Kamis, 21 Januari 2016

ISIS Hancurkan Biara Katolik Tertua Berusia 1.400 Tahun di Irak

ISIS Hancurkan Biara Katolik Tertua Berusia 1.400 Tahun di Irak
Gambar kiri: Biara Santo Elijah dalam gambar satelit tahun 2011. Gambar kanan:  Biara Santo Elijah dalam gambar satelit tahun 2014, setelah dihancurkan.

BAGHDAD - ISIS kembali menghancurkan bangunan bersejarah. Kali ini, sebuah biara Katolik berusia 1.400 tahun dihancurkan oleh kelompok ekstrimis itu. Gambar-gambar satelit menguatkan fakta bahwa biara Santo Elijah yang berdiri di sebuah perbukitan di Kota Mosul, telah rata dengan tanah.

Menurut analis gambar, Stephen Wood, pembongkaran terhadap Biara Santo Elijah tampaknya dilakukan diantara bulan Agustus dan September 2014 tahun lalu. Gambar citra satelit menunjukkan dinding-dinding batu Biara Santo Elijah telah benar-benar dihancurkan.

"Buldoser, alat berat, palu, dan juga mungkin bahan peledak telah digunakan untuk untuk menghancurkan dinding-dinding batu ini menjadi debu abu-abu putih. Mereka telah menghancurkan sepenuhnya," kata Wood.

ISIS memang kerap menghancurkan sejumlah bangunan bersejarah. Mereka menganggapnya sebagai berhala yang harus dihancurkan. Aksi penghancuran mereka yang terkenal adalah saat mereka menghancurkan kota kuno Palmyra di Suriah pada Agustus 2015 lalu.

Di kantornya, di pengasingan di Erbil, Irak, Pastor Paul Thabit Habib (39 tahun) menatap diam-diam foto sebelum dan sesudah biara yang pernah bertengger di atas bukit Mosul. Terguncang, ia membalik kembali fotonya sendiri untuk perbandingan. Ia memperingatkan sejarah Kristen dihancurkan secara brutal.

"Saya tidak bisa menggambarkan kesedihan saya. Sejarah Kristen kami di Mosul sedang diratakan biadab," ujarnya.

ISIS menjadikan umat Kristen di Irak dan Suriah sebagai sasaran dengan menyita harta bendanya dan memaksa untuk pindah memeluk agama Islam serta membayar pajak khusus atau diusir ke luar. Ia mengatakan, penghancuran biara tersebut sebagai upaya untuk mengusir penganut gereja dari Irak.

"Kami melihatnya sebagai upaya untuk mengusir kami dari Irak, membasmi, dan mengakhiri keberadaan kami di tanah ini," tutur Pastor Paul Thabit Habib, yang kini tinggal di Irbil, wilayah yang dikuasai Kurdi.

Biara Santo Elijah atau Deir Mar Elia diyakini dibangun oleh para pendeta Assyria pada abad ke-6 dan belakangan digunakan oleh sebuah ordo Katolik, Chaldean. Tahun 1743, pasukan Persia memberi ultimatum kepada para biarawan di sana pindah agama menjadi Islam, namun mereka menolak dan sekitar 150 orang dibunuh.

Sekarang, Santo Elijah telah bergabung dalam daftar lebih dari 100 situs agama dan bersejarah yang dibongkar, termasuk masjid, makam, kuil, dan gereja-gereja di Suriah dan Irak. Ekstremis telah merusak atau menghancurkan monumen kuno di Niniwe, Palmyra dan Hatra. Museum dan perpustakaan telah dijarah, buku-buku dibakar, karya seni dihancurkan atau diperdagangkan. Mereka menghancurkan bangunan dan reruntuhan sejarah juga struktur budaya yang mereka anggap bertentangan dengan penafsiran mereka tentang Islam.

Sumber:

5 komentar:

  1. ISIS MEMANG KEJAM & BIADAB

    BalasHapus
  2. ISIS MANUSIA LAKNAT

    BalasHapus
  3. ISIS ISLAM YG KAFFAH

    BalasHapus
  4. mengapa kita harus mengumpat apa yang harus bisa dilakukan sbg pengikut kristus, kita jangan lagi memandang gereja mana mari kita bersatu perkuat persaudaraan kiristiani.

    BalasHapus
  5. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...