Jumat, 21 Maret 2014

Warga Kranggan Demo Menolak Pendirian Gereja Katolik St Stanislaus Kostka

Warga Kranggan Demo Menolak Pendirian Gereja Katolik St Stanislaus Kostka

BANDUNG - Ratusan warga Kranggan serta anggota organisasi massa dari Kota Bekasi berunjuk rasa di Jalan Diponegoro depan Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung, Kota Bandung, Kamis, 20 Maret 2014. Mereka menuntut majelis hakim pengadilan mengabulkan gugatan mereka menolak pemberian izin Wali Kota Bekasi atas pendirian Gereja Katolik St. Stanislaus Kostka, Kranggan.

Hari ini adalah jadwal pembacaan putusan majelis hakim atas gugatan warga Kranggan. Pendemo berkumpul sambil menggelar panji-panji, menyanyi, dan berorasi. Menurut Asep Syarifudin, salah satu pengunjuk rasa dari Aliansi Pergerakan Islam, dan Rusthan Nawawi dari Jatisampurna, para pendemo meminta hakim membatalkan izin pendirian tempat ibadah tersebut.

"Majelis jangan jadi provokator. Kalau tidak dibatalkan izin itu, Jawa Barat akan bergolak, Bandung rusuh," ujar Asep saat berorasi di hadapan massa di Jalan Diponegoro, Kamis, 20 Maret 2014

Baca juga: Takut murtad ke Katolik? Memang "semudah" apa sih masuk Katolik?

Warga Kranggan Demo Menolak Pendirian Gereja Katolik St Stanislaus Kostka

Sebelumnya, belasan warga Kranggan Pasar, Kecamatan Jatisampurna, menggugat Wali Kota Bekasi di Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung pada Oktober 2013. Gugatan terkait dengan penerbitan izin atas pendirian Gereja Katolik St. Stanislaus Kostka di lingkungan warga Kranggan.

Gugatan warga kawasan Jalan Sawo RW 04 itu dibacakan Ketua Majelis Hakim Edi Firmansyah dalam sidang hari ini di hadapan para pihak tergugat dan sebagian massa penggugat.

"Para penggugat dirugikan atas terbitnya keputusan tata usaha negara objyek sengketa (Gereja Stanislaus)," ujar Edi membacakan gugatan warga dalam sidang 13 Oktober 2013.

Alasannya, pendirian Gereja Stanislaus dianggap tidak mendapat izin dari  para penggugat. Warga menilai pemenuhan syarat-syarat penerbitan izin gereja sarat manipulasi. Dengan dalih tanda terima pembagian uang dan sembako gratis, panitia pembangunan gereja mengumpulkan tanda-tangan, fotokopi KTP, serta foto warga.

Atas gugatan warga, panitia pembangunan dan jemaat Gereja Stanislaus Kranggan langsung mengajukan diri sebagai tergugat intervensi saat sidang. Pasalnya, gugatan tersebut langsung berkaitan dengan kelangsungan tempat ibadah mereka.

Binarsunu, Ketua Panitia Pembangunan Gereja Stanislaus membantah tudingan manipulasi tanda-tangan dan persetujuan untuk syarat pendirian gereja di atas lahan 4.958 meter persegi itu. "Kami sudah menempuh sesuai prosedur peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tahun 2006," katanya seusai sidang.

Warga Kranggan Demo Menolak Pendirian Gereja Katolik St Stanislaus Kostka

Hakim PTUN Batalkan Izin Pendirian Gereja St Stanislaus 

Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung membatalkan surat keputusan Wali Kota Bekasi tentang izin mendirikan bangunan Gereja Katolik St Stanislaus Kostka Kranggan, Kota Bekasi. Majelis mengabulkan seluruh gugatan belasan warga Kranggan Pasar, Kecamatan Jatisampurna, dalam sidang Kamis, 20 Maret 2014.

"Membatalkan surat izin pelaksanaan pembangunan Gereja St Stanislaus Kostka Kranggan agar tergugat mencabut surat izin pelaksanaan pembangunan Gereja St Stanislaus Kostka," ujar ketua majelis Edi Firmasnyah. Majelis juga menolak eksepsi tergugat Wali Kota Bekasi dan tergugat intervensi pihak Gereja St Stanislaus Kostka.

Dalam amar putusan, majelis menyatakan terdapat dukungan warga berupa pemberian tanda tangan persetujuan atas pendirian Gereja St Stanislaus Kostkatanpa paksaan. "Dukungan tersebut pun sudah diverifikasi tanpa iming-iming duit," kata hakim anggota Alan Bashir.

