Rabu, 10 Desember 2014

Membongkar Kebohongan Steven Indra, Mualaf Mantan Frater?


Kisah tentang mualaf bernama lengkap Steven Indra Wibowo ini sudah pernah ditampilkan panjang lebar di harian Republika pada tahun 2009 yang lalu. Harian yang sama memuat liputan baru tentang sosok yang sama juga pada tahun 2014 ini. Di beberapa media online Islami lainnya belakangan ini juga muncul versi supersingkat tentang mualafnya Steven Indra Wibowo ini, dengan judul sensasional sebagai orang yang pernah memurtadkan 126 orang Muslim di Jakarta. Tidak dijelaskan kapan itu terjadi, namun disini nanti kita akan lihat bahwa “prestasi” memurtadkan 126 orang Muslim itu omong kosong belaka.

Siapakah Steven Indra Wibowo?

Kita lihat apa kata Republika tentang mualaf kelahiran Jakarta, 14 Juli 1981 ini:
“Sebelum memutuskan memeluk Islam, Indra adalah seorang penganut Katolik yang taat. Ayahnya adalah salah seorang aktivis di GKI (Gereja Kristen Indonesia) dan Gereja Bethel. Di kalangan para aktivis GKI dan Gereja Bethel, ayahnya bertugas sebagai pencari dana di luar negeri bagi pembangunan gereja-gereja di Indonesia.”

Ada yang agak aneh dalam deskripsi di atas: Steven Indra Wibowo disebut sebagai seorang penganut Katolik yang taat, tapi ayahnya seorang aktivis Protestan, bahkan dari sumber media online lainnya disebutkan bahwa Steven Indra Wibowo adalah anak seorang petinggi PGI, organisasi para pendeta Protestan (kalau Katolik, organisasinya adalah KWI, yang kepengurusannya beranggotakan para Pastor maupun umat awam). Jadi, kalau deskripsi itu memang yang sebenarnya maka artinya si anak sejak kecil agamanya berbeda dengan agama ayahnya. Karena akan aneh seandainya ayahnya adalah seorang Katolik tapi menjadi petinggi PGI.

Sang ayah inipun ingin Steven “mengikuti jejaknya”, bukan dengan menjadi pendeta, melainkan menjadi Bruder Katolik. Namun dari kekeliruan dalam kisah Steven Indra Wibowo ini tentang tahapan & syarat menjadi Bruder, sebagaimana akan dibeberkan disini, itu mengindikasikan bahwa ia bukan hanya tak paham tapi juga tak pernah melalui tahapan menjadi Bruder ataupun Frater (keduanya berbeda secara definisi).

Maka, sebagaimana dikisahkan di Republika:
“Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, sejak usia dini ia sudah digembleng untuk menjadi seorang bruder. Oleh sang ayah, Indra kemudian dimasukkan ke sekolah khusus para calon bruder Pangudi Luhur di Ambarawa, Jawa Tengah. Hari-harinya ia habiskan di sekolah berasrama itu. Pendidikan kebruderan tersebut ia jalani hingga jenjang SMP.”

Dari deskripsi tersebut, seolah-olah ingin dikatakan bahwa “pendidikan kebruderan” sudah dimulai sejak SD (atau malahan TK/Playgroup). Ini adalah sebuah deskripsi yang ngawur. Perlu dipahami bahwa seorang Katolik yang ingin menjadi calon Bruder, bukan dengan mengikuti proses akademis formal sejak SD, melainkan baru boleh mendaftar jika minimal sudah SMU/sederajat. Karena pendidikan/”formasio” calon Bruder dilakukan dengan mengikuti kegiatan rutin tertentu di Biara komunitas masing-masing atau di tempat-tempat khusus lainnya, bukan di sekolah formal walaupun sekolah tersebut dikelola oleh para Bruder. [Note: bedakan antara istilah “pendeta” dan “pastor”. Di Indonesia, kalau berbicara tentang pemuka agama Kristen (Katolik maupun Protestan), maka yang namanya “pendeta” itu selalu hanya pemuka agama Protestan, sementara pemuka agama Katolik sebutannya selalu “pastor” (walaupun di banyak daerah dikenal juga dengan sebutan “Romo” maupun “Pater”). Walaupun ada sebagian pemuka agama Protestan yang menggunakan juga sebutan “pastor” tapi sebaliknya tak ada pemuka agama Katolik yang disebut dengan “pendeta”.]

Kita lanjutkan ke narasi berikutnya:
“Setamat dari Pangudi Luhur saya harus melanjutkan ke sebuah sekolah teologi SMA dibawah yayasan Pangudi Luhur.”

Entah apa yang dimaksudkan Steven dengan menyebut “sebuah sekolah teologi SMA”, apalagi mengatakannya sebagai suatu keharusan. Terminologi “sebuah sekolah teologi SMA” ini tidak dikenal di lingkungan Katolik. Pelajaran teologi di tingkat SMA tidak diberikan di sekolah Katolik umum, tapi di Seminari Menengah. Ini adalah sekolah khusus calon Pastor (tapi bukan sekolah calon Bruder), tingkatan paling awal, yang ditempuh selama 4 tahun. Setelah itu melanjutkan ke Seminari Tinggi yang secara akademis setingkat Universitas, selama 7 tahun. Di tingkat inilah para Mahasiswa Seminari Tinggi disebut “Frater”, yaitu calon Pastor, yang bukanlah setingkat Pastor sebagaimana disebut dalam kisah versi supersingkat di beberapa media online dalam beberapa hari terakhir ini. Sehingga kalau maksud “sebuah sekolah teologi SMA” adalah Seminari, justru tidak ada Konggregasi/Tarekat/Ordo Bruder yang mensyaratkan demikian. Jadi sampai di sini Steven Indra Wibowo ini sebenarnya tampak sekali bukan menceritakan sesuai apa yang memang ditempuh seorang calon Bruder, ia justru sedang “mengarang indah”.

Silakan dilihat syarat-syaratnya untuk beberapa contoh Konggregasi/Tarekat/Ordo Bruder berikut:


Sekolah Bruder, Frater, atau… ??

Selanjutnya lagi menurut kisah di Republika:
“Karena untuk menjadi seorang bruder, minimal harus memiliki ijazah diploma tiga (D3), selepas menamatkan pendidikan teologia di SMA tahun 1999, Indra didaftarkan ke Saint Michael’s College di Worcestershire, Inggris, yaitu sebuah sekolah tinggi khusus Katolik. Di negeri Ratu Elisabeth itu, pria yang kini menjabat sekretaris I Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) ini mengambil jurusan Islamologi.”

Faktanya, yang disebut “St. Michael’s College” di (Tenbury,) Worcestershire, Inggris itu adalah sebuah “sekolah independen” (= swasta) khusus musik liturgi Anglikan. Jadi sekolah tersebut selain bukanlah sebuah “Sekolah Tinggi calon Bruder” Katolik, bahkan bukan sekolah Katolik, melainkan milik komunitas Gereja Anglikan! Bahkan tak hanya itu, St. Michael’s College yang berdiri pada tahun 1856 ini sudah tidak beroperasi sejak 1985 atau 14 tahun sebelum Steven Indra Wibowo pergi ke Inggris pada 1999 itu, andai ia memang pergi.

Jadi, berhubung sekolah yang bernama “St. Michael’s College” sejak belasan tahun sebelumnya sudah tidak ada lagi, maka pernahkah seorang Steven Indra Wibowo berangkat ke sana pada tahun 1999 dan mengambil jurusan Islamologi di sekolah musik liturgi Anglikan tersebut? Bahkan, apakah logis jika dalam sebuah sekolah musik liturgi yang siswanya berusia 14-19 tahun diajarkan Islamologi?

Dengan telah melihat bahwa syarat keanggotaan 2 contoh Konggregasi/Tarekat/Ordo Bruder di atas adalah minimal SMA/sederajat, dan mesti mendaftarkan diri ke komunitas Konggregasi/Tarekat/Ordo Bruder yang diminati, bukan dengan bersekolah formal di sekolah-sekolah yang dikelola para Bruder, maka jelas tidak ada yang namanya “pendidikan kebruderan” di “sekolah khusus para calon bruder” di tingkat TK s.d Universitas. Apalagi soal adanya syarat minimal harus D3, di sekolah milik Gereja Anglikan pula. Steven Indra Wibowo jelas bohong soal semua itu.

Hal yang menarik disini, tahun perginya Steven ke Inggris adalah tahun 1999, sementara disebutkan juga bahwa ia menjadi mualaf pada tahun 2000. Artinya, andai ia memang pergi ke Inggris, itu tak lebih dari 1 tahun, lalu tiba-tiba sudah memilih menjadi mualaf? Lalu kalau dia disebut pernah memurtadkan 126 Muslim di Jakarta, kapan itu peristiwanya? Bahkan dia sendiri hanya setahun setelah SMU sudah jadi mualaf begitu?! Dengan melihat timeframe yang tak lebih dari 1 tahun, dari sejak lulus SMA hingga menjadi mualaf, maka klaim pemurtadan 126 Muslim di Jakarta itu bisa dipastikan sebagai klaim fiktif demi sebuah sensasi belaka.

Kejanggalan dalam kisah Steven Indra Wibowo ini klimaksnya terletak pada klaimnya bahwa ia pernah memimpin Misa. Perlu diketahui oleh saudara-saudaraku umat Islam bahwa terminologi “Misa” hanya ada di lingkungan Katolik, sementara di lingkungan Protestan adalah “kebaktian”. Kedua istilah ini tak bisa saling dipertukarkan penggunaannya. Orang yang berhak memimpin Misa hanyalah mereka yang sudah ditahbiskan menjadi Pastor (yang mencakup juga para Uskup), sementara seorang Frater, yang notabene masih calon Pastor, tidak akan pernah diperbolehkan memimpin sebuah upacara Misa. Berhubung mualaf kelahiran tahun 1981 ini pada saat menjadi mualaf di tahun 2000 baru berusia 19 tahun, tanpa pernah menjalani pendidikan untuk menjadi seorang Pastor (yang sekaligus berarti ia tak pernah menjadi seorang Frater), maka lagi-lagi klaim tersebut merupakan sebuah kebohongan.

Menanggapi Artikel PKS Piyungan

Berita PKS Piyungan
Bagi yang memahami bagaimana struktur di dalam agama Kristen, banyak hal yang harus dipertanyakan dari artikel yang dirilis oleh PKS Piyungan, yang berjudul, ”Murtadkan 126 Muslim di Jakarta, Pastur Steven Akhirnya Bersyahadat.
Steven Indra Wibowo disebut sebagai seorang Frather atau setingkat Pastur di kalangan gereja Katolik di Paroki Jakarta Utara. Ia mengaku telah membawa 126 orang Muslim berpindah agama ke Katolik

“Tugas saya ketika itu memberikan konseling, memimpin misa, dan mengajar filsafat,” ujar pria kelahiran 1981 ini.

Hidayah Allah Subhanahu Wata’ala menghampiri Steven pada tahun 2000. Dua kalimat syahadat diikrarkannya di sebuah pesantren di Serang, Banten.

