Senin, 24 Oktober 2016

Kota Kristen Berhasil Direbut dari ISIS, Seluruh Lonceng Gereja Dibunyikan

Kota Kristen Berhasil Direbut dari ISIS, Seluruh Lonceng Gereja Dibunyikan
 Lonceng Gereja kota Bartella di Irak berdentang setelah dibebaskan dari ISIS.

Buku-buku musik pujian berserakan di lantai. Bangku-bangku bergulingan. ISIS mungkin memang telah menghancurkan Gereja Ortodoks Suriah Mart Shmony. Namun, penduduknya yang telah mengungsi dari kota mayoritas Kristen, Bartella akan mengingat hal bersejarah tentang okupasi ini.

Bartella telah diduduki kaum Assyria semenjak Abad ke-1, kota itu menjadi kota Kristen tertua di dunia. Bartella merupakan rumah bagi 15.000 penduduk hingga musim panas 2014. Kala itu, kelompok teroris ISIS menyerang wilayah utara Irak.

Dikutip dari Telegraph, Minggu (23/10/2016), pasukan elit Irak, Golden Division berjuang mati-matian untuk merebut kota itu dari tangan ISIS. Dan pada hari Sabtu 22 Oktober 2016, mereka berhasil membebaskan kota itu. Lonceng gereja pun berdentang kencang di seluruh kota untuk pertama kalinya selama 2 tahun membisu.

Bagi umat Kristen Bartella, berdirinya gereja mereka merupakan keajaiban. Mereka berharap tempat itu akan menjadi pusat komunitas di masa akan datang.

"Kami merasakan sesuatu yang tidak bisa Anda jelaskan -- betapa bahagianya kami. Kami sekarang kembali ke rumah di tanah nenek moyang kami, gereja kami, dan warisan kami," kata seorang warga kristen Hussam Matteh, matanya merah berbingkai air mata, seperti dilansir Financial Times, Minggu (23/10/2016).

Jalan di barat menuju Bartella, hanya 9 mil dari Mosul, dipenuhi oleh bekas-bekas peperangan antara ISIS dan tentara Irak, seperti bom yang belum meledak, serta pecahan mortir. Tiap rumah di sepanjang jalan itu terdapat bekas cat bertuliskan, "milik ISIS", atau "milik Muslim Sunni", atau "Nursairi" sebutan Kristen dalam bahasa Arab.

Para pejuang, yang telah bersumpah untuk bertahan dan membebaskan daerah itu dari cengkeraman tangan ISIS, segera beribadah di depan altar yang berbekas menghitam oleh ledakan. Mereka membersihkan debu sebelum duduk di bangku-bangku. Lembar-lembar halaman naskah kuno berserakan di lantai.

"Kami adalah pahlawan Golden Division, kami tak akan berhenti hingga mencapai Mosul," demikian teriakan para tentara Irak.

Pertempuran untuk membebaskan kota kedua Irak, Mosul, masih berlangsung. Pasukan Irak kini maju ke dataran Nineveh, salah satu wilayah Kristen yang paling kuno di dunia. Diketahui kekuatan ISIS semakin melemah dan diperkirakan tak lama lagi kota Mosul akan dibebaskan.

1 komentar:

  1. PUJI TUHAN.......SEMOGA ISIS DAPAT DI KALAHKAN OLEH PEJUANG KURDI.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...