Selasa, 06 Mei 2014

Gereja Katolik Dibakar Orang Tak Dikenal, Salib Yesus Utuh Tak Tersambar Api

Di antara meja persembahan dan altar yang hangus terbakar, salib Yesus kokoh berdiri tanpa hangus sedikit pun.

Sebuah peristiwa yang nyaris tidak terekam media terjadi di sebuah daerah pinggiran Pasaman, Sumatra Barat. Minggu pagi, 4 Mei 2014 telah terjadi pembakaran gereja oleh orang tidak dikenal.

Menurut penuturan sumber informasi, diduga peristiwa pembakaran Gereja Katolik St Maria Diangkat Ke Surga itu telah direncanakan. Hal itu dimungkinkan mengingat ada gelagat mencurigakan sejak hari Sabtu, 3 Mei 2014. “Sabtu sore ada seorang warga yang sedang mencari rumput. Melihat ada orang tidak dikenal yang sedang mengitari gereja, warga tersebut mendatangi. Orang tidak dikenal tersebut memakai helm. Ketika ditanya, orang tidak dikenal itu mencari tempat sabung ayam. Setelah dijawab warga tidak ada tempat untuk sabung ayam, orang tidak dikenal itu pergi naik motor Vario warna hitam.”

Baca juga: Semua Tindakan Intoleran Harus Diberangus dan Ditindak Tegas, Apapun Agamanya!

Warga sama sekali tidak menaruh curiga atas keberadaan orang tidak dikenal itu. Minggu pagi, sekitar pukul 06.00, ada warga lain yang melihat ada orang yang berada di dekat jendela. Warga tersebut berpikiran positif. Ia mengira orang tersebut adalah petugas gereja yang akan membersihkan gereja mengingat siangnya akan dipakai untuk kebaktian rutin. Oleh karena itu, warga tersebut tidak mendekati dan menyapa orang itu.

Sekitar pukul 06.10, ada warga yang hendak pergi ke ladang. Sesampai di dekat gereja, warga ini melihat nyala api dan asap yang keluar dari dalam gereja. Teriakan kebakaran membuat warga yang lain berdatangan dan berusaha memadamkan api. Kesigapan warga menjadikan api cepat dipadamkan dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

“Dari tanda-tanda yang masih tersisa, tempat ini dibakar dengan menggunakan bantal misdinar yang diguyur dengan minyak tanah” ungkap sumber informasi. Akibat pembakaran ini meja kecil yang biasa dipakai untuk meletakkan persembahan umat dan meja altar rusak parah. Lampu-lampu yang ada di atas meja altar pun rusak. Tetapi nampak keanehan, “Salib yang berdiri di samping meja altar utuh, tidak ada tanda-tanda tersambar api. Padahal tempat sekitarnya terbakar.

Baca juga: Patung Yesus Berdiri Tegak Meski Dihantam Topan Haiyan

Menurut penuturan warga yang lain, sebelum gereja diketahui terbakar, ia sempat berpapasan di jalan depan rumah dengan seseorang yang tidak dikenal mengendarai motor Vario warna hitam. Sayangnya, ia tidak mengingat nomer kendaraannya. Namun, ia masih ingat wajah orang itu.

Gereja St Maria Diangkat ke Surga tampak dari depan. Gereja ini dibangun di daerah mayoritas Katolik (kurang lebih 80%)

Kini, peristiwa pembakaran gereja yang berada di wilayah Paroki Keluarga Kudus Pasaman itu telah ditangani kepolisian. Pihak kepolisian pun telah melakukan olah TKP. Umat Katolik tidak perlu emosi. Menanggapi berbagai usaha provokasi, umat Katolik harus mampu menahan diri sembari memperkuat iman. Sejarah telah membuktikan bagaimana Gereja Perdana justru semakin kuat di kala berada dalam penganiayaan. Ketekunan mereka untuk bersekutu dalam doa menjadikan Gereja Perdana mampu bangkit dan memberikan kesaksian hidup.

57 komentar:

  1. Karena Yesus tetap berkuasa atas bumi dan langit, atas kehidupan dan kematian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam Nama Yesus, bertekuklah setiap lutut di surga tinggi, di bumi dan di bawah bumi, hendaklah setiap lidah mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin. May the sorrows and the Immaculate heart of Mary lead them to Jesus.

      Hapus
  2. Tuhan Yesus... Ampunilah Mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manusia hanya mampu membakar gereja/ bangunan yg dpt dibuat yg lebih mega lagi..tp manusia tdk akan mampu membakar bahkan membunuh jiwa....apakah yg membunuh,membakar itu akan hidup terus didunia fana ini..????