Majelis juga menilai pihak Gereja St Stanislaus Kostka dianggap melakuan tindakan tidak patut karena meminta persetujuan secara tidak terbuka dengan mendatangi rumah warga satu per satu. Sosialisasi, kata Alan, harus secara terbuka, bukan dengan cara sembunyi-sembunyi. Majelis juga menilai pemerintah tidak memfasilitasi sosialisasi pendirian Gereja St Stanislaus Kostka. Hal itu memicu disharmoni.

"Karena itu, Pemerintah (Kota Bekasi) telah melanggar asas-asas pemerintahan yang baik dalam menerbitkan izin pendirian Gereja St Stanislaus sehingga cacat hukum. Dan oleh karenanya, gugatan para penggugat harus dikabulkan," ujar Alan.

Sebelum memvonis, majelis juga sempat membacakan perbedaan pendapat di antara hakim. Hakim anggota II Nelvi Christin berbeda pendapat dengan hakim Edi dan hakim Alan. Nelvi menilai prosedur perizinan pembangunan Gereja St Stanislaus sejatinya sudah sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 tentang Pendirian Rumah Ibadah.

Panitia Pembangunan Gereja, misalnya, kata Nelvi, telah meminta dukungan minimal 90 jemaat dan minimal 60 warga setempat. Dukungan tersebut, ujar dia, sudah diverifikasi tanpa ada yang keberatan. Kalaupun setelah verifikasi kesepakatan terjadi pencabutan dukungan, itu tak bisa dilakukan secara sepihak.

"Prosedur sudah sah dilakukan sesuai dengan aturan berlaku. Dengan demikian, penerbitan izin pembangunan Gereja St Stanislaus sudah memenuhi asas-asas pemerintahan yang baik. Maka, gugatan penggugat harus ditolak," ujar Nelvi. Jika masih ada yang keberatan, pemerintah harus mengupayakan cara untuk menjaga keharmonisan.

Putusan majelis tak ayal membuat para jemaat Gereja St Stanislaus yang duduk di salah satu lajur kursi pengunjung tercenung. Sebaliknya, sejumlah warga kontra dan perwakilan ormas yang hadir di ruang sidang langsung bersukacita dan bertakbir. Para warga berjubah putih ini lantas mengabarkan putusan majelis kepada rekan mereka yang sejak pagi berdemo di luar gedung Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung.

Warga Kranggan Demo Menolak Pendirian Gereja Katolik St Stanislaus Kostka

Kota Bekasi Akan Banding

Tergugat Wali Kota Bekasi keberatan atas putusan majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung yang membatalkan surat izin Wali Kota Bekasi untuk pembangunan Gereja Katolik St Stanislaus Kostka Kranggan, Kamis, 20 Maret 2014. "Kami akan banding," ujar kuasa hukum Wali Kota Bekasi, Sugiyanto, seusai sidang di PTUN Bandung, Kamis, 20 Maret 2014.

Dia menilai putusan majelis yang dipimpin hakim Edi Firmansyah tersebut lahir dari pertimbangan yang melenceng. Majelis terlalu fokus menyoal prosedur dan sosialisasi pendirian Gereja St Stanislaus Kostka. Padahal, kata Sugiyanto, pembangunan gereja itu sudah didukung minimal 60 warga setempat penganut agama lain, seperti disyaratkan dalam aturan pendirian rumah ibadah.

"Soal pemenuhan asas-asas pemerintahan yang baik, silakan hakim berpendapat. Tapi soal sosialisasi, itu soal teknis. Yang jelas, tak ada rekayasa, tak ada penipuan. Bagaimana bisa hakim menyebut sosialisasi pembangunan gereja mirip operasi intelejen," kata Sugiyanto.

Kuasa penggugat, Haryadi Nasution, mengatakan putusan majelis dalam pokok perkara jelas membatalkan izin mendirikan bangunan Gereja St Stanislaus Kostka dan meminta Wali Kota Bekasi segera mencabut izin yang sempat dikeluarkannya. "Tapi kalau mereka banding, ya, kami juga akan maju lagi menghadapi," ujar pengacara dari LBH Muslim Indonesia itu.

Majelis hakim PTUN Bandung mengabulkan gugatan belasan warga Kranggan Pasar, Kecamatan Jatisampurna, atas izin Wali Kota Bekasi untuk pembangunan Gereja St Stanislaus. "Membatalkan surat izin pelaksanaan pembangunan Gereja St Stanislaus Kostka Kranggan, agar tergugat mencabut surat izin pelaksanaan pembangunan Gereja St Stanislaus Kostka," ujar ketua majelis Edi Firmasnyah saat membacakan putusan dalam sidang, Kamis, 20 Maret 2014.

