Selasa, 22 Maret 2016

Daun Palma Mengganggu Keimanan Muslim, Warga Geruduk Gereja Paroki Kampung Duri

Daun Palma Mengganggu Keimanan Muslim, Warga Geruduk Gereja Paroki Kampung Duri

Permulaan Pekan Suci di Paroki Damai Kristus Kampung Duri, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) diwarnai oleh penolakan sejumlah orang yang mengaku terusik oleh atribut daun palma di depan gereja.

Mereka menilai, hiasan di depan aula yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Misa – berhubung paroki ini belum memiliki Gereja – dapat mengganggu iman pemeluk agama lain di sekitar wilayah itu yang mayoritas Muslim.

Umat Muslim menuding jika daun palma yang digunakan Gereja Katolik jadi ajang untuk mempengaruhi iman orang kampung di sekelilingnya dan menuntut dicopotnya atribut palma tersebut. Mereka merasa khawatir jika memandang daun palma akan mempengaruhi keimanan muslim. 

Hal ini ditulis oleh laman Facebook Keuskupan Agung Jakarta. “Masih saja ada kelompok intoleran yang mengusik Kekhusukan Minggu Palma,” demikian ditulis dalam akun Facebook tersebut, Minggu, 20 Maret 2016.

Namun demikian, suasana cepat terkendali. Pihak keamanan yang menjaga jalannya ibadah dapat mengendalikan situasi ketika kelompok intoleran tersebut melancarkan aksinya.

“Puji Tuhan, pihak keamanan siaga. Di negara Pancasila, beribadah dilindungi undang-undang. Tindak intoleran tak pernah bisa dibiarkan.”

Wakil KAJ di Forum Komunikasi Umar Beragama (FKUB) DKI Jakarta, Romo Suyadi disertai pihak terkait, berusaha berdialog dengan perwakilan mereka. Sekurang-kurangnya dapat memberikan penyadaran bahwa Gereja Katolik tak akan pernah menjadi ancaman.

Penolakan warga terhadap Gereja Damai Kristus Paroki Kampung Duri itu sebenarnya sudah berlangsung sejak November 2007. Rangkaian pembicaraan dilakukan antara pihak gereja dan masyarakat, dengan melibatkan tokoh masyarakat, pihak kelurahan dan kecamatan setempat.

Namun, belum juga hadir kata sepakat. Pihak gereja berargumen, penggunaan aula ini sudah dilakukan sejak tahun 1968. Sebab, tidak ada lagi tempat lain yang memungkinkan untuk beribadah.


124 komentar:

  1. Yang Berisik & Mengganggu, suara Azab memakai TOA (Pengeras Suara) di masjid2 & Mushola bikin teliga budeg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, emang kadang agama intoleran gak tau diri cuma dia doang yg boleh berisik yg lain gak boleh dan di kafirkan wkwkwkwk

      Hapus
    2. suruh mereka datang ke kalimantan barat aja kalau begitu

      Hapus
    3. koq belum ada ya data yang mengukur brpa desibel suara yang ke luar dari pengeras suaranya..tapi pasti ga beda jauh dengan suara knalpot Harley Davidson..

      Hapus
    4. Kalo berisik loe mau apa njing?!

      Hapus
    5. yah selama ini cuma bisa diam aja lah ya dan berharap volumenya agak dikecilkan atau salah satu atau dua toa nya ada yang mati, kalau protes entar salah lagi kan, hahaha.

      dan yang pasti mau seberisik & sesering apapun, kami tetap memegang teguh iman kami :)

      Hapus
    6. sebenarnya saya tidak pernah mempermasalahkan suara toa dari masjid, selama tidak mengganggu jalannya kegiatan sehari-hari. karena ada masjid yang menyalakan lagu2 shalawat dengan volume sangat kencang sampai memekakkan telinga, lalu suara adzan yang dialunkan dengan vokal yang terkesan sangatt asal2an dan lagi2 dengan volume yang sangat keras.

      jika sudah seperti itu apakah bisa dibenarkan? coba jika keadaannya dibalik, apakah anda bisa menerimanya?

      Hapus
    7. Imam Besar Habib Rizieq Syihab, ketua FPI ceramah di masjid2 menyebarkan kebencian & permusuhan thd Non Muslim.

      Hapus
    8. Muslim mau menang sendiri, jika jemat gereja menyanyikan lagu puji-pujian, Muslim komplain berisik, menganggu warga yg sedang istirahat, sedangkan Muslim menyalakan lagu2 Shalawat & azan dengan memakai pengeras suara TOA, Non Muslim tidak komplain.