      Hapus
  3. janganlah engkau mencobai Allah Tuhanmu

    BalasHapus
  4. Tuhan ampunilah mereka, jadikan mereka Paulus Paulus jaman modern...

    BalasHapus
  5. kita doakan mereka yg berbuat...

    BalasHapus
  6. seorang pengkotbah pernah berkata, siapa yang pernah membakar gereja dia pasti akan menjadi pengikut Yesus.., semoga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan menghakimi pak?

      Hapus
    2. ada ga sekelompok orang yang mau bakar tempat ibadat agamanya sendiri?????helllooo...

      Hapus
    3. Artinyaaa...
      Yg jahat2 sm org2 yg prcaya kpd Tuhan Yesus, doakan aj smpya mereka dr "Saulus" mnjdi "Paulus", yg td nya mmbakar gereja dgn api, suatu saat nnti dia dipakai mnjadi mmbakar gereja dgn api roh kudus.

      Hapus
    4. yaaa.... betul... istri saya yg adalha seorr yg muslimah taat,pernah juara ke 2 sekabupaten di jawa timur, mengatakan: saya tdk akan masuk agama katholik( agama suami saya)..tp apa yg terjadi kemudian?" 9 tahun kemudian, ia menderita tumor diparu paru, dan dan opname di rs. katolik di sby selam 3 bln, dan ditangani oleh 9 dokters pesialis...hasi dr mereka : tdk lama lagi akan lewat ( mati),yg lain mengatakan: jk sembuh juga akan lumpuh 3 thn... tp ternyata, dlm keadaan koma, ,, TUHAN YESUS dtg dlm menyembuhkannya yg hanya dlm hitungan menit( selanjutnya, panjang ceriteranya),.. akhirnya: istri saya yg muslim taat iut mengatakan kepada pastor yg dtg mengujunginya: romo saya mau masuk KATHOLIK,dab juga kepada suaminya,,suaminya kaget bukan kepalang,,, karena selam 9 thn,,,jalan sendiri sendiri dlm iman... dan thn 1987, masuk katholik dan semua anak2nya masuk katolik sampai saat ini,,, bahkan istri saya lebih taat dp saya( suami), dan setiap doa yg dipanjatkan kepada YESUS dan melalui BUNDA MARIA , SELALU DIKABULKAN,,,, sedang kan saya sendir yg sejak dr kandungan adakah katholik,.. harus berdoa berulang, baru dikabulkan, bahkan ada yg tfk terkabul....AMIN

      Hapus
  7. dia membakar, kelak dia akan dibakar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dibakar oleh nyala Roh Kudus biar seperti Saulus saat itu, Amin

      Hapus
  8. Tanda-tanda kedatangan Tuhan sudah dekat,semua yang terjadi sudah di nubuatkan.Firman Tuhan,jangan takut kepada yang hanya bisa membinasakan Tubuh,tapi tidak dapat membinasakan Roh.Waktu Penghakiman sudah dekat.karena itu ber jaga-jagalah supaya kita tidak jatuh dalam pencobaan.

    BalasHapus
  9. kenapala semakin ramai pengkhianat umat Katolik skg ni....sedih sungguh mereka semua itu

    BalasHapus
  10. Tidak mengapa...dari segi moral nya iman kita lebih kuat dari mereka. Pope john Paul juga pernah ada cubaan membunuh dgn tembakan tpi beliau maaf kan..itu lah kelebihan kita yg tiada pada orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ya Bapa ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan"

      Hapus
  11. Saya sebagai umat Muslim menyayangkan hal itu. Entah apa iman yg dianut oleh pelaku, jika mereka Islam maka mereka bukan golongan Muslim.

    BalasHapus
  12. Klo muslim sejati penuh kasih sayang sesama umat beragama tidak ada yang namanya melakukan kejahatan agama...
    Kalau pun itu ada bukan muslim sejati..tapi itu manusia kafir..allah swt juga tidak pernah memaaf kan org yang berbuat tercela d dunia.

    BalasHapus
  13. Dari hari ke hari, persoalan agama semakin menyedihkan. Buat kita sekalian, tnpa pandang agama apapun itu, bawalah masalah ini dalam doa. Kita harapkan semoga setidaknya, sedikit demi sedikit, masalah agama ini semakin meredam. Dan kita bisa sama2 berjalan, sama2 hidup rukun. Seharusnya SARA itu buat kita belajar menghargai perbedaan. Berbeda itu unik. GOD BLESS

    BalasHapus
  14. Bapak, ampuni mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat !!!