Dalam amar putusan, majelis menilai tidak patut atas cara pihak Gereja St Stanislaus yang meminta persetujuan secara tidak terbuka dengan mendatangi rumah warga satu per satu. Sosialisasi, kata hakim anggota Alan Basir, harus secara terbuka. Majelis juga menilai pemerintah tidak melakukan maupun memfasilitasi sosialisasi pendirian gereja. Hal itu memicu disharmoni.

"Karena itu, Pemerintah (Kota Bekasi) telah melanggar asas-asas pemerintahan yang baik dalam menerbitkan izin pendirian Gereja St Stanislaus sehingga cacat hukum. Dan oleh karenanya, gugatan para penggugat harus dikabulkan," ujar Alan.

Sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2014/03/20/058564028/Soal-Gereja-St-Stanislaus-Kota-Bekasi-Akan-Banding

91 komentar:

  1. Balasan
    1. tuhan kok bs bersiul,ngaco bible lu

      Hapus
    2. tuhan kok bs bersiul,ngaco bible lu

      Hapus
  2. mooco owo , mereka menuliskan "Anjing2 gereja bertobatlah" , DASAR AGAMA SETAN !!!

    BalasHapus
  3. ISLAM IS TAEK

    BalasHapus
  4. Sebenarnya yg ada d fikiran mereka apa sih ? Emang ga seneng ya hdup damai tanpa mengusik satu sama lain gt ? Katanya d indonesia bbas menentukan kpercayaan ? Kok masih d persulit jg ? Coba kalo keadaan berbalik , gmna sikap mereka ? Sepertinya kalian merasa bnar , tapi cara ngatain orang aj kyak gt ... Tuhan , ampuni mereka , mereka tidak tahu dgan apa yg mereka perbuat .. Amin

    BalasHapus
  5. cih !! tar jg klo gereja ud berdiri, lo org ngemis2 minta sedekah !!!

    BalasHapus
  6. Muka2 manusia munafik,......

    BalasHapus
  7. Islam itu agama damai hanya segelintir org yg terlalu ortodok,, so jg terpanjing guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas bro..yg salah itu negaranya..gk bs mengakomodir kaum minoritas dan tegas dlm mengambil keputusan, ms dibilang klo gk dikabulkan bandung akn bergejolak, dan ormas islam akan bertindak, gila gk tuh

      Hapus
    2. bikin malu negara sama pemerintah kalah sama mayoritas,pemerintah kok tunduk sama segelintir orang masak pemerintah di ancam.bikin negara sendiri aja gan di mesir sana sama palestina n irak jihad sana

      Hapus
  8. Islam itu agama damai hanya segelintir org yg terlalu ortodok,, so jg terpanjing guys

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam itu agama damai, iya seharusnya seperti itu mas, kalau agama ngajari kekerasan itu bukan agama tetapi kumpulan preman, jika anda seorang muslim, mulailah dari diri anda sendiri dulu mengajarkan dan membuktikan bahwa islam itu damai, setahu saya yang segelintir umat islam itu adalah yang baik, dan sisanya biadab. Sebaiknya umat islam bersifat obyektif dalam bersikap, jangan curiga, karena di dalam gereja, wihara,kuil dan aliran ateis sekalipun tidak ada fitnah keji ataupun provokatif dalam setiap kotbahnya, saya tahu semua ini karena saya mantan muslimah

      Hapus
    2. Gini deh, coba ada masjid milik islam Sunni (Mayoritas) di Indonesia yang dibakar ato dirusak ato di larang pembangunannya. gimana reaksi orang2 muslim. gitu aja deh bung Apriano. Saya yakin NKRI akan rusuh dan hancur.
      Tapi kami, hanya bisa mendoakan kalian2, semoga Tuhan Yesus mengampuni kalian.

      Hapus
  9. Islam itu damai jg hanya sebagian kecil saja yg bersikap ortodok,, so jg terpancing guys kita ini INDONESIA we love INDONESIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tidak bersikap ortodok, tidak ada yang berani bersuara.
      yang Islam cinta damai, tidak ada yang berbicara .......

      Hapus
  10. Sesuai dengan teladan muhammad yang memerangi kristen, yahudi, dan semua agama selain islam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ajarannya aneh, tidak bisa membedakan baik dan buruk

      Hapus
    2. ajarannya gak cuma itu..diajari merampok,membunuh,memperkosa,mengawini anak umur 9tahun,memfitnah,mengklaim. pokoknya islam tuh agama suci banget kan? hebat dah..

      Hapus
    3. perlu dicatat...islam memerangi semua agama selain islam sendiri? salah itu...islam itu TIDAK ADA, yang ada itu 73 mazab, antara lain Sunni, Syiah, Salafi, Wahabi, yang semuanya saling mengklaim islam yang sebenarnya, dan saling memerangi, dan saling mangatakan mazab lain itu sesat..hadeeehhhhh. intiny ya Islan itu sesat.

