Selasa, 08 Agustus 2017

Umat Katolik Nigeria Ditembaki di Gereja, 11 Tewas dan 18 Luka

Umat Katolik Nigeria Ditembaki di Gereja, 11 Tewas dan 18 Luka

WARRI - Sedikitnya 11 jemaat sebuah gereja Katolik di wilayah tenggara Nigeria, tewas ditembak pada hari Minggu (6/8/2017). Otoritas setempat menyebutkan, pertumpahan darah di gereja tersebut dipicu oleh pertikaian kelompok lokal di wilayah itu.

Seperti diberitakan AFP, Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengecam serangan tersebut. Dia menggambarkan kejadian tersebut sebagai kejahatan mengerikan terhadap kemanusiaan dan penghujatan yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Buhari mengeluarkan pernyataan yang dirilis pihak Kantor Presiden Nigeria.

"Tidak ada pembenaran apapun untuk menargetkan umat yang sedang beribadah di gereja, dan membunuh mereka dengan darah dingin."

Disebutkan, sekitar pukul 6.00 waktu setempat, setidaknya satu orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah Gereja Saint Philip di Ozubulu, dekat Kota Onitsha. Tembakan itu menjadi awal teror bagi jemaat yang sedang beribadah.

Pastor Paroki Jude Onwuaso mengatakan, awalnya adalah kedatangan seorang "pemuda atau mungkin pria dewasa" memasuki gereja dan mulai menembak.

"Setelah tembakan-tembakan pertama dilepaskan, ia lalu menembaki lagi, dan saya kira orang-orang yang tewas adalah korban rentetan tembakan yang kedua. Ketika saya kembali, saya menemukan sejumlah jemaat paroki saya meninggal, sekitar lima atau enam tahun orang.

"Banyak orang terluka, ada yang tertembak di perut, ada yang tertembak di kepala dan ada yang tertembak di tangan."

Seorang saksi, Chukwuma Emeka, mengatakan, dia baru saja keluar dari gereja untuk meregangkan kaki, ketika saya mendengar suara tembakan dan teriakan dan orang-orang berlari masuk.

"Ketika kekacauan mereda, saya masuk ke dalam, saya melihat sesama anggota gereja saya meninggal di genangan darah. Sementara, yang lain berteriak kesakitan."

Serangan terhadap gereja jarang terjadi di Nigeria selatan, di mana populasi penduduk di sana mayoritas beragama Kristen. Wilayah di utara negara itu berpenduduk mayoritas Muslim, dan kini berada di bawah cengkraman kekerasan kelompok teroris Boko Haram.

Boko Haram selama ini dikenal sebagai militan Islam yang kerap menargetkan pusat-pusat keagamaan Non-Muslim sebagai sasaran. Sebelumnya, Boko Haram telah membakar ratusan gereja selama pemberontakannya di timur laut negara tersebut.

Sumber:

Baca juga:

2 komentar:

  1. Ya Tuhan Jesus Kristus ku mohon ampuni dosa saudara2ku yang menjadi korban dlm peristiwa ini, terimalah jiwa mereka di sisiMu pd kerajaan Allah, berilah kekuatan pd handai tolan & keluarga yang di tinggalkan. Ampunilh dosa2/kesalahan pelaku yg telah mencabut nyawa dari ciptaanmu ini namun tak lupa ku mohon kan berilah hukaman setimpal didunia ini bagi pelakunya. Amin

    BalasHapus
  2. Awalnya saya hanya mencoba mengikuti program pesugihan akibat adanya hutang yang sangat banyak,dan akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama,apa boleh buat dengan kondisi keuangan,dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang bisa membantu,saya di kasi pesugihan dana gaib tanpa tumbal sebesar 10M.alhamdulillah dengan seisin gusti allah dengan lantaran MBAH BUDI HARTONO,saya dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik dari sebelumnya,berkat bantuan MBAH BUDI HARTONO dengan waktu yang singkat,saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup,bagi saudarah bisa membuktikan sendiri,silahkan hubungi MBAH BUDI HARTONO di no 085256077899 untuk info lebih lengkap buka blog mbah karna di dalam blognya sumuanya sudah di jelaskan klik PESUGIHAN DANA GAIB TANPA TUMBAL yang penting anda yakin dan percaya,dan jangan samakan dengan dukun yang lainnya,bantuan MBAH BUDI HARTONO tidak ada epek samping aman tanpa tumbal,dan meman tidak ada duanya,wassalam dari saya ibu herlina..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...