      Hapus
    9. mo gimane lagi... gitulah resiko jadi minoritas di negara sendiri. :( ngomongnya sih toleransi, saling menghargai, tapi ujung2nya kita juga yg mesti ngalah. hiks. serahkan semuanya ke tangan Tuhan aja deh guys GBU.

      Hapus
    10. Sorga bukan milik siapapun. Sorga bukan milik orang Islam, Kristen atau yang lain tapi sorga adalah milik orang yang membangun dunia ini dengan Toleransi dan Damai. Mengutip kata2 seorang mantan Ustadz (....Abraham)

      Hapus
  2. Seharusnya aparat keamanan /POLRI bertindak tegas & menghukum Ormas Intoleran.

    BalasHapus
  3. Massa atau Ormas Intoleran tidak berhak menyegel/ menutup paksa tempat ibadah, yg berhak Pemda.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. imannya kacangan banget gitu ya? sampe2 bisa terusik gara2 daun palem / palma doang hihihi

    BalasHapus

  6. Yehua Asso22 Maret 2016 13.07
    Daun Palma Mengganggu Keimanan umat Muslim? Saudara sebangsa indonesia yang bukan beriman dengan umat katolik. kami sarankan bahwa Keyakinan kita kepada Allah Tritunggal, kami pikir semua agama memiliki keyakinan yang sama pula. Tetapi perlu kita menyadari bahwa, iman kita tidak ada wujudnya. Sehingga orang laim tidak bisa mengukur keimanan kita. Sedangkan apa yang dilakukan oleh umat katolik pada bulan maret ini suatu prosesi nyata kisah sebelum kematian Yesus di kayu salib di gunung golkota / sinai. prosesi ini mengantarkan kepada umat katolik untuk meyakini bahwa apa yang dilakukan yesus adalah benar lalu dengan sendirinya setiap umat dapat menimani sesuai dengan caranya masing-masin. Tidak berbeda dengan prosesi kurban nabi Isah bagi umat muslim sebagaimana memperingatinya, tetapi bagi umat katolik tidak merasa terusik. ..malah menghargai benar sesuai dengan HUKUM CINTA KASIH ALLAH TRI TUNGGAL. Mungkin kelompok ini adalah bagian dari ISIS, yang mencari masalah dengan target tertentu maka dianggab kesempatan dalam kesempitan. cobag pihak negara melacak dengan saksama dan untuk sementara pelaku pendemo itu wajib ditangkap untuk mencari dan menggali informasi yang mendalam. siapa tahu analisa kami ini dapat terbukti? keuntungan pihak negara untuk melindungi bangsanya pula kan?

    BalasHapus
  7. Islam tidak mengajarkan untuk menganggu Ibadah agama lain. Dalam ajaran Islam, urusan ibadah itu urusan masing-masing, umat muslim tidak boleh mengganggu. Kalau nekat mengganggu patut dipertanyakan keislamannya. Semuanya sudah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya di dalam Al Quran.

    Toleransi dalam Islam itu bukan menyangkut hal beribadah, tapi bertetangga dengan baik, berteman dengan baik, saling membantu, gotong royong, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar adakah mas??? Saya sangat kaget mengetahuinya, mengingat pada kenyataannya sangatlah bertolak belakang...

      Hapus
    2. mohon maaf atas perlakuan saudara kami
      memang dalam islam tidak diajarkan untuk ikut campur agama lain
      dalam surat 106 ayat 6 : Lakum Dinukum Waliyadin
      yang artinya "untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku"

      jika anda ingin mempelajari suatu agama, belajarlah melalui kitabnya bukan melalui orang yang memeluk agama tersebut.
      saya mohon untuk tidak menghakimi agama islam sebagai agama yang salah karena umatnya.

      islam itu benar tetapi muslim tidak selalu benar

      Hapus
    3. Islam selalu promosi agama Damai, Islam Rahmatan Lil Alamin....Rahmat Semesta alam, menjunjung tinggi toleransi ternyata BULL SHIT.
      Ormas FPI, HTI,FUI Islam Radikal/ Islam Garis Keras/ membawa ajaran Islam Wahabi dari Arab Saudi.