Dan berikut ini adalah klarifikasi dan pertanyaan, yang harus dijelaskan oleh PKS Piyungan, sebagaimana dikutip dari Nong Paul.
  1. Paroki itu hanya berlaku dalam struktur Gereja Katolik.
  2. Frater itu bukan setingkat Pastor karena Frater masih dalam tahap pendidikan.
  3. Frater tidak mengajar filsafat. Sehingga jika Steven mengajar filsafat, di sekolah filsafat mana? Mengingat pendidikan filsafat Katolik hanya ada di Driyakara, sehingga jika memang benar, tentu namanya terdaftar.
  4. Frater adalah sebutan orang yang masih belajar, dia tidak mengajar dan ada tahapan lain yang untuk menjadi Pastor.
  5. Setiap orang Katolik yang ada di dunia, tercatat rapi nama dan alamatnya. Ada file khusus di lingkungan, paroki keuskupan serta KWI. Jadi Steven berasal dari paroki mana dan dipermandikan di gereja mana, karena pasti akan dapat di telusuri.
  6. Frater tidak memimpin misa, karena memimpin misa itu hanya hak Pastor/Romo/Pater.
  7. Steven disebut mengajar konseling, konseling apa yang dia ajarkan, dan dimana? Seorang Frater hanya bisa mengajar di SMP sebagai guru agama.
  8. Yang paling aneh, ia disebutkan lahir pada tahun 1981, dan pada tahun 2000 ia telah masuk Islam. Artinya, ia beragama Islam sejak usia 19 tahun. Namun dia menyatakan bahwa ia telah pernah memimpin misa.

Alur yang benar seharusnya:
  • 1981 lahir, umur 6 tahun masuk SD (1987-1992),
  • umur 13 masuk SMP (1992-1995),
  • umur 16 tahun masuk seminari/ setingkat SMU (1995-1999),
  • umur 19 masuk 1 tahun persiapan (2000),
  • umur 20 masuk 1 tahun rohani/novis (2001),
  • umur 21 masuk kuliah filsafat (4 tahun), 2 tahun lanjut teologi.

Seharusnya, sekitar usia 27 tahun baru ditahbiskan menjadi imam dan boleh memimpin misa. Jadi bagaimana bisa ia memimpin misa di usia 19 tahun?

Di dalam kolom komentar sendiri, banyak yang menghujat lantaran informasi yang disampaikan oleh PKS Piyungan ini dinilai hoax.

Bruno Bond, menulis, “Tukang bohong, Frater itu masih calon Pastur untuk agama Katolik, tidak boleh dan tidak diperkenankan memimpin misa! Lalu, mengapa  PGI dibawa-bawa kalau Katolik (PGI itu Majelis Gerejanya orang Kristen Protestan). Anda ini mantan Katolik Frater gadungan, atau yang nulis artikel cuma mau buat sensasi? Saya mualaf tulen ngga jelekin agama orang lain. Bohong besar kalau memurtadkan orang Islam sebanyak 126, memang semudah itukah Muslim dimurtadkan?”

Sigit Azzam, menulis, “Ada yang sedikit janggal dengan tahun kelahiran dan tahun menjadi mualafnya. Saya sendiri kelahiran 1981, kalau tahun 2000 menjadi mualaf berarti sekitar umur 19. Dan ia memurtadkan 126 orang sebelum umur 19 dong? Apa mungkin umur di bawah 19 tahun sudah menjadi Frater? Apa ngga sekolah si Steven ini? Terimakasih.”

Akhir kata, serupa dengan kejanggalan dalam kisah mualafnya Hj. Irena Handono, serta Ust. Felix Siauw yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu, kisah-kisah seperti itu jelas hanya untuk meningkatkan “nilai jual” masing-masing pengarangnya di mata komunitas barunya yang mungkin terlalu “gullible” terhadap hal-hal yang asing bagi mereka terutama soal hal-hal yang berkaitan dengan agama selain agamanya sendiri. Sungguh, saya tidak pernah bisa memahami jalan pikiran kaum pencari sensasi seperti mereka, yang nekat merekayasa kisah masa lalu mereka sendiri, entah demi apa, tapi seolah-olah yakin bahwa kebohongannya takkan pernah terbongkar. Disini saya hanya menjalankan rasa tanggungjawab saya untuk meluruskan sebuah kebohongan yang terlalu mencolok. Terserah kepada semua pembaca, bagaimana masing-masing menyikapi sepenggal kisah di atas, sosok di dalam kisah itu sendiri, ataupun terhadap analisis yang saya berikan.

197 komentar:

  1. Balasan
    1. mbok hayati ni apa lagi..... ada nggak kebomerah???? kebojambon???

      Hapus
    2. Hanya orng cerdas dan sehat akalnya yg mau belajar islam, sebaliknya org yg tetap dalam keyakinan pd dogma jelmaan adalah org yg skt jiwa

      Hapus
    3. ...sebaliknya org yg tetap dalam keyakinan pd dogma jelmaa adalah org yg sakit jiwa....khusus jawaban tsb sy memfokuskannya, spt kita ketahui bahwa dalam iman kristen jelmaan adalah interpretasi dari Kekuasaan dan Kebesaran Allah yang bisa kapanpun dan dimanapun menjelma atau mengambil wujud apapun untuk menyatakan maksudNya...dlm islam juga ada pengajaran akan hal ini, tertulis dlm surat 20, 21 dan 27, dlm kisah musa dimana Allah mengambil wujud Api dan Pohon kayu saat menemui musa dan menyampaikan wahyunya, satu lagi dlm surat 19 dlm kisah maryam dimana malaikat menemui maryam menjelma menjadi manusia yang sempurna, apakah ini hanya dogma dalam kristen maupun islam ??? waallahualam.

      Hapus
    4. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
    5. hah mbah selokan wkwkwkwk

      Hapus
  2. semoga bung steven tidak menghancurkan Islam dari dalam....hehehe

    BalasHapus
  3. sy juga mualaf... dr katholik juga... namun cara seperti ini sy tdk suka... menjelekkan citra islam aja... kl mau bohong yg pinter... krn penjelasan di atas adlh benar...haadeeh....bikin malu aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal..saya juga mualaf. Menjalani keislaman dan tetap mencintai kristiani. Karna ortu dan saudara2 sya kristiani. :)

      Hapus
    2. bukan islam klo ga taqyya

      Hapus
    3. Katolik pernah sibuk dengan kepercayaan orang lain, seperti Mother Theresia yg menolong orang dari semua latarbelakang agama. Mau seuruh dunia keluar dari katolik jg bukan Gereja Katolik yang akan rugi.

      Hapus
    4. Kalau saya murtadin, skrg katolik. Sangat bersyukur saya murtad....

      Hapus
    5. yakin bahwa itu pelurusan? Sejarah para nabi termasuk nabi adam, mereka menyembah pada siapa? tuhan? yesus waktu itu tidak ada.. karena yesus itu pada nabi ke 24, perantara pada umat2 dari Allah. Coba nonton aja youtube seputar Ahmad deedat dan zakir naik. perjanjian baru itu tidak lebih dari dongeng, karena makna2 dirubah. Para pendeta yakin lebih pintar daripada perkataan Tuhan... Kenapa Tuhan menyampaikan maksud, harus didengar dulu umat2.. masalahnya masih mau dirubah oleh para pendeta gereja?

      banyak modus gereja dalam memurtadkan dan menjaga karena gereja2 banyak tidak membutuhkan kebenaran.. tapi ingin menjaga KELANGSUNGAN GEREJA.. buktinya banyak gereja2 diam2 memalsukan hadis2, mengambil sepotong2 saja ayat al quran (tanpa memperlihat sebelum dan sesudahnya) dan riwayat ttg islam untuk berfitnah.. ini sudah lama DIKETAHUI agen2 dan mualaf yang mendapatinya.. :)

      Hapus
    6. lihat modus gereja, diam2 menyuruh kaum muslim yang lemah akal dan miskin di bus2 utk datang ke CFD, buat didoakan..

      modus gereja udah ajaib:
      http://www.voa-islam.com/read/smart-teen/2014/12/12/34460/voa-islam-adakan-kajian-tauhid-ruqyah-syariyah-mewaspadai-kristenisasi-dengan-modus-sihir/#sthash.7pAbJGEe.dpbs

      Hapus
    7. coba minta sama kaum indigo mampu melihat ghoib, gereja2 dipenuhi setan2.. aura merah.. karena kerjaan setan menyesatkan kaum Kristen..

      Hapus
    8. untuk kesurupan supaya masuk Kristen, oknum2 gereja2 bekerja sama dengan setan2. coba lihat baik2 auranya.. kasus pernah terjadi di amerika latin.. hasilnya lebih buruk daripada memasuki agama islam.. dengan cahaya putih..

      Hapus
    9. Menjawab kebutuhan di atas, situs berita dan dakwah Islam Voice of Al-Islam bekerjasama dengan Komunitas Cinta Ruqyah menyelenggarakan Kajian Tauhid & Ruqyah Syar'iyah, dengan tema "Mewaspadai Kristenisasi dengan Modus Sihir". Kajian tauhid dan ruqyah syar’iyah ini sebagai permulaan kegiatan offline voice of Al-Islam bersifat bulanan. Sebagai situs dakwah online, tidak cukup memberikan pencerahan di dunia maya saja. Melakukan pembinaan langsung terhadap umat dan kopi darat diharapkan bisa memupuk kecintaan dan dukungan kepada media online yang juga menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar. Kajian tauhid dan ruqyah syar’iyah ini diawali dengan kajian tauhid dan membuka kedok kristenisasi bermodus sihir. Lalu dilanjutkan dengan konseling dan terapi Ruqyah kepada peserta. Waktu pelaksanaan: Ahad, 28 Shofar 1436 H / 21 Desember 2014 M. Pukul: 09.00 WIB – 14.00 WIB Tempat: Masjid Baiturrahman, Perum. Permata Hijau Permai, Kaliabang Tengah, Bekasi Utara. Pembicara: 1. Ust. Dr. Ahmad An-Nuuri, MA. (Doktor Bidang Qiroah & Pembina Dai Indonesia Timur) 2. Ust. Syuhada’ Hanafi (Terapis Ruqyah dari Komunitas Cinta Ruqyah Kab. Bekasi) 3. Ust. Sahal Khan Al Mudhofary (KCR Jakarta Selatan) Kajian tuhid ini gratis dan terbuka untuk umum. Sedangkan Bagi saudara dan saudari yang menginginkan konsultasi dan terapi ruqyah bisa mendaftar ke Ust Badrul Tamam (Pengasuh rublik Islamia voa-islam.com) di 087781227881. -

      Hapus
    10. Agama Katolik Kristen ternyata luar biasa ya sehingga banyak yg peduli bgt dg keberadaannya,banyak yg was2 tertarik ke ajarannya sehingga dg sekuat tenaga semua dr agama mayoritas panik tiada tara seperti ini....
      Luaaaaar biasa....

      Hapus
    11. Betul... Luar biasa.... setuju denganmu...