      Hapus
    4. dulu pas pelajaran agama, pernah diajari tentang hormat-menghormati antar penganut agama. salah satunya dimana muhammad mengajarkan menghormati pemeluk agama lain, monggo dicek al baqarah kalo ga salah, salah satunya ada disitu. kayanya ada beberapa bagian jg, g cuma 1. ada juga bagian tentang orang menikah, kalo beda agama, ga boleh memaksakan. ada kemungkinan yang mengajak memerangi kristen yahudi dll, itu guru agama anda, bukan dari quran nya (kemungkinan saja, bukan menuduh). karena pengalaman waktu masih sekolah pernah didiskriminasi karena agama, dan yg ngajarin temen2ku itu guru agama islam nya.

      Hapus
  11. Begitulah asli sifat oknum manusia sampah yg tdk berpendidikan. Jika mslh ini terjd di eropa bgmn tamggapan para kaum pamabuk tinja ini.

    BalasHapus
  12. Tuhan Jesus mengetahui semua rencanamu....semuanya serahkan kepada Tuhan saja....Islam mengandalkan kehidupan mereka tetap semua itu ada mengetahui dari Tuhan sendiri.... apa kejahatan mereka baik atau buruknya itu ada pertobatan ,maka jangan sesali dari semua ini. Pasti Tuhan akan menawab sendiri .Anak-anak Tuhan selalu sabar hati dan menerima kenyataan ini dengan hati yang rela .

    BalasHapus
  13. Ampuni lh mreka tuhan mreka tidak tau apa*....

    BalasHapus
  14. satu hal yang terpenting...CINTA...
    maka itu akan mengalahkan semuanya..

    BalasHapus
  15. Apa yg mereka lakukan Sebenarnya para Setan ketakutan atas kedatangan Tuhan...

    BalasHapus
  16. Dasar Mamat serakah istri banya tukang Rampok anak di bawah umur 10 tahun di Kawinin.... Kyak gitu kok jadi Tauladan dan Panutan....OTAK MANA OTAK ?? Woe islam BENTURKAN SAJA KEPALAMU KE TEMBOK BIAR LURUS OTAK OTAK mu. . . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. emng apa yg kau bnggkn dngn tuhanmu,wong sm yakub aja kalah kelahi,kwkwkwk

      Hapus
    2. emng apa yg kau bnggkn dngn tuhanmu,wong sm yakub aja kalah kelahi,kwkwkwk

      Hapus
  17. seorang hamba tidak lebih dari pada Tuannya.

    BalasHapus
  18. They not muslim... they just pig with 'jilbab' n 'peci' ... percuma ibadah.. kalo kelakuan kyk setan... ini bukan negara muslim bang-sat... tmn g yg muslim aj jijik ngeliat kelakuan ni babi... -__-

    BalasHapus
  19. krn ajarannya sesat maka pengikutnya pun jadi sesat... mereka tdk sadar kalau mereka tersesat krn ajaran yg mereka anggap turun temurun dan hrs tunduk bahkan mereka anggap suci. tdk ada yg bs diteladanin dr mereka maupun nabinya. kalau mereka ingin selamat dr mereka, satu2nya jln mereka hrs dtg pada Yesus sbg JLN KEBENARAN sbg mana nabi Muhammad mengharapkan pertolonga dan keselamatan dr Yesus dan terang2 mengakui jiwanya ada ditangan Yesus, berarti sangat tergantung apakah Yesus mau selamatkan dia ato tdk.
    "Wal ladzii nafsii bi layusyikanna ayyanzila fil kumudnu Maryama hakaman muqsithan"
    "Demi Allah yg jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya, Isa Anak Maryam akan turun di tengah2 kamu. Dia akan menjadi Hakim yang adil". (Hadis Shahih Muslim 127). apa yg Muhammad akui mestinya jg hrs diakui oleh pengikutnya dan tdk perlu berkeras hati dan gengsi krn neraka yg akan menjadi taruhannya.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. di bagian mana muhammad bilang jiwanya ada di tangan yesus? ngaco.

      Hapus
  20. Bukan kita yg memilih Yesus...tpi kita yg dipilih Yesus.Memang kita hidup layak nya domba di tengah serigala.Saya bangga menjadi kaum minoritas di negeri ini yg mengilhami St. Stanislaus Kostka sbagai org kudus.
    St. Stanislaus Kostka doakan kami..smoga kami sll menjadi umat yg sll menjadi perpanjangan tangan kasih Mu.Bukan menjadi umat Mu sll membalas dengan kekerasan.Amin

    BalasHapus
  21. makanya indonesia tidak akan maju dan keadilan akan selalu disembunyikan sampai kapanpun.. krn 90% yg menganut agama mayoritas dinegeri ini tidak memahami ajaran agamanya dngn baik dan benar... knp.. krn yg mereka pikirkan hanya sebatas perut ke bawah..