      Hapus
    4. Rin Sangusa Ageha.. sebenernya kita udah mikir agama itu tujuannya ke Tuhan dan ciptaan ciptaanNya.. termasuk saya pribadi menganggap semua agama itu tujuannya baik, termasuk Islam saya yakin. Maunya positif terusss.. tapi kok penganut Islam banyak yang kaya ketakutan bakalan kehilangan anggotanya karena pindah ke agama lain dll (hanya karena lihat daun palma terus keimanan terganggu? .. really?)... hasilnya ya pada kalang kabut, semua hal yang dilakukan agama lain salah, gini gitu dikit salah, sementara agama lain udah panjang banget sabarnya.. adzan kenceng banget didepan rumah, kita sabar karena itu ritual Islam.. tapi kenapa para oknum tsb gak baca lagi kitabnya.. yang katanya agama damai, kenapa orang orangnya banyak banget yang agresif, suka nyerang?yang salah mana nya ini?

      Hapus
    5. Muslim takut bersaing, jumlah pengikut Islam berkurang.

      Hapus
    6. Tuhan memberkati

      Hapus
    7. Setidaknya islam datang melalui perdagangan, , bukan dibawah oleh penjajah belanda,, yg baik datang melalui yg baik begitu juga sebalik nya..

      Hapus
    8. Penyebaran Islam dengan Pedang & Peperangan (Penaklukan).
      Negara Khilafah Ottoman (Usmani) Turki negara Penjajah.

      Hapus
  8. Ga punya iman kok takut takut terganggu imannya haha..

    BalasHapus
  9. Mas Satrio Top banget daaahhh....itu baru namanya beragama, org2 yg ngaku islam tsb tp sifatnya sll perusuh dan pengganggu. Justru akan mengkerdilkan ajaran agama islam,

    BalasHapus
  10. Hanya org goblok aja yg klo punya pemahaman bahwa pandang daun palma bikin keimanan terganggu. Klo ga punya iman terhadap agama mu, jgn salahkan tradisi org lain. Emangx klo bunyi azan yg pake toa itu ga ganggu org lain ya? Coba lah untuk tdk saling menjatuhkan agama gthu. Indonesia ini bukan negara dgn 1 agama aja. Agama katolik jg ada di akui d undang2 indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah baru tahu kalau mereka goblok,itu mah udah dari lahir

      Hapus
    2. Itu judulnya aja yg lebay.. kenyataannya ga begitu.. makanya jgn mau di goblokin..

      Hapus
    3. Yang tolol, goblok suka mencela, sweeping, intimidasi, anarkis, ormas Islam intoleran seperti FPI, HTI, MMI & FUI hobbinya menghasut warga,
      menyegel, menutup paksa tempat ibadah dengan alasan bahaya Kristenisasi, berkedok sosial.

      Hapus
  11. Mungkun takut setanNya pada keluar

    BalasHapus
  12. kadar iman Islam mereka masih rendah...masih perlu banyak belajar...Rasulullah tidak pernah mengajarkan INTOLERAN...

    BalasHapus
  13. Kalo memang kalian beriman, bahkan dengan memandang Yesus sekalipun tidak akan kamu goyah. Itu jika memang kamu beriman loooo.....

    Masyarakat perlu cerdas dooong, jangan mudah terhasut atau termakan omongan orang.

    BalasHapus
  14. Saya hanya bisa ktawa daun diprmsalahkan
    Hahaha
    Sekian Dan trimakasih

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  16. Tom Bush22 Maret 2016 18.21
    Apa hubungannya iman dengan daun palma...!? Aneh jg ya...? Daun palma bisa mempengaruhi iman seseorang...
    Logikanya, jika iman seseorang bisa terpengaruh hanya karena helai2 daun palma, berarti iman seseorangbitu termasuk iman abal2. Bisa di katakan jika ada orng sprt itu, berarti orang itu, manusia yg tak ber-iman. Dan jika seseorang atau kelompok khawatir dengan hal helai2 daun palma ini, kelompok anda kelompok anda kelompok yg tidak punya iman sama sekali terhadap agama yg anda2 imani. Anda itu ber-agama hanya simbolik saja...
    Camkan itu...!!!

    BalasHapus

  17. Tom Bush22 Maret 2016 18.21
    Apa hubungannya iman dengan daun palma...!? Aneh jg ya...? Daun palma bisa mempengaruhi iman seseorang...
    Logikanya, jika iman seseorang bisa terpengaruh hanya karena helai2 daun palma, berarti iman seseorangbitu termasuk iman abal2. Bisa di katakan jika ada orng sprt itu, berarti orang itu, manusia yg tak ber-iman. Dan jika seseorang atau kelompok khawatir dengan hal helai2 daun palma ini, kelompok anda kelompok anda kelompok yg tidak punya iman sama sekali terhadap agama yg anda2 imani. Anda itu ber-agama hanya simbolik saja...
    Camkan itu...!!!

