Kamis, 03 November 2016

Kota Solo Mayoritas Muslim, Punya Walikota Katolik

Kota Solo Mayoritas Muslim, Punya Walikota Katolik
FX Hadi Rudyatmo, Walikota Katolik pertama di Kota Solo yang mayoritas Muslim.

Isu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) kerap menjadi komoditas politik saat pemilihan umum, namun hal itu nyatanya tidak berlaku bagi masyarakat Solo, Jawa Tengah.

Walau diterpa isu agama, Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo, petahana walikota Solo justru menang telak di pemilihan umum Walikota Solo, Rabu (9/12/15).

Hasil rekapitulasi suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta, pasangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo meraih 169.902 suara atau 60,39%. Sedangkan pesaingnya, Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri meraih 111.462 suara atau 39,61%.

FX Hadi Rudyatmo merupakan penganut Katolik yang taat. Tak hanya taat, ia juga aktif dalam pelayanan gereja dan sering terlihat menjadi Prodiakon (pembantu Imam) di salah satu Gereja Katolik di Solo.

"Saya akan tetap menjadi Prodiakon meski kesibukan meningkat," kata Pak Rudi ketika diminta berhenti menjadi Prodiakon karena sudah menjadi Walikota.

Diketahui sehari sebelum hari pencoblosan, santer ajakan supaya umat muslim Solo menolak pemimpin Non Muslim seperti FX Hadi Rudyatmo agar tidak dipilih sebagai walikota Solo.

Namun masyarakat Solo yang mayoritas muslim tentunya sudah pintar dan tidak mudah terhasut, terbukti di pilkada serentak kali ini pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo menang telak di Solo kota kelahiran Presiden Jokowi.

Baca juga:

4 komentar:

  1. okelah bagus juga nie artikel

    BalasHapus
  2. Yup...karena beliau bisa menempatkan diri layaknya orang timur. masih mengedepankan adab dlm bertutur kata maupun tindakan.

    BalasHapus
  3. Islam memang Rasis & Diskriminasi thd Non Muslim ...Q 5 : 51 Hai orang2 yg beriman janganlah kamu mengambil orang2 Yahudi & Nasrani menjadi pemimpinMu.

    BalasHapus
  4. Anda belum belajar banyak ttg kitab suci anda

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...