    BalasHapus
  22. dimana letak kebersamaan indonesia?

    BalasHapus
  23. TIDAK ADA PERDAMAIAN TANPA KEADILAN . . .
    JIKA TIDAK ADA KEADILAN SATU TITIK PEPERANGAN HARUS DIMULAI

    BalasHapus
  24. hmm.. para penganut "kasih" pada berteriak lantang, memaki dan menghujat tanpa ilmu..
    bacalah berita biar kalian tau bahwa ada juga masjid yang dilarang pembangunannya di Kupang NTT oleh komunitas kristen yang diprovokasi oleh pihak geraja!!!

    Terima kasih untuk saudara2ku yang lebih arif menyikapi hal2 tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.
      klw dasarnya udah benci emang agak susah ngasih tau mereka2 ini mas/mba.

      Hapus
  25. Mereka sudah menerima upahnya.
    Itulah wajah agama mayoritas yang katanya 'cinta damai dan sangat toleran'....
    Katolik dgn Budha = tdk masalah.
    Katolik dgn Hindu = tdk masalah
    Katolik dgn Kristen = tdk masalah
    Katolik dgn Konghucu = tdk masalah
    Katolik dgn Ateis = tdk masalah
    jika DIBALIK juga tak akan ada masalah.

    TAPI
    Islam dgn Budha = MASALAH
    Islam dgn Hindu = MASALAH
    Islam dgn Katolik = MASALAH
    Islam dgn Kristen = MASALAH
    Islam dgn Konghucu = MASALAH
    Islam dgn Ateis = MASALAH
    BAHKAN
    Islam dgn Islam = MASALAH

    kita tahu sendiri kan SETAN itu dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bener, agama yg 1 ini selalu membuat masalah, dimana ada islam disitu ada kekerasan, sudah terbukti loh, diseluruh muka bumi

      Hapus
    2. ya karena merasa paling benar.......orang sesamanya juga berantem mencari siapa yang paling benar....

      Hapus
  26. hargailah PANCASILA :)

    BalasHapus
  27. Hmm..sptinya gk pd objektif nih..

    BalasHapus
  28. Di NTT,bali,manado,dll...mendirikan masjid jg tidak sembarangan mas bro.Islam di sana pun hrs ikut aturan,dan Islam mematuhinya..masa yg di bekasi pd pinter gk ikut aturan?mk marilah objektif.intinya jngn mengagamakan orang sdh beragama.kalau mau kt berdebat saja secara cerdas dan ilmiah.mumpung Nabi Isa blm turun dan bersaksi bahwa Tiada Tuhan Selain Allah saja,dan beliau (yesus) cuma utusan dan bukan Tuhan.paulus saja yg anggap yesus tuhan bukan?yesus aja disunat usia 8 hari,eh paulus malah melarang sunat..bacalah bible dari awal hingga akhir.jadi tahu,temen2 ternyata pengikut yesus apa paulus.bgmn?

    BalasHapus
  29. Amerika aja yg katanya paling demokratis,islam yg disana jumlahnya 15% aja hari lebaran dan hari besar lainnya gak jd libur nasional..he.he...di daerah bekasi, malah ada 1 RW ada 5 gereja.sepertinya ada baiknya dikaji 1 gereja untuk semua aliran.bikin satu yg besar sekalian..kan ngakunya tuhannya yesus jg.spt muslim sholatnya bs di masjid manapun gak ada halangan. Jd efisien dan gk maksain yg akhirnya konflik..Just idea aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda mau sholat di mesjid ahmadiyah ?

      Hapus
    2. sama dong idenya bikin 1 mesjid besar, semua yg pengikut Muhammad SAW sholat bersama yaitu syiah,ahmadiyah,setujuuuuu ???

      Hapus
  30. Sy pun gk setuju klo penolakan dlakukan kekerasan..beradu argumen jauh lbh elegan bukan?peace....

    BalasHapus
  31. Setuju sama yg di atas..Semua manusia diciptakan, tujuan utama adalah mencari Tuhan.para Nabi dan utusan sdh tiada.tinggal bandingkan saja isi semua ktb suci yg ada di dunia.Terjagakah isinya dari perubahan?betulkan itu perkataan Tuhan dan bukan perkataan manusia?apakh ktbsuci yg skarang,bahasanya adalah bahasa asli dahulu?misal ktb sucinya org Islam dulu diturunkan dlm bahasa arab,apakah sekarag msh bahasa arab?apakah isinya bnyak perbedaan satu dgn yg lain?dll...setelah semua ktb suci dibandingkan,lalu biarkan Tuhan yang akan menuntun jalan,krn kita diberikan otak dan pikiran..gunakanlah

    BalasHapus
  32. Berbeda bukan berarti tak harus berteman...mmuaahh...