      Hapus
    12. Apa pun yg anda bincangkan dan tuduhkan semua diketahui oleh Tuhan apa tujuannya. Tidak ada umat katolik yg menggugat anda. kami serahkan kepada Tuhan yang Mahakuasa yg memberi ganjaran.

      Hapus
    13. Ya sudah, yg mualaf biar mualf, yg murtadin biar murtadin. Yg jelas Kristus mengajarkan "kasihilah musuh2mu dan doakan-lah yg menganiaya kamu".. buah tidak jatuh jauh dari pohonnya.

      Hapus
    14. bu Florentina, jika benar anda mualaf, mohon tabayyun dulu saat mendengar berita dari beberapa pihak, bisa dengan bertanya langsung pada pak Steven, di facebook beliau ada, jangan langsung mengambil kesimpulan agar tidak menjadi fitnah atau prasangka... terima kasih...

      Hapus
    15. Haha.. lucu juga baca comment disini.. yuk, org Indonesia coba hargai agama org lain. Agama kan buat dijalankan. Bukan diperdebatkan..

      Hapus
    16. kalian semua kaya orang bego, dengan pengetahuan kalian yang cuma sekecil tai di ujung kuku aja udah sombong dan berani mencemoohkan agama satu sama lain.
      kalian pelajari kedua duanya sampai dapat gelar super sesuper-supernya master agama, baru kalian ngoceh semau mulut kalian.

      Hapus
    17. Enakan jadi Muslim, bisa poligami di dunia dan dpt 72 bidadari di surga :)

      Hapus
    18. ITU mah nafsu namanya. Keinginan daging

      Hapus
    19. وَإِنْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِ قَبْلَ مَوْتِهِ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا
      Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka. (An Nisa 159).
      Ketika kita menyangkal Dia, Dia pun akan menyangkal kita ketika hari kiamat (2 Timotius 2:12)

      Hapus
    20. puji Tuhan walau suami sy muslim tp sy tetap Kristen, bodo amat org mah mo kata apa, yg penting smpe skrg Tuhan sy tetap Yesus ... walau 2 anak sy masih pd balita, tp mudah2an mreka akan ikut sy, kbtln daerah sy bnyk skali yg agamanya warna warni tp rukun dan damai, bahkan org sekitar saling menghormati gada yg menghasut mengatakan hal2 yg buruk depan mreka diblkg mah terserah ..... hidp damai

      Hapus
    21. puji Tuhan walau suami sy muslim tp sy tetap Kristen, bodo amat org mah mo kata apa, yg penting smpe skrg Tuhan sy tetap Yesus ... walau 2 anak sy masih pd balita, tp mudah2an mreka akan ikut sy, kbtln daerah sy bnyk skali yg agamanya warna warni tp rukun dan damai, bahkan org sekitar saling menghormati gada yg menghasut mengatakan hal2 yg buruk depan mreka diblkg mah terserah ..... hidp damai

      Hapus
    22. anda luar biasa! hebat! ini namanya indonesia, disaat orang-orang melupakan bangsanya gara-gara sentimen keagamaan, anda menunjukkan kalau anda bisa rukun antar agama, dalam 1 rumah tangga lagi...!!!! salut!! salut!!

      coba saja 90 persen orang bisa seperti anda, damai indonesia..

      memang masing2 pasti akan menganggap imannya yang paling benar, ya itulah iman, tapi ketika beriman, jangan lupa kita berbangsa, ketika kita lahir, kita udah lahir di indonesia yang majemuk seperti ini. mengapa harus menolak kemajemukan?

      sekali lagi anda luar biasa, Tuhan Yesus memberkati

      Hapus
  4. KATHOLIK ITU RUMIT DAN ANDA AKAN KETAHUAN KALAU BOHONG DIKIT AJA.MAKASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul rumit sekali, sampai sampi orang katolik saja masih banyak belum tahu jawabannya

      Hapus
    2. Maaf saya luruskan. Katholik itu bukan rumit. Tetapi JELAS dan DETAIL. Beda antara rumit dan JELAS dan DETAIL. Terima Kasih :) Salam damai.

      Hapus
    3. Iman Katolik seturut fakta sejarah. Karena dasar iman Katolik adalah Tradisi dan Kitab Suci. Kitab Suci adalah Tradisi yang dibukukan. Tradisi adalah penerusan tak terputus ajaran para rasul yang diterima dari Yesus hingga generasi sekarang. Tidak terputusnya ajaran iman Katolik bisa ditelusuri dari catatan sejarah.

      Hapus
    4. Oooh Agama katolik itu tradisi toh...pantas..kalau Islam ..itu Agama samawi..artinya agama yg turun dari langit , dari Tuhan semesta alam pemilik langit dan bumi serta isinya, , perintah suci yang bawa para nabi , dengan satu perintah yg sama, satu komando yaitu, La ilaha Illallah, Tidak ada Tuhan kecuali Allah, Tuhan adam, Ibrahim, Musa , Isa dan MUHAMMAD, maka seruan para nabi kepada ummatnya di zamanya itu sama , yaitu sembahlah Allah dan ikutlah bersamaku , ( ikuti cara Ibadahnya nabi penyeru itu) bukan nabinya di sembah) Islam datang meluruskan itu, dan mengembalikan Isa ( yesus)putra Maryam ( maria) kepada posisi beliau , posisi yang layak untuk beliau ( Isa) .tidak melampaui batas...itu kawan...

      Hapus
    5. sebuah buku turun dari langit 'mak gedebuk' kwkwkwkwkw.. :D

      Hapus
    6. Firman jadi buku Quran saja dipercayai...., tetapi saya lebih percaya jika Firman (kalimatullah) jadi manusia kudus Yesus.

      Hapus
    7. kabar jampang# siapa blg agama katolik itu tradisi? atau kalau tradisi, tradisi dalam arti apa maksud anda? di atas ditulis bahwa agama katolik berdasar pada KItab suci (dan) tradisi. itulah sebabnya dikatakan menyejarah. berdasar pada kitab suci karena iman katolik ditelusur pada teks yang tertuang pada Kitab suci/Injil, yang adalah hasil pengalaman iman umat Israel (untuk Perjanjian Lama, mudah2an anda paham pembagian ini) dan pengalaman iman Gereja perdana/ para rasul, cs (untuk Perjanjian Baru). Kalo tradisi adalah pengalaman iman para rasul (gereja perdana) yang tidak dibukukan tetapi diteruskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. keduanya (Kitab Suci dan Tradisi) menduduki tempat yang sama penting dalam setiap ajaran gereja katolik......kiranya ini logis, bahwa Kitab Suci adalah hasil tulisan orang2 tertentu dalam kurun waktu tertentu berkat bimbingan Rohul Kudus.....

      Hapus
    8. Teramat sangat, di atas malah ada yg bilang kalau kristiani itu iblis. Tidak usah tinggi tinggi ilmunya, pakai kacamata awam aja sudahsangat sangat sangat JELAS, kristiani itu ajaran kasih, sesuai dengan yang namanya agama, bukan yang malah di haruskan untuk berjihad, membunuh orang untuk beribadah. ya ampun, benarkah ini agama? membunuh orang saja perintah agama, apalagi punya istri banyak, walaupun seolah olah anita wanita itu iklas tapi tidak bisa di pungkiri mereka sakit batin. ini awam ya, awam. menginjak injak harga diri wanita. dan wanitanya terima terima saja.

      Hapus
    9. Islam membolehkan untuk berpoligami, untuk menghindari perbuatan zina yg seperti kalian2 lakukan. silahkan untuk introspeksi

      Hapus
    10. trus..? apa Tuhan memperbolehkan punya istri lebih dr satu..?? adam dan hawa diciptakan cm sepasang.. apa Tuhan menciptakan hawa lain lg pada saat itu utk dipoligami..?? kalau menurut tingkat kewarasan, apa boleh satu suami punya lebih dr satu istri..?? itu namanya zinah mengatasnamakan agama! dan kalian rasa itu hal yg benar..?? klo benar, coba jelaskan kalau Tuhan pernah memerintahkan umatnya utk berbuat demikian.. ckck..

      Hapus
  5. Ketahuan sekali bohongnya, untuk menjadi seorang Katolik itu, harus belajar satu tahun, tidak segampang menbaca 2 kalimat syahadat. Paling muda umur 27 thn baru bisa menjadi pastor, Umur 19 thn baru tamat SMA, ketahuan sekali bohongnya. Bukti surat baptis/permandian selalu dicatat dibuku besar, dimana pun anda berada dan kapan saja selalu bisa dilacak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau belajar agama ribet amat.

      Hapus
    2. Belajar agama tidak ribet, yang ribet adalah belajar untuk jadi seorang pastur/imam, karena tanggung jawabnya besar dalam membina umatnya.

      Hapus
    3. saya juga mualaf. tapi saya memandang agama secara luas. semua agama hakikat nya baik contoh: tidak ada agama yang memerintahkan umatnya untuk mencuri dan saya sebagai umat islam pada hari ini tanggal 14 mei 2015 mengucapkan selamat memperingati kenaikan isa almasih kesurga. Puji Tuhan .. GBU

      Hapus
    4. Semua agama mengajarkan kebaikan.Tapi yg benar cm satu.Kita hrs memilih yg benar.

      Hapus
    5. @jn jhiu
      Terserah anda mualaf
      Tapi Gak ada umat kristiani yang memperingati kenaikan isa almasih
      Karena isa gak pernah mati disalib

      Hapus
    6. Anonim, jelas nabi isa tidak pernah di salib , isa enak2an duduk, nunggu auloh mengangkat dirinya. Beda dgn Yesus, disalib, mati dan bangkit , Paham !!

      Hapus
    7. jn jhiu,
      Tetapi ada agama yang mengajarkan untuk membenci suatu kaum dan membunuh orang diluar kaumnya sendiri GBU too.

      Hapus
  6. Steven mulai lapar akan sebuah sensasi untuk mengangkat nama nya agar bsa tenar. Demi sebuah popularitas, dia menjual keyakinan dan iman. Namun sikap yg TOLOL mengatas namakan dirinya FRATER MIMPIN MISA, ngajar FILSAFAT.. TERLALU LEBAY..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu membuktikan bahwa dirinya (Steven) benar-benar bohong besar. Mana ada frater pimpin misa, sementara frater adalah sebutan untuk mahasiswa simenari (simenaris) calon-calon pastur (kalau berhasil/tidak putus tengah jalan) sedangkan yang berhak pimpin misa adalah pastur (imam).

      Hapus
  7. Beragama lah tanpa iklan ...Tuhan menilai hati...menjadi mualaf itu hak semua orang tapi menaikkan pamor dengan menjatuhkan kepercayaan orang lain itu, tidak menambah sedikitpun nilai lebih anda di surga (#asli )..temen saya ada yg mualaf...mereka beribadah yg baik...beramal yg baik tanpa menyudutkan agama lamanya...dan ada juga teman yg keluar dari Islam...mereka juga sungguh2 dalam iman barunya...jadi semua kembali kita...berlakulah dan berbicara lah berdasarkan fakta...jangan khayalan..Tuhan itu maha dalam segalanya, jadi semua itu baik jika kita secara sadar mengakui keragaman keyakinan yg tujuan nya satu : kehidupan setelah kematian..peace be with you...kemuliaan Tuhan tidak akan berkurang hanya karena cerita2 seperti ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka skali dengan comment anda. Sya mualaf..tpi sya tetap cinta kristen..karna saya diajarkan "KASIH" olehNYA..org tua saya juga masih kristen. Oleh sebab itu sya cinta islam dan menghargai kristiani.