    BalasHapus
  18. Harga imannya hanya selembar daun palma,kasihan sekali merendahkan sendiri apa yang di imaninya selama ini.

    BalasHapus
  19. Hahaha..iman terganggu gara2 daun palma..otaknya aja yg pd terganggu..

    BalasHapus
  20. Hahaha..iman terganggu gara2 daun palma..otaknya aja yg pd terganggu..

    BalasHapus
  21. Masa sih hanya dgn daun palma bisa mengganggu keimanan? wkwkwkwkw..lucu..kami ajah tidak pernah terganggu keimanannya dengarkan azan 5 x dalam sehari pake Toa lagi..yg terganggu itu pendengaran kami ajah krna kenceng bgt suara adzannya

    BalasHapus
  22. Masa sih hanya dgn daun palma bisa mengganggu keimanan? wkwkwkwkw..lucu..kami ajah tidak pernah terganggu keimanannya dengarkan azan 5 x dalam sehari pake Toa lagi..yg terganggu itu pendengaran kami ajah krna kenceng bgt suara adzannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih hanya dgn daun palma bisa mengganggu keimanan? pernyataan yg konyol & coplak.

      Hapus
  23. Aneh yah. Agama yang protes itu2 aja. Sudah mayoritas, iman nya bisa pula goyah karna daun palma yang sekali setahun perayaannya. COba mikir lah, agama anda beribadah pake TOAK TIAP HARI loh. Mana yang lebih sangat mengganggu kalo kita memang berbicara masalah terganggu bos? bandingkan yang kuat suara nya atau yang gak pake suara? yang tiap hari atau yang sekali setahun? Berarti agama anda sendiri yang menjawab bahwa agama anda yang mayoritas itu sama sekali tidak toleran. Haahaha. Dangkal memang pemikiran manusia sekarang.

    BalasHapus
  24. Yahh gk ada iman bnget..
    Daun palma d prmasalahkan,.. :v

    BalasHapus
  25. Untungnya daun palma, coba daun pisang...makan arem arem, lemper, Pepes ikan ...bisa terganggu imannya...

    BalasHapus
  26. Demo ini dilakukan juga oleh anak2 kecil yang membawa spanduk..dan meneriakkan gereja ilegal.serta membawa alat musik sejenis gendang..apakah pantas anak kecil yang masih kecil..untuk berdemo..hanya karena maasalah daun palma. Saya tidak beragama katolik,tetapi saya menghormati agama lain untuk beribadah dengan prosesi atau kelengkapan(seperti daun palma). Seperti hal nya umat muslim yang beribadah di mesjid.dengan pengeras suara. Ketika lebaran atau perayaan muslim lainnya,mengeluarkan suara yang keras. Agama di indonesia beragam, ya sepatut nya dan semestinya saling menghormati dan menghargai. Jangan karena sebuah daun bisa menggangu iman. Berpikirlah secara logis dan benar, jangan terhasut oleh orang lain yang ingin memecah kerukunan beragama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulan proses kaderisasi dan regenerasinya.

      Hapus
  27. Mungkin dikira daun kelor, kuatir setan nya terganggu
    Wkwkkk

    BalasHapus
  28. Lucu, menggelikan sekaligus menjengkelkan.

    BalasHapus
  29. cari dalangx bila perlu bunuh saja ....dasar manusia tidak punya iman....mohon kepada MUI didik mreka yang mengataskan agama membuat huru hara sana sini...dasar otak macam binatang saja ...tidak menhargai hari raya agama lain ...bangsat tu orng

    BalasHapus
  30. Kalau dia beragama yang baik..simple sj...
    Gini aja ya,,,klau memang mereka punya iman yang benar,,ga mungkin trgoda atau merasa trganggu,,,
    Kalau di indomaret ada jual alkohol sm teh kotak,,pasti merekanya pilih teh kotak..karna alkohol haram,,,kl di situ ada jual daging babi dan daging kambing,,pasti pilihnya daging kambing,kana babi haram....
    Bgt pula hal yang lain..mmg karna yang punya gangguan jiwa intoleran sj yg kovlok,kasihan ajaran ISLAM selalu dipersalahkan,,,

    BalasHapus
  31. Kok iman saya tdk terusik ya mndengar adzan berkali2 dlm seharian... Napa mrk bgtu mudah trusik hnya krn daun palma... Intoleren smakin lebay... Maaf klo saya jd kesal...

