya mengenal Sakramen Baptis dan Sakramen Perjamuan Kudus (kadang termasuk juga Sakramen Tobat) bagi Lutheran.

b. Katolik: Gereja Katolik mengenal adanya tujuh sakramen: Sakramen Baptis, Sakramen Krisma, Sakramen Ekaristi, Sakramen Tobat, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Minyak Suci.



5. Konsep keselamatan

a. Protestan: hanya karena iman saja, kita diselamatkan (sola fide). "Once Saved, Always Saved" - sekali selamat selalu selamat.

b. Katolik: tidak mempercayai hanya iman (sola fide) saja kita diselamatkan, tetapi juga pentingnya iman untuk keselamatan, baptisan yang menjadi syarat keselamatan, dan orang akan diadili menurut perbuatannya.



6. Maria dan Para Kudus

a. Protestan: memandang bahwa orang-orang yang telah meninggal sama sekali terpisah dari umat Allah yang masih mengembara di dunia ini.

b. Katolik: kematian tidaklah memisahkan orang-orang yang telah dibenarkan oleh Allah dengan umat Allah di dunia ini. (lih. Rom 8:38-39).

Gereja Katolik mempercayai bahwa semua orang dipanggil untuk menjadi rekan sekerja Kristus. (lih. 1Kor 3:9) Kalau kita semua dipanggil menjadi teman sekerja Kristus, apalagi Maria, Bunda Allah dan para kudus. Bunda Maria dan para kudus adalah mereka yang sungguh telah berjasa dengan rahmat Allah, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam karya keselamatan Allah.

91 komentar:

  1. Ribet amat.....mending kong hu cu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener,katolik mah sok suci

      Hapus
  2. Kayanya kalo jaman segini tulisan kaya ginian gak bakal laku dan kayanya gak pantes. Karna orang Protestan yang ngerti teologi juga ada lebih pinter dari uskup - uskup Indonesia juga banyak. Jadi mustinya Page gereja katolik tulisan keminter kaya gini sebaiknya dipikir dulu realisasinya di Gereja Katolik cuma malu - maluin orang Katoliknya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak aja, kalau tidak ada gerej Katolik tidak ada Alkitab,karena yang menyusun isi Alkitab adalah pujangga2 Katolik.Sebelumnya masih berupa tulisan dlm gulungan kertas. Jadi......yang keminter siapa ? Semoga TUHAn mengampunimu Joyce.......

      Hapus
    2. lho penyusun alkitab kok pujangga?

      Hapus
    3. protestant lebih puyeng, gereja ga bisa pindah2, alirannya banyak beudh, nyobain gereja lain malah bingung sendiri ...

      Hapus
    4. Banyak bacot ini protestan

      Hapus
    5. Protestan doanya sok suci sampe nangis2 segala

      Hapus
  3. coba di kasi conto mbak ... daripada ngomong kesana kemari ga ada contonya ... yang bener+buktinya coba ... daripada malumaluin +keminter ...

    BalasHapus
  4. waduh mbak.... joyce Tammu bilang kayak gini ga laku dan ga pantes??? dan ribet pula??? ckckckc ... ada yang namanya sekola iman mbak,ya buat mendalami seperti ini ...

    BalasHapus
  5. Bersatulah Katolik dan Protestan,berundinglah/berkompromilahatas perbedaan varian bibel/alkitab. Dirikan kerjasama dakwah ayat ayat bibel/alkitab yg tdk pernah didakwahkan di lingkungan gereja masing masing,misal kerjasama membuat cerita tertulis,cerita bergambar (komik),drama,senetron/film yg memvisualisasikan ayat ayat bibel/alkitab yg kontradiktif,yg benar ayat yg mana. Visualisasikan ayat ayat bibel/alkitab yg sensasional belaka,yg baik ayat yg mana. Bikinla komik full colour dan full action tentang kehebatan para nabi dlm bibel/alkitab. Bagaimanapun nabi nabi umat kristiani (katolik+protestan) sangat mengagumkan dan yg paling mengagumkan yaitu Nabi Loth yg memiliki kemampuan menciptakan/menurunkan suatu suku bangsa/ras,sekaligus 2 ras. Kamik distribusikan pd murid murid dilingkungan sekolah Yayasan milik Katolik+Protestanm. Jika berhasil bisa didistribusikan di sekolah milik non kristiani. Firman adalah Tuhan,jadi jika sedang membaca Firman dlm bentuk ayat ayat Bibel/Alkitab diibaratkan sedang berhadapan langsung dgn Tuhan. Jika demikian Tuhan Bpk dan Tuhan Yesus akan melimpahkan Kasihnya yg berupa keberhasilan/kesuksesan,pengampunan,memberi peningkatan pengetahuan nabi nabi dan peningkatan keimanan kristiani. Juga memberi kasih dlm bentuk yg lainnya. Selamat mencoba mendakwahkan ayat ayat bibel/alkitab spt tersbt diatas.

