Sabtu, 22 Maret 2014

"Rest In Peace" Kebebasan Beragama di Indonesia


Yth. Rekan-rekan media.
Salam sejahtera kami sampaikan. Semoga pemberitahuan dan kabar ini menjumpai rekan-rekan sekalian dalam kondisi sehat walafiat.

Pagi ini ratusan massa aksi berkumpul dan mendemo gereja St. Stanislaus Kostka, Kranggan. Mereka memaksa menghentikan pembangunan gereja, dan mengancam merusak serta menghancurkan bangunan gereja. Massa berpotensi melakukan tindakan melawan hukum.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi: Kamis 20 Maret 2014 lalu, Majelis Hakim PTUN Bandung dalam putusannya mengabulkan gugatan 13 orang penggugat (bagian dari FUI bekasi) untuk membatalkan SIPMB (Surat Ijin Pelaksanaan Mendirikan Bangunan) gereja St. Stanislaus Kostka, Kranggan. Namun dalam putusannya terdapat pendapat berbeda dari satu orang Majelis Hakim, yang pada intinya menyatakan bahwa SIPMB gereja Stanislaus Kostka telah diterbitkan sesuai dengan prosedur yang diatur dalam Peraturan Bersama 2 Menteri tentang Pendirian Rumah Ibadah dan Peraturan Walikota Bekasi yang menjadi turunannya.

Namun dalam putusannya Majelis Hakim dengan tegas dan jelas "menolak" permohonan penggugat (bagian dr masa aksi yang hadir hari ini) untuk melakukan penundaan pelaksanaan pembangunan gereja St. Stanislaus Kostka, Kranggan.

Putusan Majelis Hakim PTUN Bandung ini sangat menyedihkan. Karena pada faktanya pihak gereja telah memenuhi seluruh persyaratan administratif yang diwajibkan. Bahkan juga memperoleh persetujuan dari minimal 60 orang warga setempat. Sosialisasi pun telah dilakukan oleh pihak kelurahan.
Sampai detik ini putusan Majelis Hakim belum memiliki kekuatan hukum tetap. Pihak Tergugat (pemkot Bekasi) dan Tergugat II Intervensi (pihak gereja) akan melakukan upaya banding ke PT TUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara).

Umat gereja St. Stanislaus Kostka saat ini berada dalam kondisi was-was. Mengingat negara telah berulang kali gagal memberikan perlindungan kepada warga negara dalam menjalankan kebebasan beragama & berkeyakinannya.

Dengan ini kami meminta kesediaan rekan-rekan media untuk memberikan dukungan kepada pihak umat gereja St. Stanislaus Kostka, Kranggan dengan melakukan peliputan lapangan atas kondisi yang sedang berlangsung.

Demikian undangan meliput ini kami sampaikan. Salam kebebasan beragama dan bekeyakinan.

Hormat kami,
Jakarta, 22 Maret 2014

TIM KUASA HUKUM GEREJA ST. STANISLAUS KOSTKA KRANGGAN
-LBH Jakarta, LBH Bandung, The Indonesian Legal Resource Center (ILRC), YLBHI-

Contact Person: Atika (LBH Jakarta) +6281383399078, Wawan (Gereja St. Stanislaus Kostka, Kranggan) 0811198392.

Artikel Terkait: Warga Kranggan Demo Menolak Pendirian Gereja Katolik St Stanislaus Kostka

99 komentar:

  1. yang menulis itu anjing

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEPAKAT "PADA SATU TITIK KITA HARUS MELAWAN"

      Hapus
    2. HANYA SATU KATA YANG MEMBERI MAKNA : LAWAN

      Hapus
  2. JIKA SELALU DEMIKIAN MAKA . . . MOHON KEPADA NEGARA MANAPUN YANG MENGHARGAI PERBEDAAN KEYAKINAN "JAJAHLAH INDONESIA INI" KARENA NEGERI INI TIDAK DAPAT MELINDUNGI KAMI

    BalasHapus
  3. sabar kawan2 hati2 terhadap provokasi juga.

    BalasHapus
  4. susah kalo agamanya di PERUT........

    BalasHapus
  5. saudara-sadaraku ada apa dengan kepercayaan dan imanmu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju...Tuhan kita tidak akan mengijinkan seperti itu,JBU all

      Hapus
  6. dah q blng dr kmren klo percuma Indonesia dpt penghargaan atas toleransi beragama..g ada realisasinya sm sX..
    yg mw q tnya dr dlu..knp mereka2 tu tdk mengenal kasih..??
    apa untungnya bwt mereka..??!!

    knp kalau bangun mesjid g ada mnta persetujuan siapa pun..?
    jgn kn p'setujuan 60 orng, 1 orng pn g ada..

    BalasHapus
  7. Tuhan Yesus baik. Dia tidak tidur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan heran saudara saudaraku..kita harus bangga tinggal di indonesia..supaya iman kita semakin bertumbuh dan semakin kuat,,coba di bayangkan kl urus izin usaha diskotik,panti pijat,,itu g lama,,padahal itu turut merusak moral bangsa ini,,kl izin mendirikan Gereja itu bisa puluhan tahun loh,padahal Grj termasuk aset negara loh...coba kita bayangkan betapa banyak grj di indonesia ini yg berperan aktip membantu pemerintah,,sementara pendemo itu hanya merusak moralitas negara,,semoga kita semua sadar dan ikut aksi demo memerangi hawa nafsu,iri hati dendam dan kebencian diantara semua umat kepunyaan Allah..Amin

      Hapus
  8. sarana tempat manusia meminta dan memohon kepada Yang kuasa , dirusak oleh pihak yang mengaku dirinya seolah suci dengan kepercayaannya saja.....

