Senin, 26 September 2016

Camat Mariso: Gereja Toraja Bonto Marannu Sudah Kantongi IMB Sejak 2014

Camat Mariso: Gereja Toraja Bonto Marannu Sudah Kantongi IMB Sejak 2014

MAKASSAR - Tudingan Front Pembela Islam (FPI) yang menyebut pembangunan Gereja Toraja Bonto Marannu di jalan Cendrawasih III tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dibantah oleh Camat Mariso, Harun Rani.

Ditegaskan, pembangunan rumah ibadah itu telah mengantongi memiliki IMB dan telah mendapat rekomendasi dari pihak kecamatan dan lurah setempat.

"Permohonan tersebut sejak 2014, namun proses pembangunannya baru sekarang. IMB pun telah dikeluarkan melalui kajian Dinas Tata Bangunan," ucap Camat Mariso, Harun Rani, Sabtu (24/9/2016).

Ia mengakui, proses pembangunan tersebut dihentikan sementara atas permintaan FPI hingga ada kejelasan tentang perizinan tersebut. Namun, proses ibadah tetap berjalan seperti biasanya.

"Inilah yang akan dikomunikasikan lagi, karena sudah jelas izin sudah ada," tegasnya.

Untuk menghindari permasalahan semakin panjang atau membesar, pihak kecamatan berjanji akan mengawal permasalahan ini hingga selesai.

"Kami juga mengimbau masyarakat dan segenap tokoh masyarakat, yang berada di sekitar wilayah gereja untuk memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak terpancing bila ada provokasi dari luar, karena semua masalah bisa diselesaikan dengan musyawarah," tegasnya.

Sebelumnya, warga muslim bersama FPI melakukan protes pembangunan Gereja Toraja yang berada di Kompleks Patompo. Itu terjadi pada Jumat (23/9/2016) sekitar pukul 13.30 WITA. Warga muslim bersikeras jika pembangunan Gereja Toraja tersebut tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Warga muslim dan FPI menolak pembangunan gereja tersebut dengan cara membentangkan spanduk yang tertuliskan "stop pembangunan gereja tanpa izin warga".

2 komentar:

  1. FPI biang Provokator

    BalasHapus
  2. FPI ormas tidak punya hak untuk menyegel & menutup paksa tempat ibadah, yg punya hak pemerintah daerah.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...