    BalasHapus
  32. Pengamat Toleransi antar umat di Indonesia23 Maret 2016 02.46

    Ini Indonesia bung! Klo g bs menghormati kebebasan umat beragama lain untuk beribadah silahkan hengkang dari negara ini! Sayang aparat kurang tegas dalam menindak tindakan intoleran seperti ini! Lagian gimana perasaan para pelaku tindakan intoleran tersebut kalau ada umat beragama lain yang melakukan hal yang sama menjelang perayaan hari besar agama mereka???? Mikirrrrr!!!

    BalasHapus
  33. untung Tuhan Yesus yang membela kita, bukan kita yg berjuang sendirian. Jadi sabahat sahabat yang di kasihi Tuhan kita Yesus Kristus jangan di ambil pusing. Tuhan gk tidur :)

    BalasHapus
  34. kalo corong mesjid yg treak2 tiap pagi ama sore mengganggu iman gmn? dilarang gitu?

    BalasHapus
  35. TUHAN YESUS BESERTA KITA,TIDAK USAH BERDEBAT,JIKA MEREKA MELAKUKAN HAL ITU DNGAN CARA SENGAJA,BIARKAN SJA.MNGKIN MEREKA CARI POPULARITAS.

    BalasHapus
  36. padahal baru liat daun palma ud goyah imànnya :v. apalagi tau mukjizat dan karya keselamatan Tuhan Yesus yah? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang yesus pernah bilang bahwa dirinya ada tuhan ?

      Hapus
    2. Yesus Kristus adalah Firman yg hidup.
      Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama -sama dengan Allah & Firman itu Yesus Kristus adalah Allah. (Yohanes 1 : 1).
      Yesus Kristus adalah Kalimat Allah atau Firman Allah yg menjadi jasad manusia

      Hapus
  37. memang yesus pernah bilang bahwa dirinya adalah tuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesus Kristus di katakan Firman yg hidup & Juruselamat itulah sebabnya Yesus Kristus adalah Tuhan. (Kisah para rasul 2 : 36).
      Di limpahkan kuasa seluruhnya baik yg di bumi maupun yg di sorga (Matius 28 : 18

      Hapus
    2. urus aja agama lu tong

      Hapus
    3. emangnya harus ngaku-ngaku, kamu yang harus belajar dan pakai hati nurani dan akalmu yang diberika TUHAN untuk berpikir dan menghayati agar kamu berpengetahuan dan mengerti.

      Hapus
  38. Kita jgn marah atau benci kepada mereka yang masih rendah imannya, disini kita perlu menunjukkan bahwa iman kita lebih dari mereka, mari kita sama - sama doakan biar mereka diberi Tuhan Yesus Kristus pengertian yang lebih dalam arti sebuah agama. salam damai.........

    BalasHapus
  39. Dalam nama Yesus kristus bertekuk lutut segala yg ada di langit, yg ada di atas bumi, yg ada di bawah bumi & segala lidah mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan.
    (Filifi 2 : 11).

    BalasHapus
  40. Yesus Kristus adalah Firman yg hidup.
    Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama -sama dengan Allah & Firman itu Yesus Kristus adalah Allah. (Yohanes 1 : 1).
    Yesus Kristus adalah Kalimat Allah atau Firman Allah yg menjadi jasad manusia.

    BalasHapus
  41. Wahai umat Muslim,jika ada di antara kalian yg bisa atau takut terganggu imannya hanya dengan melihat daun palma,sesungguhnya kalian bukanlah muslim yg sesungguhnya melainkan hanya muslim KTP,dasar orang bodoh yg bisa tergoda imannya hanya dengan melihat daun palma,tapi jika melihat setan aja pada senang mau minta nomor togel. ckckckck.. dasar manusia sampah kalian yg memprotes gereja di tambora

    BalasHapus
  42. Yesus Kristus di katakan Firman yg hidup & Juruselamat itulah sebabnya Yesus Kristus adalah Tuhan. (Kisah para rasul 2 : 36).
    Di limpahkan kuasa seluruhnya baik yg di bumi maupun yg di sorga (Matius 28 : 18).

    BalasHapus
  43. Memang sudah tipikal mereka, mau gimana lagi? Segala hal kecil akan dipermasalahkan oleh mereka.

    BalasHapus
  44. Lh kita tiap hari dengerin dia teriak2 di mesjid ga napa2

    BalasHapus
  45. Lh kita tiap hari dengerin dia teriak2 di mesjid ga napa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena situ hidup di negara mayoritas Muslim,jadi situ yang harus menghargai.Umat Muslim aja klo hidup di Negara/Wilayah minoritas bisa menghargai kok,jg cuma komentar...