    BalasHapus
  9. GKI Yasmin lebih parah lagi, IMB sudah diterbitkan oleh walikota Bogor (Diany Budiarto) maka mulailah kami membangun,, bangunan sudah jadi Diany masuk ke periode ke2 sebagai walikota Bogor menggandeng wakilnya dr PKS, langsung IMB dibekukan. PTUN Provinsi, PTUN Pusat, MA dan Ombudsman semua memutuskan IMB harus dicairkan; yang terjadi IMB dicairkan sesuai keputusan MA, tetapi 3 hari kemudian malah dicabut total. SBY kok tidak malu ya waktu terima "anugerah tokoh toleransi beragama dunia", padahal kasus Yasmin sudah sampai PBB dan si pemberi anugerah tsb apakah memang bisa dibeli? Menteri DN, menteri agama, dubes RI di USA (Dinno Patti Jalal) dll tahu persis permasalahannya tetapi semua membelokkan skenario. FUI, FPI, PKS hanya cari setoran, kalau gereja kan tidak pakai setoran, tetapi rumah-2 maksiat yang bertebaran dimana-2 karena memberi setoran dijamin aman. Saya malu sebagai orang Islam lihat kelakukan sebagian umat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya dalam pilpres nanti pilihlah yang nasionalis yang mampu mengakomodir seluruh kekuatan bangsa dari barat sampai ke timur.

      Hapus
    2. Jangan salah pilih presiden.Terus terang saya kecewa memilih SBY. Suharto yang ororiter saja msh nisa melindungi umat yg minoritas. Saat ini kita malah mengalami kemunduran. zamannya zaman edan,ora edan ora kumanan...

      Hapus
  10. keep calm.. dan percaya Tuhan yang berkerja. Kita tempuh cara damai saja...

    BalasHapus
  11. Yang jadi masalah orang-2 ekstrim sebenarnya cuma sedikit tetapi mereka "suaranya paling keras dan nyaring" dan itu dibiarkan oleh pemerintahan SBY. Mereka itu kan hanya preman-2 berkedok agama, lihat saja akhlaknya, korupsi, kawin sirih dan zina dengan artis-2, duitnya dari memeras dan upeti rumah-2 bordil dan panti-2 pijat. Coba gereja beri upeti bulanan kan aman. Semoga presiden / pemerintahan yang akan datang adalah orang yang jujur, adil, berwibawa dan tegas; jangan hanya "dimulut" seperti sang jenderal pecundang.

    BalasHapus
  12. Saudara-saudara.. jangan panas dulu..
    coba direfleksikan
    kalo kondisi dibalik, Kristiani adalah mayoritas dan muslim minoritas,
    apakah kita akan tinggal diam saat ada pembangunan masjid baru di lingkungan kita?
    dan kalau ternyata berubah menjadi emosi bahkan tindak anarkis..
    mari renungkan lagi rasa cinta kita, apakah terhadap agama atau terhadap Tuhan?

    damai beserta kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. benny widyadi meliala24 Maret 2014 21.36

      setuju dengan pernyataan anda, mari renungkan lagi rasa cinta....

      DAMAI BESERTA KITA.

      Hapus
  13. Tidak semua orang seperti ini, otak mereka diracuni dan mereka hanya dijadikan alat bagi ormas maupun organisasi politik yang memang mempunyai kepentingan tertentu. Jelas hal seperti ini tidak bisa dibiarkan, tapi apalah daya selama 2 periode SBY berkuasa moral rakyat Indonesia semakin mundur, budi pekerti, dan budaya saling hormat menghormati luntur. Lihat aja saat menjelang pemilihan umum banyak fitnah dimana seolah2 itu merupakan suatu hal yg biasa. Jadi tetaplah perpikiran jernih dan independent dalam menghadapi masalah' jangan mudah terhasut khususnya hal2 seperti ini. Serahkan sepenuhnya kepada Sang Pencipta yang menciptakan seluruh alam semesta berserta isinya. Sesungguhnya Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dan jangan pernah berhenti dan takut utk berbuat baik kepada seluruh ciptaannya khususnya sesama manusia.

    BalasHapus
  14. Hare gini kok masih aja ada yg kaya gitu..... hehehehe kita itu minoritas aja sudah ditakuti..... hehehehe untung ajaranNya tetap cinta kasih amu digimanain tetap gak akan membalas bukan akrena kita minoritas karena kita dewasa menyikapi perbedaan

    BalasHapus
  15. FUI,FPI itu anjing kafir,iman tipis sok tau,munafikj,dia tdk tahu d Alqur'an nabi Siapa yg akan turun pada hri kiamat (baca & pahami) kalian itu tdk ada kerjaan yah yg bisanya cuma bikin keretakan antar umaT beragama,mental tempe,kaya asu,Pak SBY hrs membubarkan FUI & FPI ya pak,kita butuh tempat ibadah sama spt org muslim pak..!!!!