    BalasHapus
  6. komentar ah..

    btw saya dari lahir sampe sekarang seorang kristen protestan dan sekolah cukup lama di sekolah katolik. so saya tau bedanya katolik dan protestan. dan yang diatas itu semuanya benar.

    hanya saja saya mau komentar soal "once saved, always saved"

    tanpa mengurangi rasa hormat,

    Maaf, menurut saya , pembawaan anda diatas itu kurang tepat.. karena interpretasinya jadi "enak banget klo gitu mah.. abis tobat besoknya langsung bikin dosa lagi dan ga perlu tobat lagi.." maaf kalo ternyata interpretasi saya beda dengan anda.

    memang benar. di ajaran protestan (sebagian besar) syarat keselamatan itu cukup dengan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.
    Once saved, always saved ini memang benar. tapi tetap tidak semudah diucapkan karena umat kristen protestan HARUS menerima Yesus sebagai TUHAN DAN JURU SELAMAT. bukan cuman juru selamat doang. saya sering jalan2 ke gereja diluar gereja gw dan semuanya mengatakan hal yang sama..

    Menerima Yesus sebagai juru selamat berarti mau diselamatkan oleh Yesus.
    Menerima Yesus sebagai Tuhan berarti Dia lah yang memegang kendali penuh atas hidup seseorang itu.. ini dalam artian pengajarannya ya.. ini lah yang ga gampang.. Yesus bilang jangan berzinah tapi masih aja ada orang kristen yang berzinah. Yesus bilang jangan bersaksi dusta tapi masih ada orang kristen yang suka bohong. Berdoa pada Tuhan Yesus tapi besoknya ke dukun.. hadehhh...

    Jikalau seseorang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan, berarti Yesus dalam hidup orang tersebut adalah absolut. dan orang itu tunduk pada semua perintah dan ajaran Yesus, dan tidak berpaling ke ajaran lain.. apabila sudah memenuhi syarat ini, barulah dia akan diselamatkan.

    jika mencerna dengan kata-kata tulisan anda diatas, seolah2 orang protestan cuma menerima Yesus sebagai Juru Selamat saja. maaf kalau ternyata yang saya tangkep berbeda dengan yang penulis maksud. saya ga bermaksud menjudge ataupun membandingkan tetapi hanya mau menambahkan sekaligus meluruskan pandangan.

    maaf kalau saya ada salah.

    salam damai dari saudara kalian orang protestan.
    GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga seorang yang tergolong di gereja kristen protestan, dan penjelasan mas/mbak tersebut menurut saya cukup mewakili pandangan protestan mengenai keselamatan.
      Kiranya tulisan diatas bisa dibenahi agar tidak menimbulkan salah pemahaman yang kelewat jauh.

      Hapus
    2. saya orang katolik juga pernah sekolah di sekolah kristen, dan ya... memang benar penrbedaannya cukup jelas. Makasih buat penjelasan once saved always saved nya :) GBU

      Hapus
    3. itu ajaran OSAS....wah bahaya ini, berarti udah tidak kenal dosa lagi....dan coba tanya ama mbah google di kalangan protestan sendisi paham ini masih di perdebatkan.

      Hapus
    4. Yesus bilang sunatlah., yesus bilang jangan minum anggur. Ayo kita sunat dan jauhi minuman anggur. karena kalau kita tidak ikut yesus maka kita tidak selamat.

      Hapus
    5. Kalo kita disuruh makan roti dan minum anggur. Kita terima rotinya dan kita tolak anggurnya. Karena Yesus menyuruh kita untuk jauhi minuman anggur.

