Jumat, 30 Desember 2016

PMKRI: Kalau Habib Rizieq Tak Paham, Jangan Bicara Soal Yesus

PMKRI: Kalau Habib Rizieq Tak Paham, Jangan Bicara Soal Yesus

Kali ini PMKRI mulai terusik dengan ucapan si Rizieq. Organisasi kemahasiswaan ini telah lama berdiri sejak tahun 1947 seangkatan dengan HMI, GMNI, GMKI, PMII atau lebih dikenal dengan kelompok Cipayung. Perhimpunan Mahasiswa Katolik melahirkan banyak alumni yang menjadi pemimpin di Republik ini serta berperan terlibat dalam sejarah perkembangan Negara Republik Indonesia.

Jarang sekali organisasi kemahasiswaan sekelas ini mau membahas hal-hal teknis terutama yang berkaitan dengan keagamaan dan keimanan seseorang. Karena urusan agama adalah urusan masing-masing pribadi kepada Sang Penciptanya.

Tapi jika berkaitan dengan politik kebangsaan, kebhinekaan, negara kesatuan. Maka PMKRI tampil melalui kader-kadernya, untuk selalu memberi pencerahan tentang politik kebangsaan di Republik ini.

Tapi dalam kasus ini, seperti apa yang telah dilaporkan oleh Ketua Umum PP PMKRI, Angelo Wake Kako, seorang mahasiswa yang berasal dari Flores, dimana Flores mayoritas penduduknya beragama Katolik. Justru mereka telah melaporkan seorang Rizieq karena diduga telah melecehkan umat Kristen melalui isi ceramahnya di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Kita wajib menghargai perbedaan itu dengan tidak mencampur terlalu jauh apa yang telah menjadi ruang privat agama orang lain. Terkait dengan keimanan kristiani itu, yang tahu hanya orang kristiani, yang tahu hanya orang Katolik. Siapapun dia, kalau tidak tahu mendingan diam," tegas Angelo.

Tentu sikap ini, artinya menunjukkan bahwa tingkat kesabaran seorang Ketua PP PMKRI telah mulai gregetan diambang batas karena melihat pola tingkah si Rizieq yang semakin kebablasan yaitu membahas keimanan di luar ranahnya. Tidak hanya membahas, tapi justru sudah menghina Ketuhanan Yesus.

Menurutnya, umat kristen merasa tersakiti dengan ucapan Imam Besar FPI Rizieq Shihab terkait Tuhan tidak beranak dan diperanakkan dan dinilai telah menistakan keyakinannya. Oleh sebab itu Angelo merasa memiliki kewajiban untuk melaporkan itu ke pihak kepolisian. PMKRI juga melaporkan sejumlah orang yang mengunggah ceramah itu di Twitter dan Instagram.

“Ucapan Rizieq sudah jelas menistakan agama kami dan sudah dikonsumsi publik, saya dapatnya dari Instagram. Kami tak masalah jika mereka (FPI) mau lapor balik. Karena ini berkaitan dengan iman saya.” tegas Angelo.

Kita tahu bahwa melecehkan, menyerang iman Kristiani adalah bukan hal baru, mulai sejak dulu seperti pembahasan perdebatan Injil Yudas, sampai ke film Davinci code dan sebagainya. Bahkan sampai terakhir ceramah-ceramah yang mempertanyakan kelahiran Yesus, merupakan hal biasa.

Karena iman seorang Kristen sudah kebal atas serangan-serangan model seperti itu. Apalah kalau hanya sekadar untuk memancing, memprovokasi murahan seolah mencoba membangkitkan agar umat menjadi emosi.

Jadi janganlah khawatir, tidak akan pernah terjadi adanya demo-demo besar dari orang Kristen yang akan menuduh seseorang itu telah melakukan penistaan agama. Serta rasanya juga tidak akan mungkin terjadi bahwa pastor-pastor Kristen akan berteriak-teriak kesana-kemari seolah agar memaksakan kehendaknya supaya si penista segera diadili.

Lalu bagaimana dengan gugatan PMKRI, ya sebagai warganegara yang Katolik yang terhimpun dalam Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia. Tentu boleh-boleh saja menggugat warga negara lainnya secara pribadi atas perilaku ucapan atau mulut seseorang yang telah mempertanyakan atau dianggap telah menistakan sebagian dari iman kepercayaan mereka.