    BalasHapus
  16. KAmi sbg kaum minoritas butuh tempat ibadah pak SBY & salah kami apa pak SBY bangun tempat ibadah aja sulit pak&itu FUI & FPI itu sapa yg melindungi sih pak SBY,ormas spt itu hrs segera dibubarkan pak SBY krn dpt menyebabkan disintegrasi bgs pak, apa bpk takut thd mrk pak,mana itu pasal 29 UUD'45 & anugrah bpk dr PBB ttg kerukunan umat beragama itu kebohoingan publik pak SBY,NKRI sila 1 dr Pancasila adlh Ketuhanan Yang Maha Esa pak,itu adlh penjahat publik..bpk tdk feer thd kaum minoritas...Merdeka.

    BalasHapus
  17. Tenang aja saudaraku pasti Yesus sendiri yg akan turun tangan thd orang2 kafir yg akan ingin menghancurkan Rumah bait Allah & bgs ini akan terkena malapetaka dr Tuhan Yesus & Allah Bapa di surga & orang2 yg akan menghancurkan rumah Tuhan akan terkena kutukan dr Tuhan itu sendiiri..Tuhan berkaryalah atas bgs ini.amin

    BalasHapus
  18. Orang2 yg mencoret2 tembok gereja tsb blm pernah didatangin sama Yesus sendiri sih & akan terkena teguran dr Allah sendiri & org itu yg shrs bertobat krn imannya dr tempe,bgs ini tdk jauh beda sama negara komunis yg melarang agama utk membangun tempat ibadah & tdk jauh beda sama PKI yg komunis & mengatakan org beragama & punya tempat ibadah itu kafir,bgs ini lama2x akan terkikis o/ Agama mayoritas & sok berkuasa..negara ini akan hancur o/ paham spt itu..Presiden kt tdk punya nyali utk menegakkan rasa keadilan antar umat beragama..!!!

    BalasHapus
  19. Tuhan Yesus & Allah Bapa hukumlah para pemimpin kami,ormas yg mengatas namakan agama ttt dgn hukumana yg paling berat & nyatakanlah kuasaMU adlh benar & hidup..!!!!

    BalasHapus
  20. Maju terus Gerejaku apapun yg terjadi kuasa Yesus jauh lebih besar & benar serta hidup,mrk blm tau Yesus pernah membelah bait Allah pada saat dia wafat..Dialah Isa Almasih sang juru selamat umat manusia..amin.

    BalasHapus
  21. Cinta damai.. sesama umat beragama harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain...
    kecuali agamany cuma d ktp.. tapi ajarannya gak diamalkan dan dilaksanakan, bahkan saya pernah dengar ceramah di masjid secara tidak sengaja dan mendengar yg berceramah tersebut mengatakan supaya anak2 dijauhkan dari umat kristen

    BalasHapus
  22. Bgs ini mau jadi syarikat Islam x ya shg agama lain ingin disingkir kan yah,wah kt malu sama bgs lain antar umat beragama saling hidup rukun,cuma dinegri yg sgt berbeda,sok agamais sok bersorjan ala ustad,habib,kyai & berjilbab tapi mental mrk sgt tipis & cenderung memusuhi agama lain..munafik loe semua..!!!!

    BalasHapus
  23. Ajaran para Ustad,habib,kyai di TV2x itu yg menyesatkan yg akhir nya membuat org berbuat anarkis,fanatik,teroris,jihad & mrk semua tdk tau kl mrk cuma dijadikan alat o/ mrk semua & cenderung menyesatkan org lain & bisa bikin org jdi stres & gila..!!!

    BalasHapus
  24. Yang terpenting kita masih mempunyai Tuhan yang tak pernah tidur. Dan jagalah hati kita jangan terbawa emosi.
    Apa yang mereka tabur merek akan menuainya.
    Hidup tabur tuai sob :)

    BalasHapus
  25. Pak SBY & mentri agama hrs turun tangan dlm menyelesaikan kasus ini terutama bagi pembangunan tempat ibadah bagi agama minoritas..kami tantang pak SBY utk turun tangan dlm hal ini pak & bpk jgn diam aja pak ok..!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya namanya juga manusia! Saya dari kaum Islam. Mohon maaf sebesar-besarnya atas tindakan ini. Kami tidak bermaksud untuk melakukan tindakan tersebut. Sekarang gini aja deh, kita adalah mayoritas yg beragama Muslim. Jadi wajar saja, namanya juga manusia tidak akan pernah puas dgn segalanya. Mereka beranggapan Negara kita ini adalah negara Muslim , kita menghargai perbedaan agama , tapi kita juga di Negara ini harus di nomor 1 kan. Jadi , bila ada orang Islam yg melakukan hal tersebut, pasti mereka ada yg jadi provokatornya. Untuk mengadu domba agama. Think Positif !

      Hapus
    2. Kenapa hal tersebut masih bisa dikatakan wajar? Apakah tindakan yang dilakukan itu memiliki atikad baik untuk semua pihak? Pada kenyataannya tidak. Perlu ditinjau kembali bahwa proses untuk mendapatkan izin bukan hal yang mudah. Semua mengakui perbedaan keyakinan tapi bukan berarti hal itu diartikan sebagai permusuhan. Jika ingin dipandang baik, lakukan yang terbaik juga. Bukan untuk oknum atau satu pihak tetapi untuk semuanya.

      Hapus
    3. Kita tuh sederajat! Gak ada yg dinomer satukan!