    BalasHapus
  33. Satu lg..bersatulah dlm NKRI..he.he..

    BalasHapus
  34. Fakta di lapangan,masyarakat sekitar pernah diberi santunan uang 100rb\orang dlm acara amal, dan diminta tandatangan bukti penerimaan sumbangan.lalu bukti ttd itu digunakan pengurus gereja sbagai klaim persetujuan warga.hmm...manipulasi apa kreatif??au ah elap....

    BalasHapus
    Balasan
    1. PROVOKATOR !!

      anda mengatakan manipulasi.. Apakah anda masyarakat di situ? apakah anda mengalami sendiri? ataukah itu hanya katanya dan katanya????? jangan menyulut pertikaian antar agama.

      Apa sih ruginya ada pembangunan gereja, pembangunan pura, ada kelenteng??

      untungnya justru banyak:
      - toko bangunan jadi laku barangnya
      - saat pembangunan, yg belum punya kerjaan bisa ikut jd kuli bangunan
      - warung makan jadi laku, karena banyak pekerja bangunan
      - masyarakat sekitar bisa dapat uang parkir
      - nanti jika sudah berdiri, tukang becak, tukang ojek, ojek payung, jasanya laku
      - jika sudah berdiri, orang bisa jualan makanan ringan di sekitar gereja

      lantas, apa yg ditakutkan dari berdirinya sebuah gereja buat umat Katholik yang ada di situ, yg hanya ingin bisa beribadah lebih dekat, yang hanya 1x seminggu, yg tidak memakai pengeras suara yg keras.. ??.. apa ruginya?

      Hapus
    2. MASA SIH MAYORITAS KOK KETAKUTAN SAMA MINORITAS, ADA YANG SALAH KALI, AGAMA KOK ISINYA FITNAH, DENGKI, KEJI, JAHANAM, ADA PENGIKUTNYA PULA WELEH1000X PACEK GULU KOYO KUCINGKU LEK AREP TUKARAN

      Hapus
  35. Apakah kalian sebagai orang dewasa yang sadar akan hukum tidak malu bersikap seperti itu? Tolong pikirkan baik-baik akibat apa yang telah diperbuat. Kita memiliki ideologi Pancasila yang mengakui keberagaman agama. Seharusnya memberi contoh untuk generasi berikutnya bukan merusak. Semua dibangun atas kerja usaha manusia. Bertobatlah atas sikap ketidakmampuan kalian yang berusaha menyingkirkan pembangunan salah satu rumah Allah di muka bumi.

    BalasHapus
  36. ADA TERTULIS : BANYAK YANG DIPANGGIL TETAPI SEDIKIT YANG DIPILIH
    makanya jangan heran kalau banyak mualaf baru yang berpikiran semakin jahat dari orang islam sendiri, sebaliknya banyak orang islam yang dulu pembakar gereja dan pembajak Garuda di Bangkok tahun 1981an Imran bin Muhammad Zein akhirnya bertobat bahkan menjadi penginjil
    hal semacam FPI FRONT PEMBELA IBLIS akan meraja lela sebelum orang tunduk pada aliran iblis yang satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak setuju. Mungkin harus ingat kisah St. Paulus (yang sebelumnya bernama Saulus), dulu ia bekerja pada kekaisaran Romawi untuk membatai semua pengikut Kristus. Tetapi setelah ia merasakan sendiri kekuatan dan keakuatan dan mukjizat Tuhan. Kemudian ia menjadi pengikutnya yang setia bahkan ikut mewartakan kabar gembira Tuhan.. :)

      Hapus
  37. apakah ini yang disebut RAHMATAN LIL ALAMIN ? ataukah SYAITAN LIL ALAMIN ?
    Wallahu a’lam bish-shawabi
    didunia ini HANYA SATU YANG LAHIR DARI ROH ALLAH, KALAMULLAH, FIRMAN ALLAH
    DIALAH ISA ALMASIH YESUS KRISTUS YANG DIURAPI, ALLAH DARI SEGALA ALLAH

    BalasHapus
  38. keberagaman itu anugerah bukan untuk diseragamkan

    BalasHapus
  39. Dasar islam ga tau diri!!!
    Bangun gereja di tolak, bangun mesjid dikabulin. Bayangkan jika islam jadi minoritas di negri ini!