Harapannya sebagaimana Ahok yang berjiwa besar, menghadapi panggilan polisi, lalu memenuhi panggilan pengadilan dengan kepala tegak. Nah untuk kasus yang satu ini sebaiknya bersifatlah gentlemen. Hadapilah gugatan dengan gentlemen pula. Jangan sampai berteriak paling kencang kepada Ahok sebagai penista Agama. Tapi diri sendiri yang jelas dan nyata terekam oleh video ada ucapan yang disampaikan, tapi masih saja mencoba berkelit mencari pembenaran diri.

Sekali lagi melalui tulisan ini dihimbau marilah sikap gentlemen "Berani berkata, maka berani pula mempertanggung-jawabkan ucapannya. Berani menuduh orang lain menista, maka harus berani juga mengakui ucapan dan perilakunya sendiri."

Jangan sembunyi, seperti mau tiarap, sambil mencoba memutar balikkan logika seolah menghindari atau bahkan tidak mengakui akan ucapkan tersebut sambil mencari dalil-dalil pembenaran. Bahkan kabarnya seolah malah justru mau menuntut balik melaporkan para pimpinan PP PMKRI.

10 komentar:

  1. Habib Rizieq melecehkan, menghujat, menghina, Imam Kristiani mengapa tidak di adili padahal jelas2 telah melakukan penistaan agama, di mana keadilan, padahal Ahok sudah melakukan permintaan maaf kepada umat Muslim mengapa harus di adili & di hukum, Islam ngaku agama damai Rahmatan Lil Alamin .....BULL SHIT.

    BalasHapus
  2. Umat kristen walaupun di lecehkan, di hina, di hujat Tuhan tidak beranak & di peranakan tidak pernah demo besar -besaran meminta pelaku provokator di adili sambil berteriak - teriak,mintalah berkat bagi orang yg mengutuk kamu, berdoalah bagi orang yg mencaci kamu. Lukas 6 : 28

    BalasHapus
    Balasan
    1. carilah kebenaran yang sejati dengan kitab kitab...jangan pernah tertipu dengan agamawan kita..lihat injil..lihat al-quran..bandingkan..mana dari Tuhan dan mana yang ada selera manusia..

      Hapus
  3. Dasar Imam kristen adalah KASIH....Kasihlah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yg membenci kamu, mintalah berkat bagi orang yg mengutuk kamu, berdoalah bagi orang yg mencaci kamu lukas 6 : 27

    BalasHapus
  4. Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan tetapi kalahkan kejahatan dengan kebaikan Roma 12 : 21 Janganlah kamu menghakimi maka kamupun tidak akan di hakimi Dan janganlah kamu menghukum maka kamupun tidak akan di hukum, ampunilah dan kamu akan di ampuni lukas 6 : 36
    janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan tetapi berilah kepada murka Allah sebab ada ada tertulis pembalasan adalah hakku, Akulah yg akan menutut pembalasan Roma 12 ; 17 Hendaklah kamu murah hati sama seperti Bapamu adalah murah hati.

    BalasHapus
  5. Salah nya di mana habaib?
    Kristen berusaha mencari kesalahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan Allah Maha Kuasa tidak perlu punya istri untuk melahirkan anak, dengan Firman Allah maka jadilah.....Firman Allah yakni Yesus Kristus turun ke dunia menjadi manusia Yohanes 1 : 1.

      Hapus
  6. saya khawatir kalo pernyataan Habib Riziq ini diperpanas, akan banyak ummat kristiani yang masuk Islam...mereka baru mendengar pernyataan al-Quran LAM YALID WALAM YULAD...kesannya kristen tidak berketuhanan yang mahaesa...ada info sebagian umat kristen terpelajar masuk Islam gara-gara kasus ini..karena dia bandingkan ketuhanan yang di bawa al-Quran dan ketuhanan yang diterima selama ini...al-Qur'an menghipnotis banyak ilmuwan karena kemukjizatan pernyataannya...semoga kita bisa menemukan kebenaran yang memuaskan hati dan otak dengan peristiwa ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hukum yg terutama ialah dengarkanlah hai orang2 Israel Tuhan Allah kita Tuhan itu Esa, Maka tidak benar orang kristen menyembah tiga Allah, Markus 12 : 29 Esa berarti jamak satu kesatuan yg tak terpisahkan sama seperti manusia ada tubuh, jiwa & roh.

      Hapus
    2. Umat Kristen tidak terpengaruh ceramah Habib Rizieg, kita percaya Yesus Kristus adalah Tuhan & Juruselamat....amin

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...