Rabu, 27 Juli 2016

ISIS Serang Gereja Katolik di Prancis Saat Misa Berlangsung dan Bunuh Pastor Paroki

ISIS Serang Gereja Katolik di Prancis Saat Misa Berlangsung dan Bunuh Pastor Paroki

26 JULI / PERANCIS / SERANGAN DI SEBUAH GEREJA. DUA TERORIS BERTERIAK "ISIS" SAAT MISA BERLANGSUNG DAN MEMBUNUH PASTOR PAROKI.

Peristiwa mengenaskan itu baru saja terjadi pada hari ini, 26 Juli, di dalam Misa pagi hari pukul 09.00 di Gereja Saint-Etienne-du-Rouvray di dekat kota Rouen di wilayah Normandi. Ketika Misa berlangsung dua teroris Gereja dan meneriakkan "Islamic State", kemudian menahan Pastor Paroki, seorang biarawati dan 2 umat paroki.

Menurut sumber "Le Figaro", Imam yang tengah merayakan Misa (Pst Jacques Hamel/86 tahun) digorok lehernya oleh para teroris itu. Selain pastor paroki, seorang umat paroki juga digorok lehernya sampai mati. Sementara 1 umat paroki lainnya berada dalam kondisi parah antara hidup dan mati. Polisi Perancis berhasil menangkap para teroris itu berkat telpon dari biarawati yang berhasil melarikan diri.

Wilayah Normandi dan khususnya la Seine-Maritime merupakan wilayah paling Katolik di Perancis. Ibukotanya, Rouen, memang disebut sebagai "Kota dari Seratus Lonceng". Mgr. Dominique Lebrun, Uskup Agung Rouen, telah segera meninggalkan Krakow, di mana tengah berlangsung World Youth Day, untuk kembali ke Perancis. Beliau berkata: "Yang dibunuh adalah salah seorang dari kita. Padre Hamel adalah imam lansia, orang beriman diantara umat beriman. Ia merayakan Misa pada pagi hari ini dengan beberapa umat, diantaranya sepasang suami-istri. Kami tidak mau menggunakan senjata-senjata lain selain persaudaraan dan kasih."

Seorang umat gereja tersebut menggambarkan pastor Hamel sebagai imam yang baik dan selalu bersedia melayani setiap permintaan doa umatnya. Pastor Hamel sebenarnya telah pensiun sebagai pastor sejak umur 75 tahun, namun karena masih ingin melayani umatnya, maka dia tetap berkarya di gereja tersebut.

ISIS Serang Gereja Katolik di Prancis Saat Misa Berlangsung dan Bunuh Pastor Paroki
RIP Pastor Jacques Hamel

Paus Fransiskus Kecam Penyerangan Gereja di Perancis

Paus Fransiskus, Selasa (26/7/2016), menyatakan keterkejutannya terkait insiden penyanderaan sebuah gereja di Perancis yang menewaskan pastor gereja itu.

"Paus sangat terkejut dan merasa berduka atas serangan yang absurd ini. Serangan itu menciptakan kesedihan dan ketakutan," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Lombardi melanjutkan, Paus mengecam keras semua bentuk kebencian dan sangat terpukul karena kekerasan ini terjadi di sebuah gereja yang merupakan tempat yang disakralkan.

Insiden ini terjadi hanya sekitar dua pekan setelah tragedi truk maut di Nice yng menewaskan 84 orang dan menlukai 300 orang lainnya yang terjadi tepat di tengah perayaan Bastille Day.

Sumber:
http://www.lefigaro.fr/actualite-france/2016/07/26/01016-20160726LIVWWW00086-prise-d-otage-en-cours-dans-une-eglise-de-saint-etienne-du-rouvray-pres-de-rouen.php
http://internasional.kompas.com/read/2016/07/26/18095331/paus.fransiskus.kecam.penyerangan.gereja.di.perancis

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...