Selasa, 01 November 2016

Lebanon, Negara Mayoritas Muslim Punya Presiden Katolik

Lebanon, Negara Mayoritas Muslim Punya Presiden Katolik
Michel Aoun, seorang Katolik Maronit berhasil menjadi Presiden Lebanon, negara dengan mayoritas Muslim.

Lebanon adalah salah satu Negara Arab dengan penduduk mayoritas Muslim dan sebagian lainnya adalah penganut Kristen, yakni Katolik Maronit. Namun, dalam pemilihan pemimpin, seperti angkatan perang, hingga presiden, warga Lebanon tidak mempersoalkan latar belakang agamanya.

Mantan panglima angkatan darat Michel Aoun pada Senin (31/10/2016) waktu setempat dilantik sebagai presiden ke-13 Lebanon. Michel Aoun merupakan penganut Katolik Maronit yang taat.

Pria 81 tahun itu mendapat dukungan 83 suara anggota parlemen pada pemilihan suara sebagaimana berita yang disiarkan oleh televisi pemerintah, Senin, 31 Oktober 2016.

"Aoun secara mutlak terpilih menjadi Presiden Lebanon," siaran televisi memberitakan.

Lebanon, Negara Mayoritas Muslim Punya Presiden Katolik

Ratusan ribu pendukung Aoun membanjiri jalanan di seluruh negeri. Mereka melambaikan bendera oranye partainya, Partai Kristen Maronit.

"Lebanon masih memiliki ladang ranjau, tetapi telah terhindar dari perang yang dapat membakar seluruh wilayah," kata Aoun setelah mengambil sumpah presiden.

Aoun berjanji untuk melindungi negara dari dampak perang saudara di Suriah, yang telah memicu gelombang pengungsian ratusan ribu orang ke Lebanon.

Lebanon merupakan negara yang tidak memiliki pemimpin selama 29 bulan setelah Michael Suleiman turun dari jabatan sebagai presiden pada Mei 2014. Sejak itu, parlemen Lebanon menggelar pemilihan presiden hingga 45 kali sidang, tapi hasilnya buntu.

Aoun pun bukan Presiden pertama Lebanon yang menganut Kristen. Sebelumnya juga ada presiden Lebanon yang menganut agama Kristen atau Nasrani.

4 komentar:

  1. Penulis kurang paham tentang sejarah dan konstitusi Lebanon. Memang Konstitusi Lebanon memberikan jabatan Presiden kepada Kristen Maronit dan Perdana Menteri kepada Sunni.

    BalasHapus
  2. Konsitusi Lebanon jabatan presiden di pegang kristen Maronit.

    BalasHapus
  3. Indonesia harus belajar dari Libanon!

    BalasHapus
  4. Jumlah islam dan Kristen di Lebanon hampir setara. Tolong penulis jangan memberikan informasi sampah dan tidak akurat..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...