      Hapus
    6. Buat...temen2 yang protestan ada beberapa pertanyaan nich :
      1. Apakah anda sudah tau secara menyeluruh belum ajaran Luther selain 90 thesisnya itu???
      2. Sudahkah anda mencoba merekontruksi perkembangan protestan secara (ekonomi dan politik) mulai dari jaman Luther ???
      3. Tahukah anda kalo Hitler itu dalam HOLLOCOUST terinspirasi dari ideologi MARTIN LUTHER???

      Baca dari sumber-sumber terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan jangan bersumber dari katanya seseorang.

      ini mas salah satu sumbernya
      http://www.iclnet.org/pub/resources/text/wittenberg/luther/letsinsbe.txt

      Hapus
  7. Ini nomer 6 tdk benar,saya kristen tidak ada ceritanya arwah menggembara,sumber darimana ya ,emang hantu apa gentayangan haha

    BalasHapus
  8. Di dalam melakukan komparasi, ada baiknya anda mempelajari dulu secara objektif, apa yang menjadi teologi dari kedua belah pihak.

    BalasHapus
  9. Seharusnya katolik + protestan bersatu,krn sesama pengiman Yesus dan Bibel(Alkitab). Katolik+Protestan sesama agama kristiani yg berasal dr sesosok arwah yg mengaku diri sebagai Yesus dan muncul didepan Paulus. Secara nyata sejak dahulu sampai sekarang yg namanya arwah sering mengaku dirinya orang hebat di masalalunya,misal: mengaku sebagai arwah seorang raja,orang sakti/kramat dsb. Demikian juga arwah Yesus yg semasa hidupnya kelam sebagai orang buron yg tak berdaya dan juga semasa kecil sampai remaja -dewasa,hidup yesus hanyalah pd tingkat sosial keluarga tukang kayu yg hidup pas pasan. Sehingga dlm bibel/alkitab mukjizat Yesus yg terbanyak seputar pengadaan makanan dan minuman. Mukjizat bentuk lainnya sedikit. Mukjizat perlindungan diri dr kejaran/uberan pasukan romawi tak dipunyai,akibatnya dgn mudah ditangkap. Yesus yg semasa hidupnya sangat getir maka setelah jadi arwahpun lupa mendakwahkan diri sebagai Tuhan dan Yesus kelupaan memerintahkan diri utk disembah dan memberi ajaran tatacara penyembahannya,terutama saat Yesus masih hidup selalu kelupaan mendakwahkan spt tersbt di atas.Kegetiran hidup bisa merubah Yesus yg anak tuhan jadi pelupa,apalagi kita sbg manusia semata. Yesus mengapa diri Mu pelupa,sifat pelupa Mu sangat merugikan umat Mu. Semoga arwah Yesus mau/bersedia mengoreksi ajaran yg terlupakan tetapi sekarang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsep macam apa itu? yesus kok lupa? mana bukti ketuhanannya???

      Hapus
    2. bisa diskusi lewat no saya : 0823 4004 0622

      Hapus
    3. kalo mau bersatu sih dari dulu dong... kan para pemikir dan filsuf lebih banyak di zaman itu? usaha yang sia-sia dan tdk akan pernah bisa...

      Hapus
  10. ayat mana yang mengatakan bahwa yesus itu tuhan??? dan apa maksusd konsep trinitas yang membingungkan itu?

    BalasHapus
  11. Bikin ngakak. Sama2 absurd teologianya kok nyerang....jeruk makan jeruk.

    BalasHapus
  12. NO COMMEnt,

    Tiada tuhan selain DIA,
    Tidak berAnak tidak pula di perAnak-an
    Dia yang ESA, tiada sembahan tandingan selain/disamping DIA
    yang Maha Suci dari apa2 yg disifatkan oleh orang yg tidak tahu kebenaran
    yang hanya ikut2 bapak2nya atw moyang2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren 2 ndasmu

      Hapus
    2. Iya memang gak diperanakan emang dari sana Nya yang udah ada sebelum segala sesuatu ada.. Hahahaha…daripada yang ikutan yang baru pilih yang lama lah… hahah..

      Hapus
  13. ???? Agama itu abstrak , jadi biarlah tiap orang menganut kepercayaan masing2 . Gitu aja ribet

    BalasHapus
  14. Jadi orang jangan terlalu fanatik bung, semua agama itu mengajarkan kebaikan . Jgn jadikan perbedaan untuk saling memusuhi tapi jadikan perbedaan untuk saling mengisi by : atheis indo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atheis tapi ngurusin agama. Aneh! Wkwkw

      Hapus
  15. Oohh TUHAN bisa LUPA yha? Baru tau sy ckckckck Itu tuhan atau manusia????