      Hapus
    4. maaf ya mas / mbak.....
      namanya toleransi beragama, tidak ada yang di nomor satukan WALAUPUN dia mayoritas di negara ini. kalo ada yg minta di nomer satukan, berarti akan memicu kesenjangan diantara umat beragama.
      tolonglah saling hormat menghormati dan menghargai satu dengan yang lainnya, seperti kami menghormati dan memaklumi KALAU mendirikan tempat ibadah yang dinomor satukan tadi sangat mudah prosesnya, tapi kalo mendirikan tempat ibadah agama yg dianiaya SULITnya minta ampun. semua agama sama mas / mbak, cuman bagaimana kesadaran dan ajaran agama kita untuk saling menghormati dan menghargai agama lain, atau malah mengajarkan menjegal agama lain yang minoritas. Tuhan tidak pernah diam untuk umatnya yang selalu di injak injak. semoga Tuhan Memberkati orang yang melakukan ini semua.

      Hapus
  26. Kalau mengakui adanya Tuhan, kenapa pihak lain mengekang pembangunan rumah Tuhan? Bukankah Indonesia dibentuk untuk menjadikan rakyatnya memiliki hati untuk bertoleransi? THINK BIG

    BalasHapus
  27. Terus berjuang saudaraku. Jonggol juga sedang berjuang

    BalasHapus
  28. Tindakan melanggar hukum dan anrkis minta dimaklumkan diwajarkan. Golongan tertentu minta dinomor 1 kan. Sungguh luar biasa. LANJUTKAN.... Ga heran klo org kita yg pny kemampuan lbh pilih menetap di luar negeri aja yg lbh bisa beradab dalam berbangsa

    BalasHapus
  29. Salah 1 bentuk ketakutan agama lain terhadap kristen-katolik. Mrk takut agama kristen-katolik berkembang... salah 1 caranya... yaa, dihambatlah pembangunan gereja... Mrk juga beranggapan orang yg tidak memeluk agama mrk adalah orang berdosa...

    BalasHapus
  30. Yang sudah jelas itu ada orang nya kenapa ga di serahkan kepada aparat?
    Mungkin sudah saatnya negara kita menjelaskan deklarasi menjadi negara Muslim, klo tidak kenapa ditolak?
    Apakah hidup beragama sekarang sudah dilarang di negara kedaulatan Republik Indonesia?
    Dan yang merasa penguasa sudah tidak punya agama? Sepertinya ini sudah berarkar terlalu lama di bumi indonesia.
    Pemerintah sebagai panutan dan paduan hukum, apakah sudah menjalankan nya dengan baik atau berpihak?

    BalasHapus
  31. Biarkan saja...... Yang dihancurkan kan gereja, bukan Gereja..... Maka Allah akan membangunnya kembali dalam 3 hari.......

    BalasHapus
  32. Jangan terpengaruh saudara2 ku semua.. tetap setia pada ajaran Tuhan Yesus Kristus

    BalasHapus
  33. siapa pun Tuhan kita..
    :)
    hendaklah bersikap dengan bijak..
    apa guna kekerasan..???
    hanya akan menambah masalah baru..
    Tuhan Kami Tuhan Kalian, walau berbeda Tuhan..
    tapi Tuhan Kita semua mengharapkan hamba-Nya beribadah dan meyakini-Nya dengan Sadar, Ikhlas, bukan Paksaan..
    Tuhan Kita menginginkan hamba-Nya menuju Syurga-Nya, menuju Rahmat-Nya dengan jalan dan cara yang berbeda..
    Tidak ada agama yang mengajarkan kemaksiatan (kecuali agama sesat)..
    Disaat suatu agama mengajarkan hal yang baik (agama apa pun)
    biarkan berjalan dengan apa adanya..
    Tuhan Kita (agama apa pun) Tidak Tidur..
    Biarkan Tuhan yang menghakimi hamba-Nya dengan cara-Nya..
    karena seadil-adilnya pengadilan hanyalah Pengadilan Tuhan dan Tuhan yang menetukan.
    Kita hanya hamba-Nya, yang bisa melakukan kesalahan..
    PERBEDAAN AGAMA, SIKAPI DENGAN KESADARAN HATI..
    KARENA KEPERCAYAAN TIMBUL DARI HATI..
    DENGAN HATI YANG IKHLAS, TOLERAN (dalam hal yang positif) PERBEDAAN AGAMA BUKAN MASALAH BESAR..
    karena dengan adanya perbedaan, manusia diberikan akal dan hati untuk berfikir sesuai dengan keyakinannya..
    bukan untuk memojokkan agama lainnya..

    BalasHapus
  34. Wahai orang muslim yang ga jelas ... ingatlah INDONESIA BUKAN NEGARA ISLAM
    Siapa pun berhak mendirikan tempat ibadah .......
    Jangan bawa - bawa islam & Allah kalau ga ngerti Islam yang sesungguhnya

    untuk TIM KUASA HUKUM GEREJA ST. STANISLAUS KOSTKA KRANGGAN
    -LBH Jakarta, LBH Bandung, The Indonesian Legal Resource Center (ILRC), YLBHI- ..... saya orang muslim saya dukung anda-anda sekalian, Tetap semangat dan teruslah berjuang ... (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh orang beragama yang baik hati :D
      Andai semua umat beragama seperti anda, gak akan ada comment2 negatif .