    BalasHapus
  40. KALIAN SEMUA ITU MANUSIA2 GOBLOK
    HARUSNYA KALIAN SADAR BAHWA SEMUA AGAMA ITU PASTI MENGAJARKAN KEBAIKAN
    SEMUA AGAMA ITU HIDUP DAMAI
    DAN INGAT, SETAN TIDAK SUKA ITU DAN BERBUAT APA SAJA UNTUK MENGHANCURKAN UMAT MANUSIA !!

    BalasHapus
  41. Semua agama itu baik. Ini hanya ulah oknum yg mengatas namakan agama. Orang bodoh + agama : fanatisme, orang pandai + agama : bijaksana, orang pintar + agama : teroris..

    BalasHapus
  42. Mengapa berdebat mencari kekurangan kelebihan ajaran agama? Bukankah Tuhan Allah hanya satu dan mencintai semua orang? Doakan orang orang itu agar diampuni dan hidup rukun damai dalam cinta kasih. God loves us all.

    BalasHapus
  43. berdebat mengenai agama memang tidak akan ada habisnya. Lebih baik menghargai antara satu dengan yang lainnya. Tidak usah saling menghujat dan menyalahkan. Doakan saja semoga tidak terjadi lagi hal serupa di lain waktu. Saya hanya prihatin, Indonesia yang disebut oleh bangsa asing sebagai negara paling rukun umat beragamanya di dunia ternyata kenyataannya tidak seindah itu.

    BalasHapus
  44. Itu kalo golongan Misa bikin gereja kagak pakai otak, gol kebaktian jadi kena getahnya...katro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh... ga kebalik say??.. -_-

      Hapus
  45. Ternyata sudah banyak manusia yang bukan lagi sebagai Imago Dei... Tetapi Imago Diabolus... -___-

    BalasHapus
  46. Katanya Indonesia itu negara yang beragam suku budaya agama,,, kok agama mayoritasnya irihati, jika agama lain mendirikan rumah ibadah,,,,malu don mayoritas kok tindakan kaya kekanak-kanakan mana moralnya, toleransinya,,,,,,kalo islam yang benar pasti tidak peperangan dimana-mana seperti di negara-negara islam,,,seprti Siria, Afganistan, Pakistan, Irak, Tunisia, Somalia,nigeria, coba kalo islam itu bersatu kenapa tidak bisa menyelsaikan masalah-masalah itu,, hahahaha,,

    BalasHapus
  47. Gereja blm tentu merugikan,dan melecehkan Islam ...tapi sdh dihakimi.... tetapi MENTRI AGAMA DAN KORUPTOR KITA SUCI yg sdh pasti dan melecehkan merendahkan dan merugikan agama Islam dan pengikutnya yg ingin berhaji justru tdk mendapat Penghakiman .....HARUSNYA MEREKA YG BENAR2 MELECEHKAN AGAMA ISLAM ITU DI FATWA MATI AJA jd itulah KEADILAN DAN HUKUM ISLAM...

    BalasHapus
  48. huft ,,, kapan negara mau maju ,, toh kalau masyarakat'a aja seperti ini ...
    blm ada rasa toleransi sama sekali ,,,
    kalau bisa dibilang umat katolik saja tidak pernah mempermasalahkan mereka yang non katolik untuk membangun Rumah Ibadah walaupun mereka tidak mempunyai IMB ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull...brp ribu mesjid yang ga da IMB,asal da donatur"bangun"ada lahan"bangun"preeet lah....mereka yang memiliki bumi tidak memilliki tempat disurga...

      Hapus
  49. proyek pengadaan alquran dikorupsi,dana haji dikorupsi,,,,cepe deh...kena kau dikit lagi dipenjara...Tuhan tidak tinggal diam..bro..

    BalasHapus
  50. SEHARUSNYA PEJABAT TINGGI NEGARA HARUS ADIL MENANGGAPINYA,,
    BUKAN NYA HARUS TAKUT DENGAN KAUM MAYORITAS,,


    BalasHapus
  51. Anjing-anjing gereja? Orang-orang itulah anjing-anjing yang harus kita doakan dan diajarkan tentang persaudaraan. Sayangnya anjing-anjing itu tidak ada otak, atau mungkin otaknya sudah kosong. Lebih hebat lagi para pelaku hukum tidak melakukan apa-apa atau mungkin malah setuju dengan pendapat anjing-anjing tersebut. Mental pengecut dan mental anjing sudah layaknya dibasmi seperti nyamuk.