    BalasHapus
  16. yang benar bahwa injil itu hanyalah karangan orang2 yang tidak pernah ketemu yesus dan menulis katanya dari katanya dengan imajinasinya sendiri dan diedit/copy/paste selama 1300 tahun, makanya isi injil penuh dengan pertentantangan antara surat dengan surat yang lain, jika anda seorang yang haus ilmu dan kritis mempelajari kitab injil tentu akan melihat begitu banyak kesalahan, makanya banyak sarjana yang mempelajari injil menyimpulkan bahwa INJIL adalah hanyalah kumpulan pustaka yang penulisan,salah waktu dan salah tempat, so berpikirlah bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itulah, kita harus memahami Injil dalam doa, karena Tuhan lah yang Maha Tahu..
      editannya juga masih manual gan, translatenya pake otak sastrawan :) buktinya mau dilengkapin dengan surat lain jg masih bisa. Ngomongnya santai aja yg bro :D

      Hapus
    2. Anda berkata dlm singgungan Injil bhw 'hanya Tuhan Yang Maha Tau' scr tdk lgsung Anda menyetujui kekeliruan Injil.... Bukankah kalian tahu Tuhan dr Injil? Jika scr tdk lgsung Anda berkata bhw 'Injil belum tentu benar', brrti Tuhan Anda jg blm tentu benar.....

      Anda jg berkata bhw Injil msh bisa dilengkapi dg surat lain, kitab mcm apa ini yg isi kandungannya kurang & perlu prlgkapan?

      Pantaslah jika bnyk saintis yg murtad gara2 teologi kalian :( kemudian kalian diam2 melakukan misi kristenisasi pd smua org scr terintegrasi :/

      Hapus
    3. agama sebrang ikut nimbrung,,,,,jdinya asbun, otak lu sgede kacang....

      Hapus
    4. gak boleh nimbrung ya? hahaha agama tertutup,, gak mau perbedaan keduanya diketahui orang luar biar gak ada celah,,,heheheheeh tanpa tahu isi agama kalian pun dalam kitab kami juga sudah dijelaskan kalau sebenarnya kalian itu saling bermusuhan di dalam hati, namun kami selalu disuguhkan persatuan yg kalian buat2....miris sekali, bersatu di dunia tapi tercerai berai di akhirat

      Hapus
    5. Hahah daripada yang baru injilnya cuma saiprit, babnya juga cuma saiprit kaya,ayatnya juga saipirit banyak lebih banyk di alkitab setelah ratusan tahun baru muncul hahaha…. tokohnya juga gak pernah ketemu para rasul…pilih yang lama dripada yg baru hahaha…

      Hapus
  17. USA, jerman, belanda mayoritas penduduknya PROTESTAN merupakan negara sekuler dan negara yg maju, liberty simbol USA (FREEDOM) agama hanya KTP aj bahkan di negara sekuler boleh tdk bergama, THIS FACT anyone have another argument or fact, wwkwkwkkwk

    BalasHapus
  18. aduuh ngomong apa aje lu pada . . .kontol gue gatel gara² yesus ngewe kontol gue kemaren. . .wkwkwkkwk

    BalasHapus
  19. Protestan itu sekelompok org yg protes dgn ajaran gereja katolik. Katolik lbh dulu muncul dari pada protestan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman saya yang protestan terlalu fanatik,kalau yang katolik tdk fanatik jadi saya lebih suka teman saya yang katolik...

      Hapus
  20. Jika Alkitab hanya boleh ditafsirkan oleh pemuka agama , kenapa orang awam harus membaca alkitab juga? Tuhan menciptakan alkitab bukan hanya untuk pemuka agama saja, tapi untuk semua manusia.

    BalasHapus
  21. Ribrt penak protestan nyantai sesusi kebutuhan

    BalasHapus
  22. Ribet kalau katolik banyak aturan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus deh klo anda protestan, mereka yg katolik berada dlm kesesatan......

      Bersatulah dalam gereja protestan

      Hapus
  23. Bisa membosankan kalau di katolik kuno kakean aturan.

    BalasHapus
  24. Memang Katolik ajaran sesat menyembah patunglah menyembah allah lain yaitu bunda Maria dan santa2 snto2 sebab di alkitab tertulis janganlah menyembah allah lain di hadapanku janganlah menyembah patung di bumi ini jangan sujud menyembah kepadanya AJARAN SESAT !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy ini kristen pentakosta

      Hapus
    2. Bener banget, katolik memang ajaran sesat!!!!