    BalasHapus
  15. Kita tidak perlu membalas.... Keluaran 14:14 TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.

    BalasHapus
  16. Hmm..sungguh berani orang itu...kalau orang itu tau Gereja adalah tubuh Kristus sendiri..dan kalau dia memahami apa arti "siapa yang menanam akan menuai"...Dia akan menyesal...tapi sudah terlambat....terlambat bagi kita..tapi belum tentu bagi Tuhan Yesus karena Ia Maha Pengasih dan Pengampun.....

    BalasHapus
  17. Bersukacitalah bila kamu dianiaya karena KEBENARAN

    BalasHapus
  18. Mari Kita doakan mereka yang melakukan itu semoga Tuhan Jesus menjamah mereka semua.. AMIN

    BalasHapus
  19. mari kita berdamai saja

    BalasHapus
  20. Kejahatan tidak akan pernah mengalahkan kebaikan....doakan mereka yg berbuat jahat......

    BalasHapus
  21. Menurut pakar sosiologi, semakin tinggi toleransi suatu bangsa maka semakin berperadaban. Semakin rendah semakin tidakberadab. Fakta sejarah memperlihatkan bahwa secara religiusitas kelompok penyerang adalah kelompok yang lemah imannya. Kelompok yg diserang akan semakin kuat imannya.

    BalasHapus
  22. Di Eropa seorang rasialis yg menghina ras lain dapat dipidana penjara. Kalau membakar gereja itu tindakan kriminal. Masalahnya pemerintah tidak memiliki keberanian mengadili pembakar gereja. Anehnya SBY menerima penghargaan internasional sebagai tokoh yg berhasil menjaga kerukunan umat beragama.

    BalasHapus
  23. Berdamailah .. Maka hidup kita akan menjadi damai dan tentram ..

    BalasHapus
  24. saya sangat ingin tahu adakah nomor rekening di mana saya bisa memyumbang untuk membangun kembali Gereja ????

    BalasHapus
  25. Shaloom, saya mau tanya.. knp dalam gereja Katolik Full PATUNG,,,,??? bahwasanya dalam alkitab YEREMIA 10: 1 - habis di katakan bahwa berhala itu ciri2nya ya kaya patung2 yang ada dan beredar. dan itu tidaki di perbolehkan.

    apakah katolik pembelot? apakah katolik tidak Pure alkitab? apakah katolik ajaran paus paus? apakah katolik tidak pernah baca alkitab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Patung itu hanya sebagai gambaran. Kalau anda tidak tahu apa-apa, silahkan dicari lagi ilmunya, biar wawasannya tambah luas :)

      Hapus
    2. Nah, ini satu lagi yang gagal paham, tapi ga pa pa, saya dengan senang hati menjelaskan. Katolik memiliki banyak simbol-simbol, patung itu hanya salah satu, salah dua dan tiganya misalnya salib, lukisan, dan kalung rosario. Apakah kami menyembah mereka, tentu saja jawabannya TIDAK. Bagi kami simbol-simbol tersebut membuat kami MUDAH membayangkan apa yang hendak kami doakan.
      Coba umat non Katolik, misalnya Kristen dan Islam, seandainya memang konsisten tidak memperbolehkan simbol-simbol sama sekali, seharusnya salib di gereja Kristen juga dihilangkan, bulan bintang di kubah masjid dihapus, tidak boleh pake tasbih.
      Kalau mau konsisten dan tidak setengah-setengah lho :D

      Hapus
    3. Banyak simbol yang digunakan oleh katolik,yang dijadikan penggambaran dalam melakukan ujub doa

      Hapus
  26. Maaf saudara Miya Fety.Untuk menjawab comment anda tentang apakah umat katolik menyembah patung atau tdk silakan kunjungi beberapa link di bawa ni

    http://katolisitas.org/201/orang-katolik-tidak-menyembah-patung

    http://katolisitas.org/tag/menyembah-berhala

    http://katolisitas.org/6762/apakah-umat-katolik-yang-berdoa-di-depan-patung-menyembah-berhala

    http://katolisitas.org/1658/apakah-gereja-katolik-menyembah-patung-dan-merubah-
    10-perintah-allah

    BalasHapus
  27. Puji Tuhan Alleluya hallelujah allelouia.

