Kamis, 01 Juni 2017

Selain Bakar Gereja, Kelompok Militan Islam Culik Pastor dari Kota Marawi

Selain Bakar Gereja, Kelompok Militan Islam Culik Pastor dari Kota Marawi
Kelompok militan Islam serang gereja di Marawi.

MANILA - Kelompok militan Maute yang berafiliasi dengan ISIS yang menyerang kota Marawi sejak Selasa (23/5/2017) selain membakar sebuah gereja juga menculik seorang pastor dan 10 warga sipil.

Kelompok ini menculik Pastor Teresito Suganob, seorang sekretaris gereja, dua mahasiswa magang, dan sejumlah umat gereja Katedral Our Lady Help di kota marawi.

Demikian dikabarkan stasiun televisi ABS-CBN mengutip Uskup Edwin dela Pena, pejabat gereja Katolik setempat.

"Mereka menegosiasikan dengan saya agar militer tak mengejar mereka dan menyatakan gencatan senjata," kata Dela Pena dalam wawancara dengan stasiun radio DZMM.

"Mereka mengancam akan membunuh para sandera jika pasukan pemerintah yang mengejar tidak ditarik mundur," tambah Kepala Konferensi Wali Gereja Filipina, Uskup Agung Socrates Villegas kepada ABS-CBN.

Uskup Agung Villegas meminta warga Filipina mendoakan agar para sandera selamat dan mengecam para penculik karena para korban adalah warga sipil yang tak bersenjata.

Sebelumnya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menerapkan status darurat militer di seluruh Pulau Mindanao dan kepulauan di sekitarnya menyusul krisis di Marawi ini.

Akibat masalah ini, Presiden Duterte bahkan harus mempercepat kunjungan kerjanya di Rusia yang seharusnya berlangsung selama lima hari.

Serbuan kelompok bersenjata ini mengakibatkan dua tentara dan seorang polisi tewas serta 12 lainnya terluka.

Selain itu sebuah gereja, sekolah, dan penjara dibakar para penyerbu serta beberapa rumah penduduk juga mengalami kerusakan.

Marawi adalah ibu kota provinsi Lanao del Sur di Mindanao yang sebagian besar dari 200.000 orang warganya memeluk agama Islam.

3 komentar:

  1. ISIS TERORIS HARUS DI BASMI

    BalasHapus
  2. Permisi, nama saya bagus, saya ingin mendalami dan menjadi seorang katolik, saya mohon bimbingannya romo, saya malu jika saya ingin datang sendiri ke gereja, domisili saya di bandung kota, tolong kontek saya romo di email saya: habibibagus@gmail.com, maaf sblmnya merepotkan romo, Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  3. Tuhan Jesus kuseru kan namaMu, mohon berkarya untuk saudara2 ku di marawi, untuk segenap manusia yg mengalami penindasan atau pun penyikasaan di sana,, selamatkan mereka, beri kekutanan & kesehatan bagi tentara yg bertugas. Tolong Tuhan selamatkan jiwa2 yg tak berdosa. Amin.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...