      Hapus
    3. Semoga Tuhan mengampuni mu.

      Hapus
  25. Katolik goblok malah bikin patung dasar sesat!!!
    Lebih baik kalian kembali ke jalan yang benar......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sesat menurut Alkitab yaitu orang yang tidak mengkuduskan Hari Sabtu. Lihat 10 perintah Musa. Berarti Katolik dan Protestan sama-sama sesat.

      Hapus
  26. Mohon maaf , saya agama kristen protestan, hm kalo saya lihat dari atas tulisan2 itu saya hargai tp syaa tidak sepihak dengan kayholik terutama dibagian menyembah santo santo patung dsb. Kalo dari sisi komentar, saya paling tidak suka dengan berdebatnya ini, buat apa debat? Ga ada damainya toh agama yg buat manusia, mending percaya dengan kepercayaan masing2 ga usah sampe olok2 debat gpp tp ga usah sampe ngolok juga deh :) masih mending lah katholik kristen daripada agama tetangga kita tuh malah melenceng jauh ajarannya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus klo anda protestan, jgn sampai menyimpang ke katolik....

      Hapus
    2. Saya mau sharing untuk saudara 2ku dalam Tuhan Yesus,saya dulu seorang katolik dan kita tau kan kalai dikatolik itu doa kan bisa ke bunda maria istilahnya "lewat" bunda maria dan memang di katolik aturannya lebih banyak oleh karena semua hal tersebut dulu saya sempat punya pertanyaan apa kalau doa sama Tuhan langsung apa lebih sulit? Aoa kalau tanpa aturan sebanyak itu kita salah di mata Tuhan?Tetapi setelah saya dapat pemulihan dari Tuhan semua pertanyaan tersebut terjawab ternyata doa langsung kepada Tuhan ternyata bisa dan kita akan merass lebih dekat denganNYA dan tanpa aturan yang segitu banyak kita tidak salah di hadapanNYA asal kita selalu berjalan di jalanNYA dan setia kepadaNYA,bahakn mujizat sering terjadi didalam hidupku,Tuhan ingin kita langsung berdoa kepadaNYA dan menjalankan semua firmanNYA ,dan mengarahkan hati selalu kepadaNYA,JBU all

      Hapus
  27. Katolik sesat bersatulah dalam gereja protestan!!!!

    BalasHapus
  28. Katolik ajaran sesat, bersatulah dalam gereja protestan!

    BalasHapus
  29. Lebih baik berhenti lebih awal daripada mengisi terlalu penuh. Pertajamlah terlalu banyak maka ujungnya takkan tahan. Timbunlah kekayaan maka takkan dapat kau lindungi. Berbicaralah terlalu banyak maka akan terjadi kebingungan. Pura-pura tahu adalah sikap provokasi. Kepastian akan diserang. Reputasi adalah sumber fitnah. Lebih baik tidak meluruskan yang bengkok, memperbaiki yang rusak, mengisi yang kosong. Bentuklah kebingungan menjadi jawaban-jawaban, maka akan ada pertanyaan lebih banyak lagi. Masalah muncul dari campur tangan. Solusi menciptakan masalah. Cobalah memperbaiki dunia maka yang terjadi justru akan memburuk. Hiduplah dengan damai. Bersikaplah yang tulus dan peduli.

    BalasHapus
  30. Kembalilah ke ajaran Yesus sesungguhnya... pelajari Alkitab dari awal,baca baik2x setiap detail kebenaran yang ada di Alkitab yang asli, bukan yang telah di lencengkan isinya. (*baca: The Five Gospels untuk pencerahan). Asyhadu an-Laa Ilaaha Illallah wa Asyhadu an-na Isa rosuululloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Más jgn mlencengin syahadat donk... isa rosuulollah jd isa itu cuma utusan ato nabi seperti daud/ david, ibrahim/ abraham dll piye tho jare isa kuwi tuhan ??? tuhan koq jd pesuruh .... juru selamat koq ngising

      Hapus
    2. Más jgn mlencengin syahadat donk... isa rosuulollah jd isa itu cuma utusan ato nabi seperti daud/ david, ibrahim/ abraham dll piye tho jare isa kuwi tuhan ??? tuhan koq jd pesuruh .... juru selamat koq ngising