      Sy dari kluarga yg beragama khatolik, Orang tua saya selalu memberi sumbangan untuk mesjid ( termasuk sumbang hewan kurban) selama bertahun2..
      Apa kalian umat muslim ada yang memberi sumbangan juga pada gereja/vihara/Pura?

      Sbeelum bercomment sebaiknya lihat diri sendiri terlebih dahulu apa kalian sudah mengikuti agama dengan baik dan benar ? :)

      Hapus
    2. Saya yakin kalau sebenarnya otak pelakunya ini mempunyai kepentingan popolaritas dan muslin adalah jembatan tempat berpijak yang sgt gampang diperalat dengan dalil "jihat". Kalau mau jihat basmi koruptor tanpa pandang agama, tanpa pandang suku dan ras. Kita bersihkan tuntas tempat hiburan, pelacuran dan seluruh bar, diskotik.Jangan menghalangi orang datang menyembah kepada Allah.

      Hapus
  35. ko negara ini makin hancur yach.., ini otakx cpa sebenarnya??? negara ini dibangun dengan landasan yang jelas "PANCASILA" yang menghargai perbedaan. kenapa hari ini WNI teradudomba seburuk ini..?? ini kepentingan siapa???

    BalasHapus
  36. Agama kalian itu Paus Paulus yang membuatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang agama kami ada yang membuat,,tpi keyakinan kami iman kami yang membuat. Agama cuman fasilitas aja mas bray dalam bahasa jasmani jdi pasri ada yang menciptakan

      Hapus
    2. Paus yg membuat? Hahahhaa sekerdil itu pengetahuan anda? Mungkin anda hanya lulusan SD, ya pantes sih kl emang begitu. Jadilah org cerdas!

      Hapus
    3. Ngapain kalian berdebat soal agama... Jalani saja agamamu ato kepercayaanmu sesuai imanmu... gak perlu kritik agama lain, memangnya waktu luangmu terlalu banyak membanding-bandingkan kelemahan setiap agama... Kalian itu hanya manusia biasa saja, gak usah sok pintar menjelek-jelekkan agama umat lain.. Cari damai sajalah, memangnya dah bosen hidup ?? Cari musuh yang banyak ??? Aya-aaya wae lah.... lieur....

      Hapus
    4. YANG LEBIH TEPAT MENCIPTAKAN AGAMA KRISTEN ADALAH IBLIS BERMUKA BABI !!!!!

      Hapus
    5. bro ngelawak jangan disini dah...salah tempat anda. Masa kristen/katolik yg bikin paus paulus.....aduh mas....
      Banyak bergaul makannya biar luas pengetahuannya... dan pikiran jadi luas

      Hapus
  37. Jika kalian melihat orang - orang tersebut anarkis, tidak berpendidikan, dsb.. Seharusnya kalian BERCERMIN, agama yang kalian anut ajarannya bnyak yang bertolak belakang dengan apa yang diajarkan Nabi Isa AS (atau yg kalian anggap Yesus).. Baca Kitab kalian, banyak firman2 yang bertolak belakang satu dengan yang lainnya.. Sekarang siapa yang bodoh, kalian yang berpendidikan saja tidak tahu mana yang benar.
    Saran: coba lihat di Youtube (Yusuf Estes).. Cukup itu saja dahulu.. Semoga mata kalian terbuka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda sendiri dah baca blum?? jangan menghakimi bray jgn cuma melihat 1 contoh lalu itu dijadikan patokan,,anda mungkin yang matanya yang harus terbuka akan perbedaan,,

      Hapus
    2. Anda menyimpulkan isi alkitab bertolak belakang, apakah anda sudah mendalami setiap tulisan yg ada disana? Selami, dalami, berbaurlah dengan mereka yg berbeda agama agar wawasan anda luas, agar anda bisa menjadi muslim yg bijak.
      Satu hal yg ingin saya tanyakan, apakah anda bisa membaca alquran? Apakah disana tertera kalimat yg mengatakan 'usiklah mereka kaum minoritas?'
      Islam itu baik, semua agama itu baik dan benar, tapi sayang sekali krn 1 dan segelintir orang bodoh, merusak nama baik agama yg dianut. Salam

      Hapus
  38. Lebih tepat mendoakan umat muslim yg sekarang sedang kena cobaan,
    Perpercahan umat muslim di Indonesia terutama jawa barat sungguh mengkhawatirkan.
    Imbasnya? pelarangan gereja hanya imbas kecil, tapi yg lebih parah cederanya umat muslim yg sedang kena perpecahan.
    Mari kita doakan saudara kita umat muslim.

