Kamis, 09 Juli 2015

Paus Fransiskus Minta Masa Jabatan Imamat Gereja Katolik Dibatasi

Paus Fransiskus Minta Masa Jabatan Imamat Gereja Katolik Dibatasi

Paus Fransiskus mengeluarkan pernyataan terbaru mengenai tradisi imamat gereja. Menurutnya, posisi seperti pastur, kardinal, uskup, hingga Sri Paus, bisa diatur agar mendekati demokratis.

Dalam teologi Katolik, menurut Paus Fransiskus, tidak ada penjelasan bahwa petinggi gereja harus mengabdi sepanjang hidupnya tanpa bisa diganti.

"Satu-satunya yang tidak tergantikan di hirarki gereja adalah Roh Kudus," kata Sri Paus saat berkhotbah di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Jumat (4/7).

Paus asal Argentina bernama asli Jorge Mario Borgoglio ini lebih lanjut mengusulkan ada pembatasan waktu pengabdian. Dengan demikian, kecil peluang ada pemimpin umat yang menyelewengkan pengaruhnya.

"Idealnya tidak ada pemimpin seumur hidup di gereja. Karena berkaca dari pengalaman di beberapa negara, (petinggi gereja mengabdi terlalu lama) biasanya mendukung pemerintahan diktator," urai Sri Paus.

Tidak diketahui, apakah khotbah ini menandakan Paus Fransiskus menolak menjabat terlalu lama. Petinggi umat katolik sedunia yang mundur sebelum meninggal adalah Paus Benediktus, petinggi Tahta Suci persis sebelum Fransiskus terpilih. Mundurnya Paus Benediktus adalah yang pertama kalinya dalam 600 tahun terakhir.

5 komentar:

  1. Tradisi memang bisa berubah sesuai perkembangan Zaman, pidato Bapa Paus sebagai pemegang mandat hirarkie tertinggi Gereja Katolik Roma, itu manusiawi dan wajar gak ada salahnya, " Hanya Roh Kudus " yang tak tergantikan, ini mengisyratkan bahwa menghindarkan kesan kultus individu pada sosok /pribadi "manusia", pemimpin Gereja dunia bisa di pimpin siapa saja asal seseorang berkelimpahan Roh Kudus dan dipilih oleh wakil - wakil jemaat NYA, bisa merupakan sinyal, bisa merupakan terobosan Bpa Paus yang rendah hati...(karna ber - kelimpahan Roh Kudus ) , semoga , Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya meng'amini' komentar saudara... Bangga memiliki Bapa Suci Paus Fransiskus..

      Hapus
  2. Wah...spt kontrak kerja dong. Sy mau jdi pastor 20thn. Setelah itu sy akan menikah...ha ha ha ha....aya aya wae

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sudah ditulis dengan jelas JABATAN Imamat Gereja Katolik. Jadi jabatannya yang dimaksud. Bukan Imamatnya. Misalnya seorang Imam menjadi Uskup mungkin akan dibatasi dengan waktu, tidak seumur hidup. Kalau Imamatnya ya terserah orangnya. mau menikah lagi kek, mau melacur kek, mau ngapain kek, itu terserah yang bersangkutan.

      Apanya yang aya aya wae....???

      Hapus
  3. ini situs katolik yg cukup bagus. Mohon maaf bagi pengelola situs ini, tidakkah pihak anda dapat menghalangi semua bentuk komentar yg tidak sesuai dengan maksud tujuan situs ini, misalnya soal togel-2 an diatas. Selain mengganggu, tapi yg pasti bahwa ada nilai-2 diluar iman kepada Allah Tritunggal Mahakudus kita yg coba dipertunjukkan disitu. Terimakasih dan mohon maaf jika saya lancang berkomentar.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...