      Hapus
    3. Más jgn mlencengin syahadat donk... isa rosuulollah jd isa itu cuma utusan ato nabi seperti daud/ david, ibrahim/ abraham dll piye tho jare isa kuwi tuhan ??? tuhan koq jd pesuruh .... juru selamat koq ngising

      Hapus
  31. Artikel nya terlalu memojokan protestan
    Bukan menawarkn solusi malah timbul perdebatan

    BalasHapus
  32. Keluarga saya,ada yg kristen,islam sy sendiri katolik dr lahir,tp saya tel melihat perbedaan perbedaan,masing masing kami berdoa,bekerja tuk kehidupan dan keselamatan,dan setiap inti dari doa kami masing 2 selalu menyebutkan nama semua keluaga tnpa menyebukan agamanya.konten diatas hnya sebuah ilmu pengetahuan. Tidak tuk diperdebatkan,setiap orang yg memeliki keyaninan dan kepercayaan akan imannya niscaya kehidupanya benar dimata semua agama,khusnya pada ALLAH yg ia sembah

    BalasHapus
  33. Alangkah baiknya kalo melihat alasan tulisan di atas ditulis. Link source nya dari katolisitas. Org.

    Tujuannya untuk memberi jawaban atas pertanyaan tentang perbedaan teologi katolik dan protestan. Bukan untuk menyesatkan atau merendahkan yg satu dgn yg lain.

    BalasHapus
  34. ooo seperti itu..

    BalasHapus
  35. Ini mah absurb penjelasan nya... sya yakin penulis tidak begitu mengerti dan menguasai protestan..alangkah baik nya sebelum anda post di konsultasikan dlu kepada orang yang bnar2 menguasai/lebih paham(ahli teologi)..jadi tidak timbul perdebatan.. jangan cuman asal comot sana sini.. dan "hanya" dari pengertian anda sendiri.

    BalasHapus
  36. Ngakak njirr..gue liat komen2nya... :V

    BalasHapus
  37. Semua itu demi kenyamanan pribadi masing2, mau agama apapun. Jd ya muncullah banyak agama dan aliran. Semua demi keegoisan manusia. Yang awalnya baik, sekarang baik bagi kelompok2 atau orang2 tertentu saja. Belum lagi sifat jahat yg di kamuflase dengan kebaikan...

    BalasHapus
  38. PERBEDAANNYA sebenarnya adalah pada pernyataan orang orang yang merasa dirinya LEBIH BENAR...

    Apakah Gereja Kristen dan Katolik dapat menjamin keselamatan umatnya?
    Jawabannya : PASTI TIDAK DAPAT....( kalau ada yang jawab IYA...berarti DIA SUDAH JADI TUHAN )

    Yaa...
    karena keselamatan itu hanya didapat dari
    orang orang yang mempunyai dan membangun hubungan pribadi dengan Yesus,
    ( Bukan hanya merasa kenal atau tahu saja )
    KENDARAANNYA yaitu adalah Firman Allah...( kecuali jika ada yang merasa LEBIH BENAR dari Firman Allah )

    Jadi apakah seorang pengikut Kristen dan protestan sendiri sudah mempunyai kedalaman IMAN tentang
    " HUBUNGAN PRIBADINYA DENGAN YESUS ?"

    TIDAK ADA yang tahu, yang tahu cuma pribadi lepas pribadi dengan Tuhan Yesus sendiri...

    Jadi menurut saya, BUAT apa dibuat perbedaan kalau sebenarnya " TUHANNYA SAMA ? "
    Hanya iblis yang kerjanya memecah belah...
    KITA adalah rekan sekerja Allah...
    Mari kita Budayakan, saling menghargai dan saling membangun dalam hal PENGENALAN AKAN YESUS KRISTUS
    untuk meningkatkan iman pribadi lepas pribadi....


    BalasHapus
  39. hai... saya beragama Khatolik...
    tapi jujur saya nyaman kebaktian di protestan...
    saya mengikuti ibadah Gereja Duta Injil
    pada dasarnya kuncinya ialah Tuhan Yesus Kristus,

    Damai sejahtera-lah kamu sekalian... Meributkan hal seperti ini hanya sia sia, sebab "berbahagialah kamu yang percaya namun tidak melihat..."

