Minggu, 12 Juni 2016

Warga Muslim di Desa Pakistan Ramai-ramai Iuran Bangun Gereja

Warga Muslim di Desa Pakistan Ramai-ramai Iuran Bangun Gereja
Muslim ikut bantu pembangunan gereja di Pakistan.

Penduduk Desa Khalsabad, Kota Gojra, Provinsi Punjab, Pakistan, sedang bahu-membahu membangun sebuah gereja. Upaya ini justru dilakukan lebih giat oleh warga mayoritas muslim di desa itu. Selain ikut kerja bakti bersama penganut Kristen, umat muslim di Khalsabad sekaligus menggalang dana.

BBC melaporkan, Minggu (12/6), sedikitnya 143 orang warga muslim sudah mendonasikan uangnya untuk pendirian gereja. Sementara pemeluk Kristen di desa itu hanya 70 orang.

Dilawar Hussain, penjaga toko yang beragama Islam, mengaku tak keberatan menyumbangkan uang untuk pembangunan gereja. "Bangunan ini sama-sama rumah Allah," ujarnya.

Warga lain, Muhammad Asif, ikut bekerja menyusun pondasi gereja serta melapis bata. Membantu tetangga baginya merupakan perintah agama. "Kami punya masjid, tapi tetangga Kristen kami selama beberapa waktu tidak punya tempat. Mereka berhak beribadah di gereja," kata Asif.

Romo James Paul, asisten uskup yang membawahi gereja-gereja termasuk di Khalsabad, merasa terharu melihat kerja sama warga muslim-kristen. "Beginilah seharusnya manusia hidup, saling bantu membantu," ujarnya.

Dikutip dari Daily Pakistan, gereja di Khalsabad hancur tahun lalu akibat terjangan banjir. Umat Kristen awalnya beribadah di rumah masing-masing.

Dua bulan lalu, perwakilan umat Islam justru aktif menawari pendirian gereja baru agar warga Kristen bisa beribadah lebih khusyuk. Romo Paul berharap tindakan warga Gojra bisa menghapus citra Pakistan yang buruk soal toleransi beragama.

"Kami berterima kasih atas ungkapan kasih sayang dari saudara-saudara muslim," kata Paul.

Pakistan termasuk negara yang sering mengalami konflik berbasis sektarianisme agama. Serangan teror dari kelompok militan berkali-kali terjadi, menyasar umat minoritas. Pada 2009, terjadi penyerangan massal terhadap penganut Kristiani di Gojra. Sepuluh orang Kristen dibunuh, empat gereja dibakar.

5 komentar:

  1. Kerukunan menjadikan rasa damai dan sumber kekuatan lahir dan bathin..... Edi, Akupuntur Panggilan Bandung- Cimahi. Hub. 0822 4009 5673 ; 0838 2067 4030. Melayani mulai th. 1991 , Semuanya karena kemurahan Tuhan. Berkah Dalem Gusti,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hapus penistaan agama di Pakistan, karena banyak di salahgunakan
      oleh Muslim untuk menindas, memfitnah,balas dendam,merampas harta
      milik Non Muslim.

      Hapus
    2. Pakistan sarang Teroris (Al-Qaida)Non Muslim banyak di bunuh
      oleh Militan Islam.

      Hapus
  2. Bagaimana nasib Asia Bibi, akan di hukum mati karena di fitnah
    oleh Muslim Pakistan, telah menghina Al-Quran.

    BalasHapus
  3. Minoritas Non Muslim di bunuh karena di fitnah oleh Muslim
    Pakistan telah menghina nabi Muhammad,atau Al-Quran.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...