      Hapus
    2. raiia, nama aslinya siapa, dulu dibaptis digereja katolik mana.

      Hapus
    3. I like it too

      Hapus
    4. I LIKE IT. GBU. . benar sekali karna berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya

      Hapus
  8. Di katolik segala sesuatu tentang diri tercatat rapi di file gereja, mulai dari lahir sampai mati, di manapun kita berada... ketahuan sekali bohongnya ... kalau mau tenar jangan bawa2 agama, kasian temen2 yg laen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu siapa? Kamu bukan Kristen, tp kamu sudah seperti sangat memahami Kristen. Kalau kamu tidak paham, jangan membuat statement yang kamu sendiri tidak tahu kebenarannya. Salam damai.

      Hapus
  9. Sungguh memprihatinkan........semoga PAK STEVEN cpt sadarlah dgn kesalahan yg dilakukan......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Steven memurtadkan, itu dia tiadk sendirian.. makanya kaum non islam harus baca dulu sumbernya.. gereja itu terlalu membuat2 utk MEREDAM kegelisahan umat2 kristen yang butuh kebenaran

      Hapus
  10. Ckckck saat mem "mayoritasisasi" dibolehkan tapi mem "minoritasisasi" tidak dibolehkan...ga mau sebut merk ah ntar dituduh mem"minoritasisasi" Tuhannya aja dikhianati apalagi manusia?

    BalasHapus
  11. semoga masuk neraka

    BalasHapus
  12. media ecek2.... ga pantes dibaca. membodohi bangsa. panjenengan mau dibohongi terus? jangan dibaca. titik

    BalasHapus
  13. 17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
    (Matius 7:17)

    Terpujilah Kristus, Tuhan atas segala (yg ngaku) tuhan ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berita dihembus gereja itu bentuk kegalauan gereja, terus membuat2 skenario mencari kelemahan.. coba cek aja ini: http://duniamuallaf.blogspot.com/2014/03/steven-indra-wibowo-penginjil-bagi-saya.html

      Hapus
    2. thread ini tidak bisa diposting, ada diMODERATE.. kok dimoderate? bentuk kegalauan terhadap perkembangan islam agama Allah?

      lihat awal kehidupan maupun akhir kehidupan itu manusia?? dulu itu tidak ada bentuk manusia, Tuhan yang sang Pencipta semua mahkluk. tiap hari tuhan jadi manusia? jangan salah lagi.. Tuhan hanya membutuhkan perantara manusia ke umat2 dunia ini, adalah nabi Isa

      Hapus
    3. baca lagi keajaiban yang diberi, berkat dengan pengetahuan diberi dari Allah SWT

      http://syifor98.blogspot.com/2011/09/rahasia-rasul-menyuruh-kita-makan-dan_05.html

      apakah cuma satu? masih banyaaak lagi.... hadist2 palsu ttg islam sudah disebarkan gereja2.. tdk sama dgn hadis2 asli dipakai masyarkaat islam dunia.. mohon cek hadis2 islam asli yang kuno..

      Hapus
    4. Ini ada satu lagi payungan....over dosis jonru

      Hapus
    5. Puji Tuhan, empat ulama menjadi pengikut Kristus... :)

      http://bersatulahdalamgerejakatolik.blogspot.com/2014/10/empat-ulama-menjadi-pengikut-kristus.html

      Hapus
    6. itu saya nggak yakin, ulama itu sebelum agama kristen, bersiap2 utk memalsukan kisah makanya mengakui diri ulama, akhirnya masuk kristen.. kisah dibuat2 supaya membodohi umat2 kristen, dari perintah gereja..

      banyak propaganda kristen banyak ditangkap dan selalu dipantau agen2 islam/para mualaf.. maaf, ini rahasia :)

      Hapus
    7. Apa admin website ini dibodohi oleh yesus

      Hapus
    8. Apa kalian di bodohi muhamad? Apa kalian berbuat baik, berpuasa hanya demi pahala untuk surga? Bagaimana rupa surga menurut kitab islam? Bagaimana keadilan antara suami dan istri dalam kitab islam? Yang berhak menghakimi manusia itu Tuhan apa manusia? Lantas kenapa kalian menghakimi kaum yg bukan dari kalian dengan sebutan kafir? Kalian tidak sadar itu menyakitkan hati. Bukankah Tuhan menciptakan manusia itu semua sama. Lantas kenapa kalian berani menghakimi? Se suci itukah islam? Apa kalian tersinggung dengan komentar saya ini? Jikalau tersinggung, mak berkomentarlah yg santun.

      Hapus
    9. orang katolik nyembah patung / penyembah berhala. ingat , jangan membuat patung dlm 10 perintah tuhan , knp kalian langgar

      Hapus
    10. orang yang waras pasti bisa mikir , kok tuhan di cantelin di tembok , tuhan setara dengan cicak nempel di tembok ckckck

      Hapus
    11. Tdk perlu saling menghujat.Hasilnya tdk baik.Pelajari aja Injil dan Alqur'an.Bgt sikap org cerdas.Bandingkan mana yg bnyk pertentangan atau tidak.Tuhan tdk akan salah.Yg dari gereja ngak usah sewot pd bung Steven ,yg muslim tetap bersangka baik.Ngak usah khawatir.Dakwah itu dg ahlak yg baik jg.

      Hapus
    12. Ini komen yg paling waras dan pas. Karena menurut saya kebanyakan dari kita memeluk agama karena ikut orang tua atau lingkungan bukan karena hasil pemikiran yg logis setelah melihat dan mempelajari agama yg ada. Tidak harus mempelajari yg detail tapi yg fundamental saja kita sudah bisa menentukan pilihan. Saya sering perhatikan orang2 yg berpindah agama. Ada yg dikarenakan logika dan ada juga karena pokoknya pindah saja selain alasan logika. Kalau mau fair Anda yg mau pilih agama atau berdebat harus mulai dari titik nol, artinya tidak memihak salah satu agama, karena yg berbicara bukan logika lagi tetapi ego Anda atau fanatisme terhadap agama yg kita anut saat ini. Mari berpikir logis yg temuka agama yg menurut Anda paling logis.

      Hapus
    13. Ea, yg balas komen pada koplak, kecuali yg terakhir :P. Katolik gak memyembah patung, patung itu cuma sebagai lambang, karena di ALKITAB di katakan qt diciptakan se citra dengan allah( bukan setara/yg pinter pasti ngerti). Itu menandakan bawah qt itu makhluk paling mulia di muka bumi. Nah? Kalau KAMU??? Jangan" model cicak ya(ga da bentuk) hii ngeri kalo banyangin yg lain.

      Hapus
    14. wah, kesalahan besar kalau katolik menyembah patung. Umat katolik tidak menyembah patung, umat katolik bisa berdoa tanpa adanya patung bahkan salib sekalipun. Makanya umat katolik bisa berdoa dimana saja dan menghadap mana saja. Apabila patung disembah, maka hanya dihadapan patung itu sajalah kita hanya dapat berdoa.

      Hapus
  14. Tuhan takkan kekurangan kemulianNya karena hal hal sprti ini...aku tetap cinta Tuhan Yesus..jd umat yang mengimani keyakinannku dan tetap menghargai teman2ku yg kepercayannya beda...tak pernah saling menjatuhkan...krna saya percaya kita sama2 punya kasih ada dalam setiap hati kita.. Salam damai dr Kupang -NTT

    BalasHapus
  15. Piyungan sengaja merusak citra islam? . Apa sengaja menunjukkan kebolodan ? Untung ane katulik yg cool

    BalasHapus
  16. Turut bahagia karena semakin banyak org cerdas di Indonesia.

    Kalau mau bikin sensasi mungkin bs lebih smart lagi yah. Saya rasa ga mungkin si Steven ini keterima di seminari (sekolah pastur) apalagi ngajar filsafat.Lah ceritanya aja ga logis. Sedangkan pelajaran awal filsafat saja tentang logika. Hahahaha.. shame on you..

    Apapun agamanya, mau pindah jadi agama apa pun kalau kelakuannya ga mencerminkan kebaikan mah sami mawon krn semua agama mengajarkan kebaikan dan kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ckckck penyembah patung pada histeris ada orang masuk islam

      Hapus
    2. yang disebut histeris itu waktu denger di infotainment Andah masuk kristen.
      nah itu ... qiqiqi

      Hapus
  17. "Kalau Yesus Memang Tuhan Kenapa Para Nabi (Adam, Nuh, Ishak, dll) Tidak Menyembah Yesus ?" (Dra. Dewi Purnamawaty - Mantan Misionaris Kristen - Tinggal di Solo).

    "AGAMA, TUHAN, KITAB SUCI adalah masalah KEBENARAN BUKAN PEMBENARAN, maka harus tepat memilihnya karena berujung pada SURGA atau NERAKA" (Dra. Dewi Purnamawaty)
    http://duniamuallaf.blogspot.com/2013/11/dra-dewi-purnamawaty-mantan-misionaris.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dengar saja pihak islam dgn mencari pelurusan dan pembandingan dulu. karena gereja2 banyak membodoh kaum kristen dgn fitnah dan tipuan.. selalu tidak sama dengan fakta asli di kalangan islam.. kalau ragu, mampir aja ke mesjid dan tanya ustad aja.. bilang aja kalian islam (pura2).. banyak bisa mencari kebobrokan agama mana..

      Hapus
    2. Sebenernya ini anonim ini mau menengahi apa nambah buat permusuhan?

      Hapus
    3. coba kalian datang ke mesjid mana aja.. jangan sampai gereja tahu. kalau gereja tahu, suruh kalian datang ke mesjid yang ditunjukkan gereja.. supaya kalian percaya islam itu buruk.. jangan.. sebab saat ini ada beberapa mesjid palsu mitra gereja untuk menyadarkan orang2 kristen yang ragu soal islam.. kalian datang sebaiknya tanpa sepengetahuan gereja.. sangat mudah dilakukan..

      ingat kalau datang ke mesjid, tidak ada ustad memaksa anda masuk islam.. hanya berceramah fakta islam saja.. kalau takut, bilang aja kalian islam (PURA PURA)

      Hapus
    4. Anonim... anda sadar apa yang anda tulis di atas? Berarti anda menyuruh orang PURA PURA, berarti berbohong.... apakah itu yg diajarkan pada anda? disebelah rumah, ada mesjid yg ustadnya ceramah dengan menjelek2kan agama lain.. provokatif dan penuh permusuhan...