    BalasHapus
  28. dan akhirnya akan seperti kisah nabi ibrahim....

    orang orang baladah tidak bisa menjawab ketika kapak ada di tangan patung paling besar....

    haha.... :D

    BalasHapus
  29. Kali aja TUH SALIB trbuat dri BESI.. Pada BEGO smua loe (k) :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak hanya salib yang terbuat dari besi, bro.
      Sekali-kali mainlah ke gereja.
      We are welcome.

      Hapus
  30. Bakar buat lagi yg baru besar dan cantik. Tapi iman kekristianan tetap makin kristian utuh lagi. Mungkin salib itu adalah miracle.

    BalasHapus
  31. Bakar buat lagi yg baru besar dan cantik. Tapi iman kekristianan tetap makin kristian utuh lagi. Mungkin salib itu adalah miracle.

    BalasHapus
  32. Orang beriman pasti tahan uji,semua yg ada di dunia tak ada yang abadi,bangunan2 yang berdiri kokoh suatu waktu akan dirobohkan, jangan marah dan dendam karna TUHAN YESUS mengajarkan kita semua HUKUM KASIH,marilah kita berdoa dan mengampuni, seberapa besar dan dalam kita mengetahui ajaran KASIHNYA,yang penting iman percaya Kita kepadaNYA tidak kendor atau mundur selangkah, maju terus pantang mundur laskar KRISTUS, KITA BERPERANG DENGAN IMAN BUKAN DENGAN KEKERASAN

    BalasHapus
  33. Tidak ada Nabi atau manusia manapun yang akan dibangkit kan dan ke surga kalo dia tidak mengenal Yesus ......begitu sebaliknya Yesus tidak akan kenal Dia, itu sudah diucapkan Yesus dan akan terjadi seperti itu

    BalasHapus
  34. biasa aja,yg dibakar cuman benda....bukan iman yang terbakar kan?

    BalasHapus
  35. kita menolak segala bentuk intoleransi yg dilakukan oleh siapapun, entah itu agama apapun.. krn mereka itu lawan agama... mereka oknum, bukan agama..

    BalasHapus
  36. kita menolak segala bentuk intoleransi yg dilakukan oleh siapapun, entah itu agama apapun.. krn mereka itu lawan agama... mereka oknum, bukan agama..

    BalasHapus
  37. Akan tiba saatnya Tuhan akan mendatangkan bencana yang monyoritas mereka yang melakukan kejahatan.
    Maka dari itu,kita sebagai umat katolik akan sabar dan menahan diri.
    Biarlah Tuhan yang akan mengumpulkan orang2 yang jahat,lalu dibinasakan nya.Amin salam Damai
    Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  38. dan semoga Hati setiap Insan yang percaya Tidak ikut terbakar, Karna sesungguhnya Dihatilah tempat Yesus berada..

    BalasHapus
  39. semoga dosanya diampuni...amin

    BalasHapus
  40. disaat terjadi seperti ini, kita semakin diberkati oleh Tuhan
    karena mereka tdk tahu apa yang mereka perbuat

    BalasHapus
  41. Sungguh salut dengan umat2 kristian yg commentnya tetap positif walaupun tempat ibadahnya dibakar. Dan herannya yg ngaku punya agama paling cinta damai justru malah ngomong sembrono. Tetap kuat umat2 kristiani, semoga mereka yang menghina akan mendapat balasannya. Karma akan bekerja dengan sendirinya. Sadhu3x! 😊

    BalasHapus
  42. kl dilihat di gambar siy kebakaran hanya sebentar...jika kita lihat dari tembok yg masih bersih mengkilat, dan meja altar pun hanya sedikit terbakar, api mungkin sudah dipadamkan....wajar kl patungnya ga pa2...ah terlalu berlebih2an judulnya..

    BalasHapus
  43. meja yang di samping salib juga ga kebakar,ga ada kelebihan salib atau benda apapun yang ada di bumi,penetuan keselamtan nanti di akhirat,semua agama di dunia keselamtan uda ada tercantum di dalam kitab masing masing...setuju

    BalasHapus
  44. Markus 16:19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

    Markus 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."

    Di sebelah kanan adalah Yesus
    Di sebelah kiri adalah Allah
    Di sebelah ... adalah Roh Kudus

    Bagaimana dengan konsep Trinitas?

    Supaya Trinitas bisa dipahami seharusnya cerita itu berbunyi sebagai berikut:

    Markus 16:19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu dia menjadi Allah.
    Markus 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia menjadi Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."

    Edit sajalah, toh cerita Markus bukan kitab suci. Yang merupakan kitab suci adalah Injil yang diberitakan Yesus.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...