    Adakah anjing beragama? Tidak ada, karena itu anjing-anjing itu tidak membawa agama Islam, tapi membawa kebusukan hati mereka masing-masing

    BalasHapus
  52. Ini mah jelas bukan masalah karena "Agama", tapi ada unsur "minta duit" di dalamnya.. believe it or not? XD

    BalasHapus
  53. Majelis juga menilai pihak Gereja St Stanislaus Kostka dianggap melakuan tindakan tidak patut karena meminta persetujuan secara tidak terbuka dengan mendatangi rumah warga satu per satu. Sosialisasi, kata Alan, harus secara terbuka, bukan dengan cara sembunyi-sembunyi. Majelis juga menilai pemerintah tidak memfasilitasi sosialisasi pendirian Gereja St Stanislaus Kostka. Hal itu memicu disharmoni.---> ini ada dasar hukumnya apa tidak? kalo tidak ada pengaturannya di dalam hukum ya brarti dasar hukumnya lemah/ tidak berdasar...so kenapa gugaran dimenangkan? kalo kata Ebiet G Ade : silahkan tanyakan pada rumput yang bergoyang

    BalasHapus
  54. Haduh koq anjing konotasinya negatif sih... jgn sebut2 anjing ah...
    Pdhl anjing itu hewan yg lucu(anjing puqku si drmh)...
    Ingtlah hukum cinta kasih Yesus... cinta damai bro and sist...

    BalasHapus
  55. udh lah,mnt izin dulu sma vatikan sna

    BalasHapus
  56. udh lah,mnt izin dulu sma vatikan sna

    BalasHapus
  57. udh lah,mnt izin dulu sma vatikan sna

    BalasHapus
  58. eslam eslam. Tukang siksa tki, tukang perang, tukang poligami, tukang apa lagi ya? lu kebanyakan nungging ga jelas si. daripada nungging 5 kali sehari mending berlutut berdoa. Lu doa pake toa masjid ganggu orang sekitar, budaya gurun gausa dibawa kemari begok !!

    BalasHapus
  59. beginilah Indonesia,, kegagalan pemerintah dalam melindungi kaum minoritas,, inilah bukti bahwa nilai2 Pancasila tidak dihargai

    BalasHapus
  60. Di eropa bikin masjid juga dibatasi.. Pakai jilbab nggak boleh. Sejuta orang dibom orang amerika dan eropa yg mestinya beragama kristen di irak, jaman sadam husein, masih ingat nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata siapa? baca berita itu dari sumber yang jelas jangan abal abal !

      Hapus
  61. seperti inikah cerminan negara yg berlandaskan asas Bhineka Tunggal Ika?

    BalasHapus
  62. Perseteruan antara kelompok umat manusia inilah yang diiginkan Lucifer dkk. Mau kelompk A lawan B atau C lawan D dst. Coba deh orang2 yg pada demo tsb misalnya dibawa ke acara doa "pelepasan roh jahat" / exorcism dan kita lihat apa yang terjadi.......nanti kita tahu siapa biang kerok yg sesungguhnya.

    BalasHapus
  63. gereja terbesar ya dihatiku sendiri.....biar gereja tidak bisa berdiri di atas tanah...toh dihatiku gereja tetep berdiri kokoh.....yang penting hidup damai tenteram... intinya saling menghargai dan menghormati.....semua agama mengajarkan kebenaran bukan berarti yang paling benar itu bisa seenaknya sendiri....

    BalasHapus
  64. Inilah bukti orang islam imannya ga kuat goyah,kerjaannya demo mulu dan rusuh. Memakai kata kotor dan ga berpendidikan dlm orasinya pantesan temen aku murtad dri islam karna dia tdk menemukan kedamaian dri islam,intoleransi islam tinggi,dan slalu ujung2nya rusuh. Ini lah islam imannya goyah dgn dalih kristenisasi,klo imannya ga goyah pasti dia ga takut.kasihan banget iman islam mudah goyah dan pada takut kenyataan klo umat Tuhan smakin berkembang. Salah agama situ,kerjasaan ruauh dalam penyelesaian masalah. Bangun masjid aja tempet gue ga minta izin dri warga ujung2nya dalih wakaf main bangun2 aja kaga minta izin dan ga tau diri tinggal didaerah mana. Itulah agama anda,intropeksi dan ngaca dulu baru lu pada berkoar. Aneh emang klo dlm agama mereka keegoisan tinggi. Pasti yg komen banyak islam yg berkoar koar disini dan bahagia. Harusnya didaerah yg mayoritas Kristen persulit juga izin bangun masjid dan ga usah kasih izin aja sekalian. Tapi Kristen diajarkan untuk mengasihi makanya org islam bangun masjid mudah dalih wakaf. Kebalikan islam intoleran dan egois tinggi makanya rusuh dlm kegiatan demonya, dan suka mempersulit izin bangun ibadah agama lain.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...