Selasa, 26 Januari 2016

Sendangsono, Wisata Religi Umat Katolik di Kulonprogo

Sendangsono, Wisata Religi Umat Katolik di Kulonprogo

Bagi yang menyukai wisata-wisata religi, banyak tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di Indonesia. Tidak hanya bagi kalangan umat Islam yang mayoritas, umat Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan yang lainnya juga memiliki destinasi wisata religi.

Salah satunya dalam tempat wisata religi yang dijadikan tempat ziarah umat Katolik, yakni Sendangsono. Komplek Sendangsono dikenal sebagai tempat yang begitu syahdu. Tempat peribadatan umat Katolik ini memiliki paduan arsitektur dan alam terlihat begitu cantik.

Sendangsono merupakan tempat ziarah untuk agama Katolik, karena di sana terdapat Gua Maria. Sebagai tempat ziarah favorit, Sendangsono selalu kedatangan banyak pengunjung setiap harinya, dan akan meningkat pada akhir pekan. Pada bulan Mei dan Oktober peziarah akan lebih ramai lagi karena merupakan bulan Maria.

Di dalam komplek Sendangsono dibagi menjadi dua bagian. Yaitu area pelataran dan area central. Area pelataran biasa digunakan untuk para peziarah untuk beristirahat sesudah atau sebelum melakukan ritual.

Karena untuk mencapai Gua Maria Sendangsono, kita harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Jogja, melintasi jalan perbukitan yang tidak terlalu besar. Sedangkan di area central terdapat Gua Maria yang biasa digunakan untuk melakukan ritual doa.

Di dalam area ini para pengunjung diharapkan dapat menjaga sikap hening dan tenang agar tidak mengganggu pengunjung lain yang sedang menjalankan ritual. Di area Gua Maria terdapat banyak lilin dan bunga-bunga yang biasanya dibawa oleh penunjung. Di sebelah Gua Maria terdapat kapel tritunggal maha kudus yang memiliki atap sebanyak tiga lapis yang menggambarkan trinitas dalam ajaran agama Katolik.

Keindahan arsitektur Sendangsono pernah meraih Aga Khan Award pada tahun 1991. Komplek Ziarah Sendangsono dirancang oleh Romo Mangun Wijaya yang juga merupakan arsitek kondang di Indonesia. Sendangsono berhasil memadukan antara keindahan arsitektur berdampingan dengan keindahan alam yang membuatnya sangat nyaman untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini tidak hanya dikagumi umat Katolik, tetapi juga para arsitektur dan penggemar karya arsitektur. Lokasi kompleks ini berada di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Gua Maria Sendangsono dikelola oleh Paroki St. Maria Lourdes di Promasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...