    BalasHapus
  39. Untuk kalian yg muslim, apakah agama kalian mengajarjan untuk "harus" mengusik ketentraman org lain, apalagi ketentraman untuk beribadah. Islam itu baik, tp kenapa kalian sndiri merusaknya. Sudah mayoritas kan harusnya bangga, beri contoh yg baik, bukan malah meng'anjing-anjing'kan agama lain. Masakah Allah yg kalian agungkan sepicik itu? Kaum non muslin hanya ingin mempunyai tempat beribadah, mereka pun baik toleransi nya dan tidak berniat mengkristenisasikan kalian yg menganut agama diluar kristen. Semua syarat sudah sesuai utk IMB, sudah mengikuti sidang dgn baik, kalah, tp belum dicabut IMB nya dan ingat masih diberikan kesempatan utk mengajukan banding. Kalau kalian berpendidikan, seharusnya kalian tahu arti "diberi kesempatan". Biar lah mereka mendirikan gereja utk beribadah, toh gereja yg dibangun jg tidak mengalahkan masjid-masjid yg berceceran dimana2.
    Kasian sekali org yg menganut islam dengan benar, krn ulah provokator, yg baik jadi buruk. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. AWALNYA ADA PEMBAGIAN SEMBAKO UNTUK WARGA SEKITAR, LALU SETIAP YANG MENERIMA MENANDATANGANI. KEMUDIAN TANDATANGAN YANG TERKUMPUL TERSEBUT DI SALAH GUNAKAN UNTUK IZIN MEMBANGUN GEREJA. KESIMPULANNYA ORANG ORANG YANG MENERIMA SEMBAKO TERSEBUT DITIPU MENTAH-MENTAH DENGAN DALIH PEMBAGIAN SEMBAKO. JADI DASAR PEMBANGUNAN GEREJA ITU BERDASARKAN PENIPUAN/ PEMBOHONGAN PUBLIK.

      Hapus
    2. dirikan mesjid kaga perlu izin warga, nggak perlu ttd warga , nggak perlu macem2 ini itu , tinggal dirikan beres.... kok bangunan ibadah non muslim jadi di persulit? Kita mau bangun tempat ibadah buat berdoa kepada Tuhan, kenapa kalian malah menghalang-halangi? Tuhan saja bersabda agar semua umat manusia datang kepada Tuhan, eh kalian manusia malah ngalang-ngalangin. Emang kalian itu udah tinggi ya dari Tuhan? ckckckck.....

      Hapus
    3. wkwkwk

      klo tau modus minta TT buat bangun gereja, knapa diterima? lagian itu cuman gosip asu, yang ada kita minta nama doang ngga pake TT segala

      Hapus
  40. Saya dari keluarga muslim dan banyak sanak saudara yg non muslim. Kami saling menghargai satu sama lain. Kenapa kalian mau jadi provokator? Allah tidak pernah mengajarkan yg buruk

    BalasHapus
  41. wow....awas dijadikan sebagai alat politik kawan...

    BalasHapus
  42. ternyata masih ada juga kejadian seperti ini.... mungkin memang ini pertanda kalau kiamat.... masih sangat sangat sangat jauh... lha ternyata masih banyak yang cuman memikirkan dirinya sendiri..... hidup hanya 1x... buatlah yang berguna dan baik buat semua..... kalau memang takut bersaing.... ya kasih teladan yang baik.... bukan malah represif....

    BalasHapus
  43. Ha. . . . Ha . . . Ha . . . Nih Gw "ANJING" GEREJA (P3njaga Gereja). . . . Emang mau ngapaen Lo . . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. LO MAU GUE JADIIN SAKSANG...!!!!

      Hapus
  44. AWALNYA ADA PEMBAGIAN SEMBAKO UNTUK WARGA SEKITAR, LALU SETIAP YANG MENERIMA MENANDATANGANI. KEMUDIAN TANDATANGAN YANG TERKUMPUL TERSEBUT DI SALAH GUNAKAN UNTUK IZIN MEMBANGUN GEREJA. KESIMPULANNYA ORANG ORANG YANG MENERIMA SEMBAKO TERSEBUT DITIPU MENTAH-MENTAH DENGAN DALIH PEMBAGIAN SEMBAKO. JADI DASAR PEMBANGUNAN GEREJA ITU BERDASARKAN PENIPUAN/ PEMBOHONGAN PUBLIK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WTF dude

      klo yang terima tau membaca, baca sebelum tanda tangan !! bukan nyabarin gosip ngga jelas habis terima sembako !!!

      Hapus
  45. Masa ga ada dari Pemuda utk lakukan Gerilya? Bunuh aja tu pemimpinnya FPI, maka pengikutnya akan diam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAYAK KAUM LO PEMBERANI AJA...... KUMPULAN PENAKUT & PENGECUT SEMUA...LAGAKNYA MAU BUNUH PIMPINAN FPI.... GEREJA DILARANG AJA PADA CIUT, MALAH MAU JADI PEMBUNUH.....DASAR PENGECUT!!!!!!

      Hapus
    2. klo kalian menyatakan diri sebagai PEDANG besar yang tajam dan menebas segalanya, biarlah kami menjadi SARUNGNYA !!!

      kami mati dengan damai dalam perang, dan kalian menang atas darah kami

      Hapus
    3. Kepada Anonim 27 Maret 2014 11.23!
      Kasihan ya sama lu, gua sih kalo jadi lu malu. Kita bukannya Ciut atau penakut, tapi memang kami cinta damai, gak kayak kalian yang membunuh orang dengan meneriaki "ALLAH HUAKBAR!" sebelum memenggal kepala orang, dan berdemo menghancurkan fasilitas umum. Gak usah jadi yang paling suci, gua tau, Agama lu agama MAYORITAS di INDONESIA, tapi sayangnya YESUS LEBIH MAYORITAS di Kerajaan Surga!
      Gak setuju? Udah banyak buktinya !
      SALAM DAMAI SUPER!