    BalasHapus
  40. "Yang muda, Berdoa".
    "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari antara kamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi, jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”
    “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” (Mat 7:7-12)
    Bacaan Pertama: Est 4:10a,10c-12,17-19; Mazmur Tanggapan: Mzm 138:1-3,7-8.

    Lebih Baik Berdoa Langsung Ke tuhan. Kalau Khatolik Berdoa Melalui Bunda Maria itu Salah. "Berdoa Adalah Cara Kita Berkomunikasi kepada tuhan, bukan Kepada bunda maria" Kebanyakan Petinggi Khatolik Menyalah gunakan Definisi Berdoa Sesungguh Nya. Dan Satu Lagi,
    "dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." (Yohanes 14:13-14)

    Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. (Yohanes 15:7)

    BalasHapus
  41. memang aneh buat tulisan yang bikin rusuh. gayanya udah tau semua tentang Tuhan dan firmannya. Udah tau firman Tuhan tapi tidak di ikuti dengan sungguh sungguh ya jadinya kayak gini. beda tatacara ibadah, sakramen dsbnya malah di dibuat tulisan yg seakan akan ada agama yg paling benar dan yg satunya tidak benar. emangnya Allah mengasihi orang itu pakai pilih pilih itu orang dari agama apa, suku apa, warna kulitnya apa ? yang penting itu saling mengasihi coy ga usah pandang orang itu dari gereja mana asalkan berlandaskan Tuhan Yesus sebagai teladan di kehidupannya. memuji nama Tuhan. Allah kita maha besar coy diatas segala galanya. mungkin malah sedih lihat orang orang yang percaya akan Kuasa-Nya permasalahin hal kayak gini.

    BalasHapus
  42. Kasian yesus... Dah sulit2 menyampaikan injil ehhh... Mlah klakuan murid2nya kayak gitu... Kitab pake di edit lagi... I love yesus.... Walaupun Engkau bukan Tuhan...

    BalasHapus
  43. 10 perintah Musa melarang patung. Berarti yang membuat patung sesat.
    Mana perintah untuk mengkuduskan/beribadah di Hari Minggu? Bukankah dalam 10 perintah Musa itu diperintahkan untuk mengkuduskan Hari Sabtu. Yang tidak mengkuduskan Hari Sabtu berarti sesat.

    BalasHapus
  44. shalom teman2 yang terkasih dalam Tuhan Yesus
    Saya mau sharing dan berbagi pergumulan hidup yang saya alami. semasa kecil hingga dewasa kira2 umur 28 taon saya menganggap bahwa Kristen dan Katolik itu adalah sama. tetapi pada saat saya merantau dan dengan tidak di sengaja saya memilih untuk beribadah di Katolik. disitu saya melihat banyak penyimpangan yang terjadi. Kristen mengajarkan bahwa Yesus lah satu-satunya jalan keselamatan itu , tidak ada yang sampai kepada Bapa kalo tidak melalui Yesus. Tidak dengan pengantara Maria atau orang-orang kudus kita berdoa seperti yang dilakukan oleh Katolik. Katolik selalu mengatakan bahwa katolik adalah Petrus yang diatas batu karang inilahKu dirikan, ingat Yesus tidak pernah membawa agama tetapi setiap orang yang mengikut Yesus Kristus di sebut orang Kristen bukan orang Katolik dan itu sudah lama, orang yang pertama kali di sebut Kristen yakni di Antiokia. Kekristenanan mengajarkan bahwa percaya pada Yesus dan melakukanNYA bukan seperti yang di tulis oleh penulis di atas dan semua gereja Kristen Protestan yang memahami hal tsb. Martin Luther adalah mantan Katolik dan dia menyadari bahwa ajaran Katolik telah banyak menyimpang makanya dia berani untuk keluar dari situ. karna setiap apa yang kita perbuat, pasti akan di minta pertanggungjawaban olehNya. jadi selidikilah hatimu dan segala sesuatu yang kamu terima. minta tuntunanNYa dengan sgala kerendahan hatimu. Jesus bless us

    BalasHapus
  45. Dan lihatlah lah pernyataan para paus yang ada pada halaman bawah page ini. Mereka dengan lantang mengatakan bahwa Gereja katolik sebagai satu-satunya jalan keselamatan itu, di luar itu tidak ada penyelamatan. Ingat firmanNYA mengatakan bahwa AKUlah jalan kebenaran dan Hidup, tidak ada yang sampai kepada Bapa kalo tidak melalui Aku. Jangan menambah atau mengurangi firmanNYA, karna Tuhan adalah adil dan DIA adalah cemburu. semoga masih ada kesempatan kita untuk bertobat dari berbagai penyimpangan yang terjadi. Tuhan Yesus mengasihi kita semua. Amin