      Hapus
    2. Di negara mayoritas Kristen, muslim lebih sering protes kok, padahal kagak di toa in tiap hari, ingat Indonesia bukan negara Muslim, tapi negara pancasila. Kalo mau otoritas muslim pindah aja ke Arab sono, yang tidak pernah menghargai orang-orang Indonesia seperti kamu.

      Hapus
    3. Kata siapa menghargai? Liat itu Eropa, korban teror semua sampai" mereka hidup ga tenang lagi, liat tuh berita... itukah Muslim?

      Hapus
    4. Jika Islam sebagai minoritas membawa slogan agama damai, jika Muslim sudah menjadi mayoritas & cukup kuat dlm persenjatan maka setiap Muslim wajib memerangi orang2 Kafir sampai mereka tunduk pada Islam & membayar Pajak Jizyah (pajak keamanan bagi Non Muslim di wilayah yg di taklukan Muslim).

      Hapus
    5. Penyebaran Islam dengan Pedang & Peperangan.
      Negara Khilafah Ottoman (Usmani) Turki, negara Penjajah.

      Hapus
    6. Islam adalah Anti Kristus, pelajarilah Eskatalogi Islam dan Kristen mengenai akir zaman.

      Hapus
  46. Gereja kan udah banyak,emang gak bisa klo ibadah di Gereja yg lain?kan sama sama kristen,sama sama mengakui tuhan yesus.kenapa gerjanya harus masing masing.Umat Islam aja bebas ibadah dimasjid manapun,karena masjid emang tempat ibadah umat islam.seharusnya kristen gitu juga kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sefertinya ente harus banyak minum aer zam2, sufaya ente fintar sedikit. Dan jng lufa, ente belajar sufaya ada ilmu.

      Masjid kan sudah banyak, gantian donk agama lain bangun temfat ibadah.. gimana?

      Hapus
    2. Percuma kalau udah ketemu orang yang ga paham dan ga mau mengerti. Sama saja seperti mereka-mereka yang 'takut'.

      Hapus
    3. Sesama Islam Sunni & Syiah saling menghujat,mencemooh, mengkafirkan bahkan saling membunuh satu sama lain. Islam Sunni menyatakan bahwa Syiah sesat & menyesatkan padahal sama2 Islam.

      Hapus
    4. Ya ino salah satunya org yg paling tolol di indonesia...pengen gw kencingin ni org@...?

      Hapus
  47. Inikah Muslim? Weak banget ya? Hanya daun palma langsung goyah tuh iman?

    Kami puluhan tahun dengar tuh suara Azan mesjid sampe ke TV TV segala, ga pernah tuh goyah. LEMAH DASAR ONTA ARAB, cuman kalian yang boleh teriak-teriak kalau sore ya? Pake toa + siaran TV segala, berisik!

    BalasHapus
  48. Kalau mau semua perbuatan biadab itu tidak ditimpakan begitu saja kepada islam, anak-anak muda islam harus mampu menunjukan otetensitas Islam. Saya yakin secarakognitif, islam itu ajarannya juga toleran, tetapi orang islam sendiri membiarkan itu terjadi. Sobat, tidak perlu anda berdalih, yang kami perlu anda tunjukan bahwa islam itu damai. Anda harus maju dan bangkit untuk menunjukan kualitas kalian. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sbagai umat muslim bukan menunjukkan keonaran, tetapi haruslah membaca dan mengerti isi dari kitab taurat & kitab para nabi. Niscaya kita akan dislamatkanNya.
      Wa Aleichem Shallom~

      Hapus
  49. Sangat Naif, ngga masuk logika saya itu alasan mereka. Masa gara2 daun palma org bisa mempengaruhi Imanya. Terlalu mengada - ngada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya saya malah mengira (dan berharap) ini berita salah paham saja karena tidak mungkin orang yang ngakunya beriman (dan berakal budi, disebut punya otak buat mikir) tapi kok bisa terganggu hanya dengan melihat DAUN PALMA.