      Hapus
    5. Sebaiknya lbih detail lgi mmbaca Alquran. Siapa itu Isa Almasih ? Siapa Dia menurut nabi Mohamad ? Klau Nabi Mohamad sangat menghormati Isa Almasih tentu anda harus meniru sang panutan itu. Umat Katolik pun tidak punya keinginan untuk menarik umat lain masuk katolik. bukan jumlah yang menjadi ukuran tetapi kualitas imannya yg penting..

      Hapus
    6. gw mau banya sob ... kapan agama katolik didirikan ? dan siapa pendirinya ?

      Hapus
    7. Agama katolik didirikan oleh murid Yesus yang bernama Petrus, sejak kapan? Sejak Yesus mati di kayu salib. Diperkirakan abad 1 setelah Masehi.
      Sama saja, kalau ditanya, Islam ada sejak kapan? Tidak ada yang tahu persis, semua pakai perkiraan.

      Hapus
  18. Urusan surga atau neraka bukan ditangan manusia... Itu semua hak Allah Sang Pencipta...gak penting apa agama mu... Yg penting adalah perbuatanmu yg menentukan layak tidaknya masuk surga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku tingkat surga berbeda, kalau menyembah tuhan tanpa perantara, tempat surga lebih tinggi lagi.. dari dulu para nabi memperjuangkan jangan menyembah hewan, patung, setan bahkan manusia si dewa.

      Tuhan menyampaikan firman ke umat2 lewat perantara yaitu nabi isa. Para nabi sebelumnya bahkan sesudahnya, lewat hal2 tertentu.. makanya nabi isa mendapat firman makanya menyampaikan dengan suaranya.

      Tuhan sendiri mengutuk penyembahan berhala/mahkluk hidup selain Tuhan. pekerjaan iblis yang sudah lama dilakukan adalah menyekutukan Tuhan.. misi iblis selalu berhasil.. sekarang sudah banyak menyembah yang bukan Tuhan.. walahu alam

      Hapus
    2. Surga ada kaplingnya?? Wow

      Hapus
    3. yang jelas di surga ada bidadari cantik

      Hapus
    4. asik dong ada bidadari , daripada bercinta ama naga ihhhh serem , di sorga kok masih sempet duel ama naga wkwkwk kaga di dunia kaga di sorga ribut mulu

      Hapus
  19. wkwkwkwkwk. mantap gan....

    BalasHapus
  20. ini gagal casting jd itu tuh... yg kudeta2 cinta itu loh.... wkwkwkwk

    BalasHapus
  21. Urusan agama itu urusan pribadi... tidak perlu harus di publikasi... semua adalah masalah keyakinan kita masing2... andaipun di publikasikan demi popularitas itu udah tidak lagi masalah agama.... hanya masalah pribadinya sebagai manusia... ingat dia pernah berbelok dari agama awalnya dan bukan tidak mungkin suatu saat dia akan berbelok lagi dari agama yang dianutnya saat ini... siapa tau suatu saat dia menemukan sesuatu yang lebih baik menurut hatinya.... karena perbuatan itu sudah pernah dilakukannya dan bisa dilakukannya lagi... dan kalau mau membuktikan agama asal (katolik) sangatlah mudah... karena diagama katolik semua tercatat rapi (saya setuju dengan pendapat diatas) tinggal cari nama di tempat dia di babtis secara katolik pasti ketemu.... hal ini saya tau karena saya sendiri penganut katolik... salam damai untuk semua... ga perlu tengkar karena masalah sepele seperti ini... makin kita tengkar karena masalah seperti ini makin kita diketawai oleh orang luar sana... ayo kita bersatu tunjukkan kalo indonesia bisa besar dengan beragam agamanya... SALAM

    BalasHapus
  22. Sedikit Referensi, Untuk satu lagi yang janggal, katolik tidak masuk dalam PGI, PGI adalah persatuan gereja2 di Indonesia, milik gereja reformasi atau protestant. saya sebagai protestant lebih bingung lagi dengan klaim ini. ada kemungkinan besar mereka salah mengartikan antara protestant dan katolik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kitab injil dirubah dgn perjanjian baru? apa bingung ? jelas2 gereja bingung.. nabi isa itu ditentukan tuhan atau bukan? itulah tidak mau diungkapkan ke umum..

      Hapus
    2. umat kristen tidak mengenal isa. isa cuma karangan orangmu saja.

      Hapus
  23. Kerasa banyak kejanggalan kalau mengetahui hal ini, tapi orang awam mungkin banyak yang kurang tahu. Dan efek nya di med sos bisa cukup besar, sungguh bangsa indonesia mau di pecah belah seperti nya, melalui isu2 sara

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan janggal, banyak dukung miras, kebebasan berzina, mengadu domba islam, memutar baik ttg hadis2 dan al quran, .... itu udah lama dikumandangkan gereja2 secara gerakan rahasia..

      utk apa pendeta/pastor dilarang menikah? itu tidak ada disarankan Tuhan.. itu hak manusia utk menikah walaupun pastor/pendeta.. tidak ada kaitan dengan dosa/pahala.. suci itu kekeluargaan dan turun menurun.. maunya manusia disuruh tidak boleh menikah, dunia ini udah gila sih

      Hapus
    2. meaning life of Islam : https://www.youtube.com/watch?v=7d16CpWp-ok

      Hapus
    3. Bukan urusanmu

      Hapus
    4. pastor/pendeta dilarang menikah? wakakakkakakakakakakaka ini nih sok tau ngasal... makanya udah aja ga usah banding2 in agama orang lain cukup lo ma Tuhan lo ma agama lo aja... keliatan bodoh nya info lom jelas dah nge banding2 in agama orang... indon2... bodo di piara

      Hapus
    5. Terserah kl mau sembah tuhan palsu. Kayak kaum sodomi.. Ngaku demi demokrasi ?itu keyakinan buta. Ogah deh :D

      Hapus
  24. Komentar2nya bagus.. artikelnya juga bagus..
    PGI itu organisasi untuk Gereja Protestan. Jadi agak sedikit ganjil kalau seorang Steven yg katanya frater malah memiliki ortu yg pengurus PGI.
    Untuk urusan surga,menyembah,dan iman, saya teringat cerita teman saya orang katholik waktu bertanya diacara seminar islam di salah 1 perguruan tinggi terkenal.
    A : Pak Kyai, apakah di agama bapak menjamin semua masuk surga?
    KH : Tentu.. di agama kami semua di jamin. siapa yg memeluk islam pasti masuk surga.
    A : Berarti beda dgn agama sy ya Pak Kyai. Kalo di agama sy, agama ga menjamin kita masuk surga karena agama hanya perantara/alat. Yg menjamin kami masuk surga adl iman kami terhadap Yesus, TUHAN.
    #parapesertaseminarpungaduhdanribut..
    #temansayadiusirdanpakkyaiterdiam

    Inti cerita : sy berencana masuk islam karena di islam sudah pasti masuk surga (persis dgn ajaran saksi yehovah/yahwe).. siapa sih yg ga mau masuk surga? :)

    Salam damai sejahtera buat kita semua.. Amin.. GBUs

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. elah.. jawaban pak KYAI itu belum Lengkap.... Di ISLAM emang di sebutkan semua Pemeluk Islam pasti masuk surga... Tapi inget... beliau belum selesai, " bahwa apakah masuk syurga itu Mudah ?nahhh ini dia..... jawabannya " TIDAK" itulah kenapa di ciptakan adanya NERAKA.. semua juga harus ada TEST yang dilalui.... Apakah muslim itu Sholat 5 waktu, Zakat, Puasa... belum lagi dilihat hubungan dia dengan sesama umat manusia dan semua ciptaan ALLAH SWT, jadi intinya sih.. saya aja ygn org islam .. malah pikir bakal masuk neraka dulu.... hikhik..semoga ALLAH SWT memeberikan ampunan, AMIN....semoga penjelasan saya bisa di pahami yah... :)

      Hapus
  25. REPOTTT AMAt sih.... dia mau bohong apa gak ? urusan DIA.... saya org ISLAM ajah biasa ajah ada pastur atau apapun...jadi MUALAF.... gak bangga 2 juga.. , atau gak ada LAGI org yg jadi mualaf juga gak masalah,seandainya PENDUDUK DI DUNIA ini 99 %NON MUSLIM... ya saya sama KELUARGA bagian yang 1% itu, tdak MUDAH memurtadkan ORG ISLAM..REAL MUSLIM...so... biar ajah lah kalo dia bohong.. asala imannya bukan bohong

    BalasHapus
  26. Harus nya dia juga cerita kalau sudah jadi uskup sekalian kalau perlu namanya masuk dalam daftar calon paus ha...... Ha......

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha-haha, khan dulu sempat ada beritanya (katanya) kalau ada paus jadi masuk islam dan mengucapkan syahadat saat berada di turki.

      tuhan yesus memberkati kita semua.

      Hapus
  27. pkspiyungan khan sampah.nggak usah dipercaya berita apapun dari sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya saja pada para mualaf, termasuk bule2 inggris.. apakah kalian takut akan kebenaran? atau ingin menutupi kebenaran yang asli?

      Hapus
    2. Setau saya , KEBENARAN itu ialah KASIH, tidak membunuh, tidak menyudutkan sesamanya (dengan sebutan kafir, najis), tidak memerangi musuh musuhnya, tidak membalas dendam, tidak berbuat baik demi pahala (apalagi demi masuk surga), tidak minta di hormati melainkan menghormati (contoh di bulan puasa, kalo puasa ya puasa aja, jgn minta di hormati).... intinya, kebenaran itu adalah KASIH, tulus murni tanpa embel2...

      Hapus
  28. yang sampah itu yang suka kotoran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan juga bicara kotor

      Hapus
    2. YANG SENENG MEMFITNAH DAN FITNAH

      Hapus
    3. kok sdr jd sewot yah ? ada apa gerangan..............
      sayang sekali

      Hapus
  29. Ini udah masuk penistaan agama katolik. Silakan laporkan kepada pihak berwajib atas penistaan agama katolik ini. Melalui FB ini: https://www.facebook.com/DivHumasPolri

    BalasHapus
  30. According to the Qur'an (18:86), the sun sets in a pool of murky water. Muslims have tried desperately to reinterpret this verse. Unfortunately for them, Muhammad gave his interpretation in the Hadith.

    https://www.youtube.com/watch?v=IhHDgKnE9r0&index=19&list=FL96MmCXbgzqw5Dib_MBOiKw

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah baca belum ayat "sebelumnya dan sesudahnya" ?? itu hanya diplintir oleh oknum gereja.. membodohi orang2 Kristen agar menjadi phobia terhadap islam.. fitnah udah banyak.. apakah tidak takut masuk neraka? :)

      Hapus
    2. Saya Kristen, saya tidak fobia dengan islam. Saya bersahabat dengan dengan teman2 muslim dan menghormati mereka. Berbeda itu indah Oom.. Tidak baik fitnah. Tidak baik menyebar kebencian. Saya yakin Islam itu mengajarkan damai. Agama itu hanya media, cara berbeda2, tapi semuanya mengajarkan kasih dan kebaikan. Salam damai.