    BalasHapus
  46. aku heran melihatnya artikel ini, seolah ingin menjatuhkan protestan dan menganganggap khatolik yg yg benar dan protestan yg salah, apakah yesus mengajarkan unk saling menjatuhkan, bkn tuhan yesus mengajarkan saling mengasihi, sesama kristen saja kamu ingin menjatuhkan, bagaimana dng yg nonkristen
    seharusnya engkau cari tah dulu apa yg di protes martin luther terhadap ajaran katholik..

    BalasHapus
  47. semoga kalian cepet masuk islam ya, AAMIN YA ALLAH YA ROBAL'ALAMIIN

    BalasHapus
  48. Kalo gk ada protes dr Martin Luther itu Kekristenan hanya akan dikenal sebagai Katholik saja tanpa Protestan, Pantekosta, Kharismatik dll,,,,

    BalasHapus
  49. Islam yg nanti akan masuk Kristen (Ingat Itu)
    Buat Saudara2 Katholik. ingat Tuhan datang untuk menghakimi yang hidup dan yang mati termasuk, Paus, Kardinal, Uskup, Pdeta, Pastor dan semua manusia. Kecuali Paus senddri bukan manusia. jadi jng sok membnarkan. Ada apa dg katholik pada abad pertengahan? sehingga hnya seorang martin Luther bs mempengaruhi bgt banyak rakyat dan berpindah dari katholik ke protestan..hingga jutaan Org.? Taukah anda Paus Leo X ada paus terkorup wkt itu? menjual nama Tuhan unt memeras rakyat dgn menjual surat pengampunan dosa. apakah sebagai org cerdas dan beriman itu diperbolehkan Tuhan? jadi jng sok benar seolah nanti Tuhan Datang tdk menghakimi umat katholik sj. :-D jangan ambil hak Tuhan Bro.
    bukti bnyk org protestan yg hidupnya diberkati Tuhan bahkan diberi bnyk karunia. pengikutnya terus bertambah. ikut Tuhan itu tdk sulit, manusia sj yg buat menjadi sulit. cukup dgn baca Matius 1 ayat 1. dasar awal bahwa Allah itu adalah Firman. sehingga Dasar Pikir Sola Scriptura adalah berpegangan pada pernytaan Allah sendri.
    Pertanyaan unt Saudara2 Khatolik?
    1. Sejak Kapan Simon Menyatakan bahwa dia Paus pertama.?
    2. Bangsa Mana Yg menyalibkan Tuhan Yesus?
    3. Tahun Berapa Katholik mulai ada?
    4. Siapa itu Kaisar Konstantin?
    5. Siapa yang menyatakan Paus Sebagai Pengganti Yesus Kristus?
    6. Adakah di Alkitab Nubuat2 yang dinyatakan bahwa hnya Beragama Khatolik tanpa melakukan apa2 langsung masuk surga?
    7. Katholik mana yg paling benar dan yng dijanjikan Tuhan? (Roma Katolik atau Ortodox Yunani?)
    8. Kenapa Tulisan Alkitab bukan dari bhasa Itali tp ibrani dan Yunani?
    9. Siapa yang berusaha membunuh Umat Kristen Mula2? (Tentara Romawi dan sebagian Org Yahudi sendiri)
    10. Paulus ketika mengabarkan injil ke Roma (Apakah sudah ada agama khatolik? sehingga itu dia di penjara? ataukah katholik ada jaman 200 masehi?)

    Khusus pertanyaan ke 6 jika Ya. tolong berikan sumber yang jelas dari Alkitab.
    bgt juga untuk yang lainnya. biar lebih jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Www.Katolisitas.Com

      Hapus
    2. Kata katolik sudah ada dalam alkitab… cari sendiri.. Hehe.. kalau gak ada jasa para bapa gereja.. gak bakalan ada yang namanya alkitab.... Soalnya alkitab terdiri dari ribuan manuskrip… seharusnya yang terima kasih itu siapa.. Cari sendiri di web katolik.. Heheh…

      Hapus
    3. Katolik itu ya kristen.. Hehhe

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...