      Benar-benar tidak masuk diakal

      Hapus
  50. Begitulah Kalau kaum mayoritas gag jauh beda kaum umatmu di amrik atau dinegara mayoritas kaummu, tp setidaknya ada yg baik entah it muslim non muslim, ditempat kosku mushola yg punya lahan org non muslim, dan ditempat tinggalku bnyak gereja yg berdiri tanpa ad gangguan

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Aku baca komen, kebanyakan nyudutin bahkan ngehina islam, nggak e aku tanya, katanya agama kasih, katanya ditampar kiri kasi pipi kanan, kalian bilang islam omong doang, lha ini apa yang kubaca di komen ini? Ayolah kita damai aja, ga semua orang gitu. Dikit dikit generalisasi. Plis deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, mas/mbak jika merasa seperti itu. kalau saya rasa sih maksud teman-teman diatas hanya mengacu kepada orang-orang yang takut terguncang keimanannya saja. Teman-teman saya mayoritas muslim, dan Puji Tuhan mereka sangat, sangat toleran dan kami tidak pernah terpengaruh issue-issue yang marak belakangan ini. Jadi saya harap mas/mbak menyikapi tiap komentar disini dengan bijak (karena "ga semua orang gitu"). OK?
      Tuhan memberkati

      Hapus
    2. Kami tidak membenci Islam tetapi kami membenci FPI, HTI, MMI, FUI, ormas Islam Radikal yg lupa akan toleransi & Bhinneka Tunggal Ika.

      Hapus
    3. Muslim selalu promosi Islam agama pembawa Damai, Rahmatan Lil Alamin, Rahmat semesta alam, Islam menjunjung tingi tolernasi, Islam itu indah, untukmu agamamu, untukku agamaku ternyata BULL SHIT.

      Hapus
    4. Ya...walau ditampar pipi kanan berikan pipi kiri...kami paham kok hidup sbg minoritas...kami hanya berdoa semoga mereka yg berjiwa penuh kebencian stidaknya diberikan rasa kasih di hatinya..sedikit saja...agar bisa rasakan damai dan gak paranoid dgn agama lain

      Hapus
    5. Bukan benci tapi yg muslim sirik aj .. mank kalian pikir indonesia punya umat muslim ... indonesia beragam broo jadi kasih kebebasan buat yg mau beribadah ... klo ngerasa terganggu imannya itu artinya imannya ya bisa di bilang se cuilnya . . . Smkin kalian benci umat Tuhan tulahNya akan menghampiri kalian .... di aceh setiap kalian ngeganggu umatNya disana Tuhan kasih balasannya

      Hapus
    6. Hanya Presiden Suharto yg mampu membuat penduduk di negara ini hidup aman damai dan tenyeram dlm keberagaman. Saluttt

      Hapus
    7. Memang bener kalau ditampar pipi kiri, beri pipi kanan. Lalu mau memanfaatkan ajaran itu untuk semakin menginjak-injak agama lain? Lagian emang masih kurang apa? Bukan cuma masalah daun, udah berapa gereja yang nggak bisa berdiri kerena dihalang-halangi? Dikatain kafir karena punya keyakinan lain, dll. Bukan cuma pipi kiri kanan doang, ini udah seluruh tubuh kali yang kita beri

      Hapus
  53. Muslim selalu promosi Islam agama pembawa Damai, Rahmatan Lil Alamin, Rahmat semesta alam, Islam menjunjung tingi tolernasi, Islam itu indah, untukmu agamamu, untukku agamaku ternyata BULL SHIT.

    BalasHapus
  54. Kalau saya sih malu ngaku beragama kalau hanya karena daun palem saya iman saya bisa terganggu. Agama apa yang saya imani sehingga daun aja bisa menggoyahkan iman saya? Jangan-jangan nanti daun pintu juga bermasalah...

    BalasHapus
  55. mereka sudah berlebihan. belum kena batunya.

    BalasHapus
  56. mereka sudah berlebihan. belum kena batunya.

    BalasHapus
  57. Kalo emg beriman skalipun disodorin pisau di leher gk akan murtad keless hadehhh...sbr para umatt Tuhan Yesus memberkatii

    BalasHapus
  58. Kalo emg beriman skalipun disodorin pisau di leher gk akan murtad keless hadehhh...sbr para umatt Tuhan Yesus memberkatii

    BalasHapus
  59. Mengutip dari film "Angels and Demon", Camerlenggo yang baru dilantik mengatakan bahwa "Pada dasarnya agama itu baik, yang tidak baik adalah orangnya, termasuk saya". Jadi, come on guys lebih bijak menanggapinya... sebaiknya kita doakan saja mereka yang mungkin belum mengerti agama kita dan agamanya sendiri. Semoga mereka diberi rahmat pencerahan dan hati yang besar untuk menerima setiap perbedaan yang ada disekitarnya, termasuk tata cara ibadat agama lain spt saat perayaan minggu palma. GBU all

    BalasHapus
  60. waspada dan hati-hatilah dan jangan terpancing emosi , pasti ada tangan-tangan jahat yg mau mengadu domba dan memancing kerusuhan , mereka penuh dengan kuasa gelap dan angkara murka karena terbujuk hasutan setan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang provokator, bikin rusuh, buat onar, brutal, suka intimidasi,sweeping, anarkis, siapa lagi kalau bukan Ormas Front Pembela Islam (FPI) Preman berjubah, masyarakat Indonesia sudah cerdas, dapat menilai.