      Hapus
  31. David Wood Proves Scientific Mistake in the Quran and Hadith https://www.youtube.com/watch?v=eA84wWyGcj8&list=UUnZL66x9M5N-O-yKjt2pzxw

    BalasHapus
  32. What Every Christian Needs to Know About Islam

    https://www.youtube.com/watch?v=uKKNJ9tjo4Q&list=FL96MmCXbgzqw5Dib_MBOiKw&index=16

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukti Kristen menyembah Allah bukan pada yesus. https://www.youtube.com/watch?v=g-b5PMzRWvI


      jadi islam sudah lama mengetahui Tuhan sebenarnya..

      Hapus
  33. karangan anak-anak pesantren

    BalasHapus
  34. Tuhan pun tersenyum... bercerminlah dan banyaklah berdoa dg hatimu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh orang ini... ngaku muslim ketahuan palsu !! https://www.youtube.com/watch?v=2OvOflio1c4

      Hapus
    2. namanya keren??? kok terus namanya membuat anak2 percaya ada sinterklas?? islam tidak mengajar kebohongan pada dongeng islam.. karena itu kebohongan bukan ibadah kok dijadikan hari agama?

      https://www.youtube.com/watch?v=I_85QgMCB9A

      Hapus
    3. injil sudah menjelaskan adanya perantara dari Tuhan.. liat videonya:

      kalau dijelask2n para pendeta kayak dongeng, bukan meluruskan ayat injil??

      Video:
      https://www.youtube.com/watch?v=A-27z4Gy-1w

      Hapus
    4. Sinterklas itu memang ada. Dulu namanya st. Nicholas. Kuburannya pun ada kok di Turki. Kenapa kami menjaga legenda itu tetap ada? Supaya anak-anak itu mempunyai harapan terhadap kebaikan seperti st. Nicholas yang tidak pandang bulu memberikan hadiah Natal bagi yang miskin papa.

      Hapus
  35. Saya orang Hindu dan saya cinta damai. Pada dasar Tuhan itu adalah satu dan dalam banyak manifestasiNya. Sedangkan agama itu adalah sebuah wadah kalau boleh saya sebutkan begitu, untuk memuja Tuhan. Jadi jika anda menjelekkan agama lain itu sama saja dengan anda menjelekkan agama anda sendiri karena dalam hal ini anda menjelekkan Tuhan yang dalam manifestasi yang berbeda dan di muliakan oleh agama yang berbeda pula. Jadi buat apa ribut ribut saling menjatuhkan satu sama lain? PEACE IN LOVE. Om Shanti Shanti Shanti Om (salam damai damai damai salam)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100% setuju, buat apa cari2 keributan, cari permusuhan, menjelek2an agama lain sepertinya yg paling benar dan suci. Sudah tahu Tuhan itu maha segala galanya ,jadi Tuhan bisa saja berujud sebagai apapun. Urus aja diri sendiri berbuatlah baik selama masih hidup.

      Hapus
  36. Tuhan ampunilah mereka yang mengarang kebohongan ini...karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan

    BalasHapus
  37. udah tau pkspiyungan emang sinting

    BalasHapus
  38. Jonru jg mualaf.semua kerjanya provokasi..

    BalasHapus
  39. Ampunilah mereka para dedengkot dan kacung Partai Khilaf Selalu, tiada hari tanpa khilaf dan sensasi.

    BalasHapus
  40. Ampunilah mereka para dedengkot dan kacung Partai Khilaf Selalu, tiada hari tanpa khilaf dan sensasi.

    BalasHapus
  41. Semoga Tuhan Yesus dapat membimbing dia ke jalan kebenaran.

    Dan Semoga kita sll diberkati untuk saling mengasihi terhadap sesama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya tuhan kita berharap. Misi nabi isa sudah selesai. Sampai kiamat nabi isa mngajak umat2 kmbl mnyembah tuhan asli (bukan nabi isa). Itu diungkapkan riwayat islam bhw nabi isa sendiri menyembah tuhan pd hr kiamat..

      Hapus
    2. Cuy, jangan dakwah disini, lagian tu comment bwt kalangan sendiri... ga malu? Sukanya ngusik orang lain aja... cari kerja sono, kebanyakan nganggur jd bego lo..

      Hapus
  42. Ketika agama menjadi mahkota seseorang..
    dia akan menganggap perbuatan baik yang seharusnya dilakukan adalah berdasarkan agama..
    sehingga mngesampingkan nilai2 kebenaran dan kebaikan yang seharusnya dipancarkan oleh orang tersebut..
    baik itu agama muslim,katholik,hindu,budha,khong hu chu..
    ketika seseorang menganggap bahwa agama merekalah yang paling benar..
    maka kebohongan yang mengesampingkan pada nilai2 kebaikan dan kebenaran akan dilupakan.
    dan menganggap sebuah kebohongan adalah suatu hal yg benar dan kejahtan adalah kebaikan..
    mereka menganggap bahwa dosa yang mereka lakukan dengan sengaja akan mendapatkan ampun dari yang MahaKuasa.
    tetapi semua itu salah..
    yang MahaKuasa tidak akan mengampuni setiap orang yang dengan sengaja melakukan kejahatan..
    yan MahaKuasa MahaTahu akan semua kebaikan dan nilai kebenaran dari setiap orang.
    karena itu orang yang kelihatannya melakukan tindakn yang terlihat benar bagi orang lain
    belum tentu akan benar bagi DIA.
    namun demikian tindakan buruk yang dipandang oleh orang salah belum tentu di pandang oleh yang MahaKuasa adalah tindakan yang salah jika tindakan tersebut berdasarkan nilai2 kebaikan dan kebenaran.
    Oleh karena itulah orang yang melakukan suatu tindakan yang buruk yang dipandang oleh orang salah akan mendapat pengampunan dari yang MahaKuasa dan orang yang terlihat benar dimata orang namun salah bagi MahaKuasa belumlah tentu dia akan mendaptkan hadiah dari yang MahaKuasa.
    oleh karena itu manusia tidak boleh mengesampingkan nilai2 kebaikan dan kebenaran yang ada..
    meskipun beragama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya banyak manusia yang salah dalam mempelajari agamanya, sehingga tidak tahu isi dari ajaran agamanya.

      Hapus
  43. Tuhan, ampuni dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya setan2 bebas bergentanyangan di modus Kristen.. jangan hanya melihat pihak sendiri, carilah tahu ke dua pihak masing2 dulu. islam dan gereja.. barat aja tidak ada bertindak karena tidak ada agama melarang illegal.. Makanya Allah menurunkan kitab terakhir ... apa ya? bukankah negeri2 zodomi/miras/perzinaan hilang diazab.. bentar lagi Negara mana bakal menyusul? karena sudah meresahkan peradaban dunia.. lihat riwayat joyoboyo yg menyebutkan dunia jadi edan.. banyak wanita spt lelaki, ..

      http://oediku.wordpress.com/2013/12/24/ramalan-jayabaya-jongko-joyoboyo-tentang-nusantara/

      islam sudah berusaha menangkal pengaruh buruk liberal gereja di dunia.. hancur udah dunia !!

      Hapus
  44. Mudahnya memecah Indonesia...
    Semoga dosanya diampuni Tuhan yang Maha Esa...

    BalasHapus
  45. sa'karepmu ... sa'senengmu
    tulisen sa'enak'e udelmu ... aku loh gak ngurus

    BalasHapus
  46. tanggung jawab pribadi .. gitu aja kok repot

    BalasHapus
  47. SEPERTINYA INI ADALAH KEBOHONGAN UTK PEMBENARAN
    BANYAK KEBOHONGAN2 YG MEREKA BUAT DEMI MENGUATKAN IMAN MEREKA DAN BERHARAP PARA PENGANUT KRISTEN/KATOLIK MENJADI MUALAF....
    SEBEGITU HEBATNYA AGAMA KATOLIK DAN KRISTEN SEHINGGA MEREKA PANIK DAN WAS WAS DENGAN KEBERADAAN AGAMA LUAR BIASA INI

    BalasHapus
  48. Perlu diluruskan disini... antara Katolik dan Kristen itu berbeda meski sama2 memakai Alkitab dan mencintai Yesus...
    Dalam gereja katolik utk menjadi seorang Katolik harus melewati tahapan2 proses jd tdk bs asal lgs masuk... jd bilamana ada misal seseorang dr agama lain berpindah menjadi katolik maka org itu hrs terdaftar dulu menjadi calon dan hrs belajar dulu... stlh itu br bs mendaftar utk pembaptisan... dr baptis itu sll ada sertifikat dan terdaftar di gereja... kl sdh seperti itu barulah bs dibilang dy sbg org katolik... sy tdk tau kl di Kristen apakah ada proses belajar atau bs langsung baptis aja...

    perbedaan ini yg perlu diingat makanya gereja katolik ataupun umat katolik sekalipun sangat jarang yg agresif menarik seseorang dr agama lain utk berpindah agama... stiap ada isu2 yg dipropagandakan utk memecah belah antar agama malah biasanya pastor2 di gereja itu hny akan mengingatkan utk lebih menguatkan keimanan dan utk tdk membenci atau terprovokasi...

    sbnrnya soal agama dan iman itu sih urusan masing2 individu aja... yg pertanggungjawabannya jg scr individu bkn berkelompok kok...

    Sy setuju dg komentar bhw pd dasarnya Allah itu ya hanya satu, Dia yg menciptakan Alam semesta ini... hanya saja dimanifestasikan dlm wujud, sebutan, dan cara pandang yg berbeda dlm bentuk agama2... kembali ke stiap individunya merasa comfortable dg tata cara atau sistem dlm agama apa yg sesuai dg pribadinya aja...

    Bagi saya setiap agama ini sbnrnya ajarannya baik... yg menyebabkan image tdk baik itu ya justru dr individu2 yg salah dlm mengartikan/ mentafsirkan/ mengimplemenyasikan ajaran agama itu...
    menjadi umat beragama itu yg paling penting adalah bgmn bersikap baik dlm menjalankan kehidupan hari2 bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat (dlm artian luas yg majemuk dan dlm perbedaan yg ada)... sementara iman itu adalah bgmn hubungan seseorang dg Allah/Tuhan yg diimaninya...

    agama apapun itu, asalkan org tersebut menjalankan hidup yg baik... yg baik itu spt apa, menurut saya ada dlm 10 perintah Allah yg diturunkan melalui nabi Musa...