      Hapus
  46. Sungguh sangat diluar dugaan dan akal sehat... Saudara-saudara kita sangat tega sekali melakukan hal seperti ini.. Apakah agama mereka mengajarkan untuk mengeluarkan umpatan-umpatan seperti itu kepada agama lain ?? Bukankah untuk pembangunan mesjid, umat-umat beragama lain juga turut andil memberikan sumbangannya melalui kotak-kotak amal di mana-mana saja termasuk juga di jalan-jalan umum... Kita berbicara pendanaan diluar daripada permintaan ijin pembangunan mesjid... Mengapa dengan melakukan kebaikan dan umat-umat Katolik malah dipersulit untuk beribadah dan diberikan umpatan-umpatan yang sangat tidak pantas... Sungguh sangat biadab... Sadarlah wahai saudara-saudara yang muslim... Bertobatlah segera... Janganlah memperbanyak dosa dengan melakukan hal-hal yang tidak pantas terhadap umat beragama lain.... Tegakkanlah Pancasila, amalkan dan jangan dilanggar... Ini adalah dasar negara kita bersama, Indonesia... Sadarlah.... Semoga TUHAN YME mengampuni perbuatan-perbuatan mereka yang sungguh sangat keterlaluan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. AWALNYA ADA PEMBAGIAN SEMBAKO UNTUK WARGA SEKITAR, LALU SETIAP YANG MENERIMA MENANDATANGANI. KEMUDIAN TANDATANGAN YANG TERKUMPUL TERSEBUT DI SALAH GUNAKAN UNTUK IZIN MEMBANGUN GEREJA. KESIMPULANNYA ORANG ORANG YANG MENERIMA SEMBAKO TERSEBUT DITIPU MENTAH-MENTAH DENGAN DALIH PEMBAGIAN SEMBAKO. JADI DASAR PEMBANGUNAN GEREJA ITU BERDASARKAN PENIPUAN/ PEMBOHONGAN PUBLIK.

      Hapus
    2. Semoga kebebasan beragama sesuai dengan dasar negara Pancasila dapat di amalkan oleh seluruh warga Indonesia yang terdiri dari berbagai agama... Jadi sebaiknya agama minoritas tidak dipersulit untuk beribadah... Dan yang beragama mayoritas janganlah menjadi besar kepala dan merasa berkuasa atas agama-agama minoritas lainnya dan mempersulit perijinan untuk pembangunan tempat ibadah yang layak untuk umat-umatnya, sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dan terkesan sangat akal-akalan... Kalau dana cukup dan semua ijin pembangunan gedung sah, apakah salah untuk diberikan ijin untuk mendirikan tempat ibadah... Apakah hanya agama mayoritas saja yang diperbolehkan untuk beribadah dengan layak di tempat ibadah mereka ?? Kesenjangan seperti inilah yang menimbulkan kekisruhan dan kekacauan diantara sesama umat beragama di negara kita yang tercinta, Indonesia ini... Apalagi kalau umat-umatnya yang masih minim pengetahuan diadu domba dengan cara rasisme... Negara kita akan menjadi semakin kacau... Ini adalah tugas para pemuka agama untuk melakukan penataran terhadap para umatnya, bukan malahan menimbulkan rasa benci dan anti terhadap umat yang berlainan agama... Tetapi malahan para warga harus ditatar untuk saling menghormati sesama umat yang berbeda agamanya... Semoga warga Indonesia semakin sadar akan artinya kerukunan beragama...

      Hapus
  47. kita lihat dulu, sampai di mana aparat hukum melakukan penanganan mengahau massa pendemo,kalau sudah anarkhis, ya kita lawan dengan hukum rimba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GUE MAU TAU GAYA LO PAKE HUKUM RIMBA....BANYAK BACOT....!!!!! COBA KALO BERANI....

      Hapus
  48. kita lihat dulu, sampai di mana aparat hukum melakukan penanganan mengahau massa pendemo,kalau sudah anarkhis, ya kita lawan dengan hukum rimba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. GUE MAU TAU GAYA LO PAKE HUKUM RIMBA....BANYAK BACOT....!!!!! COBA KALO BERANI....

      Hapus
  49. saya muslim,dan tidak ada di agama kami yang mengajarkan tindakan kekerasan dan anarkis,tolong ditelaah secara bijaksana.jangan terpancing oleh provokator yang mengatas namakan agama.karna kita ketahui negara kita ini negara demokrasi yang memberikan kebebasan untuk memeluk agama apapun.saya harap pemerintah REPUBLIK INDONESIA bisa menyelesaikan dengan ADIL dan BIJAKSANA TANPA MELIHAT KAUM MAYORITAS ATAUPUN KAUM MINORITAS.terima kasih

    BalasHapus
  50. Boleh Tanya gak siapa kira-kira yang aa di gambar atas? mau cari alamatnya

    BalasHapus
  51. Jangan mudah terprovokasi di tahun politik, ada aktor pintar dibaliknya, saya juga bisa melakukan hal seperti itu di tembok belakang rumah saya, lalu disebar di sosial media, seolah saya membuatnya digereja. ingat jangan selalu mudah di provokasi!