      Hapus
  61. Wkwkwkwk, alat lah cm gara2 daun palma tergoncang.. Saya umat Katolik baptis bayi dan alhamdulillah sampe skrg msh Katolik, tiap hari denger adzan, bolak-balik masuk musholla juga alhamdulillah masih memegang kuat iman Katolik saya loh.. Yg guoblok siapa coba 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Sy dr lahir dibaptis katolik.
      Selama 9 tahun sy belajar agama islam di SD ampe SMP. Bahkan sy ampe hafal baca bismillah dan adzan ampe skrg sudah umur kepala 4. Tp iman sy tidak pernah terpengaruh. Sy bangga dg penyertaan Tuhan Yesus dlm hidup sy. Amiinn...

      Hapus
  62. Kenapa irih dengan tradisi orang lain,daun Palma sudah menjadi tradisi kami orang katolik setiap bulan maret jadi coba saling mengharagai antar sesama sajalah, menghargai itu panting..Tuhan yesus memberkati

    BalasHapus
  63. islam tdk perna mengajarkan utk mengganggu org lai utk beribadah... dalam al-quran pun di larang utk menggangu agama lain....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu mengapa FPI, HTI,MMI & FUI menolak pembangunan tempat ibadah Non Muslim, semua prosedur pendirian tempat ibadah sudah di penuhi, tidak ada cacat hukum, mengapa harus di cabut izin IMB oleh Ormas Islam Intoleran.

      Hapus
    2. Jangan cuma mengatakan selalu "didalam Alquran bla bla bla.."
      Yg utama adalah tindakan, bukan hanya yg tertulis. Wujud nyatanya yg penting.

      Hapus
  64. Bca bner", tu daun plma d greja atau aula, aula pa? Mslah'a daun'a ato tmpat'a!
    Jgn mau d pcah blah sma tulisan yg gk jlas sprti ne!! Jdul dan isi brlwanan, Mo ja d adu domba!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sering mengadu domba ormas FPI (Preman berjubah) sebagai biang kerok/ dalang.

      Hapus
  65. Yang seperti ini adalah Islam Anti Kristus,baca eskatologi Islam dan Kristen mengenai akhir zaman dan bandingkan.

    BalasHapus
  66. Secara langsung mrk mengakui klo imannya gemetaran hanya dg melihat daun palma. Bagaimana jika memandang Kristus yg tersalib?
    Langsung minta dibaptis. Amin..

    BalasHapus
  67. Iman secetek daun palma.. HAHAHA

    BalasHapus
  68. islam... cari literatur..baca sejarahnya.. maka km akan paham knp. uda ga bs di komentari,satu2 nya cara yg efisien ya cara yg persis di gunakan isis,tangkap,gorok, tp sayang agama sy ga mengijinkan sy melakukan itu.. mereka sekedar menjalankan agamanya sesuai kitab nya.. dan sy juga sekedar menjalankan agama dan kitab sy,krn itulah mereka masih hidup. LOL

    BalasHapus
  69. Masa sih hanya karena daun palma dapat mengganggu keimanan seseorang? Keimanan seseorang mestinya timbul dari hati seseorang karena pengalaman iman seseorang yang mampu menggerakkan agar seseorang beriman (bukan beragama). Iman dapat timbul setiap saat dan berkembang dalam sanubari manusia. Contoh; Ketika seseorang sedang kalut, gelisah, putus asa, tiba- tiba ia timbul dan bangkit dari kegelisahan entah karena apa, dan saat itu pula ia memutuskan untuk memeluk suatu agama (apapun agamanya), dan mulailah ia mengembangkan iman dari pengalaman iman tersebut menjadi seorang taqwa terhadap Tuhannya (apapun agamanya. Jadi sangat mustahil jika karena daun palma dapat mengganggu keimana seseorang. Kalaupun kemudian ada yang menjadi Katolik karena melihat daun palma, itu semata-mata karena Tuhan memilih dan menghendaki orang tersebut untuk menjadi pengikut-NYA (memeluk agama Katolik). dan perlu diketahui jika Tuhan Allah sedah berkehendak tak ada satupun makhluk mampu menolak-NYA.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...