    1. Jangan menyembah berhala
    2. Jangan menyebut nama Tuhan scr tdk hormat (jd sesuai dg hal ini maka mgkn bs diartikan untuk tdk menghina agama lain juga)
    3. Kuduskanlah hari sabat (menurut saya scr logikanya Tuhan telah memberikan contoh agar manusia 6hari bekerja utk dan hrs stidaknya hrs meluangkan waktu 1hari utk beribadah, beristirahat, bercengkraman dg klrg, bersosialisasi dg kerabat/teman/saudara, kl dr kristen/katolik itu ya hari minggu, kl dlm muslim khan ada hari Jumat)
    4. Hormatilah org tua mu (cintai dan berbakti juga)
    5. Jangan membunuh
    6. Jangan berzinah
    7. Jangan mencuri
    8. Jangan bersaksi dusta (berbohong)
    9. Jangan mengingini rumah org lain
    10. Jangan mengingini barang/ harta milik org lain.

    sy rasa 10 poin diatas diajarkan dlm agama apapun hny saja interpretasinya berbeda2...

    intinya kita yg hidup di era modern dan maju... hrsnya lbh berpikiran terbuka dan logis aja... jgn mudah diadu domba... semua agama itu baik... hny segelintir individu2 yg tdk bertanggung jwb yg menebarkan kebencian atau pemahaman yg salah tentang agamanya... hiduplah dlm toleransi krn kita diciptakan oleh MAHA PENCIPTA YG ESA (esa = satu)... Damai itu Indah... jgn terpancing atau terpengaruh oleh org2 dg pemahaman dangkal... Allah/Tuhan maha tau apa yg kita perbuat... dan Allah/Tuhan hny akan meminta pertanggung jawaban scr pribadi... jd baiknya jalani hidup srndiri dl dg sebaik2nya agar dpt diprtanggung jawabkan scr pribadi...

    mari mulai tingkatkan tenggang rasa dan toleransi antar umat beragama...
    salam damai dan cinta kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget. Beragama itu baik. Agama apapun semuanya baik. Maka berperilakulah yg baik sebagai manusia supaya tidak mencoreng nama agamamu sendiri. Jangan fanatik sempit, dari kecil juga di sekolah udah diajarin kalo itu ga bagus (buat yg sekolah pasti tahu :p). Bergaul dengan banyak orang deh, supaya tahu bahwa dunia yg isinya manusia yg beragam ini lebih indah daripada kalau semuanya sama. Damai di bumi untuk semuanya.

      Hapus
  49. Semoga masalahnya clear sampai di sini dan tidak memecah belah umat. Toleransi antar umat beragama harus senantiasa dijaga. Trims telah berbagi. :)

    BalasHapus
  50. bagimu agamamu bagiku agamaku.
    Tidaklah kalian semua dibekali oleh akal dan pikiran. Pergunakanlah. Sesungguhnya keselamatan adalah bagi orang2 yang berfikir.

    BalasHapus
  51. Yuk main kemari www.kristolog.com

    BalasHapus
  52. Hedeh..., hari gini masih ada orang yang buat sensasi seperti ini. Satu pertanyaan untuk mereka-mereka yang berpikiran picik dan selalu menaruh prasangka buruk terhadap sesamanya: apakah anda semua paham apa artinya beragama? Jika anda sudah hidup adil, damai, teratur, dan rukun dengan sesamamu yang lain, itu berarti anda sudah beragama. Tapi jika belum, sebaiknya anda jangan ngaku-ngaku sudah beragama. Komen ini berlaku untuk kita semua... Mari membangun dunia dengan segala kebinekaan kita dengan tanpa harus saling menyakiti.

    BalasHapus
  53. LABEL AGAMA TIDAK PENTING, YANG PENTING "APAKAH MANUSIA ITU MEMPUNYAI HUBUNGAN YANG INTIM DENGAN YESUS KRISTUS".....

    YESUS KRISTUS ADALAH ANUGERAH TERBESAR DARI SANG PENCIPTA BAGI UMAT MANUSIA, KARENA DIALAH ANUGERAH KESELAMATAN DAN PENDAMAIAN DOSA-DOSA UMAT MANUSIA DENGAN SANG PENCIPTA...

    MENOLAK YESUS KRISTUS SAMA SAJA MENOLAK KESELAMATAN DAN PENDAMAIAN ATAS DOSA-DOSA MANUSIA DENGAN SANG PENCIPTA......

    HANYA DI DALAM YESUS KRISTUS LAH MANUSIA MEMPUNYAI DAMAI SEJAHTERA, SUKACITA SURGAWI DAN KEBENARAN YANG HAKIKI....
    DAN DI DALAM YESUS KRISTUS MANUSIA MEMPUNYAI "KASIH" YANG TIDAK BERPURA-PURA.

    MANUSIA DILUAR YESUS KRISTUS HANYA MEMPUNYAI DAMAI SEJAHTERA, SUKACITA DAN KEBENARAN YANG BERSIFAT DUNIAWI (YANG DI BUAT / DI REKAYASA OLEH MANUSIA ITU SENDIRI), JADI BUKAN BERASAL DARI SURGAWI DAN HAKIKI.... DAN DI LUAR YESUS KRISTUS MANUSIA HANYA MEMPUNYAI "KASIH" YANG PURA-PURA (KEPALSUAN)

    (sumber : pengalaman pribadi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh koplak. Gw juga katolik, point yg terakhir itu salah, bukan Kepalsuan, lo kira yg tinggal di dunia malaikat semua? Malaikat aja bisa salah ampe di buang apalagi manusia??? Point terakhir itu Makanya Kita Ada Yg namanya CINTA...

      Hapus
  54. Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!" (Wahyu 22:11)

    BalasHapus
  55. yuk saatnya mata hati kita terbuka, agar mendapatkan hidayah, silahkan kunjungi dan pelajari arsip arsip di bawah ini :

    http://indonesia.faithfreedom.org/forum/
    http://www.answering-islam.org/
    http://sayatahuislam.blogspot.com/
    https://muslimharustahu.wordpress.com/

    BalasHapus
  56. semoga allah memberikan hidayah kepada orang sepertimu

    BalasHapus
  57. Lebih baik ber Tuhan, dari pada ber agama. Agama hanyalah petunjuk jalan utk mencapai Tuhan. Agama bukanlah Tuhan. Jgn sembah agama, tp sembahlah Tuhan. Berapa byk dosa yg kita lakukan atas nama agama???

    BalasHapus
  58. Ea. Cma mau bilang Ini salah satu contoh orang yg punya iman lemah. Tpi gk apalah gk ad yg rugi kok. Hak nya dia juga sih memilih suatu ajaran, tpi inget jangan main nuduh/fitnah klo pengetahuannya masih ecek". Namanya juga manusia gk luput dri kesalahan, tpi jangan salah memilih :p

    BalasHapus
  59. Jangan jadikan agama sebagai perdebatan.. agama thu cara manusia menyembah Tuhan nya masing2.. kita harus saling menghargai.. jangan ngaku2 beragama tp buat keributan.. menghina agama orglaen jg dosa.. gag da yg mengatakan qlo agama mu anu bakal masuk surga.. Qt negara Ke Tuhanan Yang Maha Esa... camkan itu..

    BalasHapus
  60. Pimpin Misa umur 19? Kalau umat muslim yang sama sekali gak tau mengenai Katolisitas sih, pasti percaya sampai ke tulang sumsum. Frater itu lulusan seminari alias cuma lulusan SMA sederajat pas dgn usia 19thn. Kalau nge-bohong tolong di-setting supaya gak ketara, doooong!

    BalasHapus
  61. macam macam cara orang cari duit,,, salah satunya ini..

    BalasHapus
  62. Ini kalian pada saling mencela satu sama lain, maaf ya biasanya yg baru sedikit belajarnya yg sok jago ... sudah menyaksikan sendiri pernyataan dari Steven?, coba lihat di youtube ... dia sangat santun... menghormati kedua orang tuanya , menghormati katolik ... so apa yg salah ? , gini aja simple-nya ... kalian bilang Steven bohong..ngak mungkin, ngak masuk akal ..dll kalian berani ketemu langsung sama Steven ?, saya challange kalian... kalian tinggal duduk manis, pilih tempat , saya yg akan contact Steven ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas, maaf ya kalau dia usia 19 tahun sudah pernah memimpin misa adalah maaf sekali lagi maaf itu adalah bohong besar sebab;
      Yang berhak dan diperbolehkan memimpin misa adalah Pastor.
      Untuk menjadi seorang pastur harus belajar di simenari dan melewati beberapa (setidaknya ada 4) tahapan, tiap tahapan setidaknya berdurasi waktu 1 sampai 2 tahun. Sedangkan Untuk masuk simenari tinggi harus berpendidikan SMA dan sederajat. Empat tahapan tersebut antara lain masa pengenalan (postulat), kaul pertama (novisiat), uniorat, dan seniorat. Stelah seslesai 4 tahapan tersebut menjalani Tahun Oriantasi Pastoral (TOP) Sekali lagi tiap tahapan memerlukan waktu antara 1 s/d 2 tahun. Selesai TOP ditahbiskan menjadi Diakon. antara 6 bl s/d 1 tahun. Barulah ditahbiskan menjadi Pastor. (jika memenuhi syarat). Jelasnya tidak akan terjadi sejenius apapun usia 19 tahun menjadi Pastor. Kalau masalah sikap dalam pergaulan bisa saja kok dibuat-buat memeng kita tahu.

      Hapus
  63. Tuhan Yesus yang Benar.... Hanya Yesus... Allah Abraham Isak dan Yakub... Dia yang awal dan yang akhir....

    BalasHapus
  64. SEMUA AGAMA BAIK... PESAN SAYA: UNTUK MASALAH AGAMA JANGAN MEMAKAI OTAK (LOGIKA) KARENA TIDAK AKAN PERNAH KETEMU UJUNGNYA...TAPI PAKAILAH HATI. "Rasakan kedamaian dari dalam hati mu" smoga damai beserta kita.. amiiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya bang; Memang benar bahwa, agama tidak cukup dengan logika bang, tetapi pendidikan pastur tetap ada aturannya dan menggunakan logika.

      Hapus
  65. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  66. Media media yang bersemangat memberitakan mualaf biasa sangat berani untuk mengambil resiko menjadi malu karena ternyata beritanya banyak yang ngawur..

    BalasHapus
  67. Di Car Free Dey Jakarta juga Ada Kristenisasi yg korbanya rata2 Itu nenek2 yg sdh sangat tua / pikun....dan anak2 yg masih polos....cek aja di youtube

    BalasHapus
  68. HHmmm nampak kebohongannya steven indra dan PKS Piyungan.. Dan Utk Republika janganlah memmuat berita yang tidak benar demi untuk meningkatkan oplah penjualan dan ujung2nya duit / keuntungan ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok pada ramai!!! Kita sebagai orang Islam hanya berkewajiban menyampaikan kebenaran, hidayah itu hanya Alloh yang menentukan..Kebenaran hanya milik Alloh... mau kristen, protestan, katolik dll silakan.. tapi ingat neraka jahanam menanti, dan akan kekal di dalamnya.

      Hapus
  69. Saya Manusia biasa yang harus banyak belajar28 Februari 2016 01.57

    Lebih enak baca koment soal no togel mbah puro dari pada baca koment yaang SOK NARSIS dan Over Percaya diri mengenai siapa agama yang bener dan siapa agama yang salah.