    BalasHapus
  52. Umat Islam di Indonesia tidak toleran? Lihat data & fakta dibawah ini:

    "Dalam 20 tahun terakhir, pertumbuhan masjid hanya 63%, Gereja Katolik mengalami pertumbuhan 133%, Gereja Protestan hingga 153%. Sementara rumah ibadah agama Hindu tumbuh sampai 350%, sedang agama Budha tumbuh hingga 450%."
    Sumber: Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali

    Dengan melihat data dan fakta yang ada seharusnya semua pihak bisa bersikap jujur dan terbuka bahwa umat Islam di Indonesia sangat toleran dalam hubungan antar umat beragama!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data dari mana??.. Lebih baik diberi sumber, sekalian daftar pustakanya mas bro biar lebih valid.. :)

      Hapus
    2. ohhh............ apa mungkin ya karena jumlah masjidnya udah banyak.. jadi pertambahanny haya dikit...?

      Hapus
    3. datanya ngaco tuch. Nggak percaya? coba liat di tiap perumahan ada mesjid sampe 3 , 4 bangunan. Di kantor2 /pabrik di sediakan mesjid.......
      Tapi orang non muslim saking susahnya dirikan bangunan agamanya akhirnya kumpul2 di rumah umat buat doa..itupun ada beberapa yg di leparin batu sama orang2 fanatik muslim.

      Hapus
    4. @Unicore
      Dasar muslim goblok, pernah belajar statistik? ooh terlalu sulit, gimana kalo matematika? nih gw beri contoh:
      tahun 2000 jumlah masjid = 1000, jumlah gereja = 100
      tahun 2001 jumlah masjid = 1500, jumlah gereja = 200
      pertumbuhan masjid = 50%, pertumbuhan gereja = 100%

      Udah jelas datanya berat sebelah masih aja ngotot, jd orang jng bodoh!

      Hapus
  53. Saudara-saudara terkasih, janganlah terpancing dengan emosi semata. Bukankah Yesus mengajarkan tentang kasih. Maka sebagai umat katolik sebiknya kita meneladani hukum cinta kasih yang telah Ia ajarkan, agar mata mereka terbuka bahwa kita bukanlah ancaman melainkan sahabat. Mereka tidak tahu apa yang telah dan/ atau sedang mereka lakukan, biarkanlah biarkan Allah Bapa di surga yang melihat mengambil keputusan-Nya sendiri. Kita sebagai umat manusia tidak berhak dan tidak layak untuk saling menghakimi apalagi saling menjatuhkan.
    Bahkan Allah Bapa di surga pun masih mau menurunkan hujan bagi semua manusia di bumi dan menerbitkan matahari bagi setiap orang, termasuk orang berdosa.

    BalasHapus
  54. bingung sama orang2 kita? kok gampang aja di ajarin kebencian sama setan2? emang hati nurani nya udah nggak bisa milih mana yg baik dan buruk? ckckckck.......
    Mulut ngomong kenal Tuhan tapi perbuatan jauh dari Tuhan. Astaga

    BalasHapus
  55. Coba kadang-kadang islam di NTT buat seperti itu boleh baru kita saksikan bersama-sama apa yang akan terjadi.

    BalasHapus
  56. eslam eslam. Tukang siksa tki, tukang perang, tukang poligami, tukang apa lagi ya? lu kebanyakan nungging ga jelas si. daripada nungging 5 kali sehari mending berlutut berdoa. Lu doa pake toa masjid ganggu orang sekitar, budaya gurun gausa dibawa kemari begok !!

    BalasHapus
  57. kalo liat fotonya itu orang lebih mirip habis pulang dari gereja di kasih kopiah sama bawa kain,, ini pendapat pribadi yaa... lagian islam yg bener ngga gt lah.. ini sih bukan islam.. dan kl bener emang dia orang islam maafin yaa.. ngga gt kok sebenernya di ajaran islam, itu kembali ke orangnya aja. ga semua orang islam bahkan yg ulama bener2 islam. bnyak yang gadungan dan memang mau menjelekkan islam. dan bagi yang komen menjelekan islam.. agama kalian dibawa sama tukang bantai bukannya? 3,5abad bangsa indonesia dibunuh, dirampok, kerja rodi, di jadiin babu, dan sekarang agama nya anda bela2in mati2an.. kan dr kerajaan2 kristen di eropa,, sedangkan islam dibawa masuk indonesia caranya damai.. lewat dakwah dan pernikahan. itu kan fakta tak terbantahkan karena sejarah negara kita sendiri.. anda pikir sejarah yang gereja bilang tentang islam benar gt? ya di negara sendiri aja dulu ngaca buktinya bagaimana? semua sama2 tau hal yang diawali dengan kebohongan akhirnya seperti apa? sebaiknnya kita memperluas sumber2 informasi kita,, wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada sih mbak/mas yang mau menggagalkan pembangunan tempat ibadahnya sendiri? Think Smart aja sih mbak/mas, biar lebih dipake aja otaknya. Thanks

      Hapus
  58. yang mayoritas belajarlah untuk mengerti minoritas. jangan menjadi anjing yang galak hanya di dalam kandang saja, kalau keluar nunduk ga bisa apa2. liatlah keluar. cilukbaa, Anda tidak sendiri di bumi ini!

    BalasHapus
  59. kalo menurut ane sih bang gausah posting artikel yg ada unsur sara gini bang soalnya pernah baca artikel juga oknum tersebut adalah nonis sehingga citra islam dimata masyarakat anarkis atau jeleklah, mending kalo ketangkep oknumnya bisa ditindak lanjuti kalo engga cuman jadi bahan olok olokan aja, peci sama sarung ga mastiin dia islam kan, kita beli dipasar aja banyak, setidanya itu pendapat saya hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...