Selasa, 28 Juni 2016

Ingin Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid, Erdogan Dikecam

Ingin Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid, Erdogan Dikecam
Museum Hagia Sophia di Turki.

Komunitas peminat sejarah, pemimpin Gereja Ortodoks, serta pemerintah Yunani memperingatkan Turki agar tidak melakukan Islamisasi atas Hagia Sophia. Museum sejarah di Kota Istambul itu hendak dikembalikan fungsinya menjadi masjid. Sebelum Istambul direbut oleh pasukan muslim dari Bizantium, dulunya Hagia Sophia adalah gereja.

Pemerintah Turki, atas arahan Presiden Reccep Tayyip Erdogan, menggelar serangkaian acara bernuansa ibadah di Hagia Sophia selama bulan ramadan tahun ini. Express.co.uk, Kamis (9/6) melaporkan pembacaan Quran menjelang buka puasa dilakukan di museum itu, disiarkan langsung oleh Stasiun Televisi TRT Diyanet.

Kementerian Luar Negeri Yunani melansir pernyataan mengecam acara selama Ramadan itu. Demikian pula kalangan Kristen Ortodoks berharap Hagia Sophia dijaga agar tetap menjadi situs sejarah saja, tanpa condong pada agama tertentu.

Umat Kristen Ortodoks menganggap Hagia Sophia salah satu tempat ibadah penting bagi mereka. "Acara keagamaan yang didukung pemerintah Turki di Hagia Sophia sama saja bentuk provokasi yang tidak menghormati umat Ortodoks," kata Dora Bakoyannis, mantan walikota Athena.

Hagia Sophia adalah situs sejarah yang sudah diratifikasi oleh UNESCO. Gereja itu awalnya dibangun pada abad ke-6 di masa Kekaisaran Bizantium dan menjadi Gereja Ortodok Konstantinopel hingga kemudian direbut paksa oleh Kekaisaran Ottoman pada 1453.

Gereja itu kemudian diubah fungsinya menjadi masjid. Ketika kekaisaran Ottoman jatuh pada Perang Dunia Pertama, pemimpin sekuler Turki Kemal Ataturk mengubah masjid itu menjadi museum.

Rencana pemerintahan konservatif Erdogan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid sudah dimulai sejak 2013. Gagasan itu direspon dengan unjuk rasa di internal Turki sendiri.

Sejarawan menyebut niat rezim Erdogan mengubah bangunan bersejarah itu menjadi masjid lebih atas motif ingin mengenang kejayaan Islam secara simbolis.

10 komentar:

  1. Gereja Hagia Sophia sekarang di jadikan Museum sejarah di Kota Istambul itu hendak dikembalikan fungsinya menjadi masjid.
    ini berarti Muslim Turki tidak menghormati hak2 Minoritas.

    BalasHapus
  2. Kejayaan Islam pada masa Khilafah Ottoman (Usmaniah)
    hanya kenangan masa lalu.

    BalasHapus
  3. Khilafah Ottoman Turki (Usmaniah) bangsa Penjajah & Perampok.

    BalasHapus
  4. Mencuri harta Non Muslim halal asal berguna bagi Islam.

    BalasHapus
  5. Berbohong halal asal berguna bagi kejayaan Islam.

    BalasHapus
  6. Hagia Sofia di jadikan Meseum, sekarang mau di Islamisasi
    menjadi sebuah Masjid, negara2 Barat Eropa mau di Islamisasi,
    Amerika Serikat mau di Islamisasi, seluruh dunia ingin di jadikan
    Islam itulah ideologi Islam ingin menguasai dunia.

    BalasHapus
  7. Di mana ada Muslim di situ ada teror bom.
    di mana ada Islam di situ ada jihad bom bunuh diri.

    BalasHapus
  8. dan sebentar lagi cordoba akan kembali menjadi masjid selamat buat turki buat yunani selamat menikmati kebangkrutan karna tak izinkan membangun masjid dan pekuburan muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbohong halal asal berguna bagi Islam....Cordoba menjadi masjid
      Bull Shit.

      Hapus
  9. Dasar Onta Rabies kerjanya pengontaan melulu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...