    Semua berkata tentang sejarah dan fakta sejarah.
    Coba yang koment jujur jawab dalam hati kalian masing masing!!!
    1. Sudah sejauh apa kalian mengenal Allah/Tuhan yang kalian percayai???
    2. Sudah sejauh mana kalian mengimani segala pengetahuan akan Allah/Tuhan yang kalian percayai??
    3. Sudah sejauh mana kalian menjalani segala perintah atau pun pengajaran yang kalian dapatkan dari agama kalian masing masing??
    4. Sudah sejauh mana kalian mengamalkan segala bentuk pengajaran tentang Allah/Tuhan kepada keluarga dan lingkungan kalian?
    5. Sudah seberapa yakin kah kalian bahwa kalian akan dipastikan masuk Surga??
    6. Apakah kalian sudah lulus dari proses pembelajaran akan keimanan kalian selama kalian masih hidup???
    7. Apakah sudah bersih dari Dosa??

    Saya pribadi yang Kristen Protestan sejak lahir dari point diatas belum satu pun bisa saya jalani karena saya masih harus belajar dan memperbaiki diri saya dulu sampai bisa saya pertanggung jawabkan ketika PENGHAKIMAN terakhir tiba menjumpai manusia.

    Salam Perdamaian Indonesia

    BalasHapus
  70. mau orang bilang apa soal kristen say mah masa bodoh, bagi yang mualaf silahkan brarti anda tidak mengerti tentang kasih Allah
    kwyakinan bukanlah logika tetapi sesuatu yang fiksi yang tidak bisa di ukur kebenarannya

    saat Allah menciptakan langit dan bumi apa kita berada disitu apa ada saksi mati tidak bukan tetapi kita bisa meyakini

    begitupula tentang penebusan yang dilakukan Yesus dikayu salib bagi say itu semua nyata buka seperti yang tertulis di injil2 aneh seperti barnabas

    Yesus ditakdirkan mati dikayu salib oleh Allah sendiri bagi sebagian orang ini agak aneh kisah penebusn yang mengatakan Yesus yang manusia biasa bisa menebus dosa

    sebenarnya kita secara tidak langsung menjengkali kuasa Allah, apapun bisa terjadi

    Yesus memng manusia sempurna tetapi kita juga harus tahu Yesus juga pubya jiwa Illahi oleh sebab itu Dia yang dikatakan manusia bisa bahkan mampu membangkitkan orang yang sudah mati 4 hari lamanya bvahakan angin ribut tunduk dikakkinya

    Allah Yesus dan rohkudus adalah tiga pribadi tapi satu kesatuan sam seperti telur telur memiliki kuning telur putih telur dan cangkang telur ketignya adalah telur itu sendiri

    begitupula Allah Yesus dan Roh kudus

    menyembah Yesus sam dengn menyembah Allah
    karena ada tertulis di Yohanes 14 Yesus berada di dalam bapa dan bapa berada di dalam yesus

    semata mata meminta kepada Yesus maka Dia akan mengebulkannya
    karena dengan begitu Allah dipermulikan dalam diri Yesus

    pasti kita merasa bingung itulah arti sebuah keyakinan/agama

    sesuatu yang tidak bisa diterima akal manusia itulah sebenarnya

    bicara ini benar slah sya meyakini 100 % Yesus adalah juruslamat manusia
    hanya orang yang betul2 yakin kepadanya akan masuk kekerajaan Allah itu juga bukan saya yang bilang tapi Yesus kristus mengatakannya di dalam alkitab

    jadi silahkan percaya atau tidak
    Yesus Kristus memberikan jaminan keselamatan
    atau menunggu akhir zaman dan melihat sendiri kebenarannya
    jika yang say yakini terbukti benar bagi yang tidak percaya tidak memiliki kesempatan untuk menyesal


    BalasHapus
  71. Tidak kaget dengan artikel seperti ini, sering di gembar gemborkan di media, kalaupun benar, itu adalah tanggung jawab pribadinya dengan apa yang telah dia imani sebelumnya. Kebanyakan artikel seperti ini hanya direkayasa saja. Kalau benar direkayasa ya kita tidak usah kaget karena kerjaan penyesat ya seperti ini.

    BalasHapus
  72. kita sebagai manusia tidak boleh terlalu menghukumnya. Kita mengakui bahwa dia telah bersalah terhadap sesamanya. Biarkan Yesus yang menghukumnya. Dari awal kita telah tahu kalo dia berbohong. Kita sebagai umat katolik diharapkan jeli terhadap kesaksian seperti ini. Dan kalo dipikir, saya setuju frater itu tidak memimpin misa melainkan romo. dan jabatan frater lebih rendah daripada romo. Frater masih belajar untuk menjadi calon romo. Ayahnya seorang aktivis kristen protestan. Usia muda masih sulit membuat keputusan. Padahal yang kita ketahui dia udah pindah dari katolik sejak kecil. Itu suatu hal yang absurd

    BalasHapus
  73. dengan menyebut nama allah yg maha kasih dan maha sayang

    katakanlah allah itu satu
    allah tempat bergantung segala sesuatu
    tidak beranak dan di peranakan
    tidak ada yg setara dan sebanding dengannya di langit dan di bumi...

    BalasHapus
  74. Foto2nya bagus, bunda Maria juga cantik pake tudung. Jadi heran deh, kho umatnya gak ada yang ngikutin!?

    BalasHapus
  75. Bukan hanya Steven, tetapi juga ada yng mengaku suster, tetapi aneh kuliahnya di Simenari (tidak disebut namanya) di Bandung. Aneh baru kali ini ada simenari untuk pendidikan suster. Yang mengherankan lagi kok iya menjadi suatu kebanggaan bohong, namun untuk membohongi jamaahnya, dan lagi-2 jamaahnya kok iya sangat suka dibohongi bahkan menyanjung=nyanjung ustazahnya tersebut. Contoh; Ustazah Hj. I H dari Surabaya.

    BalasHapus
  76. Beberapa alasan para mualaf berbohong:

    1. Alasan Sosial: supaya cepat diterima di lingkungannya yang baru. Dengan menjelek-jelekkan dan mengungkapkan kelemahan lingkungan sebelumnya, umat di lingkungan baru dapat segera menerimanya. Apalagi bila diiming-imingi dengan kata-kata “Hidayah Allah STW”

    2. Alasan Popularitas: menyebarkan kebohongan tentang kelemahan atau kejelekan agama sebelumnya membuat diri seorang mualaf cepat terkenal. Apalagi banyak umat islam yang mudah dibodoh-bodohi.

    3. Alasan Keselamatan: memang al quran sudah mengatakan bahwa hanya umat islam saja yang masuk sorga; orang kafir pasti di neraka. Kebaikan dan amal kasih yang dilakukan orang kafir tak ada gunanya, tidak mendatangkan pahala. Akan tetapi, dengan menjadi islam belum tentu juga otomatis masuk sorga, karena seseorang harus melakukan berbagai macam kewajiban. Salah satu jalan mudah (dan murah) untuk masuk sorga adalah dengan mengislamkan orang kafir. Hadits At Tabrani berkata: Nabi Muhammad bersabda, “Siapa yang dapat mengislamkan orang dengan usahanya, maka pastilah ia masuk ke dalam sorga,” Masuk sorga di sini suatu kepastian dan otomatis. Jadi, tak perlu lagi sibuk-sibuk dengan kewajiban lainnya. Nah, para mualaf ini sudah mendapatkan popularitas. Dengan popularitas itu dan dengan kebohongan-kebohongannya, mungkin aka nada orang kafir yang tertipu dan akhirnya menjadi islam. Kan sudah pasti masuk sorga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saudaraku

      1.tidak ada hadith at tabrani, yang ada adalah at tabari.

      2.kemudian hadith tidak digunakan secara demikian, hadith harus digunakan secara benar, salah satu contoh : memberi konteks kepada setiap ayat suci didalam qur'an. Jadi asal mengambil baian dari hadith itu tidak tepat, dan malah bisa berujung sesat dari konteks nya. ( Gak mau juga kan saudara2 non Kristen melakukan hal yang sama pada alkitab!? )

      3.Dan kalau komentar tentang agama lain, agama apapun itu jangan langsung komentar tanpa pengetahuan yang benar, pelajari dulu. kalau anda mau belajar islam, anda bisa beli al qur'an versi bahasa indonesia, kemudian beli hadith yang shahih seperti shahih muslim, bukhari, sunan abu dawud, sirat rasulullah oleh Ibn Ishaq, at tabari. kemudian tafsir-tafsir contohnya tafsir jalalain. ya supaya jangan komentar yang bukan agama anda lalu anda kelihatan bodoh lalu orang menghina iman anda.

      Hapus
  77. Ada pepatah Mulutmu HarimaumU..
    kalau gue sih percaya pada sumbernya langsung dari saudara steven
    dripada Blog abal2 bginian siapa tahu ini cuma untuk memfitnah
    saudara steven sbb karna jadi mualaf.

    BalasHapus
  78. gw katolik...lu mau blg gw kafir,lu mau blg gw nyembah patung,lu mau blg tuhan gw beranak,lu mau blg gw nti masuk neraka dan cm agama lu doank yg masuk surga trs disurga ktmu bidadari,gw masa bodo...klo ga tau katolik ya ga usah sok tau,iman tuh adanya ddlm hati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa yang menyalakan lampu lalu menaruhnya dibawah ranjang? barang siapa menyalakan lampu akan menaruhnya pada kaki lampu sehingga terang dan kelihatanlah seisi ruangan. ~ Yesus dari nazareth

      berilah pertanggung jawaban akan imanmu kepada siapa saja yang mempertanyakan imanmu dengan kasih dan sukacita ~ Petrus, nelayan dari Galilea

      Hapus
  79. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama Agen Kami dan Dapatkan Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya.
    judi dewa poker terbaik indonesia

    BalasHapus
  80. Saudaraku... wahai para gembala...
    Keluarlah kalian dr kandang, nikmati, pahami dan renungkan alam ciptaan Allah Swt ini,,, sesungguhnya banyak pesan yg Allah Swt tunjukkan sebagai pelajaran bagi manusia yg berakal... maka gunakanlah akal itu utk meyakini bahwa hidup ini adl utk ibadah n bersujud hanya kepada Allah Swt...
    hentikan fitnah, gapailah fitrah,, ingat!! hidup ini hanya sekejap, manfaatkan hidayah, krna sebersit pikiran yg meyakini Islam akan membawa kalian kedalam hidup hebat dan mati nikmat... salam damai...

    BalasHapus
  81. enak ya jd mayoritas bisa nistain agama minoritas, bisa kena pasal penistaan agama nih ini, asiek...siap2 aja dilaporin si mantan frater ini (katanya) , mimpi kali kena pasal kalo kaum damai nistaiin minoritas , lah udah diVaksin kebal hukum penistaan, munafikun

    BalasHapus
  82. sudah-sudah,,,saya yakin saudara sekalian yang koment disini ingin menunjukkan jalan yang benar akan firman Tuhan dan uluran tangan kasih-Nya,,,,saling memaafkan akan lebih baik untuk terciptanya kerukunan,,,dan saya percaya Tuhan cinta kok sama yang muslim,nasrani, kog-huchu, budha, hindu, dll,,Tuhan juga tau kok kalian beribadah dengan cara apapun, karena dia Maha Mengerti,,,Amin,,yuk mending kita menunjukkan ke-imanan kita dengan berbuat baik,,,

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...